Menikmati Pantai dan Air Terjun di Pantai Jogan

Di Pantai Jogan wisatawan tidak bisa berenang selayaknya di pantai sadranan, namun bagi anda yang ingin mendengarkan gemercik air tawar dan air laut bersatu, tempat ini sangat direkomendasikan.

Jam Buka:07.00 – Malam
Harga Tiket:Rp. 3.000/orang
Kontak:
Alamat:Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Fasilitas Umum:Parkir, Toilet, Warung
Akses Jalan:Tidak Terlalu Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Pantai Jogan

Sekilas melihat pantai jogan, Anda akan teringat dengan McWay Beach Waterfall di California. Wisata semacam ini sangatlah langka, yang mana ada air terjun dan pantai yang saling beradu di bibir pantai. Ya kalau di Indonesia seperti Pantai Banyutibo

Beruntungnya Yogyakarta yang memiliki wisata seperti ini. Jarang sekali ada air terjun dan pantai berada di satu tempat. Yang mengagumkan itu letak mereka tidak saling berjauhan.

Sangat dekat sekali. Bahkan saling berhadapan. Jadi air tawar itu secara langsung bisa kita lihat telah membaur dengan air asin yang ada di pantai. Airnya yang jernih, jatuh dari ketinggian menciptakan pemandangan indah yang memanjakan mata.

Saat ke sana, jangan lupa! Anda harus ikut memanjakan lensa kamera Anda. Wajib hukumnya berfoto di air terjun dan pantai itu.

Dan meski wisatanya sangat indah, tidak banyak pengunjung yang ke sana. Kepopulerannya masih kalah dengan pantai Parangtritis atau Pantai Indrayanti. Jadi kesannya masih sangat perawan nan asri.

Keindahan Pantai Jogan

Sebelum menjangkau air terjun setinggi 12 meter tersebut, Anda harus melewati medan terjal supaya kalian bisa berdiri di bibir pantai penghubung antara air tawar dan asin bersatu. Ada beberapa cara untuk turun dari air terjun tersebut.

Pertama dengan cara rapling, alias menuruni air terjun menggunakan tali yang mengikat tubuh kalian.  Yang kedua dengan cara menyusuri jalanan licin di sisi air terjun tersebut.

Tidak bisa dibilang mudah, sebab terdapat bayi-bayi kepiting yang mendiami tempat itu. Menuruni batuan terjal dengan kaki telanjang pun bukan pilihan bagus.

Setelah sampai di dasar air terjun, di sana kalian bisa menikmati rasanya berdiri di antara air terjun dan pantai. Sensasinya sungguh berbeda dari sensasi berdiri di depan pantai biasa.

Didukung dengan pasir putih serta batuan karang yang indah. Saat Anda membelakangi air terjun, kalian merasakan ada sesuatu yang lain. Rasanya akan sangat asing.

Ketika di depan ada hamparan pantai yang luas, lalu punggung Anda merasa ada air terjun turun di belakang, rasanya sangat-sangat unik.

Jangan lupakan langitnya. Datang di waktu yang tepat, bisa menjadi tambahan indahnya pantai jogan. Langitnya dalam waktu-waktu tertentu bisa memunculkan warna keunguan. Melihat matahari tenggelam ataupun terbit pun sangat cocok di tempat ini.

Fasilitas Pantai Jogan

Cukup menyedihkan dikarenakan fasilitasnya masih lah kurang. Contoh saja warung. Kita cuma disediakan warung kecil yang menawarkan kuliner makanan cepat saji.

Seperti mie dalam cup atau mie instan goreng atau lainnya. Berbeda dengan pantai lain yang sudah melayani warung makan masakan andalan mereka sendiri-sendiri.

Ini juga dikarenakan pengunjungnya yang tidak terlalu banyak. Selain itu, infrastruktur jalanannya tidak mendukung. Jalanannya masih berupa beton yang di tengahnya tidak diaspal.

Kemudian area parkirnya tidak terlalu luas. Tapi hal-hal itu bisa dimaklumi karena keseruan utamanya bukan ada di kuliner maupun jalanan, tapi wisata itu sendiri.

Baca juga: Menjajaki Berbagai Tebing dan Spot Eksotis di Pantai Siung

Harga Tiket Pantai Jogan

Harganya sangat murah. Dengan uang 3.000 kalian sudah bisa menikmati indahnya pantai dan air terjun di satu tempat sekaligus. Tapi untuk biaya parkir, kalian masih dikenai biaya. Untuk sepeda motor, harga cuma dibanderol 2.000 rupiah. Dan mobil 5.000 rupiah.

Kata pengunjung yang pernah mendatangi tempat ini, kita disarankan untuk menyediakan uang kecil. Berguna untuk membayar beberapa spot yang akan kita jadikan foto. Meski kita memberi seikhlasnya (boleh memberi boleh juga tidak), tapi untuk kelangsungan wisata ini selanjutnya, lebih baik kita memberi mereka meski itu cuma sepeser.

Lokasi Pantai Jogan

Rute mereka dekat dengan pantai indah terkenal Yogyakarta lainnya. Seperti Pantai Nglambor, dan Pantai Siung.

Pantai ini sendiri berada di jalan Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih mudah jika ditempuh dari Kota Wonosari.

Jalanannya masih tidak terlalu mendukung. Berkendaralah dengan hati-hati. Perjuangan kalian tidak akan sia-sia menempuh perjalanan ini.

Saat sampai di lokasi, siap-siap! Anda akan disambut oleh asrinya pantai yang jarang dikunjungi wisatawan tersebut.

Sebelum mengunjungi wisata ini, ada baiknya kalian perhatikan cuaca. Jangan datang saat musim penghujan, sebab bebatuannya akan sangat licin juga jalanan mereka. Tapi jangan datang saat kemarau, sebab saat kemarau curah air terjun yang keluar cuma sedikit.

Dan menurut pengelola wisata pantai jogan yang ada di sana, kita disarankan berkunjung saat bulan Desember sampai Februari. Pada waktu itu, cuaca sangat mendukung untuk menikmati indahnya alam mereka.

Galeri Foto Pantai Jogan Gunung Kidul

Pantai Jogan
Pantai Jogan
Pantai Jogan
Pantai Jogan
Pantai Jogan

Semoga informasi ini semakin memantapkan kalian berkunjung ke pantai perawan itu. Tetap hati hati dijalan, dan selamat liburan 🙂

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"
Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.