Daftar Tempat Wisata di Magelang

Diposting pada

Mungkin beberapa dari kita masih belum terlalu familiar dengan Magelang. Namun bagi orang-orang yang berasal dari Magelang, tentunya banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi, seperti tempat wisata Borobudur dan sekitarnya. Dahulunya, Magelang merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa tengah. Namun kemudian Magelang diakui sebagai sebuah kota tersendiri.

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa tempat wisata Magelang yang paling menarik untuk dikunjungi. Memang dalam artikel ini hanya ada 10 tempat wisata di Magelang yang paling populer, namun Anda harus tahu bahwa selain yang ada di bawah ini masih banyak lagi keindahan yang disimpan kota Magelang. Yuk, simak apa saja wisata yang ditawarkan Kota Magelang.Aneka Tempat Wisata Magelang Paling Asyik

1. Candi Borobudur

Wisata Magelang Candi Borobudur gunk_dna
Candi Borobudur (c) @gunk_dna

Pasti Anda sudah kenal dengan yang satu ini. tak heran, karena Candi Borobudur sudah menjadi sebuah ikon wisata di Jawa Tengah. Banyak sekali latar belakang sejarah yang dimiliki Candi Borobudur. Selain itu, Candi Borobudur sudah diakui sebagai sebuah situs warisan dunia oleh UNESCO.

Baca juga: Silancur Highland Magelang

Maka dari itu, Candi Borobudur selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Arsitektur Candi Borobudur pun sangat hebat. Candi ini memiliki bentuk dasar bertingkat yang disebut punden, serta memiliki lebih dari 1.400 relief (pahatan) dan sekitar 500 stupa.

2. Taman Kyai Langgeng

Wisata Magelang Taman Kyai Langgeng
Taman Kyai Langgen (c) Image Google

Taman Kyai Langgeng merupakan sebuah destinasi wisata keluarga yang berlokasi di Magelang serta menjadi pilihan orang banyak untuk berlibur. Terlebih pada hari libur, tempat ini selalu penuh dengan wisatawan. Selain itu, Taman Kyai Langgeng terletak di tengah kota Magelang sehingga tak sulit untuk mencapai lokasi. Selengkapnya tentang Taman Kyai Langgen

Di dalam taman ini terdapat banyak koleksi tanaman langka, patung dinosaurus dengan ukuran sesuai aslinya, prototipe pesawat udara, hingga berbagai permainan. Untuk anak-anak, tersedia banyak permainan dan juga kolam renang.

3. Rafting di Sungai Progo

Wisata Magelang Rafting di Sungai Progo
Rafting di Sungai Progo (c) merapiadventure.com

Jika Anda menyukai petualangan, ada kesempatan menikmati suatu petualangan seru di Kota Magelang, yaitu rafting di Sungai Progo. Jalur rafting ini memiliki panjang 12 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk menempuhnya. Jika Anda tertarik melakukan petualangan ini datanglah ke Griya Tok Songo, Kota Magelang.

4. Air terjun Kedung Kayang

Wisata Magelang Air terjun Kedung Kayang
Air terjun Kedung Kayang (c) @ozils_88

Anda yang menyukai suasana alam pasti akan jatuh cinta dengan tempat ini, bagaimana tidak, di lokasi ini Anda bisa melihat sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter. Aliran airnya terasa sejuk dan menyegarkan karena terletak di pegunungan. Air terjun ini terletak tak jauh dari Ketep Pass.

Baca juga: Hutan Pinus Kragilan Magelang

Tepatnya, air terjun ini berada di perbatasan antar dua kabupaten, yaitu Sawangan dan Selo (Boyolali). Untuk memasuki kawasan wisata ini, Anda hanya perlu membayar Rp 2.500 saja. Murah, bukan? Tak heran jika Air Terjun Kedung Kayang termasuk dalam tempat wisata Magelang yang paling diminati.

5. Air terjun Sekar Langit

Wisata Magelang Air terjun Sekar Langit
Air terjun Sekar Langit (c) @albertdpry

Dari air terjun Kedung Kayang yang terletak di bagian Timur Magelang, marilah ke bagian Barat Magelang di mana terdapat juga sebuah air terjun yang indah. Namanya adalah Sekar Langit tepatnya terletak di kaki Gunung Andong, Grabag, Magelang. Menurut legenda, air terjun ini merupakan tempat yang diceritakan dalam cerita Jaka Tarub.

Baca juga: Wisata Papringan Magelang

Percaya tidak percaya, sekarang yang bisa kita saksikan adalah keindahannya. Dijamin Anda akan betah berada di sini, menyaksikan pemandangan alam yang asri dan mendengarkan bunyi air terjun.

6. Air Terjun Silawe

Wisata Magelang Air Terjun Silawe
Air Terjun Silawe (c) @wahyutriyono

Ini masih berupa wisata alam di Magelang. Kali ini kita akan melihat Air Terjun Silawe yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang tersembunyi. Air Terjun Silawe sendiri berada di Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kajoran, Magelang. Meskipun jalan akses menuju ke lokasi ini agak rusak namun pemandangan di sekitarnya masih termasuk indah.

Baca juga: Taman Ramadanu Magelang

Jika pemerintah daerah lebih menaruh perhatian kepada lokasi wisata ini, pastinya tempat ini akan lebih menarik minat para pengunjung. Semakin tempat ini terkenal, dipastikan akan semakin banyak juga pemasukan untuk Magelang dari sektor pariwisata.

7. Gunung Andong

Wisata Magelang Gunung Andong
Gunung Andong (c) @widadenti

Wilayah Magelang dikelilingi oleh pegunungan dan salah satunya adalah Gunung Andong. Gunung ini seringkali digunakan untuk mendaki oleh para pendaki. Bisa dibilang, Gunung Andong merupakan salah satu gunung yang paling mudah dan mengasyikkan untuk dipanjat.

Baca juga: Gereja Ayam Bukit Rhema 

Rute pendakian di gunung ini tidak sesulit gunung lainnya seperti Merapi, Sindoro, Merbabu, Sumbing, atau yang lainnya. Ketinggian dari Gunung Andong adalah 1,726 meter di atas permukaan laut. Untuk menyelesaikan rute sampai puncak, rata-rata pendaki memerlukan waktu sekitar 1 jam 30 menit saja.

8. Candi Mendut dan Pawon

Wisata Magelang Candi Mendut
Candi Mendut (c) @dewirp_

Selain Candi Borobudur, ada satu lagi candi yang termasuk dalam wisata Magelang 2018 terbaik, yaitu Candi Mendut. Candi ini terletak sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur. Menurut ahli sejarah, Candi Mendut kemungkinan besar dibangun pada masa kejayaan Raja Indra dari Dinasti Syailendra.

Bangunan Candi Mendut dilapisi dengan batu alam di bagian luarnya, yang jelas menambah keindahan. Di lingkungan Candi Mendut ini Anda bisa melihat tiga patung yang terkenal seperti Dyani Buddha Cakyamuni atau Vairocana, patung Avalokitesvara, dan juga patung Bodhisattva Vajrapani.

Jika Anda masih ingin melihat keindahan candi-candi yang berada di Jawa Tengah, maka ada satu lagi candi yang harus Anda kunjungi yaitu Candi Pawon. Candi Pawon masih merupakan bagian dari kawasan Borobudur.

Wisata Magelang Candi Pawon
Candi Pawon (c) @olliasanz

Selain masih merupakan candi bercorak Buddha dan memiliki ciri-ciri yang mirip dengan Mendut dan Borobudur, ada satu hal menarik antara tiga candi ini, yaitu ketiganya berada dalam satu garis lurus. Sampai sekarang, hal ini masih menjadi perdebatan di kalangan awam maupun ahli.

9. Museum Sudirman

Wisata Magelang Museum Sudirman

Tak hanya terkenal karena wisata alamnya yang sangat indah, Magelang juga memiliki banyak tempat bersejarah yang bernilai untuk dikenal. Salah satu situs bersejarah adalah museum Sudirman yang berada di Magelang. Museum ini tepatnya berada di Jl. Ade Irma Suryani No. c7, atau di sebelah Selatan Taman Badaan.

Baca: 54 Tempat Wisata Jogja Terbaru dan Populer 2018

Dari luar, mungkin bangunan ini terlihat kosong karena kurangnya kesadaran masyarakat akan begitu besarnya nilai situs bersejarah di sekeliling kita. Selain itu, pemerintah juga kurang memperkenalkan adanya destinasi wisata seperti ini. Jika Anda mengunjungi tempat ini, secara tidak langsung Anda juga turut mendukung bertahannya warisan sejarah di Indonesia.

10. Ketep Pass

Wisata Magelang Ketep Pass
Ketep Pas (c) @senosolo

Ketep Pass Magelang adalah sebuah destinasi wisata di Magelang yang memiliki pemandangan sangat indah. Ketep Pass sendiiri berlokasi di antara dua gunung besar, yaitu Merapi dan Merbabu. Jika Anda mengamati pemandangan dari Ketep Pass, kedua gunung ini bisa terlihat dengan sangat jelas. Terlebih jika cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat pemandangan yang sangat indah.

Ada suatu fitur di Ketep Pass, yaitu sebuah bioskop kecil dan museum vulkanologi. Bioskop kecil ini digunakan untuk memutar film dokumentasi erupsi Merapiyang pernah meluluhlantakkan situs ini. Untuk keperluan mengamati pemandangan, Anda bisa menyewa sepasang teropong binokuler dengan harga sangat murah, yaitu 3 ribu Rupiah saja.

Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *