Belajar Menjadi Astraunot Kecil Di Planetarium Jakarta

Diposting pada

Planetarium Jakarta merupakan tempat dimana kamu bisa belajar mengenai perbintangan dan benda-benda langit lainnya secara langsung.

Jam Buka:08.00-15.00 WIB
Tiket Masuk:Rp 5.000,00- Rp 12.000,00
Nomor Telpon:021 2305146
Aktivitas:Melihat pertunjukan film tta surya, melihat galeri benda-benda langit dan peralatan astronomi, melihat fenomena alam yang berkaitan dengan langit dan benda-bendanya
Waktu Terbaik:Pagi hari dan saat terjadi fenomena alam
Perlu Dibawa:Air minum, kamera, buku catatan
Larangan:Dilarang merusak koleksi galeri observatorium
Alamat:Jl. Cikini Raya nomer 73, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
Fasilitas Umum:Area parkir, Toilet, Mushola
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Baca Juga Daftar Wisata Jakarta Terbaru

Sekarang ini jarang sekali menemukan tempat wisata yang memiliki tema khusus. Kebanyakan objek wisata yang baru bermunculan adalah objek wisata kekinian.

Namun ternyata di Jakarta ada objek wisata dengan tema yang jarang sekali kamu temukan pada tempat wisata lainny. Tempat wisata tersebut adalah Planetarium Jakarta. Sudahkah kamu tahu tempat wisata seperti apa tempat ini?

Sekilas Planetarium Jakarta

Tempat wisata seperti apakah Planetarium Jakarta itu? Tempat wisata ini berisi aneka wahana yang berisi simulasi perbintangan dan benda langit lainnya.

Tempat ini tidak hanya memberikan hiburan saja namun juga pendidikan mengenai dunia luar angkasa yang jarang kita perhatikan. Di sini wisatawan tidak hanya mendapatkan informasi mengenai dunia astronomi namun juga pengalaman secara langsung.

Di Jakarta ada Planetarium sedangkan di Bandung ada Observatorium Bosscha dimana kamu bisa belajar tentang dunia astronomi. Yogyakarta pun juga memiliki planetarium yang berada di Taman Pintar walaupun skalanya tidak sebesar di Jakarta.

Sejarah

Penggagas tempat wisata edukasi bertema astronomi dan perbintangan ini adalah Presiden RI yang pertama yaitu Ir. Soekarno. Pembangunan tersebut dimulai pada tahun 1964 dan selesai pada tahun 1969 dan menjadi hak milik Pemerintah DKI Jakarta.

Tempat ini pun berfungsi sebagai tempat penelitian benda-benda langit dan tempat pendokumentasian benda-benda langit. Terdapat pameran yang menampilkan berbagai foto dan gambar dari berbagai galaksi.

Sekain itu kamu juga bisa menemukan teori pembentukan galaksi dan pencetusnya. Hal yang lebih menarik lagi dari tempat ini adalah terdapat sebuah tempat yang berisi aneka teleskop yang bisa kamu gunakan secara langsung untuk melihat berbagai benda langit.

Atraksi

Di tempat ini kamu tidak akan menemukan berbagai wahana seperti di tempat wisata lainya. Walaupun tidak menemukan wahana permainan kamu tidak akan menyesal karena mengunjungi tempat ini. Karena kamu akan mendapatkan pengalaman seru dengan menikmati berbagai atraksi yang ditampilkan.

Teater Bintang

Sama seperti namanya yaitu tetaer maka tempat ini dibuat layaknya seperti sebuah bisokop tempat menikmati pertunjukan. Teater Bintang dapat dinikmati dalam sebuah ruangan besar dan menggunakan langit-langit yang berbentuk kubah sebagai layarnya. Hal ini menjadikan kamu seakan-akan memang sedang melihat pemandangan langit.

Kamu bisa menikmati pertunjukan yang menampilkan pemandangan langit pada malam hari. Pemandangan tersebut ditampilkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Bahkan kamu bisa melihat pembentukan galaksi, tata surya, bulan, gerhana matahari, planet dan aneka benda langit lainnya selama 50-60 menit.

Galeri Astronomi

Atraksi wahana yang kedua adalah galeri Astronomi yang menampilkan berbagai macam foto dan gambar terkait benda luar angkasa. Galeri tersebut juga menampilkan informasi terkait agar bisa menambah pengetahuanmu tentang dunia astronomi.

Hal yang mengagumkan pun bisa kamu temukan di galeri ini. Kamu bisa melihat koleksi meteroit yang jatuh di Indoenesia pada tahun 1975.

Teleskop Observatorium

Di Planetarium kamu tidak hanya bisa melihat koleksi benda langit namun juga merasakan pengalaman mengamati benda langit secara langsung. Pada waktu-waktu tertentu tempat yang berisi aneka teleskop atau teropong bintang ini digunakan sebagai lokasi observasi benda langit.

Kamu pun bisa melihat fenomena langit secara langsung dan terbuka dari tempat ini. Terdapat banyak jenis teleskop yang salah satunya adalah Teleskop ASKO. Teleskop ini adalah teleskop reflektor dengan cermin berdiameter 31 cm. Teleskop lainnya adalah teleskop Takahashi yang merupakan teleskop Newtonian dengan diameter 16 cm. Selain itu ada teleskop Coude dengan diameter 15 cm dan masih ada 10 lebij jenis teleskop lainnya.

Alamat

Tempat wisata edukasi ini bisa kamu kunjungi di Jl. Cikini Raya nomer 73, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Setelah selesai berkeliling di tempat ini kamu bisa mampir ke tempat wisata lain yang tidak kalah seru seperti Taman Ismail Marzuki, Taman Suropati, Taman Situ Lembang, Museum Sasmita Loka Ahmad Yani, Museum Proklamator Kemerdekaan RI dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati tempat wisata edukasi ini kamu akan dikenakan biaya sebagai berikut ini:

KeteranganHarga Tiket
Anak-anakRp 7.000,00/ orang
DewasaRp 12.000,00/ orang
Rombongan pelajar / mahasiswaRp 500.000,00/ 100 orang
Rombongan umumRp 100.000,00/ 100 orang

Untuk rombongan minimal harus 100 orang, jika kurang dari jumlah tersebut, tetap dikenakan biaya sejumlah 100 orang.

Jika kamu datag secara rombongan kamu bisa mendaftarkan kepada pengelola terlebih dahulu. Jam Operasional pendaftaran buka dari Senin-Jumat mulai pukul 08.00-15.00 WIB, dengan waktu istirahat 12.00-13.00 WIB. Kamu bisa menghubungi ke 021 2305146 atau kunjungi websitenya di planetarium.jakarta.go.id.

Tiket Perorangan

Anak-anak:Rp   7.000,- / orang (2 tahun s.d. usia tingkat SD)
Dewasa:Rp 12.000,- / orang (tingkat SMP s.d. Dewasa)

Tiket perorangan dapat dibeli langsung diloket, yang dibuka 1 jam sebelum acara dimulai.

Jam Operasional

Jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata ini, kamu harus memperhatikan jam operasionalnya, karena jadawal buka tidak setiap hari.

KeteranganHariJam Buka
Planetarium JakartaSelasa-Minggu08.00-15.00 WIB
Pertunjukan untuk RombonganSelasa-Jumat09.30-13.30 WIB
Pertunjukan untuk peroranganSabtu-Minggu09.30, 13.30 WIB
Jam pengambilan nomer antrian peroranganSabtu-Minggu07.30 WIB
Jam pembayaran tiket peroranganSabtu-Minggu08.00, 11.30 WIB

Sebelum berkunjung tolong perhatikan jam operaasionalnya terlebih dahulu, karena jadwal pertunjukan bisa berbeda-beda untuk jenis wisatawannya. Namun jika hanya ingin melihat galeri observatorium kamu bisa datang di hari Selasa-Minggu.

Baca Juga: Taman Ayodya Jakarta

Fasilitas

Tempat penelitian bintang dan benda langit lainya ini kini menjadi sebuah objek wisata populer di Jakarta. Maka dari itu pengelola telahh menyediakan fasilitas yang cukup lengkap:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola

Sedangkan untuk penginapa tersedia berbagai macam hotel dan penginapan yang bisa kamu coba. Penginapan yang paling dekat dari objek wisata ini seperti Hotel Alia Cikini, Ibis Budget Hotels, Menteng Saphire dan masih banyak lagi. Nah untuk referensi tempat makan kamu bisa mampir ke Gado-Gado Bon Bin, Aljazeerah Restaurant & Cafe.

Tips Berwisata

Untuk mendapatkan pengalaman yang tiidak terlupakan di objek wisata edukasi ini, kamu bisa menggunakan tips berikut ini:

  • Datanglah pada pagi hari jika kamu ingin melihat pertunjukan di teater bintang, untuk menghindari antrian panjang.
  • Gunakanlah pakaian yang sopan daan hangat karena ruang pertunjukan sangat dingin.
  • Carilah tempat duduk di posisi tengah karena layar berbentuk kubah dan letaknya tepat berada di atas kepala sehingga kamu bisa melihat ke segala penjuru.

Melihat pertunjukan ini paling enak dinikmati secra rombongan, yuk ajak saudara atau sahabtmu melihat pertunjukan di teater bintang ini.

PLANETARIUM JAKARTA

Q&A

Berikut ini adalah pertanyaan yang berkaitan dengan informasi objek wisata edukasi ini:

Apakah kita boleh menggunakan teleskop untuk melihat bintang dan benda0-benda langit lainnya?

Boleh, jika ada fenomena langit atau tata surya tertentu kamu bisa menggunkan teleskop di tempat ini untuk melihatynya, hal ini pun dibuka untuk umum.

HTM berapa?

HTM Perorangaan anak Rp 7.000,00/ orang dan dewasa Rp 12.000,00/ orang. Sedangkan rombongan Rp 500.000,00/ 100 rang untuk rombongan pelajar dan mahasiswa, rombongan non pelajar Rp 1.000.000,00/ 100 orang.

Libur nasional buka atau tutup?

Untuk Planetariumnya tetap buka, namun pertunjukan untuk rombongan ditiadakan namun pertunjukan perorangan tetap dilaksanakan.

Kesimpulan

Nah cukup menarikkan tempat wisata edukasi di Planetarium Jakarta ini? Sudah tidak waktunya liburan hanya bermain-main saja. Dengan mengunjungi tempat ini kamu akan merasa kagum dan bersyukur betapa indahnya dunia ini.

Selain menyempatkan untuk berlibur, sempatkanlah waktu pada saaat akan terjadi fenomena alam seperti gerhana. Pada saat-saat itulah pihak pengelola akan membuka tempat ini secara umum. Kamu pun bisa menyaksikan fenomena tersebut dengan bantuan teleskp di tempat ini secara jelas.


Loading…
Gambar Gravatar
Saya adalah perempuan yang suka menikmati indahnya dunia bersama sahabat tercinta.

2 thoughts on “Belajar Menjadi Astraunot Kecil Di Planetarium Jakarta

  1. jadi maksudnya kalau bukan rombongan dan ingin menonton pada hari biasa itu g bisa y??

  2. Dari informasi yang kami dapat, untuk pengunjung biasa hanya bisa berkunjung pada hari sabtu dan minggu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *