Ketep Pass, Lebih Dekat Menikmati Merapi dan Merbabu

Di Ketep Pass, wisatawan dapat melihat pemandangan yang begitu indah dari ketinggian 1200 mdpl. Dari titik ini, 2 gunung merapi dan merbabu bisa terlihat dengan jelas, ditemani pop mie panas dan udara sejuk, pasti betah berlama lama disini.

Jam Buka:06.00-17.00 WIB
Harga Tiket:Rp 7.500/orang | Parkir: Motor Rp 3.000, Mobil Rp 5.000
Kontak:0811-2640-046
Alamat:Jl. Blabak – Boyolali No.KM. 16, Ketep Pas, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah 56481
Fasilitas Umum:Toilet, Mushola, Teropong, Dll
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Ketep Pass
Foto by @senosolo

Siapa yang tidak kenal dengan gunung merapi dan merbabu. Kedua gunung kembar ini adalah ikon dari pendakian yang ada di jawa Tengah dan Yogyakarta. Kawasan yang tidak pernah sepi oleh pendaki ini memiliki daya magis luar biasa.

Nah, bagi yang tidak menyukai pendakian. Menikmati dua gunung ini bisa dari satu tempat. Dimana, kawasan tersebut memiliki titik yang pas, menikmati pesona merapi dan merbabu. Berada di wilayah magelang. Namanya adalah Ketep Pass.

Ketep Pas

Kawasan Ketep Pass berada di ketinggian 1200 mdpl. Sehingga, mempunyai suhu udara sejuk nan teduh. Tidak panas walau terik karena, semilir angin dan pepohonan selalu datang menghalangi.

Objek wisata yang berada diperbatasan antara boyolali dan magelang ini diresmikan oleh presiden megawati pada  17 oktober 2002. Setelah diresmikan, kawasan yang menjadi museum bagi keberadaan Gunung Merapi iniselalu ramai dikunjungi.

Sobat travel dari berbagai daerah baik tua dan muda hadir mengunjungi kawasan ini dan melihat betapa megahnya gunung teraktif di dunia ini. selain itu, semua fakta dan sejarahnya di kupas tuntas.

Museum Vulkanologi Ketep Pass

Sobat travel akan disuguhkan denganfoto dan juga video mengenai merapi. Semua yang tidak diketahui akan di kupas tuntas sehingga, sobat travel mengetahui bagaimana sifat dan karakter gunungini.

Ada juga replika yang di pajang tepatdi tengah-tengah museum lengkap dengan lampu dan titik erupsi. Hal ini berfungsi, agar sobat travel tahu bagaimana keadaan saat melatus mengarah kemana saja wedus gembel ini dan juga lahar dinginnya.

Jangan lupa saksikan pula bioskop mini yang ada di kawasan ini. sobat travel bisa menikmati sajian sejarah yang begitu menarik dan membuat setiap mata yang memandang pasti akan tercengang.

Pelataran Panca Arga Ketep Pass

Ingin melihat secara langsung kemegahan gunung ini. Berkunjunglah ke pelataran panca Arga. Selain bisa melihat merapi dan merbabu, sobat travel juga akan disuguhkan dengan Sindoro, sumbing, slamet yang terlihat sangat mempesona.

Bagi sobat travel yang mempunyai jiwa pendaki, pasti melihat mereka berdiri rasanya ingin berjalan hingga ke puncak. Melihat bagaimana indahnya alam, terutama pesona matahari terbitnya dari puncak-puncak gunung ini yang pasti sangat menggoda.

Sobat travel bisa menggunakan spot teropong yang bisa melihat secara dekat. Selain itu, ada juga gardu pandang yang bisa melihat kedua gunung ini seperti menjadi satu. Seperti halnya sebuah lukisan anak taman kanak-kanak.

Baca Juga:  Danau Asmara Pemalang

Ada lagi gazebo yang bisa dinikmati sobat travel untuk sekedar melepas lelah dan menikmati suhu udara yang begitu nikmat. Sungguh, kawasan ini membuat betah, rasanya hari tidak ingin cepat berlalu agar bisa menikmati setiap detiknya.

Nah, di pelataran ini pula ada replika puncak garuda yang menjadi puncak tertinggi merapi. Kawasan yang selalu dikunjungi oleh para pendaki yang ingin melihat keindahan matahari terbit darititik ini.

Baca juga: Wisata Hits Untuk Selfie Hutan Pinus Kranggilan Magelang

Restaurant di Ketep Pass

Jangan lupa pula menikmati cita rasa kuliner di tempat ini. Dimana, tersaji beberapa menu kuliner khas dari daerah magelang yang begitu nikmat. Harganya pun juga cukup murah, di jamin tidak akan menguras kantong. Jadi, jangan sampai terlewatkan sobat travel.

Alamat Lokasi Ketep Pass

Ketep Pass terletak di Jl. Ketep,Ketep pass, Sawangan , Magelang. Kawasan ini berada di bukit sawangan. Tepatnya di tengah-tengah antara gunung merapi dan juga merbabu. Pergi ke tempat ini rute dan jalannya tidak terlalu sulit.

Bisa melalui kawasan magelang, atau juga boyolali melalui selo.  Arahkan kendaraan menuju ke boyolali hingga sampai di bundaran boyolali yang ditengahnya terdapat patung seseorang menunggang kuda.

Ambil jalur menuju kearah selo. Setelah sampai di jalur ini jangan belok-belok dan terus saja lurus hingga mencapai kawasan ini. Bila bingung, manfaatkan beberapa papan petunjuk yang adadi beberapa tempat.

Jadi, jangan takut kesasar. Karena, rute dan jalannya pun sangat mudah. Nah, sobat travel harus berhati-hati karena, ada beberapa kawasan yang masih dalam perbaikan. Jalanan pun menanjak jadi, pastikan kondisi kendaraannya benar-benar prima.

Baca Juga:  Curug Nangka Bogor

Harga Tiket Masuk Ketep Pass

Untuk bisa menikmati kawasan inisobat travel bisa membayarnya dengan harga 7.500 saja. untuk tiket parkir, sobat travel yang membawa motor akan dikenakan tarif 3 ribu rupiah. untuk mobil akan dikenakan tarif 5 ribu rupiah.

Di tempat ini juga tersedia sewa teropong dengan harga 5 ribu rupiah sepuasnya. Dengan teropong ini, sobat travel bisa menikmati kemegahan merapi dari area luar. Tempat yang digunakan sebagai titik selfie.

Ketep pass adalah kawasan yang indah dan tidak akan pernah tergantikan. Di sekitar tempat ini juga tersedia warung-warung untuk menikmati jagung bakar yang begitu nikmat. Berpadu dengan kopi hitam hangat, sungguh kenikmatan dunia yang tidak terhindarkan.

Baca juga: Silancur Higland Magelang

Galeri Foto Ketep Pass

Sebelum sobat travel memutuskan untuk berkunjung ke ketep pass, bisa dilihat juga dokumentasi yang pernah diabadikan oleh wisatawan yang sudah dulu berkunjung ke lokasi ini.

Ketep Pass, Lebih Dekat Menikmati Merapi dan Merbabu 1
Foto by @anto654789
Ketep Pass, Lebih Dekat Menikmati Merapi dan Merbabu 2
Foto by Google Image
Ketep Pass, Lebih Dekat Menikmati Merapi dan Merbabu 3
Foto by Google Image
Ketep Pass, Lebih Dekat Menikmati Merapi dan Merbabu 4
Foto by Google Image
Ketep Pass, Lebih Dekat Menikmati Merapi dan Merbabu 5
Foto by Google Image
Ketep Pass, Lebih Dekat Menikmati Merapi dan Merbabu 6
Foto by Google Image

Baca juga: Daftar Tempat Wisata di Magelang Terkini

Jangan lupa untuk meluangkan waktu berkunjung ke Ketep Pass Magelang. di jamin tidak akan rugi dan kecewa dengan pesonanya. Jangan lupa ajak, saudara, sahabat, teman, dan juga keluarga agar semakin seru menikmati keindahan alam dari Tuhan ini.

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"