Pantai Sadranan Gunung Kidul Wisata Populer di Jogja

Diposting pada

Menikmati snorkeling dan bermain kano tidak perlu jauh-jauh lagi, sekarang kamu bisa menikmati olah raga tersebut di Pantai Sadranan.

Jam Buka:24 jam
Tiket Masuk:Rp 10.000,00
Nomor Telpon:
Aktivitas:Bermain air, Bermain pasir, Snorkeling, Bermain Kano, Berfoto, Camping, Menikmati sunset dan sunrise
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari 06.00-08.00 dan 16.00-18.00 WIB
Perlu Dibawa:Baju ganti, topi, kamera, peralatan kemah, peralatan snorkeling
Larangan:Dilarang bermain air sampai ke tengah laut-laut
Alamat:Dusun Pulegundes II, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta
Fasilitas Umum:Area parkir, Toilet, Kamar ganti, Gazebo, Payung pantai, Warung makan, Penyewaan peralatan snorkeling, Jasa Foto
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Wisata pantai di Jogja paling enak dimana? Salah satu pantai paling enak untuk dikunjungi adalah Pantai Sadranan. Pantai ini menjadi salah satu pantai ter enak untuk liburan kalau cuaca sedang bersahabat.

Apa saja yang bisa kami temukan di pantai ini? Pantau terus web dolanyok ini untuk menemukan keseruan apa saja yang bisa kamu dapatkan di pantai eksotis ini.

Sekilas Pantai Sadranan

Pantai Sadranan adalah salah satu pantai di Gunung Kidul yang paling populer dan wisata jogja yang paling sering dikunjungi. Kepopuleran pantai ini karena ombak pantai sangat tenang, enak sekali untuk snorkling, pantainya juga cukup panjang.

Pantai sadranan awalnya adalah pantai yang eksotis. Seiring berjalanha waktu pantai ini semakin populer sehingga banyak wisatawan yang mengetahui pantai ini dan datang berlibur di pantai ini. Maka dari itu pantai ini selalu banyak dikunjungi oleh wisatawan baik pada hari biasa ataupun hari libur.

Asal Usul

Penamaan Sadranan bukan tanpa alasan. Kata ini berasal dari kata Nyadran yang dalam bahasa Jawa bermakna ritual tradisi Jawa. Ritual ini berupa sedekah laut yang biasanya dilakukan di tepi pantai ini.

Ritual ini biasanya dilakukan pada pasaran pahing setiap tahun. Ritual nyadran akan dilakukan saat selesai panen.

Aktivitas

Beragam aktivitas seru dan menarik bisa kamu lakukan di pantai ini:

Berenang

Di pantai ini kamu dapat berenang dan menikmati keindahan ombak yang tenang. Karena pantai ink dihimpit oleh dua pantai lain yaitu Pantai Krakal dan Pantai Ngandong. Tidak hanya itu saja, di depan pantai ini pun juga terdapat sebuah pulau kecil yang terletak di depan bibir pantai.

Snorkeling

Jika kamu ke pantai ini, kamu wajib menikmati dunia bawah lautnya dengan snorkeling. Dari bibir pantai sampai dengan 30 meter ke arah laut, kamu bisa menikmati keindahan bawah laut yang cukup mengagumkan seperti terumbu karang yang terawat, ikan ikan kecil dan hewan lain yang lucu nan elok.

Jika kamu tidak mempunyai peralatan snorkeling, kamu bisa menyewa peralatan tersebut karena di sepanjang bibir pantai banyak orang yang menyewakan peralatan snorkeling.

Berfoto

Banyak terdapat spot foto yang indah di pantai ini. Bahkan kamu bisa berfoto sampai jarak 20-30 meter dari bibir pantai. Pantai ini tergolong dangkal jadi kamu bisa aman bermain pada jarak tersebut. Namun kamu harus hati-hati karena karang di pantai ini cukup tajam.

Bermain Kano

Untuk menikmati permainan dayung kano, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Pantai Pandawa Bali ataupun Pantai Lovina. Kini pantai ini memiliki fasilitas perahu kano.

Camping

Jika kamu ingin berkemah di tempat ini, kamu bisa mendirikan tenda di area pantai ini. Biasanya pada hari libur banyak wisatawan yang berkemah di pantai ini.

Menikmati Sunset dan Sunrise

Pantai ini cocok digunakan untuk menikmati sunrise dan sunset. Karena pemandanya yang luas kamu bisa menikmati sunrise dan sunset dari satu titik yang sama.

Nah kamu bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik dari pantai ini. Kamu bisa memilih salah satu atau melakukan semuanya. Pastinya kegiatan di pantai ini bakal bikin kamu happy.

Wisata Kuliner

Setelah lelah bermain air, kamu bisa menikmati aneka hidangan laut yang lezat. Terdapat banyak warung makan yang buka di pantai ini. Kamu bisa menemukan hidangan seperti udang, cumi, ikan , kerang dan aneka hidangan laut lainnya.

Bersantai

Bagi kamu yang malas beranjak dari tempatmu dan lebih memilih menikmati pemandangan, kamu bisa bersantai dengan menyewa gazebo. Terdapat banyak pilihan gazebo dan payung pantai sehingga kamu bisa bersantai tanpa takut kepanasan.

Alamat

Pantai ini berjarak agak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Alamat pantai ini adalah di Dusun Pulegundes II, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jangan khawatir tersesat karena kamu bisa mengandalkan aplikasi google maps untuk sampai di pantai ini.

Selain bermain di pantai ini, kamu juga bisa mampir ke Pantai Krakal, Pantai Slili ataupun Pantai Sundak. Pantai-pantai ini jaraknya kurang dari 1 km. Lebih jauh lagi kamu bisa menemukan Pantai Indrayanti, Pantai Drini dan Pantai Pok Tunggal.

Harga Tiket Masuk

Serunya berlibur di pantai Gunung Kidul atau pantai yang ada di Yogyakarta adalah biaya masuk untuk seluruh deretan pantai cukup sekali bayar saja. Biasanya kamu akan dikenakan biaya masuk pada pos-pos retribusi pariwisata.

KeteranganHarga
HTMRp 10.000,00/ orang
Parkir motorRp 2.000,00
Parkir mobilRp 5.000,00
Sewa peralatan snorkelingRp 25.000,00- Rp 50.000,00
KanoRp 50.000,00
Dome kapasitas 4 orangRp 50.000,00/ dome
GazeboRp 10.000,00- Rp 25.000,00
TikarRp 20.000,00

Kamu tidak perlu repot-repot membawa peralatan snorkeling dan lainnya. Di pantai ini sudah banyak tempat persewaan snorkeling.

Baca Juga: Pantai Timang

Jam Operasional

Untuk menikmati serunya bermain di pantai ini, kamu bisa datang kapan saja kamu mau. Pantai ini buka 24 jam.

Fasilitas

Objek wisata pantai ini sudah sangat terkenal dan ramai dikunjungi oleh wisatawan maka dari itu pengelola pun memaksimalkan fasilitas yang dimiliki. Fasilitas tersebut seperti:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Kamar ganti
  • Gazebo
  • Payung pantai
  • Warung makan
  • Penyewaan peralatan snorkeling
  • Jasa Foto

Nah untuk fasilitas penginapan, kamu bisa menemukan penginapan yang berupa homestay. Homestay tersebut biasanya dikelola oleh masyarakat sekitar. Jadi kamu bisa mendapatkan harga yang terjangkau.

Walaupun dikelola oleh masyarakat setempat, fasilitas yang kamu dapatkan cukup nyaman kok. Banyak penginapan yang bisa kamu coba seperti Bungalo Bambu Sadranan, Penginapan Wilujeng, Sumantri Cottage dan Sadranan Resto & Penginapan.

Q&A

Ada penginapan sekitar pantai?

Banyak penginapan di sekitar pantai dengan harga sewa permalam Rp 200.000,00- Rp 300.000,00.

Bus besar bisa menjangkau objek wisata ini?

Bisa, tersedia area parkir yang luas juga.

Waktu terbaik untuk snorkeling jam berapa?

Waktu snorkeling terbaik di pagi atau sore hari mulai pukul 06.00-08.00 WIB dan 16.00-18.00 WIB.

Ada ubur-ubur di sekitar pantai ini?

Tidak terlihat ubur-ubur yang berenang di sekitar pantai ini.

Bisa sewa peralatan snorkeling?

Bisa, banyak tempat persewaan snorkeling mulai dari Rp 25.000,00- Rp 50.000,00.

Kesimpulan

Itulah ulasan singkat dari Pantai Sadranan yang bisa tim dolanyok berikan. Jika kamu punya referensi pantai lain silahkan komentar di kolom komentar. Atau kamu juga bisa menceritakan pengalamanmu bermain di pantai ini.

Gambar Gravatar
Saya adalah perempuan yang suka menikmati indahnya dunia bersama sahabat tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *