7 Wisata Tarakan Kalimantan Timur Terbaik dan Populer



Wisata Tarakan – Mendengar kata tarakan, pasti teringat dengan Kalimantan. Tarakan merupakan sebuah kota yang berada di pulau kecil dan sebagai pusat pemerintahan kalimantan timur. Saat ini tarakan dinobatkan menjadi kota terkaya ke 17 dari seluruh kota yang berada di Indonesia. Kota tarakan terdiri dari 4 kecamatan masing masing adalah Kecamatan Tarakan Barat, Kecamatan Tarakan Tengah ,Kecamatan Tarakan Timur, dan Kecamatan Tarakan Utara.

Di Tarakan sendiri, selain banyak sejarah yang mencatat sebagai tempat raja, tempat kumpulan para nelayan dan tempat para penjajah belanda mengambil minyak bumi Indonesia, tarakan mempunyai potensi wisata yang sangat menguntungkan. Banyak tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional. Namun sayangnya, tempat ini belum begitu populer.

Untuk membantu pemerintah dalam mengupayakan wisata indonesia go internasioal, dolanyok.com sudah mengumpulkan 7 wisata terbaik yang ada di tarakan.

Pantai Amal Tarakan

pantai amal tarakan

Pantai amal adalah pantai paling populer di kota Tarakan. Lokasi pantai amal berada di Kecamatan Tarakan Timur. Uniknya pantai amal sendiri sebenarnya terdiri dari 2 pantai, yang pertama adalah pantai amal baru, dan pantai amal lama. Kedua pantai ini saling berdekatan dan menghadap ketimur dan kamu bisa menikmati sunsite pada pagi hari, karena bagian timur pulau ini tidak terhalang pulau lain. Selain dapat melihat sunsite, kamu juga bisa menikmati keindahan air laut yang jernih dan makanan khas dari penduduk setempat.

Pantai Tanah Kuning Tarakan

Pantai tanah kuning

Pasir laut membentang lebih dari 1 km di timur kalimantan, yaitu pantai tanah kuning. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat indah, ombak yang cukup tenang dan air yang sangat jernih. Untuk menempuh perjalanan sampai ke pantai ini dari pulau tarakan, kamu bisa menggunakan speedboat atau pesawat perintis. Pantai

Museum Roemah Boendar Tarakan

Museum rumah bundar

Dilihat dari namanya, museum ini sudah ada sejak jaman belanda. Museum ini menyimpan berbagai dinasti peninggalan belanda dan jepang. Museum ini terletak bersebelahan dengan kantor DPRD tarakan dan tempat ini menjadi salah satu tujuan populer wisata edukasi yang berada di kalimantan timur tarakan.

Bunker Peninggalan Jepang di Bandara Juwata

benteng jepang tarakan

Tarakan adalah lokasi pertama kali yang disambangi oleh penjajah jepang dan belanda. Jadi tidak heran jika di pulau ini banyak sekali peninggalan berupa dinasti yang masih ada sampai saat ini. Bunker jepang adalah salah satu dari sekian banyak yang masih tersisa. Bungker jepang kini menjadi lokasi wisata bagi warga lokal maupun luar daerah. Lokasi bungker peninggalan jepang ini berada di dekat bandara Juwata.

Wana Wisata Persemaian

Jika kamu menginginkan wisata edukasi untuk anak anak, kamu bisa datang langsung ke wana wisata persemaian. Dilokasi ini kamu dapat melihat berbagai tanaman langka yang terjaga dan terawat langsung oleh pemerintah tarakan timur. Lokasi wana wisata persemaian berada di kecamatan tarakan timur.

Hutan Mangrove Tarakan

mangrove tarakan

Sebagai daerah yang didominasi perarian, pulau tarakan juga memiliki wisata hutan mangrove yang menawan. Dan tempat ini menjadi wisata terbaik populer di tarakan. Hutan mangrove yang sangat terawat dan bersih, jadi tidak heran wisatawan lokal bolak balik ditempat ini untuk menikmati kesejukan alam.

Taman Oval Ladang

Taman Oval Ladang

Taman oval ladang adalah lokasi wisata yang berada di pusat kota tarakan. Warga kota sering menyempatkan diri untuk berkunjung kelokasi ini. Karena lokasi dipusat kota, kamu juga bisa menikmati kuliner yang ada disekitar taman tersebut.

Nah mungkin itu saja yang bisa saya share, kamu pernah ke tarakan? coba bagikan pengalamanmu di kolom komentar atau kamu ingin menambah daftar wisata tarakan bisa hubungi kami melalui kontak. Sayangnya mimin belum tahu nih dimana wisata kuliner di tarakan yang populer, jadi belum bisa di posting. Semoga informasi ini bermanfaat.

Advertisement
Gambar Gravatar
Hai teman, Nama saya Eksa Pandawa dan saya ingin mengucapkan terima kasih telah membaca panduan ini. Ingat, semua informasi ini disediakan sama sekali tanpa biaya dan jika Anda telah menikmati apa yang telah Anda baca, tolong tunjukkan penghargaan Anda dengan membagikan posting ini di jejaring sosial favorit Anda. Saya berharap dapat membantu Anda!
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *