Gunung Ungaran, Tempat yang Ramah Untuk Para Pendaki Pemula

Gunung ungaran menjadi salah satu gunung paling cocok dicoba untuk pemula. Setiap awal tahun atau tanggal 17, puncak gunung ungaran sangat ramai pengunjung.

Jam Buka:24 Jam
Harga Tiket:Rp. 7.000/orang
Kontak:
Alamat:Hutan, Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah
Fasilitas Umum:Tidak ada
Akses Jalan:Ke puncak hanya bisa diakses dengan jalan
Kedai:Tidak ada, sebaiknya bawa bekal
Online Maps:View Maps
Gunung Ungaran
Gunung Ungaran

Anak Muda Dan Gunung

Saat ini anak muda di Indonesia memang sudah keren. Mereka berani untuk menantang diri sendiri dengan naik gunung. Tidak hanya yang kecil saja, melainkan yang puncaknya tinggi pun ikut di daki.

Hal ini memang tidak terlepas dari usaha untuk melestarikan gunung dan kembali ke alam. Di Gunung pula, sobatt ravel bisa melihat bagaimana indahnya matahari terbit. Fajar yang membawa harapan tersebut menjadi sangat manis untuk disaksikan dari atas ketinggian.

Tidak hanya senang tetapi, juga puas karena, mampu mengalahkan diri sendiri. Menghadapi berbagai macam rintangan yang ada. Semarang, adalah salah satu kawasan yang mempunyai gunung nan megah dan esoktis.

Dimana, lerengnya menghadirkan nuansasejarah yang disematkan melalui Candi Gedong Songo. Serta pemandian alami yang tiada duanya yaitu, umbul sidomukti. Kawasan tersebut adalah Gunung Ungaran yang gagah berdiri.

Gunung Ungaran

Gunung ini memiliki ketinggian 2.050 mdpl berada di wilayah ungaran. Sampai saat ini tidak ada aktivitas vulkanis yang tercatat di Gunung ini. Tetapi, ada aktifitas panas bumi yang dihasilkan dari kawasan ini.

Sumber mata air panas yang dimaksud tersembunyi di Candi Gedong Songo. Maka Tak heran, bila, candi ini mempunyai pemandian air panas. Ada sebuah mitos yang sampai saat ini masih dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Dimana, di lereng gunung Ungaran, terdapat sebuah makam dasamuka. Nah, dalam pewayangan dasamuka memang di kenal sebagai tokoh yang sangat jahat. Tokoh ini suka minum-minuman keras.

Dasamuka pun di kubur di kawah gedong songo oleh hanuman. Kemudian, kera yang baik hati dan ilmu yang sakti ini pu npergi ke gunung telomoyo untuk bertapa sekaligus mengamati pergerakan dari dasamuka. Barangkali ia bangkit dari tidurnya.

Nah, masyarakat sekitar percaya bila ada seseorang yang membawa minuman keras ke kawasan ini maka, Dasamuka akan bangkit. Jadi, sampai saat ini tidak ada warga yang berani meminum minuman keras di sini.

Nama gunung ini ternyata tidak hanya ungaran saja. melainkan, ada beberapa nama yang terinspirasi dari prasasti yang sempat ditemukan di sini seperti, karundungan, karurungan, Ngroengngroengan, dan kroenroengan.

Jalur Pendakian

Ada 3 jalur pendakian yang bisa dilewati oleh para pendaki yang ingin menikmati pesona ungaran. Pertama adalah pendakian Basecamp mawar. Titik ini menjadi favorit para pendaki, karena bisa melalui pondok wisata sidomukti.

Menuju ke base camp sebenarnya sangatmudah, titik poinnya adalah wisata sido mukti yang dimana, sudah banyak sekali papan petunjuk yang akan memandu sobat travel. Total perjalanan melalui pos ini menuju ke puncak adalah 3 jam untuk pendaki pemula.

Dari pos ini, wisatawan akan menemukan sumber mata air yang digunakan sebagai kolam renang. Nah, disinijuga, sobat travel akan disuguhkan pemandangan perkebunan kopi yang menjadidaya pikat tersendiri.

Kemudian, Jalur pendakian Gedong Songo dimana, rute nya begitu menanjak dan butuh kekuatan ekstra untuk bisa mendaki. Ternyata jalur ini bukanlah jalur resmi. Terakhir adalah Promasan, Jalur ini bisa di lalui dari kabupaten Kendal.

Karakteristik Gunung

Dari dua jalur baik basecamp mawar atau promasan. Sobat travel nantinya akan bertemu di satu titik di perkebunan teh. Jika melewati gedong songo, jalurnya hanya digunakan untuk mencari kayu saja. Jadi harus berputar dan mencari jalan sendrii.

Bagi para pendaki pemula, ungaran memang medan yang bisa di bilang cukup bersahabat seperti halnya merbabu. Tetapi, harus diperhatikan juga, karena memiliki jalur cukup ekstream. Sehingga dibutuhkan tenaga dan keringat ekstra.

Jalanan datar akan ditemui sebelum perkebunan teh. Jadi, hemat-hematlah disini. karena setelah ini perjalanan  sesungguhnya akan tersaji di depan mata. takperlu memaksa, bila capek harus istirahat. Tetapi, jangan berlama-lama.

Baca juga: Keindahan Brown Canyon Ungaran Semarang

Bagi yang ingin menikmati sunrise yang cantik, sobat travel bisa mendirikan tenda di pos puncak bayangan. Di sini ada area camping ground yang memang diisi oleh para pendaki yang ingin menikmati fajar.

Spot Menarik

Dari ketinggian, sobat travel bisa melihat bagaimana indahnya Puncak Telomoyo yang berada di Salatiga. Salah satu pemandangan yang sangat menakjubkan. Apalagi kala pagi, dimana, semua masih samar karena berbentuk siluet.

Sungguh pemandangan yang tidak bisa dihindarkan dan didustakan. Salah satu nikmat tuhan yang bisa disyukuri, karena, disini pula sobat travel bisa melihat jejak perjuangan yang di lalui. Benar-benar menakjubkan bisa berdiri di atas ungaran. Semua lelah itu, seakan terbayarkan.

Gunung Ungaran Tangan
Gunung Ungaran Sekmau
Gunung Ungaran Pos
Gunung Ungaran Cewek
Gunung Ungaran Kerudung

Bagaimana, dengan gunung ini? Keren juga kan untuk di daki. Walaupun, namanya tidak setenar lawu, merbabu dan merapi. Namun, pesona matahari terbitnya tidak kalah dengan mereka.

Baca juga: Wisata Musiman Rawa Pening Semarang

Pesonanya tetap saja membahana, menghadirkan kerinduan untuk datang lagi ke tempat tersebut. Dolan Yok ke Gunung Ungaran, rasakan pengalaman berbeda dan menyenangkan di setiap langkah kaki yang berjalan menuju ke puncaknya.

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"