Giri Tirta Kahuripan, Tempat Asyik Untuk Liburan Keluarga di Purwakarta

Diposting pada

Giri Tirta Kahuripan adalah salah satu tujuan wisata favorit di Purwakarta. Di tempat ini kita bisa berenang, mencicipi aneka buah, bermain wahana dan menginap di resort mewah.

giri-tirta-kahuripan-purwakarta
via instagram.com/chizna_onye
Jam Buka:08.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk:Rp. 25.000
Nomor Telpon:(0264) 8641414
Aktivitas:Berenang, berfoto, bermain wahana, mengenal satwa, dll.
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, air minum, ransel, kamera, pakaian ganti
Larangan:Dilarang membuang sampah sembarangan
Alamat:Desa Taringgul Tonggoh, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Fasilitas Umum:Lahan parkir, Toilet, Kamar mandi, Mushola, Tempat makan, dll.
Akses Jalan:Baik (Gunakan kendaraan pribadi)
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Libur panjang sebentar lagi akan tiba. Sudah saatnya kamu mencari tempat melancong yang dapat menghapus kelelahan sekaligus menyegarkan fikiran.

Kalau kamu warga Purwakarta atau ingin plesiran ke Purwakarta, di sana kamu bisa memilih beberapa tempat wisata salah satunya Giri Tirta Kahuripan.

Terlebih lagi bagi kamu yang punya rencana menginap beberapa hari di tempat wisata, di sana sudah tersedia resort yang menyediakan berbagai macam hunian lengkap dengan fasilitasnya yang istimewa.

Nah untuk mengetahui lebih jauh tentang Giri Tirta Kahuripan, di bawah ini sudah kami siapkan ulasan selengkapnya.

Sekilas Giri Tirta Kahuripan

Bagi kita yang mungkin pernah melancong ke obyek wisata Eling Bening yang ada di Semarang itu, sekilas akan merasakan sensasi yang sama saat bertandang ke obyek wisata ini.

Sama hal nya dengan Eling Bening, tempat ini juga terletak di dataran tinggi sehingga suasananya terasa begitu sejuk dan menenteramkan.

Bedanya Eling Bening tidak menyediakan resort untuk mengakomodasi pengunjung yang ingin menginap. Semantara Giri Tirta ini, selain wahana wisata juga ada berbagai bentuk penginapan mulai dari villa hingga barak yang mampu menampuh puluhan anggota keluarga.

Obyek wisata ini tepatnya berada di ketinggian sekitar 500 mdpl. Di dalamnya ada sebuah kolam renang yang menjadi sajian utama sekaligus icon tempat wisata ini.

Yang istimewa dari kolam renang tersebut, lokasinya yang berada di ketinggian membikin suasananya lebih eksklusif di mana kita akan merasakan sensasi berenang di atas awan. Hal inilah yang juga membuat kolam renang ini terkenal dengan sebutan skypool atau kolam renang langit.

Daya Tarik Wisata

Tentu ada banyak hal lain selain kolam renang yang bisa kita nikmati di tempat ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Kebun Buah

Kebun buah di tempat ini punya koleksi buah-buahan yang melimpah ruah. Hampir semua jenis buah-buahan bisa kita temukan dan cicipi rasanya di tempat ini.

Beberapa buah yang cukup menggoda dan wajib dicoba adalah buah manggis, buah belimbing dan buah mangga. Namun karena gratis, kita diizinkan mencicipi rasanya saja tanpa harus membawa pulang.

Kebun Binatang Mini

Tidak hanya kebun buah, tapi tempat wisata ini juga punya kebun binatang mini sebagai tempat berkumpulnya berbagai jenis hewan seperti rusa, monyet, kera hingga siamang.

Selain itu ada juga beberapa jenis burung hingga ikan langka bernama Araipama yang bisa kita nikmati dan amati kehidupannya.

Kebun binatang mini ini sangat recomended sebagai sarana mengenalkan jenis-jenis hewan pada anak-anak.

Taman Bunga

Bagi penyuka anggrek jangan sampai lupa mengunjungi taman bunga ini. Di sini ada berbagai rupa dan warna anggrek yang siap memanjakan mata.

Selain anggrek, di area green house taman bunga ini juga ada berbagai jenis bunga lain yang tidak kalah indah dan cocok sebagai latar foto.

Namun agar tidak kena tegur, sebaiknya tanyakan dulu kepada pengelola area mana saja yang bisa dimasuki.

Karena untuk menjaga budidaya anggrek yang sedang berlangsung, di taman bunga ini ada beberapa area yang tidak diizinkan untuk dimasuki pengunjung.

Wahana Outbound

Di wahana outbound ini kita bisa seru-seruan menikmati berbagai wahana permainan. Selain ada penyewaan ATV, di sini juga ada wahana flying fox dan jembatan goyang bagi kita yang ingin menguji adreanaline.

Selain itu bagi yang suka mancing, di area outbound juga ada kolam pancing berisi ikan-ikan yang siap diburu.

Selain wahana di atas masih ada beberapa wahana lain untuk mengisi waktu libur kita di Giri Tirta Kahuripan. Di sekitar lokasi juga ada futsall center dan wahana permainan air seperti perahu angsa dan sepeda air.

Yang cukup menarik dan unik adalah di tempat wisata ini sudah disediakan fasilitas mobil senyum untuk mengantar pengunjung berkeliling ke berbagai wahana yang ada.

Mobil senyum ini ada beberapa unit dan selalu standby di pintu masuk lokasi. Jadi meskipun kawasan wisata ini sangat luas, tak perlu khawatir lelah karena ada kita bisa berkeliling menggunakan mobil senyum tersebut.

Penginapan

Tempat wisata ini tidak hanya terkenal dengan wahana nya tapi juga fasilitas penginapan yang tersedia.

Untuk mengekomodasi wisatawan yang ingin menginap, di sini ada beberapa pilihan bentuk hunian mulai dari villa hingga barak.

Untuk penginapan berbentuk villa tarif permalamnya adalah sekitar 2 jutaan lebih. Sedangkan untuk penginapan berbentuk cottage, tarifnya lebih murah yaitu sekitar 1 jutaan lebih.

Yang paling murah adalah hunian berbentuk wooding house dengan tarif mulai dari Rp. 600.000 per malam.

Lalu bagi pengunjung yang datang berombongan dan butuh hunian lebih luas, di sini juga tersedia penginapan berbentuk barak dengan tarif sekitar 7 hingga 7,5 juta per malam.

Jam Buka

Tempat ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Jika hanya ingin menikmati wahana permainan tanpa menginap, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada hari kerja sekitar pukul 10 pagi hingga pukal 3 siang.

HariJam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Alasannya selain karena lebih sepi pengunjung, di jam-jam tersebut suasananya juga akan terasa lebih nyaman karena sudah tidak ada kabut.

Sementara dari segi hawa udara, tempat ini sebenarnya selalu nyaman karena akan tetap sejuk meski di siang hari.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke tempat ini sebenarnya tidak terlalu mahal. Namun karena di dalam masih ada beberapa wahana yang tidak gratis untuk digunakan, maka sebaiknya siapkan saja dana liburan yang cukup.

Tiket masuknya dijual seharga Rp. 25.000 per orang. Sedangkan untuk bisa berenang di wahana skypool, kita harus menambah biaya lagi sebesar Rp. 60.000.

harga tiket dan harga sewa wahana selengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

Jenis Tiket/WahanaHarga
Tiket MasukRp. 25.000
Kolam RenangRp. 60.000
Futsal CenterRp. 125.000 per jam
SeluncuranRp. 10.000
ATVRp. 30.000 per 15 menit
Perahu AngsaRp. 15.000 per 15 menit
Flying FoxRp. 25.000
Sepeda AirRp. 15.000 per 15 menit
Water SlideRp. 10.000 (tersedia hanya saat weekend)

Alamat

Alamat lengkap tempat wisata ini berada di Desa Taringgul Tonggoh, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Lokasinya berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Purwakarta dan bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar 30 menit jika tidak macet.

Selain berkunjung ke tempat ini, jika sempat jangan lupa kunjungi juga beberapa tempat wisata lainnya yang tidak jauh dari lokasi. Tempat-tempat wisata tersebut antara lain Air Mancur Sri Baduga, Waduk Jatiluhur, Sendang Geulis Kahuripan, dan Cikao Park.

Fasilitas Umum

Sebagai tempat wisata favorit yang selalu ramai oleh pengunjung, tempat wisata ini tentunya sudah dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas umum gratis. Beberapa fasilitas tesebut antara lain:

  • Lahan Parkir
  • Kamar Mandi
  • Toilet
  • Mushola
  • dan Tempat Makan

Untuk tempat makan sendiri di tempat ini ada beberapa resto yang menjual aneka macam hidangan mulai dari menu kuliner khas Indonesia hingga mancanegara.

Q&A

Berikut beberapa Q&A seputar Giri Tirta Kahuripan yang kami rangkum dari berbagai sumber:

Dari Stasiun Purwakarta ke arah mana ya?

Pakai kendaraan umum ke arah rumah sakit Holistik. Selanjutnya lurus terus ke arah barat.

Apakah ada kolam air hangatnya?

Tidak ada.

Kalau mau booking resort gemana caranya?

Langsung kontak pengelola disini: (0264) 8641414

Apakah bisa bawa makanan dari luar?

Bisa.

Penutup

Giri Tirta Kahuripan sangat recomended bagi kamu yang ingin berlibur di tempat sejuk, menenangkan sekaligus menenteramkan. Utamanya bagi kamu yang ingin menginap bersama keluarga, tempat wisata ini adalah salah satu yang terbaik di Purwakarta.

Gambar Gravatar
Hallo. Perkenalkan, saya Zanki. Fans berat FC Barcelona dan penikmat alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *