Gili Labak Sumenep Jatim

Diposting pada

Di gili Labak wisatawan dapat melakukan 5 kegiatan sekaligus, snorkeling, camping, banyak spot foto menarik, mengelilingi gili dengan perahu, dan menelusuri seluruh pantai di gili.

Jam Buka:24 Jam
Harga Tiket: Gratis
Kontak: 
Penginapan: Homstay dan Perumahan Warga
Alamat:Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Gili Labak Sumenep

Mungkin anda kenal tahu gili labak karena media sosial bukan? ya tempat ini cukup populer akhir akhir ini. Sangking populernya, banyak tour n travel yang menyediakan paket wisata menuju Gili Labak.

Gili Labak merupakan pulau kecil yang berada di tenggara pulau Madura. Terletak kurang lebih 18 km dari pelapuhan Tanjung dan jika ingin ke Gili hanya bisa ditempuh menggunakan transportasi Air saja. Gili labak adalah destinasi yang banyak dicari oleh pelancong, terutama wisatawan lokal, karena keindahan pantai dan biota laut yaitu karang dan ikan hiasnya.

Walaupun berada di tengah laut yang cukup jauh dari pulau besar, ternyata di gili labak sudah terdapat banyak bangunan. Bangunan terdiri dari homestay dan rumah dari masyrakat yang ditinggal di daerah Gili. Luas gili labak kurang lebih hanya 6 hektar saja, yang dikelilingi pantai berpasir putih yang sangat cantik.

Kondisi gili saat ini tidak hanya sebagai tempat tinggal dan tempat tujuan wisata, namun juga termpat dermaga kapan para nelayan untuk beberapa saat. Ombak pantai gili labak cukup tenang, ditambah disekiling gili terdapat batu karang dan gerombolan ikan hias laut seperti ikan Nemo, menjadikan lokasi ini sangat rekomended untuk kegiatan snorkeling.

Rute dan Lokasi Gili Labak Sumenep

Sayangnya, lokasi gili labak cukup jauh dan membutuhkan waktu lama untuk sampai lokasi. Jika ditempuh dari Pelabuan Tanjung Perak bahkan bisa mencapai waktu 4 jam untuk sampai, tapi sangat sedikit kapal kecil yang berlayar ke arah gili labak. Untuk menempuh jalur darat, waktu tempuh juga hampir sama yaitu sekitar 3 jam melewati pulau madura dengan tujuan kabupaten Sumenep. Dari sumenep nanti anda bisa memilih 2 pelabuhan, namun yang paling sering dijumpai wisatawan untuk pergi ke gili labak adalah pelabuhan tanjung.

Alasan tersebut yang membuat beberapa orang memilih tujuan wisata lain. Tetapi bagi kamu yang ingin benar benar melihat keindahan gili labak, rasanya jarak tidak akan menjadi penghalang.

Lokasi gili labak berada di Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Sama bagusnya juga terdapat sebuah tujuan berupa gili yaitu Gili Ketapang yang masih berada di lingkup Jawa timur yaitu Kabupaten Probolinggo.

Biaya Transportasi Kapal ke Gili Labak

Karena transportasi satu satunya adalah kapal / kendaraan laut, anda wajib mengetahui biaya dan jadwal keberangkatan kapal menuju ke Gili Labak. Namun perlu anda ketahui, jika tidak mau repot, anda bisa menyewa agen tour dengan memilih paket wisata menuju gili labak, harga tiap paketnya mulai dari 250.000 hingga jutaan, tergantung dari rute perjalanan yang di Inginkan.

Jika ingin murah, anda bisa menyewa biaya transport kapal saja, yaitu sebesar 350 bisa untuk mengangkut 10 orang, harga tersbut juga bisa ditawar atau bisa saja naik, tergantung dari pemilik kapal.

Jika ingin berangkat bareng nelayan, jadwal keberangkatan adalah jam 05:30 Wib, dan pulang ke pulau madura pukul 16:00 Wib.

Penginapan di Gili Labak

Jika anda tidak ingin langsung pulang, anda bisa menginap / bermalam di gili labak. Menginap disini tidak harus melulu di homestay ataupun perumahan warga sekitar, namun anda juga bisa mendirikan tenda camp di pinggir pantai.

Tetapi jika anda merasakan liburan lebih tenang, bisa menyewa homestay dengan biaya sewa sebesar Rp. 500.000/malam atau perumahan warga yang lebih murah Rp. 300.000/malam dengan 3 kamar tidur.

Galeri Foto Kegiatan Gili Labak

Keindahan gili labak sepertinya kurang lengkap jika hanya diceritakan melalui tulisan. Gambar berikut ini merupakan milik dari wisatawan yang pernah berkunjung ke Gili Labak.

Gili Labak tidak pernah sepi pengunjung walaupun lokasinya cukup jauh, itu menandakan gili labak memiliki daya tarik tinggi bagi penikmat wisata alam pantai dan gili. 

Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *