Wisata Rekreasi Edukasi Murah Meriah di Kebun Binatang Ragunan

Diposting pada

Kebun Binatang Ragunan merupakan taman satwa tertua di Indonesia, tempat ini jadi destinasi keluarga paling diminati oleh warga jakarta dan sekitarnya.

Jam Buka:07.30 – 16.00 WIB.
Tiket Masuk:Rp 3.000 – Rp 4.000/orang.
Nomor Telpon:(021) 78847114
Aktivitas:Melihat dan berinteraksi dengan hewan, piknik, bermain di wahana.
Waktu Terbaik:Pukul 11.00 – 14.00 WIB.
Perlu Dibawa:Kamera, makanan, minuman, tikar.
Larangan:Dilarang memberi makan satwa.
Alamat:Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Fasilitas Umum:Parkir, toilet, mushola, kedai makanan, spot foto, tempat istirahat.
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Salah satu alternatif liburan terbaik bersama keluarga adalah kebun binatang, bukan? Selain menawarkan wahana rekreasi, kebun binatang juga memberikan sarana edukasi bagi anak-anak.

Bagi para warga Jakarta, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Kebun Bintang Ragunan. Salah satu destinasi primadona di Jakarta ini terlihat tak pernah sepi pengunjung terlebih saat liburan tiba.

Nah, buat kamu yang belum pernah ke sana, simak dulu nih info lengkapnya. Siapa tahu setelah membaca jadi tertarik berkunjung ke kebun binatang tertua dan terlengkap di Indonesia ini.

Sekilas tentang Kebun Binatang Ragunan

Nama Ragunan memang sangat familiar ya bagi masyarakat Indonesia, khususnya warga Jakarta. Bagaimana tidak, kebun binatang ini sudah ada sejak 120 tahun silam dengan beragam kisah unik di baliknya.

Dirikan pada tahun 1864, kebun binatang di Jakarta ini dibangun di atas lahan seluas 140 Ha. Di dalamnya, ada lebih dari 295 spesies hewan dengan jumlah sekitar 2.000 hidup berdampingan dengan 20.000an tanaman.

Tak hanya beragam satwa dan tumbuhan, kebun binatang ini juga dijadikan lokasi penelitian serta memiliki banyak sekali wahana menarik. Sehingga sangat pas dijadikan tempat untuk rekreasi sekaligus wisata edukasi.

Rekomendasi Destinasi Jakarta tim Dolanyok.com

Sejarah Ragunan

Tahukah kamu ada kisah unik mengenai sejarah kebun binatang ini? Kebun binatang yang berlokasi di Jaksel ini didirikan di atas lahan pemberian Raden Saleh pada 1864.

Sejak dari awal didirkan hingga sekarang pun pernah berganti nama beberapa kali. Awalnya, ragunan dinamai sebagai Planten En Dierentuin yang berarti Tanaman & Kebun Binatang.

Kemudian pada tahun 1949, nama tersebut diganti menjadi Kebun Binatang Cikini. Lalu pada tahun 1964, kebun binatang ini dipindahkan ke Ragunan dengan hibah lahan seluas 30 Ha.

Nama Kebun Binatang Cikini juga sekaligus diganti dan diresmikan menjadi Taman Margasatwa Ragunan pada tanggal 22 Juni 1966. Nama tersebut dikenal luas hingga sekarang.

Tak hanya berganti nama dan berpindah tempat, Ragunan juga sempat ditutup selama tiga minggu disebabkan oleh wabah flu burung yang melanda Indonesia. Hal tersebut terjadi sejak 19 September 2005 hingga 11 Oktober 2005.

Meski sejumlah satwa sempat terinfeksi virus flu burung, kini satwa di kebun binatang ini aman dan kawasannya bisa dikunjungi kembali.

Aktivitas Wisata

Ada banyak sekali aktivitas wisata yang wajib dilakukan saat melakukan kunjungan ke Ragunan. Ada apa saja sih? Baca terus info selengkapnya di bawah ini.

  • Mengenal dan belajar tentang beragam flora dan fauna,
  • Menilik tem[at penelitian primata di Pusat Primata Schmutzer,
  • Mencoba beragam wahana rekreasi satwa mulai dari onta tunggang, kuda bendi, dan kuda tunggang,
  • Menikmati area kebun binatang dengan wahana permainan seperti sepeda, kereta keliling, hingga perahu angsa,
  • Melihat Taman Anggrek,
  • Piknik dan rekreasi di lahan kebun binatang yang sangat luas.

Dengan area hijau sangat luas dan asri tentu akan menambah kenyamanan saat menikmati keseruan di kebun binatang ini. Siapapun akan betah berlama-lama di tempat menyenangkan seperti kebun binatang ini.

Wahana Bermain

Masih penasaran ada apa saja di sana selain ribuan flora dan fauna? Nah, kalau begitu simak terlebih dahulu beragam wahana permainan di kebun binatang ini.

  • Taman Satwa yang meliputi hewan mamalia, reptil, dan unggas burung.
  • Zona rekreasi berupa pusat Primata Schmutzer yaitu zona primata di Indonesia dna dirancang seperti habitat aslinya. Ada Gorilla Afrika yang menjadi hewan favorit di sini.
  • Taman refleksi adalah area di kebun binatang yang biasa digunakan untuk berolahraga dan foto-foto.
  • Taman Satwa Anak adalah zona yang terdiri dari berbagai macam satwa yang disukai oleh anak-anak. Ada wahana ayunan, kereta, perosotan hingga hewan burung Kakatua, Ular Condrophyton hingga ikan Arapaima Amazon seberat 100 Kg.
  • Taman Anggrek Ragunan, merupakan taman dengan berbagai jenis bunga anggrek nan cantik.
  • Wahana sepeda ganda berupa sepeda yang bisa dinaiki oleh dua orang untuk berkeliling area kebun binatang.
  • Wahana sepeda tunggal untuk sarana berolahraga santai sambil menikmati kawasan kebun binatang.
  • Kuda Bendi adalah wahana semacam kereta kuda/andong, biasanya digunakan untuk berkeliling di area kebun binatang.
  • Perahu Angsa yaitu perahu warna warni berbentuk angsa yang ditaruh di atas danau. Pengunjung dapat menikmati sensasi mengayuh perahu untuk berkeliling danau.
  • Kereta Keliling adalah wahana kereta odong-odong yang digunakan untuk mengantar pengunjung berkeliling kebun tanpa bersepeda atau jalan kaki.
  • Kuda Tunggang adalah wahana untuk merasakan sensasi menunggangi kuda layaknya seorang cowboy. Anak-anank biasanya sangat menyukai wahana ini.
  • Onta Tunggang merupakan wahana untuk menaiki hewan onta dan diajak berkeliling di area sekitar kandang onta.
  • Gajah Tunggang adalah wahana yang mengajak pengunjung untuk menaiki hewan gajah.
  • Pentas Satwa dimana pengunjung bisa menyaksikan beragam aksi hewan lucu seperti kakatua bermain gelang, beruang main sepeda, memberi makan hewan, dll.
  • Spot foto berupa ornamen hewan, tumbuhan dan tokoh yanga da di area kebun binatang.

Bagaimana? Sangat lengkap bukan wahana permainan di sana? Perlu diketahui setiap wahana memiliki harga tersendiri. So, kamu harus membayar biaya tambahan untuk menikmati wahana tersebut.

Fasilitas Wisata

Jika sebelumnya kita membicarakan aktivitas dan wahana,di sesi ini kita akan bahas mengenai fasilitas Kebun Binatang Ragunan. Sebagai kebun binatang terlengkap, tentu fasilitasnya juga sangat lengkap dan memadai, berikut listnya.

  • Area parkir luas,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Kedai makanan,
  • Toko souvenirs,
  • Tempat rekreasi nyaman dan rindang,
  • Wahana dan taman bermain.

Di sana juga ada tempat sewa stroller dan pendopo atau tempat istirahat. Untuk info sewa tersebut silakan hubungi pengelola kebun binatang.

Untuk lebih irit, bawa tikar dari rumah supaya tak perlu sewa pendopo lagi di sana. Kamu juga bebas berpiknik membawa makanan dari luar saat berkunjung ke sini lho.

Daftar Tiket Lengkap Masuk Ragunan

Sebetulnya harga tiket masuk ke lokasi ini terbilang sangat terjangkau. Hanya saja, banyak pengunjung mengeluhkan mahalnya harga makanan di kedai-kedai di area kebun binatang.

Tak hanya itu, jika pengunjung ingin menikmati fasilitas tertentu misalnya berkeliling di sini dengan mobil akan dikenakan biaya lagi. Supaya lebih jelas, simak info harga tiket masuk dan biaya untuk setiap wahana di sana.

Biaya Parkir di Kebun Binatang

Jenis Kendaraan Harga
Bus besar, Truk besar, dan Mobil Box besar Rp 15.000
Bus kecil, Truk kecil, Mobil Box kecil, dan Pick Up besar Rp 12.000
Mobil Sedan, Minibus/sejenisnya Rp 6.000
Sepeda motor dan kendaraan roda tiga Rp 3.000
Sepeda Rp 1.000

Biaya Tiket Masuk Kebun Binatang

HTM Harga
Dewasa Rp 4.000/orang
Anak-anak Rp 3.000/orang

Biaya Wahana Permaianan di Kebun Binatang

Jenis Wahana Biaya yang dikeluarkan
Kuda Tunggang Rp 5.000
Gajah Tunggang Rp 7.500
Onta Tunggang Rp 7.500
Kuda Bendi Rp 15.000
Taman Satwa Anak Rp 2.500/permainan wahana
Perahu Angsa Rp 18.000
Kereta Keliling Rp 7.500
Sepeda Tunggal Rp 10.000
Sepeda Ganda Rp 15.000
Film Dokumenter Primata Rp 150.000/sekali putar (maksimal 85 kursi)

Harga Tiket Masuk Pusat Primata Schmutzer Ragunan

Selasa – Jumat (usia 3 tahun ke atas) Rp 6.000
Sabtu, Minggu dan libur nasional (usia 3 tahun ke atas) Rp 7.500

Ohya, terdapat metode pembayaran baru yang diterapkan oleh pengelola kebun binatang mengenai pembayaran tiket masuk. Tiket masuk bisa dibayarkan melalui kartu JakCard yang dikeluarkan Bank DKI.

Kamu bisa membeli kartu masuk Ragunan di loket masuk seharga Rp 30.000 sudah include biaya kartu Rp 10.000 plus saldo Rp 20.000. Sistem penggunaan kartu bukan per orang, jadi bisa digunakan untuk berapapun orang asal sadonya masih cukup.

Untungnya lagi, kartu ini juga bisa kamu gunakan untuk pembayaran bus TransJakarta atau tiket masuk ke Monas. Asyik bukan?

Alamat Wisata Ragunan

Untuk mengunjungi kebun binatang ini kamu perlu datang ke kawasan Jakarta Selatan, tepatnya di daerah Pasar Minggu.

Lokasinya tak sulit ditemukan karena berada di tengah kota, tak jauh dari Taman Tabebuya, Taman Dadap Merah serta Taman Spatodhea.

Rute Wisata Ragunan

Sebagai gambaran, Ragunan memiliki enam pintu masuk, yaitu 3 buah pintu utara, pintu barat, pintu timur dan pintu selatan. Supaya tak kebingungan, senaiknya gunakan peta Ragunan di bawah ini.

Jam Operasional Wisata

Bagi sobat yang ingin mengunjungi kebun binatang ini, perlu dicatat jam operasioanl wisata sekaligus jam pentas satwanya. Karena tidak setiap hari dan setiap jam kamu bisa menikmati atraksi hewan yang lucu dan menggemaskan.

HariJam Buka Wisata
Selasa – Minggu07.30 WIB – 16.00 WIB

Perlu diingat, untuk setiap hari Senin dan Hari Raya Idul Fitri Kebun Binatang ini tutup. Jadi, jangan mengadakan kunjungan pada hari tersebut ya.

Jam Makan HewanJam
Jadwal Makan Siang Gajah14.30 – 14.45 WIB
Jadwal Makan Sore Gajah15.00 – 15.15 WIB
Jadwal Makan Sore Komodo15.00 – 15.15 WIB
Jadwal Makan Siang Gorilla12.00 – 12.30 WIB

Demi kemudahan info dan liburan di kebun binatang ini, pihak pengelola kebun binatang menyediakan aplikasi Ragunan Zoo di Playstore. Silakan download karena di dalamnya, terdapat banyak info menarik untuk memandu liburanmu.

Tips Liburan di Ragunan

Ingin liburan ke Ragunan tapi tidak mau salah langkah? Yuk, ikuti beberapa tips wisata dari Dolanyok yang kami rangkum khusus untuk liburan di kebun binatang ini.

  • Kunjungi lokasi wisata lebih pagi karena udara masih segar dan tidak panas.
  • Berkunjung dengan transportasi umum seperti Trans Jakarta lebih mudah karena tak perlu repot mencari lahan parkir. Biasanya saat weekend, lahan parkirnya selalu penuh.
  • Jika membawa kendaraan roda dua, usahakan untuk parkir di dekat pintu keluar.
  • Usahakan memiliki kartu e-money Jakcard agar tidak kesulitan untuk memasuki kawasan wisata. Cara ini merupakan cara baru sehingga pengunjung sudah tak menggunakan karcis manual lagi.
  • Melihat papan peta atau gunakan peta dari Dolanyok atau lansgung download aplikasi Ragunan Zoo di Playstore.
  • Membawa tikar dan makanan/minuman dari luar.
  • Langsung menuju ke taman satwa yang diinginkan.
  • Gunakan fasilitas sepeda, delman atau kereta keliling jika tidak ingin kelelahan berkeliling di area kebun binatang yang luas ini.

Sebagai catatan, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di kebun binatang ini dan wajib dipatuhi setiap pengunjung. Misalnya adalah tidak boleh sembarangan memberi makan satwa.

Q & A

Masih ada pertanyaan mengenai kebun binatang di Jakarta ini? Jika iya, lebih baik simak dahulu pertanyaan dan jawaban dari pengguna yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Apakah sudah bisa berkeliling naik mobil di Ragunan?

Iya, mobil safari namanya. Mobil tersebut bisa memuat ±30-40 orang.

Adakah tempat penitipan barang?

Setahu saya tidak ada. Hanya ada lahan parkir mobil dan motor. Dibawa masuk saja tasnya, dititipkan di penitipan barang yang ada di masjid di dalam lokasi kebun binatang.

Apakah kalau belum memiliki kartunya bisa membeli disana?

Bisa, langsung saja ke loket. Akan lebih mudah kalau membawa mobil, bisa sekalian buat tiket dan bayar parkir.

Bayarnya bisa langsung atau tidak? Atau wajib menggunakan kartu?

Sekarang wajib menggunaka JakCard, tidak bisa beli langsung.

Berapa harga Kartu Ragunan?

Beli kartu Jackard untuk saldo Rp 20.000 harganya Rp 35000. Yang saldo Rp 50.000 harganya Rp 65000.

Apakah Ragunan menerima sumbangan hewan peliharaan?

Bisa. Saya pernah punya elang jawa dan saya sumbangkan ke Ragunan. Silahkan bawa saja hewan yang ingin disumbangkan ke kantor di Ragunan.

Kesimpulan

Kebun Binatang Ragunan adalah alternatif liburan murah meriah yang ada di Jakarta. Di dalamnya pengunjung bisa menikmati suasana segar dan asri yang dipenuhi pepopohonan.

Terdapat beragam satwa dari dalam dan luar negri sebagai wahana hiburan dan edukasi. Tak hanya itu, fasilitas serta wahana yang lengkap juga menambah keseruan liburan di sini. Lihat keseruan liburannya di sini!

Gambar Gravatar
A writer; An English teacher; highly passion in travelling, reading & writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *