Nikmati Serunya Liburan Keluarga di Cikao Park Purwakarta

Diposting pada

Cikao Park Purwakarta adalah primadona baru pariwisata di purwakarta. Di sana kita bisa berenang, bermain wahana, hingga mengenal berbagai jenis satwa.

cikao-park-purwakarta-2019
via instagram.com/ wulansbmu
Jam Buka:08.00 – 22.00 WIB
Tiket Masuk:Rp 10.000
Nomor Telpon:0811-1239-933
Aktivitas:Berenang, bermain wahana, berfoto, bersantai, kulineran, dll.
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, air minum, sun block, kamera, pakaian ganti
Larangan:Dilarang membuang sampah sembarangan
Alamat:Cisalada, Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Fasilitas Umum:Area parkir, mushola, toilet, loker, gazebo, resto, dll.
Akses Jalan:Baik (Gunakan kendaraan pribadi)
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Warga Purwakarta pantas berbangga hati dengan dibangunnya Cikao Park Purwakarta yang digadang-gadang akan menjelma sebagai pusat rekreasi terbesar di Purwakarta.

Karena dengan adanya tempat wisata ini, masyarakat Purwakarta tak perlu keluar kota lagi untuk sekedar menghabiskan waktu libur bersama keluarga di akhir pekan.

Selain itu berkat adanya Cikao Park Purwakarta, industri pariwisata di Purwakarta diharapkan bisa terus menggeliat dan menjadi pesaing kota-kota lainnya di Jawa Barat.

Nah untuk mengetahui apa saja yang ada di tempat wisata ini, kamu bisa baca ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Sekilas Cikao Park Purwakarta

Wajar apabila tempat wisata yang dibangun pada tahun 2018 ini kini menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat Purwakarta.

Di dalamnya kita akan menemukan dan bisa mencoba beraneka macam wahana permainan mulai dari wahana air dan wahana outbound.

Selain itu, di tempat wisata yang punya kawasan seluas 4 hektar ini juga ada wahana edukatif yaitu rumah satwa, spot foto rumah hobbit, lampion garden dan rumah ilusi.

Tidak hanya menarik karena banyaknya wahana, obyek wisata yang namanya diambil dari nama Sungai Cikao ini juga punya desain unik di salah satu wahananya.

Yang mungkin belum pernah kamu temukan di tempat lain, di sana ada sebuah waterpark yang dibuat menyerupai sungai dengan hiasan berbagai ukuran batu warna-warni di pinggirnya.

Suasana di dalam kawasan wisata ini memang masih agak panas. Tapi dengan banyaknya gazebo yang tersedia, pengunjung bisa berteduh jikalau matahari mulai menyengat.

Gazebo-gazebo di sana juga cukup unik. Berbeda dengan gazebo yang biasanya kita lihat di tempat-tempat wisata lain, gazebo di tempat ini atapnya terbuat dari daun jerami sehingga kesan alaminya terasa kental saat kita duduk di atasnya.

Wahana Favorit

Liburan kita dan keluarga di tempat wisata ini akan semakin seru jika diisi dengan melakukan berbagai kegiatan. Ada banyak sekali wahana yang bisa kita eksplore, diantaranya yang menjadi favorit pengunjung adalah sebagai berikut:

Kolam Renang Unik

Kolam renang yang ada di tempat ini dibuat menyerupai lintasan sungai lengkap dengan bebatuan yang menghiasi sepanjang pinggirnya.

Yang membuatnya menarik dan terlihat unik, batu-batu yang tersebar di pinggirnya dicat warna-warni sehingga menampilkan kesan keceriaan bagi anak-anak.

Kedalaman kolam ini juga dibuat beragam agar tetap aman unuk anak-anak dan dewasa.

Kolam Ombak

Berenang di kolam ombak ini akan menghadirkan sensasi berenang layaknya di pantai. Dalam 2 jam sekali akan ada ombak buatan yang menyapu tepiannya persis seperti ombak di pantai.

Selain sensasi renang di pantai yang hadir dari ombaknya, kesan nyata akan sangat terasa karena di pinggir kolam ada pasir pantai asli yang sengaja dihamparkan sebagai tempat anak-anak bermain pasir.

Kolam Busa

Kolam ini menghadirkan sensasi seru dan keceriaan di mana pengunjung akan berenang bersama taburan busa. Selain itu, kolam busa ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa wahana permainan seperti race slide, seluncuran, hingga air mancur.

Taman Satwa

Di sinilah anak-anak bisa bermain sekaligus belajar mengenal berbagai jenis satwa. Di taman ini ada kanguru, monyet, walabi, iguana, harimau, hingga primata yang didatangkan langsung dari Brasil.

Selain melihat anak-anak juga diizinkan untuk berinteraksi langsung dengan satwa-satwa tersebut dibawah penjagaan para pawang.

Bird Park

Bird Park ini semacam taman burung yang menyediakan berbagai jenis unggas. Di sini ada burung beo, kalkun, burung unta dan jenis unggas lainnya.

Di taman burung ini anak-anak juga diizinkan untuk berinteraksi dengan unggas-unggas tersebut seperti berfoto dan memberi makan.

Rumah Hobit

Wahana ini berada di dalam taman satwa. Di dalamnya ada berbagai bentuk rumah jamur yang dihuni oleh berbagai jenis kelinci.

Rumah hobit ini cukup unik sehingga sering juga dijadikan spot foto oleh para pengunjung.

Taman Lampion

Dari sore hingga malam hari kita akan disuguhi dengan berbagai bentuk lampu lampion di taman lampion ini. Taman lampion ini cukup luas sehingga disebut-sebut sebagai yang terbesar di Jawa Barat.

Di sinilah kita akan terpuaskan dalam berburu spot foto cantik. Kita bisa berfoto dengan latar beraneka macam bentuk lampu lampion mulai dari tokoh kartun, binatang, hingga tanaman.

Rumah Ilusi

Spot foto yang tak kalah menakjubkan bisa kita temukan di dalam wahana yang bernama rumah ilusi ini. Wahana ini merupakan yang terbaru di Cikao Park Purwakarta.

Selain menyediakan spot foto berupa lorong warna, di sana juga ada berbagai bentuk kesenian 3D yang bisa dijadikan latar foto.

Seru-Seruan di Wahana Outbound

Tempat wisata ini juga menyediakan wahana outbound bagi kamu yang ingin seru-seruan bersama teman dan anggota keluarga. Ada berbagai wahana yang bisa kamu pilih diantaranya bermain ATV, kerata, atau bermain perahu bebek di danau.

Wahana outbound ini juga menyediakan space untuk acara komunitas atau gathering. Kamu bisa lesehan bersama anggota komunitas di atas area yang dilapisi rumput sintesis.

Selain wahana-wahana di atas kedepannya mungkin masih akan ada wahana baru yang akan kita jumpai di tempat wisata ini.

Sekarang saja sebenarnya beberapa wahana dan fasilitas masih dalam proses pembangunan sehingga masih terlihat belum sempurna.

Jam Buka

Kamu bisa memuaskan dahaga liburan di tempat ini mulai dari pagi hingga malam hari. Jam bukanya dimulai pukul 8 pagi hingga pukul 10 malam.

HariJam Buka
Setiap Hari08.00 – 22.00

Yang perlu diingat bahwa sementara ini hawa udara di dalam kawasan wisata memang masih sangat panas.

Kamu bisa memilih waktu kunjungan antara jam 8 pagi hingga 12 siang. Atau jika tidak sempat datang pagi, maka kamu bisa datang sore harinya mulai pukul 3 siang hingga jam operasional berakhir.

Harga Tiket Masuk

Kamu bisa memasuki tempat wisata ini hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 10.000 per orang gratis air mineral dan tiket parkir. Tiket masuknya mulai berlaku bagi pengunjung yang berusia 2 tahun ke atas.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp. 10.000
Kolam RenangRp. 50.000
Rumah IlusiRp. 40.000
Taman SatwaRp. 30.000

Namun jika ingin menikmati kolam renangnya dan beberapa wahana lain, kita akan dikenai tambahan biaya lagi antara Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000.

Baca juga: Balong Waterpark

Alamat

Theme park ini berlokasi di Cisalada, Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota yakni hanya berjarak sekitar 7,7 kilometer saja. Jika kondisi jalan sedang lancar, dari pusat kota ke lokasi bisa kita tempuh hanya dalam waktu sekitar 20 menit.

Selain Cikao Park, di sekitar lokasi ini juga ada beberapa tempat wisata lain yang bisa kita kunjungi. Obyek wisata tersebut diantaranya Citra Resmi Park, Taman Pancawarna, dan Jatiluhur Water World.

Fasilitas Umum

Tidak perlu khawatir dengan fasilitas umum yang ada di tempat wisata ini. Fasilitasnya sudah tersedia dengan cukup lengkap diantaranya:

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Gazebo
  • Resto
  • Loker

Resto atau tempat makan tersedia sangat banyak di tempat ini. Kamu bisa memuaskan dahaga kuliner mu dengan menu-menu lezat khas Nusantara di resto-resto tersebut.

Yang perlu diperhatikan dan menjadi masukan bagi pengelola hanyalah ketersediaan tempat sampah. Banyak pengunjung yang mengeluhkan masalah kebersihan karena katanya mereka kesulitan menemukan tempat sampah di lokasi wisata.

Q&A

Ada banyak pertanyaan yang dilontarkan calon pengunjung yang penasaran dengan tempat wisata ini. Beberapa diantaranya sudah kami rangkum di bawah ini:

Apakah bisa bawa makanan dari luar?

Bisa.

Apakah ada kolam air hangat?

Tidak ada.

Dari Bandung keluar tol yang mana ya untuk ke lokasi wisata?

Keluar di Tol Jatiluhur.

Apakah anak-anak juga harus bayar tiket masuk?

Tiket masuk berlaku untuk pengunjung usia 2 tahun ke atas.

Untuk rombongan anak sekolahan berapa harga tiketnya?

Harga tiket tetap seperti biasa.

Apakah ada nomor custservis yang bisa dihubungi?

Kontak cust service bisa lewat sini: 0811-1239-933

Kesimpulan

Demikian ulasan kami mengenai tempat wisata Cikao Park Purwakarta. Semoga bermanfaat dan dapat memberi gambaran bagaimana dan apa saja wahana serta fasilitas yang tersedia di tempat ini. Yang penting kalau liburan ke Purwakarta, jangan lupa mampir ke them park ini ya traveller.

Gambar Gravatar
Hallo. Perkenalkan, saya Zanki. Fans berat FC Barcelona dan penikmat alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *