Nikmatnya Hari Libur di Telaga Sarangan

Diposting pada

Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur, Menikmati sejuknya alam pengunungan dan aneka macam wahana wisata serta permainan.

kedalaman-telaga-sarangan
via instagram.com/telagasarangan
Jam Buka:24 Jam.
Tiket Masuk:Rp. 10.000 / Orang.
Nomor Telpon:
Aktivitas:Berjalan-jalan, berfoto, naik perahu, berkuda, dll.
Waktu Terbaik:15.00 – 17.00 WIB.
Perlu Dibawa:Jaket, Kamera, Sun Block.
Larangan:Dilarang membuang sampah sembarangan
Alamat:Telaga Pasir, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur.
Fasilitas Umum:Area parkir, mushola, toilet, warung makan, penginapan, dll.
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Telaga Sarangan adalah salah satu obyek wisata alam yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di Magetan, Jawa Timur.

Obyek wisata ini sudah lama terkenal sebagai tempat wisata favorit yang tidak hanya dikunjungi wisatawan lokal saja tapi juga wisatawan mancanegara.

Karena itu bagi kamu yang sedang berlibur di Jawa Timur, akan sangat rugi dan belumlah lengkap perjalanan liburan kamu jika belum mengunjungi Telaga Sarangan.

jam-buka-telaga-sarangan
via instagram.com/telagasarangan
hotel-di-telaga-sarangan
via instagram.com/telagasarangan
keindahan-telaga-sarangan
via instagram.com/telagasarangan
mitos-telaga-sarangan
via instagram.com/telagasarangan
telaga-sarangan-jawa-timur
via instagram.com/telagasarangan
telaga-sarangan-surut
via instagram.com/telagasarangan
tiket-telaga-sarangan
via instagram.com/telagasarangan
telaga-sarangan-naik-perahu
via instagram.com/telagasarangan
telaga-sarangan-pesona-alam
via instagram.com/telagasarangan

Sekilas Telaga Sarangan

Telaga Sarangan terbentuk dari sebuah proses alam yang pernah terjadi di masa lampu. Luas telaga ini sekitar 30 hektar, dengan kedalaman mencapai 28 meter.

Telaga Sarangan berlokasi di lereng Gunung Lawu tepatnya di ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Dengan suhu udara berkisar antara 15 hingga 20 derajat celcius, membuat kawasan sekitar telaga ini cukup sejuk dan nyaman sebagai tempat berlibur.

Selain itu ada banyak keindahan dan hal menarik yang bisa pengunjung lakukan di Telaga Sarangan. Selengkapnya bisa kamu baca pada bagian berikut ini.

Misteri dan Mitos Telaga Sarangan

Sebelum membahas daya tarik Telaga Sarangan, ada baiknya kamu ketahui dulu mengenai mitos ataupun misteri yang melatarbelakangi munculnya Telaga Sarangan menurut cerita dan kepercayaan masyarakat sekitar.

Meskipun di awal telah kami tuliskan bahwa telaga ini terbentuk dari proses alam, namun ternyata warga setempat yang mendiami kawasan sekitar telaga ini memiliki versi mereka sendiri terkait kemunculan Telaga Sarangan.

Menurut warga sekitar, terbentuknya obyek wisata ini konon diawali oleh kisah kehidupan sepasang orang tua zaman dulu yang tinggal di sekitar Gunung Lawu.

Kedua orang tua ini bernama Kyai Pasir dan Nyai Pasir, yang menggantungkan hidup mereka dengan menggarap ladang dan area perkebunan setiap harinya.

Kyai Pasir dan Nyai Pasir hidup sederhana dan bahkan tergolong sangat miskin. Terlebih setelah kelahiran putra mereka yang dinamai Joko Lelung, kehidupan mereka terasa semakin sulit hingga terbersit keinginan untuk melakukan pertapaan guna meminta pertolongan kepada Sang Pencipta.

Niat tersebut akhirnya diwujudkan oleh Kyai Pasir yang beberapa hari melakukan pertapaan jauh ke dalam hutan.

Sepulangnya dari pertapaan, sang kyai dan istrinya kemudian bersama-sama melakukan ritual pertapaan yang konon memerintahkan mereka untuk mencari sebuah telur sakti di sekitar ladang.

Tak berapa lama akhirnya telur yang mereka cari-cari pun akhirnya ditemukan. Singkat cerita, mereka berdua segera memakan telur tersebut sebagaimana perintah atau ritual pertapaan yang diperintahkan kepada meraka.

Namun yang terjadi ternyata sungguh diluar dugaan. Setelah memakan telur tersebut, sepasang suami istri ini tiba-tiba berubah menjadi dua ekor naga besar.

Karena terkejut dan tidak terima dengan takdir yang mereka dapatkan, kedua naga yang tak lain adalah perwujudan Kyai Pasir dan Nyai Pasir itupun meronta-ronta menyapu kawasan ladang dan perkebunan.

Akibat tindakan tersebut, sebagian areal ladang dan perkebunan pun membentuk cekungan yang diikuti dengan muculnya air dalam jumlah besar yang saat ini dipercaya sebagai cikal bakal terbentuknya Telaga Sarangan.

Meski kebenaran kisah ini masih menjadi misteri terkait kebenarannya, namun menurut kepercayaan masyarakat sekitar, dua naga dalam kisah di atas hingga kini masih ada secara gaib sebagai penjaga Telaga Sarangan.

Bahkan, masyarakat juga mempercayai bahwa telaga ini dijaga oleh orang suci yang tinggal bersama seekor harimau di dalam pulau kecil yang ada di tengah telaga.

Daya Tarik Telaga Sarangan

Daya tarik utama yang dimiliki obyek wisata Telaga Sarangan tentunya bersumber dari keberadaan telaga alaminya yang sangat luas dengan airnya yang bersih dan segar.

Selain itu, suasana sekitar telaga yang terkesan sangat alami dan asri membuat siapapun pastinya akan betah berlama-lama di tempat ini.

Di sekitar telaga juga banyak penjual makanan dan minuman mulai dari snack hingga sate kelinci yang merupakan menu populer di kawasan ini.

Kemudian sebagai oleh-oleh wisata, kamu juga bisa berburu aneka cindera mata khas Telaga Sarangan yang dijajakan di sekitar telaga.

Sementara itu mengenai aktifitas wisata yang bisa kamu lakukan di Telaga Sarangan, pilihannya sangat banyak sekali.

Area beraktifitas paling seru tentunya di area telaganya di mana kamu bisa melakukan banyak aktifitas salah satunya berkeliling telaga menggunakan berbagai wahana air seperti becak air, sepeda air hingga perahu.

Lalu bagi kamu yang enggan basah-basahan, kamu juga bisa berkeliling kawasan wisata dengan menunggang kuda.

Di pinggir telaga sudah banyak tempat menyewa kuda dengan harga sewa yang cukup murah yakni sekitar Rp50.000.

Selanjutnya liburan kamu di Telaga Sarangan juga bisa kamu isi dengan mengunjungi sebuah monumen pesawat tempur yang terletak tidak jauh dari lokasi telaga.

Di monumen ini kamu bisa menikmati desainnya yang unik ataupun menggunakannya sebagai spot berfoto.

Selain itu tidak jauh dari lokasi monumen ini, kamu juga akan menemukan pintu masuk ke lokasi Air Terjun Sarangan yang bisa kamu tuju apabila menginginkan suasana berbeda.

Air terjun yang bernama lain air terjun Tirtosari ini juga cukup indah dan sangat layak sebagai tujuan wisata beberapa saat sebelum kamu meninggalkan obyek wisata Telaga Sarangan.

Nah dari uraian di atas, secara singkat aktifitas-aktifitas wisata di Telaga Sarangan bisa kita rangkum menjadi beberapa list aktifitas seperti berikut ini :

  • Menikmati keindahan sekaligus bermain air di telaga alami
  • Berkeliling kawasan wisata menggunakan kuda
  • Hunting foto di sekitar telaga dan monumen pesawat tempur
  • Mengujungi Air Terjun Sarangan
  • Berburu kuliner
  • Berburu cindera mata

Selain aktifitas-aktifitas di atas tentunya masih banyak aktifitas lain yang bisa kamu lakukan di Telaga Sarangan. Masing-masing wisatawan tentunya memiliki caranya sendiri untuk menikmati waktu di lokasi wisata.

Jam Buka Telaga Sarangan

Obyek wisata ini dibuka setiap hari 24 jam.

HariJam Buka
Setiap Hari24 Jam

Namun jika ingin mendapatkan suasana terbaik di Telaga Sarangan, waktu yang paling tepat untuk mengunjunginya adalah pada pagi hari sekitar pukul 9 pagi hingga pukul 12 siang.

Adapun bagi kamu yang tidak bisa datang pagi hari, maka kamu bisa datang dari pukul 3 siang dan menikmati liburan di tempat ini hingga pukul 5 sore.

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan

Harga tiket masuk ke obyek wisata ini terbilang sangatlah murah. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk Telaga Sarangan yang dijual dengan harga Rp10.000 per orang.

Jenis TiketHarga Tiket
Tiket MasukRp. 10.000
Parkir MotorRp. 2000
Parkir MobilRp. 5000

Selain tiket masuk, para pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi juga harus membayar retribusi parkir. Namun tenang saja, retribusi parkirnya juga cukup murah yaitu hanya Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Meski begitu, beberapa wahana wisata juga mengharuskan kamu untuk membayar biaya sewa. Karenanya agar bisa menikmati liburan yang memuaskan di Telaga Sarangan, kamu harus menyiapkan budget liburan yang lebih dari cukup.

Lokasi Telaga Sarangan

Lokasi Telaga Sarangan terletak di lereng Gunung Lawu. Alamat lengkapnya berada di Telaga Pasir, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur.

Selain Telaga Sarangan, di sekitar tempat ini juga ada beberapa tempat wisata lain seperti Air Terjun Tirtosari, Air Terjun Pundak Kiwo, dan Air Terjun Grojogan Sewu.

Jalan Menuju Telaga Sarangan

Jalan menuju Telaga Sarangan bisa kamu tempuh menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi.

Misalnya kalau kamu hendak menggunakan angkutan umum, perjalanan kamu ke Telaga Sarangan bisa dimulai dengan menaiki bus atau angkutan umum lainnya yang mengarah ke Terminal Magetan.

Nah sesampainya di Terminal Magetan, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum lagi hingga benar-benar sampai di lokasi Telaga Sarangan.

Sementara untuk kamu yang akan menggunakan kendaraan pribadi, yang penting untuk diketahui adalah jalanan menuju Telaga Sarangan ini aksesnya cukup tinggi dan berkelok-kelok. Jadi kendaraan kamu harus benar-benar sehat dan siap menjajal medan yang agak berat.

Fasilitas Telaga Sarangan

Saat ini fasilitas umum yang tersedia di Telaga Sarangan sudah cukup memadai. Di sana kamu akan mendapatkan fasilitas antara lain :

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Penyewaan Wahana
  • dan Penginapan

Khusus untuk penginapan, kamu bisa memilih beberapa villa, hotel ataupun pondok wisata dengan harga dan fasilitas bervariasi tergantung harga sewa.

Hotel di Telaga Sarangan

Ada banyak sekali hotel yang bisa kamu pilih sebagai tempat menginap di sekitar Telaga Sarangan. Beberapa diantaranya bisa kamu lihat pada daftar di bawah ini :

  • Hotel handini
  • Hotel Asia Jaya Syariah
  • Hotel Anugrah
  • Hotel Artomoro
  • Hotel Arjuna
  • Hotel Andika

Selain itu, di sekitar Sarangan juga masih ada hotel lain seperti Hotel Bukit Surya, Hotel Nusantara, dan Hotel Mulia yang biaya sewanya tidak berbeda jauh dari hotel-hotel di atas yakni berkisar antara Rp60.000 sampai Rp400.000 per malam.

Q&A Seputar Telaga Sarangan

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan calon pengunjung terkait obyek wisata Telaga Sarangan :

Apakah pengunjung boleh berenang di Telaga Sarangan ?

Tidak boleh karena akan sangat berbahaya.

Kalau dari Tuban kira-kira waktu perjalanan ke Telaga Sarangan berapa jam ya ?

Dari Tuban bisa makan waktu sampai 5 jam.

Berapa tarif per orang untuk naik speed boat ?

Tarif normalnya sekitar Rp50.000 dua kali putaran.

Apakah bis besar bisa langsung masuk ke area parkir ?

Untuk bis besar parkirnya di basement.

Apakah ada tukang ojek atau ojol di telaga sarangan ?

Banyak. mereka biasanya kumpul nunggu penumpang di basecame tersendiri di sekitar Telaga Sarangan.

Apakah ada tempat penyewaan kamera ?

Sementara belum ada. Yang ada hanya jasa pemotretan yang langsung jadi di tempat.

Kesimpulan

Telaga Sarangan bisa menjadi alternatif wisata murah meriah yang bisa kamu kunjungi bersama teman ataupun keluarga saat liburan ke Jawa Timur.

Meskipun murah, pengalaman wisata yang akan kamu dapatkan di tempat ini tentu tidak kalah menariknya dari obyek-obyek wisata lain di Jawa Timur seperti Air Terjun Tumpak Sewu, Eco Green Park ataupun Goa Pinus Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *