Air Terjun Jumog, Surga Tersembunyi di Karanganyar

Diposting pada

Musim panas tiba, enaknya bermain di arena air. Jika anda berada di Karanganyar, anda bisa berkunjung ke Air Terjun Jumog yang letaknya tidak jauh dari candi cheto.

Alamat:Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793
Jam Buka:08.00–16.30 WIB
Retribusi:Rp. 5.000/orang
Kontak:
Fasilitas:Mushola, Kolam Renang, Gazebo, dan Tempat Ganti.
Penginapan:Biaya sewa mulai 50 ribu – 500 ribu / malam
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Air Terjun Jumog
Foto by @bangjad_

Air Terjun Jumog

Air terjun jumog merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di lereng gunung lawu Karanganyar. Tidak jauh dari lokasi wisata ini, juga terdapat tempat wisata yang cukup populer yaitu grojokan Sewu. Berada di lereng pegunungan, suasana di sekitar air terjun jumog sangat sejuk.

Layaknya seperti air surga, aliran air terjun sangat jernih dan segar. Tidak sedikit wisatawan yang meminum langsung air dari alam ini. Aliran sungai yang masih dalam lokasi curug jumog juga menjadi salah satu tempat populer pengunjung untuk bermain.

Selain berenang di arus sungai dan kolam air terjun, pengunjung juga dapat berenang di kolam buatan pengelola. Oh iya, beda dengan air terjun grojokan sewu yang dikelola oleh pemerintah, air terjun jumog sendiri sampai saat ini dikelola oleh warga sekitar, sehingga penambahan fasilitas yang ada semua adalah inisiatif warga.

Selain kolam renang, terdapat juga warung warung yang menyediakan jajan. Jadi tidak perlu repot repot membawa bekal saat rekreasi ke air terjun jumog, cukup membawa bekal lebih saja. Lagipula, harga jajanan yang ditawarkan masih dalam batas wajar.

Lokasi Air Terjun Jumog Karanganyar

Masih terletak di lereng gunung lawu, air terjun jumog beramat di Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Jika anda membutuhkan peta, silahkan bisa klik view maps pada tabel rangkuman diatas.

Akses jalannya tidak terlalu sulit, namun anda tidak bisa membawa kendaraan menuju lokasi air terjun jumog. Untuk kendaraan roda 2, anda perlu berjalan 300 meter untuk sampai ke curug, dan untuk bus, anda harus parkir sejauh 800 meter sebelum curug jumog. Diperjalanan, menuju curug, anda bisa menemukan banyak penjual, mulai dari buah buahan, hingga penjual bibit tanaman.

Tiket Masuk Air Terjun Jumog Karanganyar

Tidak perlu kawatir kantong bakalan bolong, tiket masuk tempat wisata curug jumog hanya Rp. 5.000 saja, untuk biaya parkir kendaraan roda 2 hanya Rp. 2.000 dan untuk mobil Rp. 5.000 saja. Karena sekitaran lokasi juga ada fasilitas toilet, wahana permainan dan lainnya, tentu akan dikenakan biaya tambahan.

Galery Foto Air Terjun Jumog Karanganyar

Berikut ini beberapa foto yang diambil dari wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Jumog

Lihat video yotube dokumentasi air terjun jumog

Air terjun jumog tidak setinggi di air terjun grojokan sewu, namun arus air cukup deras, jadi jika berenang di bawah air terjun harus tetap hati hati. Demikian informasi ini dibagikan, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *