10 Kuliner Bogor yang Sayang untuk Dilewatkan

Diposting pada

Bogor adalah salah satu kota yang terkenal dengan surganya kuliner. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa Bogor dikenal sebagai kota hujan. Padahal Bogor juga menyimpan berbagai kuliner khas yang dapat membangkitkan selera Anda dan membuat Anda kecanduan. Jika Anda mengunjungi Kota Bogor tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi 10 kuliner Bogor.

Nah, masakan khas Bogor ini hanya bisa Anda nikmati ketika sedang berada di kota hujan ya.  Sambil  berwisata ke beberapa tempat wisata yang ada di Bogor, maka nikmati pula beberapa kuliner khas Bogor seperti di bawah ini.Rekomendasi 10 Kuliner Bogor

1. Laksa Bogor

Kuliner Laksa Bogor
Laksa (c) @ayk9994

Laksa Bogor adalah makanan khas Bogor yang semacam kari ayam. Ada dua laksa di Indonesia yaitu Laksa Bogor dan Laksa Betawi. Laksa Bogor memiliki oncom di dalamnya, dan Laksa Betawi memiliki udang rebon atau udang kecil sebagai khasnya.

Oncom sendiri adalah makanan fermentasi yang terbuat dari kacang dan menjadi makanan favorit kebanyakan orang di Jawa Barat. Bahan utama laksa sendiri selain oncom adalah lontong, mie sohun, tauge, telur rebus, tahu, daun basil dan Laos.

Setelah itu laksa ditambahkan telur kuning atau telur rebus dan semua isinya disiram dengan santan dan diberi bumbu kuning dari Oncom. Laksa sangat cocok dinikmati saat masih panas. Bogor Laksa juga alternatif yang menyenangkan jika Anda sedang bingung berburu sarapan atau makan siang di Bogor.

Adapun salah satu tempat makanan hits yang menjual Laksa Bogor adalah Laksa Aut Khas Bogor “Mang Wahyu” yang berada di Jl. Surya Kencana, Gg. Aut, Gudang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Tempat Makan Asik Bersama Keluarga di Rumah Air Bogor

2. Soto Kuning

Kuliner Soto Bogor
Soto Kuning Bogor (c) @ivokapoh84

Banyak orang yang datang dari Jakarta ke Bogor hanya untuk mencicipi soto kuning khas Bogor. Di soto kuning khas Bogor ini Anda bisa memilih potongan daging seperti daging sapi dan jerohan kikil, babat, usus, lidah, limpa, otak dan lainnya yang akan diolah dengan bumbu kuning khas kunyit dengan santan dan berbagai ramuan lain yang membuat soto ini terasa lezat.

Anda penasaran ingin mencobanya? Anda bisa pergi ke Jl. Surya Kencana. Di jalan tersebut ada beberapa restoran yang menjual soto kuning. Namun tempat makan yang paling favorit karena enak dan murah adalah Soto Kuning Pak Yusup yang ada di Jl. Surya Kencana No.103, Babakan Pasar Bogor Tengah, Kota Bogor.

Namun jika Anda mencari soto saat sore hari, Anda bisa berkunjung ke Bapak Salam yang menjual sotonya di depan Bank Mandiri Jl Siliwangi – Suryakencana. Hanya saja untuk mencicipi soto kuning Bapak Salam Anda harus siap dengan antrean pelanggan yang cukup panjang.

3. Toge Goreng

Kuliner Toge Goreng Bogor
Toge Goreng (c) @karrinatanjung

Akan sulit menemukan kuliner semacam Toge Goreng di kota-kota lain. Toge Goreng khas Bogor adalah makanan yang menggunakan bahan dasar toge yang direbus, kemudian dicampur dengan mie kuning, potongan tahu dan potongan Kupat. Yang memainkan peranan penting adalah olahan bumbu tauco dan menuangkan oncom sesudahnya. Toge Goreng identik dengan rasanya yang agak asam namun segar.

Banyak tempat makan yang menjual Toge Goreng di kota Bogor, beberapa tempat makan yang cukup terkenal dengan Toge Gorengnya adalah Warung Pak Inin. Warung Toge Pak Inin terletak di Jl Ir H Djuanda, Gg. Sukalaya, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

4. Doclang Bogor

Kuliner Donclang Bogor
Donclang (c) @amania_organizer

Doclang Bogor adalah makanan khas Bogor lainnya. Biasanya Doclang dimakan untuk sarapan. Doclang Bogor sendiri terdiri dari tahu goreng, kentang kukus, telur rebus, lontong kukus dan dibungkus dengan daun patat atau Phrynium capitatum. Daun ini memberikan aroma berbeda dari daun pisang biasa.

Setelah dibungkus kemudian Doclang ditaburi dengan saus kacang renyah dan manis kemudian dihiasi dengan bawang goreng. Bisa dikatakan Doclang hampir mirip dengan Kupat tahu di Bandung, tapi Doclang menggunakan kentang rebus dan bumbu dan mendapatkan sentuhan tauco.

Bumbu kacang memang sengaja tidak dihaluskan, digunakan untuk dituangkan di atas lontong, tahu goreng dan kentang rebus. Doclang dapat Anda temukan di area Jembatan Merah, Jl. Mantarena, dan Mr. Odih di Jl. Pasir kuda.

5. Cungkring

Kuliner Cungkring Bogor
Cungkring (c) @ratyadiwinata

Cungkring adalah makanan khas Bogor yang banyak masyarakat Bogor sendiri tidak banyak tahu. Cungkring terdiri dari kikil dan kepala sapi yang dimasak dengan bumbu kuning, kemudian dimakan dengan lontong dan sedikit saus kacang manis.

Tempe goreng kering juga bisa menemani kuliner unik ini. Cungkring sisajikan dengan daun pisang dan tusuk sate untuk membantu Anda menikmati makanan ini. Cungkring dapat ditemukan pada pagi hari di Jl. Surya Kencana, dekat persimpangan Gang Aut.

Baca juga: Tempat Wisata Kekinian di Bogor “Devoyage”

6. Soto Mie

Kuliner Soto Mie Bogor
Soto Mie Bogor (c) @dapurkeke12

Tampaknya Soto Mie adalah kuliner di Bogor yang paling terkenal di kota-kota lain. Terbukti Anda bisa menemukan banyak sup mie di kota-kota lain seperti Jakarta. Memang soto mie seperti kuah kaldu bening, tapi terdapat  campuran mie kuning dan sohun yang ditambahkan daging sapi dan risol goreng.

Jangan lupa tambahkan cabai dan jeruk nipis untuk meningkatkan rasa segar. Anda bisa menemukan tempat yang menjual soto mie di Jalan Juanda, Jalan Sudirman dan sebagainya.

7. Es Pala

Kuliner Es Pala Bogor
Es Pala (c) @bukit_tajhal

Nah, kesegaran khas kota Bogor bisa dinikmati dalam segelas es Pala. Es ini terdiri dari buah pala yang dipotong tipis, dicampur dengan air dan ditambahkan dengan es batu dan gula. Selain rasa manis dan asam, Anda juga bisa merasakan sensasi seperti soda di dalam Es Pala ini.

Menariknya, es pala saat ini sudah dijual dengan kemasan cepat saji di depan persimpangan Indomaret Gg Aut dan Surya Kencana. Namun jika Anda ingin menikmati langsung dari penjualnya, Anda bisa membelinya di Resto de’Leuit yang berada di Jalan Pakuan. Resto de’Leuit adalah tempat makan romantis yang ada di Bogor.

8. Asinan Bogor

Kuliner Asinan Bogor
Asinan Bogor (c) @doyancake2

Sensasi yang diberikan oleh saus asam pedas khas Asinan Bogor memang membuat orang kesengsem dan menikmati kuliner satu ini. Saus ini disiram di atas sayuran atau potongan buah disertai dengan kerupuk kuning dan kacang sebagai pelengkap. Asinan Bogor paling terkenal ada di Jl Binamarga dengan nama Asinan Bogor Ibu Yenny.

9. Sop Duren Lodaya

Kuliner Sop Duren Lodaya Bogor
Sop Duren Lodaya (c) @pekanbarukuliner

Sop Duren Lodaya atau Sop Duren, adalah es buah. Duren atau durian adalah salah satu buah favorit di Indonesia yang memiliki bau yang kuat dan rasanya lezat. Sop Duren disajikan dengan kacang hijau yang dimasak dan dihias dengan sepotong roti pandan. Sop Duren Lodaya bisa Anda temukan di Jl. Lodaya I No.8, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor.

10. Roti Unyil

Kuliner Roti Unyil Bogor
Roti Unyil Moca (c) @jktfoodbang

Roti unyil adalah roti yang berukuran kecil. Nama “unyil” berasal dari karakter utama serial televisi anak-anak Indonesia yang terkenal. Roti unyil datang dalam berbagai rasa, baik manis dan gurih, seperti coklat dan keju, ayam asap, serta nanas dan kelapa. Anda bisa menemukan roti unyil di Ruko V Point, Jl. Raya Pajajaran No.1, Sukasari, Kota Bogor.

Baca juga: Daftar Tempat Wisata Keluarga di Bogor

Dari 10 kuliner Bogor, manakah yang menjadi favorit Anda? Pastikan jika sudah berada di Bogor, Anda tidak melewatkan makanan-makanan khas Bogor di atas.

Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *