30 Daftar Museum Jogja 5 Diantaranya Wajib Dikunjungi

30 Daftar Museum Jogja 5 Diantaranya Wajib Dikunjungi
Beri nilai

Daftar Museum Jogja – Jogja tidak hanya sebagai kota pendidikan, namun jogja juga menjadi kota budaya. Untuk itu tidak sedikit museum yang ada di Yogyakarta. Namun museum yang paling sering dikunjungi adalah museum monjali, muesum benteng vrederburg, museum sono budoyo, museum TNI AU “Dirgantara Mandala” dan museum bahari.

Museum adalah tempat yang mengumpulkan, merawat, menyajikan serta melestarikan warisan budaya. Didasari untuk tujuan penelitian, pendidikan, dan hiburan. Contoh warisan budaya yang sering kita temui dimuseum adalah patung, tulang, foto foto, dan masih banyak lainnya. Nah berikut ini daftar Museum Jogja yang wajib kamu kunjungi.

Museum Monumen Jogja Kembali (Monjali)

museum monjali
foto by @lan_dels

Monjali atau monumen jogja kembali adalah Museum Jogja yang menceritakan sejarah perjuangan republik Indonesia. Monumen ini terletak di utara kota jogja / lebih tepatnya Jl. Ringroad Utara No.15, RW.21, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sekilas jika kamu melihat museum ini seperti piramida, namun jika diperhatikan dengan betul sebenarnya bangunan munumen ini lebih mengerucut. Monumen ini memiliki 4 laintai dan di dalamnya terdapat peninggalan bersejarah, seperti mesin ketik jadul, telepon jadul buku buku jadul, senjata jadul yang dulu mempunyai cerita bersama pejuang republik Indonesia.

Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg
foto by @endraprsty

Benteng Vrederburg atau benteng perdamaian di buat oleh belanda pada tahun 1765. Awal mula benteng ini dibangun adalah untuk pertahanan perang tentara belanda. Tidak hanya sebagai benteng perang, namun selama keberadaan benteng yogyakarta ini, beberapa kali ada perubahan fungsi, selain benteng perang, yaitu sebagai markas militer jepang dan belanda, sebagai markas militer tentara RI, dan sekarang menjadi museum jogja yang sering dikunjungi wisatawan.

Di dalam museum ini, kamu bisa menemukan berbagai replika kejadian di masa penjajahan, seperti rapat G30 SPKI, pengumuman Kemerdekaan RI dan masih banyak lagi.

Jam buka Museum dan Harga Tiket Masuk

Selasa – Jumat: 08.00 – 16.00 WIB, Sabtu – Minggu: 08.00 – 17.00 WIB, Hari Senin dan hari libur nasional: Tutup. Dewasa 2000 rupiah dan anak anak 1000 rupiah.

Museum SonoBudoyo

SonoBudoyo
foto by wikipedia

Museum sono budoyo menjadi salah satu museum jogja terlengkap yang menyimpan beragam alat kesenian asli Indonesia. Di yogyakarata museum ini terbagi menjadi 2 tempat, yaitu disebelah selatan 0 KM jogja dan yang kedua berada di Ndalem Condrokiranan Wijilan Yogyakarta. Kedua lokasi tersebut saling berdekatan, jadi kamu tidak perlu kawatir lelah jika ingin mengunjungi keduanya.

Museum ini terbilang masuk kategori umum, karena yang disimpan dalam museum ini cukup banyak, dapat dikategorikan sebagai berikit

  1. Teknologi
  2. Geologi
  3. Seni Rupa
  4. Biologi
  5. Keramologi
  6. Etnografi
  7. Filolagika
  8. Arkeologi
  9. Numismatika dan
  10. Historika

Nah dari kesepuluh kategori tersebut kategori paling populer adalah seni rupa, yaitu berupa keris. Banyak sekali keris terdahulu yang disimpan dengan rapi di museum sono budoyo.

Jam Buka Museum Sono Budoyo dan Harga Tiket Masuk

Selasa – Kamis 08.00 – 15.30 WIB, Jumat 08.00 – 14.00 WIB, Sabtu & Minggu 08.00 – 15.30 WIB. Untuk biaya masuk:

  • Dewasa Perorangan Rp. 3.000,-
  • Dewasa Rombongan Rp. 2.500,-
  • Anak–anak Perorangan Rp. 2.500,-
  • Anak–anak Rombongan Rp. 2.000,-
  • Wisatawan Asing Rp. 5.000,-
  • Pagelaran Wayang Rp. 20.000,-

Museum TNI AU “Dirgantara Mandala

Museum TNI AU Dirgantara Mandala
foto by wikipedia

Bagi kamu yang suka dengan penerbangan, atau ayah atau ibu yang ingin mengajak buah hatinya untuk melihat dengan dekat pesawat terbang, museum TNI AU adalah tempat yang tepat. Museum jogja ini didirian pada 4 april 1969 oleh panglima angkatan udara laksmana udara Rusmin Nuryadin di Jakarta. Namun ada beberapa alasan yang mengharuskan museum ini berpindah di Yogyakarta, yaitu pada tanggal 29 juli 1978 museum dirganara mandala resmi dibuka di
pangkalan Adisucipto Yogyakarta.

Jika kamu punya kesempatna ke tempat ini, kamu bisa melihat dengan dekat pesawat terbang, ada 36 koleksi pesawat terbang, 1000 foto, 28 diorama, lukisan-lukisan, pakaian dinas, tanda kehormatan, dan sejumlah koleksi buku jadul. Yang paling populer ditempat ini adalah, ada replika pesawa dakota VT-CLA, yaitu pesawat buatan India yang ditembak oleh pasukan belanda ketika ingin mendarat di Maguwo.

Jam Buka Museum Dirgantara Mandala dan Harga Tiket Masuk

Setiap hari buka pukul 08:00 – 15:00 WIB dan harga tiket masuk untuk perorangan yaitu 4000 rupiah.

Museum Bahari Yogyakarta

Museum Bahari Yogyakarta
foto by gudeg.net

Wisata edukasi museum terbaik selanjutnya yaitu museum bahari Yogyakarta. Museum ini ada pada tahun 2009 tanggal 25 April yang diresmikan ileh Laksana Madya TNI Didik Heru Purnomo. Di museum jogja ini kamu bisa melihat barang yang berhubungan dengan kelautan. Adapun beberapa koleksi museum bahari sebagai berikut:

  • kemudi kapal
  • miniatur berbagai jenis kapal perang
  • miniatur pesawat terbang
  • kelengkapan TNI
  • radio komunikasi
  • bom dan ranjau laut
  • senjata meriam
  • torpedo
  • radar dan sonar
  • kompas magnet
  •  dll

Lokasi museum ini berada di Jalan R. E. Martadinata No.69, Wirobrajan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182

Jam Buka Museum Bahari Yogyakarta dan Harga Tiket Masuk

Museum ini dibuka setiap hari Selasa – Minggu  : Pukul 08.30 – 16.00 WIBSenin & Hari Libur Nasional TUTUP dan untuk harga tiket masuknya adalah 2000 rupiah saja.

Di atas adalah museum jogja yang wajib kamu kunjungi. Namun kamu juga tidak boleh kudet informasi tentang museum jogja lainnya ya. Dan berikut ini adalah 25 museum jogja yang bisa kamu kunjungi sebagai alternatif jika museum populer diatas sedang tutup atau lokasinya kejauhan dari tempat tinggal kamu.

25 Daftar Museum Jogja

– Museum Tembi (Rumah Budaya Tembi), Jalan Parangtritis, Bantul.
– Museum Biologi UGM, Jalan Sultan Agung.
– Museum Geoteknologi Mineral, komplek UPN “Veteran” Babarsari, Sleman.
– Museum Kayu Wanagama, Playen, Gunungkidul.Museum Affandi, Jalan Solo.
– Museum Wayang Kekayon, Jalan Wonosari, Piyungan.
– Museum Ullen Sentalu, Kaliurang, Sleman.
– Museum Pahlawan Pancasila, Kentungan, Sleman.
– Museum Kereta Keraton Ngayogyakarta, Rotowijayan, Ngasem.
– Museum Puro Pakualaman.
– Museum Batik Yogyakarta, Jalan Dr Sutomo.
– Museum Dewantara Kirti Griya, Jalan Taman Siswa.
– Museum Monumen Pangeran Diponegoro “Sasana Wiratama”, Tegalrejo, Yogyakarta.
– Museum Pergerakan Wanita, Kompleks Mandala Bhakti Wanitatama, Jalan Adisutjipto.
– Museum Perjuangan Yogyakarta, Jalan Kolonel Sugiono.
– Museum Pusat TNI AD “Dharma Wiratama”, Jalan Jenderal Sudirman.
– Museum “Sasmitaloka Pangsar Sudirman”, Bintaran Wetan.
– Museum Kebun Raya Gembiraloka, Gedongkuning.
– Museum RS Mata “Dr Yap”, Jalan Cik Di Tiro, Yogyakarta.
– Museum Candi Prambanan, Kalasan, Sleman.
– Museum Batik “Ciptowening”, Imogiri, Bantul.
– Museum Anak “Kolong Tangga”, Sriwedani.
– Museum Karbol TNI Angkatan Udara, komplek AAU.
– Museum Tani, Bantul.
– Museum Sandi, Gedung Museum Perjuangan.

Info tentang museum jogja cukup sampai disini dulu ya, semoga saja bisa menambah wawasan kamu dan bermanfaat. Buat dan agendakan jalan jalanmu kesini, selain memberikan ilmu yang bermanfaat, kamu juga akan lebih cinta dengan budaya indonesia, cinta teknologi, dan tentu cinta laut. Kalau kamu gak kesini awas ya saya TENGGELAMKAN hehehe

Advertisement

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.