Wisata Umbul Sidomukti, Kolam Renang di Atas Awan yang Menakjubkan

Diposting pada

Umbul Sidomukti adalah salah satu objek wisata favorit di Semarang. Di sana kamu bisa berenang, bersepeda, adu nyali, hingga bermain panahan.

Jam Buka:08.00-24.00 WIB
Harga Tiket:Rp. 5.000/orang | Parkir Rp. 10.000/mobil – Rp. 5.000/motor
Kontak:
Alamat:Desa Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
Fasilitas Umum:Parkir, Mushola, Gazebo, Toilet, Cafe, Penginapan, dll
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
umbul sidomukti
instagram/umbul.sidomukti

Hai sobat traveller. Pernahkah kamu membayangkan menghabiskan waktu berlibur ke tempat yang sejuk di atas ketinggian dengan pemandangan alam yang penuh keindahan? Lalu dari sana kamu juga bisa menyaksikan hiruk pikuk kehidupan di bawah mu sambil sesekali menyeruput teh hangat atau jus dingin? Pasti menyenangkan sekali bukan?

Tenang sobat traveller. Berlibur ke objek wisata yang menawarkan suasana seperti di atas bukanlah hal yang mustahil. Ada beberapa pilihan tempat wisata di Indonesia yang suasananya seperti itu, salah satunya adalah objek wisata Umbul Sidomukti yang ada di Semarang.

Sepert apa objek wisata Umbul Sidomukti dan apa saja yang bisa kamu lakukan di sana? Jawabannya akan segera kamu temukan sebentar lagi.

Lebih Dekat Dengan Objek Wisata Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti terletak di lereng Gunung Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Kawasannya berada di atas ketinggian 1200 mdpl, berkonsep wisata alam, dengan wahana serta fasilitas wisata yang sangat lengkap.

Objek wisata ini termasuk salah satu objek wisata favorit yang ada di Semarang. Selain karena usianya yang memang sudah tua, ia juga menjadi buruan wisatawan karena kelebihan-kelebihan seperti yang sudah tertulis di atas.

umbul sidomukti plying fox
instagram/umbul.sidomukti

Sebagai informasi, objek wisata Umbul Sidomukti berdiri dan diresmikan pada tanggal 2 Agustus 2007. Saat itu, launching-nya dihadiri dan diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Semarang yang dijabat oleh Ibu Hj. Siti Ambar Fathonah.

Ada banyak wahana yang bisa kamu jelajahi dan aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan di objek wisata Umbul Sidomukti, mulai dari bersantai menikmati panorama alam, berenang, bersepeda hingga panahan.

Selengkapnya mengenai wahana apa saja yang ada di Umbul Sidomukti bisa kamu baca di bawah ini.

Wahana Wisata di Umbul Sidomukti

Demi memuaskan para wisatawan, pihak pengelola tak pernah berhenti melakukan perbaikan dan penambahan wahana yang ada di objek wisata Umbul Sidomukti. Sampai artikel ini dibuat, di sana terdapat sekitar 5 wahana wisata utama yang menjadi favorit para pengunjung. Berikut ini ulasan kelima wahana tersebut.

Kolam Renang Alam

Salah satu wahana unggulan objek wisata Umbul Sidomukti yang menarik minat banyak wisatawan adalah kolam renang alam ini. Bentuknya yang unik, ditambah letaknya yang berada di atas ketinggian, membuat aktivitas berenang mu akan terasa jauh berbeda dengan yang kamu rasakan di tempat lain.

Kolam renang ini dibangun menyerupai bentuk mangkok dengan tiga tingkatan yang memiliki kedalaman berbeda-beda. Yang terdalam adalah kolam renang dewasa dengan kedalaman dasar sekitar 1,5 meter. Kemudian untuk anak-anak, tersedia juga kolam renang sedalam 30 sentimeter di tingkatan paling bawah.

Untuk mendapatkan kesan yang lebih eksotis, cobalah berenang saat sore hari ketika kabut menyelimuti sekitar kawasan. Kamu akan merasakan keunikan tersendiri karean saat itu kamu seolah-olah sedang berenang di atas awan.

Wahana Little Ranch

Hijaunya perkebunan di areal wahana little ranch bisa mengusir kepenatan dan me-refresh semangat mu. Di sini kamu bisa bercengkerama langsung dengan alam yang masih sangat alami sambil menyaksikan aktifitas para petani.

Jika ingin, kamu juga bisa berkeliling di kawasan little ranch dengan menunggang kuda yang disewakan setiap hari Minggu.

Goa Tirta Mulya

Goa Tirta Mulya adalah wahana terbaru yang ada di objek wisata Umbul Sidomukti. Meski begitu, wahana ini juga menjadi favorit pengunjung karena keseruan aktivitas yang bisa dilakukan. Di sini, kamu akan diajak menyusuri goa sepanjang 135 meter yang akan membawa mu ke sebuah area dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Selain itu, wahana Goa Tirta Mulya juga kerap dijadikan sebagai lokasi preewedding para calon pengantin. Jika kamu berminat, kamu juga bisa menjadikan tempat ini sebagai lokasi preewedding mu, namun tentunya dengan biaya yang sangat mahal.

Wahana Pacu

umbul sidomukti wahana pacu
instagram/umbul.sidomukti

Spot ini sengaja dibangun untuk kamu yang ingin menguji adrenalin. Ada beberapa wahana uji nyali yang bisa kamu coba di sini. Yang paling seru dan menegangkan, adalah melewati lembah di wahana flying fox dengan taruhan jatuh ke dalam jurang yang sangat dalam.

Namun kamu tak perlu takut dan khawatir. Semua wahana di spot ini tentunya sudah dijamin kemanannya oleh pihak pengelola objek wisata Umbul Sidomukti. Meskipun seandainya di wahana flying fox kamu terjatuh, kamu tidak akan sampai ke dasar jurang karena badan mu telah terikat tali pengaman.

Wahana lain yang bisa kamu coba selain flying fox di spot ini antara lain marine bridge, highest triangle, dan sepeda awang.

Panahan

umbul sidomukti panahan
instagram/umbul.sidomukti

Saat ini panahan menjadi salah satu olahraga yang mulai digemari banyak orang. Karena selain menyehatkan badan, olahraga panahan juga bermanfaat untuk menajamkan konsentrasi. Jika kamu berminat untuk mencoba memanah, maka kamu bisa mencobanya di spot panahan Umbul Sidomukti ini.

Dan Kalaupun kamu tidak pernah sama sekali mencoba olahraga panahan, di sini sudah disiapkan pelatih panahan yang akan mengajarimu teknik dan cara memanah.

Fasilitas di Umbul Sidomukti

Sebagai objek wisata yang tak pernah sepi pengunjung, selain wahana wisata, fasilitas wisata juga terus dibenahi dan dilengkapi oleh pihak pengelola Umbul Sidomukti. Fasilitas yang bisa kamu temukan di sana antara lain:

  1. Lahan parkir
  2. Musholla
  3. Toilet
  4. Cafe
  5. Warung penjual makanan dan minuman
  6. Penginapan

Penginapan Umbul Sidomukti

Untuk penginapan sendiri, sedikitnya ada tiga lokasi penginapan yang bisa kamu pilih. Kalau kamu menyukai suasana menginap di perkampungan dan membaur dengan warga sekitar, maka kamu bisa memilih homestay pinus yang bisa disewa dengan harga mulai dari Rp500.000 per malam.

Atau kalau kamu menginginkan penginapan dengan fasilitas lengkap layaknya hotel, maka kamu bisa memilih menginap di villa pondok kopi atau penginapan pondok wisata dengan harga sewa yang sedikit lebih mahal.

Alamata Dan Rute ke Umbul Sidomukti

Objek wisata Umbul Sidomukti beralamat di Desa Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk sampai di sana, kamu bisa memilih salah satu dari empat jalur di bawah ini.

Jalur Dari Arah Semarang

Jalur ini melewati jalan yang mengarah ke Ungaran. Patokannya adalah pom bensin Lemah Abang. Jika kamu sudah sampai di pom bensin, carilah gapura yang bertuliskan kawasan wisata Gedong Songo.

Dari gapura ini, teruskan perjalanan mu sampai pasar Jimbaran. Lalu di seberang pasar, kamu tinggal memasuki gang yang bertuliskan wisata Umbul Sidomukti. Dari gang ini, perjalanan mu hanya menyisakan beberapa meter untuk sampai di lokasi wisata.

Jalur Dari Arah Jogja

Untuk menuju kawasan wisata Umbul Sidomukti dari Jogja, kamu bisa melalui jalan Jogja – Ambarawa yang mengarah ke Semarang. Setelah sampai di pusat Kota Semarang, maka kamu tinggal mengikuti jalur seperti jalur dari arah Semarang di atas.

Jalur Dari Arah Purwodadi dan Sekitarnya

Dari arah Purwodadi kamu bisa menuju Semarang melewati jalur Purwodadi – Godong – Gubug – Kedungjati – Tuntang – Bergas – Bandungan. Yang perlu kamu perhatikan dan jadi titik acuan mu adalah pos polisi Tuntang. Dari sini, ambil kanan untuk mengarah ke Semarang, kemudian gunakan jalur seperti jalur arah Semarang di atas.

Jalur Dari Arah Salatiga

Dari Salatiga dan sekitarnya, kamu bisa melewati jalur Semarang – Surakarta. Setelah sampai di Semarang, arahkan tujuan mu ke jalan yang nantinya akan melewati Rumah Sakit Ken Saras. Dari sini, lanjutkan perjalanan mu hingga menemukan gerbang objek wisata Gedong Songo, kemudian gunakan jalur seperti jalur pertama di atas.

Harga Tiket Dan Jam Operasional

Untuk memasuki kawasan objek wisata Umbul Sidomukti, kamu hanya perlu membayar harga tiket sebesar Rp5000/orang. Ini tentunya sangat murah apabila dibandingan dengan apa yang nantinya akan kamu dapatkan di dalam.

Namun, jika kamu masuk membawa mobil, maka kamu harus siap mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp1000 untuk biaya parkir. Sedangkan untuk pengguna sepeda motor, biaya tambahan untuk parkirnya hanya sebesar Rp5000.

Mengenai jam operasional, objek wisata Umbul Sidomukti dibuka mulai pukul 08.00 – 24.00 WIB. Objek wisata ini tetap dibuka baik hari libur ataupun hari kerja.

Rekomendasi juga untuk anda: Umbul Ponggok Klaten

Di Indonesia objek wisata yang memiliki suasana, wahana dan fasilitas seperti yang ada di objek wisata Umbul Sidomukti belumlah terlalu banyak. Jumlahnya tentu tidak sebanyak objek wisata pantai atau lainnya.Karenanya jika kamu berkesempatan untuk berkunjung ke Kota Semarang, maka jangan sampai lewatkan untuk datang ke objek wisata ini. Selamat berlibur sobat traveller.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.