Umbul Manten Klaten

Diposting pada

Umbul manten adalah destinasi wisata di Klaten yang menyuguhkan pemandian dengan sumber air dari Alam, terdapat 3 tempat untuk berenang, yaitu kolam utama, kolam sebelah timur, dan aliran sungai.

Jam Buka:06:00-18:00 Wib
Harga Tiket: Rp. 6.000
Kontak: 
Penginapan: 
Alamat:Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482
Umbul Manten Klaten 1
Kok bisa bening gitu?

Umbul Manten Klaten

Berbicara daerah Klaten, kebanyakan orang akan mengatakan yang ada umbul ponggoknya kan? Yaps, Klaten sudah lama dikenal dengan daerah yang banyak memiliki sumber mata air alami. Salah satu destinasi wisata poluler di Klaten yaitu Umbul Ponggok. Tapi kali ini kita akan membahas tempat wisata yang tidak kalah populernya yaitu umbul manten.

Sama halnya umbul ponggok, umbul manten juga merupakan tempat wisata berenang dengan sumber mata air alami. Namun bedanya adalah, di umbul manten terdapat 3 tempat rekreasi alami sekaligus bisa dijumpai oleh wisatawan dalam satu tempat. Ditembah lagi lokasi umbul manten terdapat banyak pepohonan besar dan rindang. Jadi sensasi segarnya dobel, sumber mata air alami plus lokasinya yang terhindar dari paparan matahari pangsung.

Dibalik nama umbul manten atau arti bahasa Indonesianya sumber air penganting ada sejarah yang cukup menggelitik. Seperti di muat dalam lifestyle.okezone.com

Konon berasal dari sebuah legenda sepasang pengantin yang hilang secara misterius. Hilangnya sepasang pengantin itu diduga karena melanggar wejangan atau perintah orang tua mereka untuk tidak keluar rumah bersama-sama selama 40 hari pascamenikah. Tetapi, entah karena alasan apa, mereka justru melanggar perintah tersebut.

Disisi lain umbul manten saat ini cukup populer sebagai tempat wisata berenang air jernih di Klaten. Ada 3 tempat yang dapat dinikmati wisatawan, yaitu kolam utama, yang berukuran cukup kecil memiliki kedalaman sampai dengan 1,5 meter, air di kolam utama tidak bisa keruh, karena dasar dari kolam adalah bebatuan. Ada juga kolam di sisi timur kolam utama, tinggi kolam sepingging orang dewasa, biasanya ditempat ini diisi oleh anak anak, dan yang terakhir aliran sungai yang dangkal. Pada aliran sungai wisatawan dapat menikmati kesejukan air dari sumber alami.

Tidak hanya itu saja, jika masih kurang puas berenang di umbul ponggok, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke Umbul Pelem Waterpark yang lokasinya hanya 150 meter dari umbul manten. Di Umbul Palem Waterpark terdapat kolam renang yang dibangun dari beton dan beberapa wahana air lainnya. Aliran air dalam kolem umbul palem adalah sumber mata air alami.

Harga Tiket Masuk Umbul Manten Klaten

Biaya masuk umbul manten cukup murah yaitu sebebsar 6.000 / orang dan untuk biaya parkir kendaraan adalah 3.000 saja. Selain biaya masuknya yang murah, harga makanan di lokasi wisata umbul maten juga sangat terjangkau.

Lokasi Umbul Manten Klaten

Lokasi umbul manten berada di Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482. Hanya sekitar 4 km dari jalur utama Jogja – Solo dengan akses jalan yang sudah bagus. Sama halnya jarak dari jalur utama dan jalan ke arah umbul ponggok yaitu 4 km.

Galeri Foto Umbul Manten Klaten

Tidak hanya sensasi segara yang bakal didapetin jika berkunjung ke tempat wisata ini, tetapi juga hasil foto yang sangat bagus. Berikut ini foto yang diambil dari wisatawan yang pernah berkunjung ke Umbul Manten

Disekitar lokasi umbul manten, tidak hanya terdapat umbul palem saja, Klaten daerah timur memiliki banyak umbul yang sudah dibuka sebagai destinasi wisata. 

Oh iya, sebaiknya anda berkunjung kesini pada pagi hari sekitar jam 6, karena umbul manten kalau siang atau sore hari sangat ramai pengunjung. Jangan lupa share.

Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *