Umbul Ponggok Klaten, Mata Air Penggunungan yang Menyegarkan

Diposting pada

Ingin kan merasakan relaksasi bermain bersama para satwa air ikan dengan merasakan kesegaran mata air yang masih asri? Nah, kamu perlu nih mlipir ke Klaten, Umbul Ponggok.

Umbul Ponggok
Sumber Gambar : Instagram.com/agendasolo
Jam Buka:06.00-18.00 WIB
Harga Tiket:Rp. 15.000/orang
Kontak:0823-1438-8880
Kegiatan:Renang, Fotografi, Bermain
Waktu Kunjungan:
3 Jam
Alamat:Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57474
Fasilitas Umum:Mushola, Gazebo, dan kedai makan
Online Maps:View Maps

Tentu kami ingin kan, bermain di air dengan bebas, seperti snorkling, diving atau bahkan hanya sekadar bermain dengan para ikan dengan bonus content foto yang instagramble? Selain meredakan mood kamu yang sedang buruk, kamu juga bisa relaksasi meregangkan otot, meredakan pegal.

Coba saja berkunjung ke Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Terdapat sebuah tempat wisata kekinian yang sering diserbu para travellers apalagi saat weekend atau long holiday. Penasaran kan?

Umbul Ponggok Terbaru
Umbul Ponggok Menyelam
Sumber Gambar : Instagram.com/sherlyprisil
Umbul Ponggok Bawah Air
Sumber Gambar : Instagram.com/wonderfulsoloraya
Umbul Ponggok Sepeda
Sumber Gambar : Instagram.com/kabarklaten
Umbul Ponggok Haha
Sumber Gambar : Instagram.com/ayodolan

Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok merupakan tempat wisata underwater yang sudah ada sejak lama. Sebuah kolam tak biasa karena merupakan sumber air menyegarkan. Selain itu kamu akan merasakan sensasi bermain bersama ikan air tawar yang lucu berwarna-warni bak nemo.

Kamu paratravellers juga dapat berswa foto di dalam kolam, karena selain view kumpulan ikan, kamu juga dapat berpose bersama atribut yang sudah disediakan di dalam kolam seperti sepeda motor, tempat televisi, meja, tikar, gantungan cucian dan masih banyak lagi dan selalu update.

Selain itu bagi kamu yang takut berolahraga air di laut lepas, maka kamu bisa nih latihan diving ataupun snorkling di kolam Umbul Ponggok yang notabenenya memiliki ukuran 50 x 25 meter dengan rata-rata kedalaman 1,5 – 2,6. Menarik sekali kan?

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok terbaru 2019

Tentu kamu penasaran kan, berapa sih budget yang perlu kamu persiapkan sebelum datang langsung ke Umbul Ponggok ini? yup, ternyata tidak terlalu merogoh kocek yang banyak kok. Kamu hanya perlu membauar biaya retribusi untuk masuk sebesar Rp. 15.000/orang saja. Murah sekali kan?

Namun jika kamu tak cukup dengan hanya menikmati Umbul Ponggok dari tampilan luar saja, dan ingin explore lebih. Maka kamu wajib tahu nih beberapa list harga persewaan yang perlu kamu bayar saat ingin mencobanya. yuk simak!

Harga Sewat Alat dan Paket

List Persewaan PaketHarga
Paket Kamera Underwater untuk durasi ½ jam, maksimal 4 orangRp. 60.000
Paket Kamera Underwater untuk durasi 1 jam, maksimal 7 orangRp. 100.000
Paket Power Dive ( walker ), sudah termasuk dokumentasi ( hanya foto)Rp. 150.000
Paket Power Dive ( walker ), sudah termasuk dokumentasi ( foto & video)Rp. 200.000
Paket Diving, sudah termasuk dokumentasi, tabung oksigen, kaki katak, swim suit & googles, bimbingan sebelum menyelamRp. 250.000
Paket Prewedding Standar, waktu pemotretan 1 hari, 3 crew fotografer, biaya sewa tempat pemotretan, dokumentasiRp. 2.000.000
Paket Prewedding Full, waktu pemotretan 1 hari, 3 crew fotografer, 1 orangm make up artis, wardrobe – ukuran kostum memakai ukuran umum, biaya sewa tempat pemotretan, dokumentasi disimpan dalam CD dan dicetakRp. 3.000.000
Persewaan Locker/unitRp. 3.000
Persewaan Alat pelampung/unitRp. 7.000
Persewaan Alat kaki katak/unitRp. 7.000
Persewaan Alat masker snorkel/unitRp. 13.000
Persewaan Properti Foto – sepedaRp. 30.000
Persewaan Properti Foto – TV/Laptop/set tamanRp. 60.000
Persewaan Properti Foto – jet sky/ayunan doubleRp. 150.000
Persewaan Properti Foto – tenda & set kursiRp. 100.000
Persewaan Properti Foto – becak/motor/set love/ayunanRp. 100.000
Sewa tempat untuk sesi pemotretan preweddingRp. 300.000

Beberpa list harga diatas dapat mengalami perubahan sesuai ketentuan yang berlaku oleh pihak Umbul Ponggok. Tapi jangan lupa ya untuk noted harga diatas, agar kamu bisa menikmati liburan secara penuh agar tidak menyesal.

Akses dan Rute menuju Umbul Ponggok

Untuk tempat wisata yang satu ini, kamu tak perlu pusing mencarinya. Karena mudah ditemukan kok, coba saja gunakan google maps untuk menemukannya. Namun berikut ini adalah beberapa ancer-ancer yang mungkin kamu butuhkan.

Jika kamu smemulai perjalanan kota Klaten, untuk menuju Umbul Ponggok kamu hanya memerlukan waktu perjalanan kurang lebih sekitar 30 menit saja. Wisata di Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini sudah memiliki akses jalan yang baik kok, jadi tak usah khawatir dengan medan sulit yang akan kamu hadapi misalnya.

Juga jika kamu dari Jogja, Sleman, Purworejo, dan Kebumen. Mulai saja menuju jalan raya Yogyakarta-Solo. Lanjutkan perjalanan lurus saja lewat tengah kota hingga menuju GOR Gelarsena Klaten. Ambil jalan menuju Jatinom atau Polanharjo dan lurus saja sampai bertemu plang tanda sampai di Umbul Ponggok.

Fasilitas Umbul Ponggok

Dengan harga yang affordable tersebut kamu bisa kok menikmati fasilitas penuh dari Umbul Ponggok ini. Seperti standart fasilitas wisata lain, kamu para travellers bisa beribadah di musholla, bergantin di ruang ganti, ada toilet, dan tentunya kedai makan.

Kamu pun tak perlu takut untuk memilih menu di kedai makan yang terletak di sekitar kawasan Umbul Ponggok. Pasalnya Klaten masih menganut harga makanan yang masih masuk akal dengan cita rasa yang diberikan. Nah gimana? kamu udah kepengen banget belum?

Tips foto underwater di Umbul Ponggok

Tentu kamu tidak mau dong sudah capai take foto agar bisa di upload di sosial media, namun hasil foto kurang memuaskan. Hmm, mungkin kamu perlu deh tahu beberapa tips berikut yang akan membantumu memiliki foto instagenic yang kece.

  • Carilah spot foto yang menarik

Ada banyak spot foto di Umbul Ponggok yang dapat kamu explore dalam sekali waktu. Saran sih jangan hanya terfokus pada satu tempat. Gunakan waktumu untuk explore spot foto keren agar kamu tidak menyesal saat pulang nanti.

  • Perhatikan waktu berkunjung

Umbul Ponggok memilki jam operasional mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Nah, sarannya jika kamu ingin mendapat foto dengan background cahaya yang bagus, tidak backlight dan sebagainya. Maka datanglah di waktu pagi hari atau sore hari. Lebih afdhal datang saat pertama kali di buka agar tidak terlihat bayangan pengunjung lain, dan kondisi air masih sangat jernih sekali.

  • Berpose normal seperti di daratan

Untuk menghasilkan foto yang terlihat natural. Maka kamu harus bisa berpose normal seperti saat kamu pose di daratan. Seperti senyum atau membuat tanda peace.

  • Setting Mode Burst pada Kamera

Karena kamu harus menahan napas di air, gunakan mode brust atau sekali jepret menghasilkan banyak foto. Jadi kamu hanya tinggal menyeleksi mana foto yang oke, saat beranjak ke permukaan.

Overall, Umbul Ponggok merupakan tirta wisata yang patut kamu kunjungi saat weekend. Dengan jam operasional yang relatif lama, fasilitas yang sudah oke untuk standart tempat wisata air. Lalu harga tiket masuk yang sangat affordable dengan segela rincian paket persewaan alatnya.

Jadi gimana? sudah ada gambaran kan? akan pergi bersama siapa dan kapan? jadi yuk ah tunggu apalagi. Tancap gas menuju Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Umbul Ponggok Klaten dan jangan harap ingin cepat-cepat pulang ke rumah, cheers!

Seberapa bermanfaat posting ini?

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

3 thoughts on “Umbul Ponggok Klaten, Mata Air Penggunungan yang Menyegarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.