TOP 75 Tempat Wisata Lombok Terepic & Populer 2019

Diposting pada

Lombok merupakan salah satu kawasan di Indonesia Tengah dengan sejuta pesona alam yang tak ada di belahan nusantara lainnya. Meskipun cukup jauh dari jangkauan, wisata Lombok sudah terkenal keindahannya dan siap memukau siapa saja.

Tak heran, walaupun berada agak di ujung Indonesia, banyak wisatawan hingga bule datang ke Pulau Seribu Masjid. Para eksplorer tak enggan jauh-jauh datang untuk mengeksplorasi “hidden paradise” di kawasan ini.

Tak hanya populer dengan pantai dan gili eksotisnya, Lombok juga menawarkan banyak keindahan wisata alam lain yang tak ada di pulau lain. Ada air terjun, ada Gili, ada gunung hingga desa wisata.

Bagaimana? Siap mencoba mengeksplor eksotisme Pulau Lombok? Yuk, simak rekomendasi dari Dolanyok untuk panduan wisata Lombok 2019 kali ini.

Daftar Baca Cepat »»» buka

Wisata Bukit & Gunung

Lombok memiliki sejumlah spot di ketinggian yang wajib dieksplorasi, salah satunya adalah ikon wisata pulau tersebut, yakni Rinjani. Berikut disajikan tempat wisata di NTB yang paling terkenal selain pantai.

1. Bukit Nanggi

Sebuah surga di lereng Rinjani di ketinggian 2,300 mdpl dan dihiasi padang rumput nan indah plus view alam sekitar. Tempat ini menjadi objek untuk memacu adrenalin yaitu soft tracking berbonus hamparan awan putih bak negri di atas awan.

AlamatSembalun, Sambelia, Selong, Nusa Tenggara Barat
Review TempatBukit Nanggi

2. Bukit Pergasingan

Wisata baru di Lombok, alternatif melihat panorama eksotis dari ketinggian selain Gunung Rinjani.

Nampak dari atas panorama sawah Desa Sembalun yang berpetak-petak dan Gunung Rinjani diiringi hawa sejuk bersuhu 13 derajat Celcius. Anda bisa mengisi waktu dengan berkemah, fotografi, hingga hunting sunset dan sunrise.

AlamatSembalun Lawang, Sembalun, Sembalun Lawang, Sembalun, East Lombok Regency, Nusa Tenggara Barat
Review TempatBukit Pergasingan

3. Bukit Merese

Nama lainnya adalah Bukit Cinta, sebuah kepingan surga yang jatuh di Pulau Lombok. Memiliki keindahan deretan perbukitan nan indah dan hamparan pasir pantai dengan gradasi warna sempurna. Cocok untuk fotografi dan swafoto dengan latar alam unik.

AlamatJalan Kuta Lombok, Pujut, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatBukit Merese

4. Seger Hill Kuta

Berlokasi di Pantai Seger, manyajikan view pantai dari atas perbukitan plus panorama paling eksotis sekaligus menjadi sunset point terfavorit. Lokasinya cukup landai sehingga mudah untuk dijangkau oleh pengunjung untuk menikmati view atau foto-foto.

AlamatKuta, Pujut, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatSeger Hill Kuta

5. Bukit Tunaq

Alternatif wisata Lombok 2018 yang antimanistream dengan bonus pemandangan cantik nan eksotis lautan biru. Kawasan ini juga menyuguhkan keunikan lain karena termasuk Area Konservasi berupa Taman Wisata Alam.

AlamatBumbang, Mertak, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatBukit Tunaq

6. Gunung Rinjani

Ikon Pulau Lombok, gunung berapi tertinggi ke-2 sekaligus ikon Pulau Lombok, terkenal juga sebagai gunung paling indah di Indonesia. Para pendaki ditantang menaklukan gunung setinggi 3,726 mdpl dengan bonus panorama alam yang menakjubkan.

AlamatGunung Rinjani, Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Review TempatGunung Rinjani

7. Bukit Selong

Pesona keindahan lain yang ditawarkan area lereng Rinjani berupa pemandangan sawah yang terhampar luas. Ada juga banyak spot foto instagenic seperti bintang, rumah adat dan pohon. View saat malam hari bahkan menampakkan pesona pemandangan aurora.

AlamatSembalun Lawang, Sembalun, EKabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Review TempatBukit Selong

Wisata Air Terjun

Pulau Lombok juga kaya akan keindahan wisata alalm berupa air terjun. Jangan salah, air terjun di pulau ini memiliki keunikan dan beda dengan yang pernah ada sebelumnya. Penasaran seperti apa? Simak kelanjutan daftar wisata air terjun di Lombok eskotis berikut.

8. Tiu Kelep Waterfall

Surga tersembunyi di kawasan Lombok Utara. Lokasinya dekat dengan Air Terjun Sendang Gile.

Air terjun ini tingginya 42 m dengan bentuk bertingkat-tingkat berlokasi di lereng Rinjani. Konon, dengan berendam di kolamnya dapat menyembuhkan berbagai penyakit hingga awet muda.

AlamatBayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatAir Terjun Tiu Kelep

9. Air Terjun Benang Stokel

Menyuguhkan dua buah air terjun atau air terjun kembar dengan ketinggian mencapai 30 meter dengan aliran air bertingkat. Sangat rekomended untuk relaksasi, berenang, berenda, bahkan ada gazebo-gazebo untuk bersantai.

AlamatDusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatAir Terjun Benang Stokel

10. Air Terjun Tiu Teja

Spot wisata baru di Lombok Utara dengan sajian keindahan tersembunyi sebuah air terjun kembar setinggi 50 meter dan lebar mencapai 10 meter. Lokasinya berada di tengah hutan, dikelilingi pepohonan hijau.

Suasananya masih asri dan banyak ditemukan hewan seperti monyet dna lutung di sekitarnya. Sayangnya, butuh usaha ekstra untuk mencapai lokasi dengan track lumayan melelahkan.

AlamatSantong, Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat 
Review TempatAir Terjun Tiu Teja

11. Sendang Gile Waterfall

Eksotisme air terjun di ketinggian 600 mdpl dengan kedalaman kolam mencapai 31 meter. Bentuknya bertingkat-tingkat dan aliran air kecil-kecil lainnya menyebar dari sela-selai dedaunan. Nampak sangat cantik dan segar.

AlamatSenaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatAir Terjun Sendang Gile

12. Mangku Kodeq

Dikenal juga sebagai Air Terjun Mangkusakti yang airnya mengandung zat belerang dari Gunung Rinjani. Uniknya, air terjun ini diapit oleh dua ngarai dengan aliran air di tengahnya yang berwarna biru tosca.

Selain cantik untuk fotografi, air nya yang menagndung belerang juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Butuh tracking menyurusi sungai sebelum mencapai air terjun setinggi 3 meter ini.

AlamatSambik Elen, Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatAir Terjun Mangku Kodeq

13. Tiu Pituq

Spot wisata air terjun plus taman untuk foto instagramable. Menawarkan keindahan air terjun setinggi 5 meter dengan 7 buah air terjun lainnya.

7 air terjun lainnya yaitu Tiu Tawah, Tiu Bunter, Tiu Tinggi, Tiu Ras, Tiu Lisung, Tiu Alat-alat, dan Tiu Serungga. Terdapat spot foto unik juga seperti jembatah, spot love dan bintang.

AlamatGenggelang, Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatAir Terjun Tiu Pituq

14. Air Terjun Mangku Sakti

Eksotisme tersembunyi yang berlokasi di kaki Gunung Rinjani berupa air terjun setinggi 40 meter plus ornamen batuan dan air biru tosca. Nampak pula jajaran pepohonan di sekelilingnya yang menambah kesegaran.

Selain memanjakan mata, air di air terjun mengandung belerang sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit. Bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti kudis, panu, dll.

AlamatSajang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Review TempatAir Terjun Mangku Sakti

15. Air Terjun Penimbungan

Nama lainnya adalah Air Terjun Penimbungan Torean, memiliki tinggi mencapai 100 meter dan terletak di utara lereng Rinjani. Keunikannya terletak pada hempasan air terjun yang terkadang diselimuti kabut.

Aliran airnya berasal dari Segara Anak sehingga cukup segar. Bahkan, warna airnya sangat jernih berwarna hijau tosca.

AlamatSembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Review TempatAir Terjun Penimbungan

16. Air Terjun Madu

Konon, di balik air terjun setinggi 20 meter in terdapat banyak sarang lebah madu. Pesonanya sangat memukau denga warna air hijau tosca yang segar dihiasi dinding batu yang artistik. Ada kolam di bawahnya untuk berendam dan berenang.

AlamatDusun Birak, Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Review TempatAir Terjun Madu

17. Air Terjun Benang Kelambu

Terletak skeitar 500 m dari Air Terjun Benang Stokel dan memiliki ketinggian mencapai 30 meter dengan bentuk yang bertingkat-tingkat. Tingkat kedua setinggi 10 ,eter dan tingkat ketiga hanya 5 meter.

Air nya muncul lansgung dari sumber melalui dari celah-celah rimbunan pohon di sekitara sumber. Nampak elok dan cantik dipandang mata, airnya pun sangat segar untuk gebyuran.

AlamatAik Berik, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatAir Terjun Benang Kelambu

18. Tiu Tiding Waterfall / Air Terjun Tiu Tiding

Terkenal sebagai Air Terjun Temponna, merupakan objek wisata baru di kawasan Genggelang, Gangga. Terdapat air terjun utama setinggi 50 m dengan sejumlah air terjun pendek di sekitarnya.

Lokasinya dikelilingi oleh batuan yang melingkar dengan pepohonan di sisi kanan dan kirinya. Debit airnya cukup deras dan besar bahkan tidak kering ketika kemarau.

AlamatUnnamed Road, Nusa Tenggara Bar. 83353, Genggelang, Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatAir Terjun Tiu Tiding

Wisata Lombok Pantai

Lombok adalah surga wisata pantai, dan yang paling terkenal dari pantainya adalah pesona Gili. Di bawah ini adalah daftar wisata pantai Lombok yang wajib Anda kunjung saat holiday ke Lombok.

19. Gili Trawangan

Objek wisata gili terpopuler di Lombok yang menawarkan pantai berpasir putih nan indah, kilauan matahari yang tak terlalu terik, dan air laut biru. Tempatnya sangat sejuk, bersih, dan asri dengan keindahan bawah laut yang luar biasa.

Di kawasan ini Anda bisa melakukan banyak hal menyenangkan, seperti berenang, naik cidomo, snorkeling, bersepeda, dan kulineran khas Lombok.

AlamatGili Trawangan, Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatGili Trawangan

20. Gili Air

Objek wisata Gili terdekat dengan Pulau Lombok, menyuguhkan pesona alam pantai dan bawah laut yang luar biasa. Ada 5 spot untuk diving yang terkenal yaitu Air Wall, Frogfish Point, Air Slope, Segaluh & Malang Reef.

Fasilitas yang tersedia juga lebih lengkap karena memiliki lebih banyak pemukiman penduduk di dalamnya. Ada resort mewah, kafe, restoran, villa dan bungalow beratap alang-alang.

AlamatGili Air, Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatGili Air

21. Pantai Sengigi Lombok

Destinasi wisata pantai di Lombok yang wajib dikunjungi karena ombaknya tenang, masih asri, cantik dan bersih.

Hal menarik lain dari pantai ini adalah memiliki pasir bergradasi hitam dan putih. Ditambah garis pantai yang panjang lengkap dengan panorama bawah laut yanh menawan.

AlamatBatu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Senggigi

22. Gili Meno

Tempat relaksasi paling favorit, menawarkan panorama indah plus suasana pantai yang tenang dan sunyi. Cocok untuk meditasi karena suasananya seperti private beach.

AlamatPulau Gili Meno, Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatGili Meno

23. Pantai Kuta Lombok

Bukan di Bali, Pantai Kuta Lombok menjadi salah satu opsi tempat wisata Lombok dekat bandara yang menawarkan kecantikan pantai pasir putih. Pantainya masih asri dan bersih dan bisa untuk bersantai, main pasir, bahkan bisa juga snorkling dan diving.

AlamatKuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Kuta Lombok

24. Pantai Tanjung Aan

Salah satu primadona Mandalika yang menawarkan pesona laut biru kehijauan, pasir putih dan ombak tenang bak kristal. Pengunjung bisa berjemur, selancar, snorkling hingga diving. Bahkan bisa berfoto-foto dengan latar perbukitan yang mengelilingi view pantai yang memesona.

AlamatDesa Pengembur, Sengkol, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Tanjung Aan

25. Pantai Selong Belanak

Obyek wisata pantai yang cocok untuk rekreasi keluarga karena menawarkan sensasi bermain di pasir pantai yang putih bersih. Pengunjung juga bisa menikmati sensasi naik kano sekaligus berwisata khusus di desa Selong Belanak.

AlamatSelong Belanak, Praya Bar., Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Selong Belanak

26. Gili Nanggu

Menyuguhkan panorama alam bawah laut yang super cantik, bahkan lebih cantik dari Gili Trawangan. Memiliki keindahan pantai dan view bawah laut lengkap dengan ratusan biota laut yang hidup di dalamnya.

AlamatDesa Batu Kijuk (Sekotong Barat), Sekotong Barat, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Review TempatGili Nanggu

27. Desert Point

Disebut juga Bangko-Bangko, merupakan spot paling rekomended untuk surfing atau selancar. Bahkan, dinobatkan menjadi salah satu dari 10 spot surfing dengan ombak paling ganas di dunia.

AlamatBatu Putih, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Review TempatDesert Point

28. Pantai Gerupuk Lombok

Alternatif terbaik bagi penggemar olahraga selancar selain di Desert Point. Memiliki karakteristik pantai yang indah dengan ombak yang besar dan sangat liar menantang para penggila surfing.

Di pantai ini, ada sekitar 5 lokasi surfing dengan nama berbeda-beda. Kelima spot tersebut adalah Prigi/Inside, Batu Teong/Dondon, Terasaq/Outside Left, Giligoleng/Outside dan Batu Lawang.

AlamatDesa Gerupuk, Kabupaten Lombok Tengah
Review TempatPantai Gerupuk

29. Pantai Mawun

Spot pantai bersih, asri, berpasir putih, berombak landai dengan bonus sebuah bukit besar yang gagah berdiri di sisi pantainya. Anda bisa nikmati surga duniawi ini dengan bersantai, berenang, berkuliner seafood hingga camping.

AlamatDesa Tumpak, Kec. Pujut, Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Mawun

30. Gili kapal

Sebuah pulau perawan nan cantik yang kadang timbul dan tenggelam. Di tempat ini Anda bisa menyaksikan keindahan yang unik dan langka.

Pesonanya berupa pantai dengan gradasi warna laut, berpadu dengan kegagahan Gunung Rinjani serta Pulau Sumbawa dari kejauhan. Temukan eksotisme Gili Kapal saat air laut surut, yakni di pagi dan sore hari.

AlamatGili Pasir, Labuhan Pandan, Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Review TempatGili Kapal

31. Gili Sulat & Gili Lawang

Wisata pulau kecil yang masih belum terjamah industri pariwisata sehingga sangat asri dan menawarkan nuansa seperti pulau pribadi. Masih bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkling di sini. Bahkan ada kawasan hutan mangrove yang menambah kecantikan pulau.

Sebetulya pulau tersebut memang ada dua dengan nama Sulat dan Lawang, namun hanya berjarak 500 m. Sehingga menjadi 1 paket wisata, kalau ke Gili Sulat bisa langsung menuju ke lokasi Gili Lawang.

AlamatKabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Review TempatGili Sulat & Gili Lawang

32. Gili Kedis

Si kecil mungil yang menawan hati, pulau kecil di ujung Lombok Barat yang dikelilingi terumbu karang di sekitarnya. Lokasinya masih sangat alami dengan biota laut lebih banyak dan rekomended untuk snorkling.

AlamatSekotong Barat, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Review TempatGili Kedis

33. Gili Kondo

Surga tersembunyi di Lombok dan sangat pas untuk travel escape terutama kegiatan snokrling. Menyuguhkan panorama Gili khas Lombok, masih sangat asri dan akses yanh cukup mudah dijangkau.

AlamatGili Kondo, Labuhan Sangoro, Maronge, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat
Review TempatGili Kondo

34. Gili Asahan

Pesona tersembunyi pulau kecil di Lombok dengan suguhan pemandangan bawah laut. Di sini Anda bisa menyasikan keindahan soft coral dan hard coral alami dan masih terjaga keasliannya. Kegiatan paling favorit di Gili Asahan adalah diving dan snorkeling.

AlamatPulau Gili Asahan, Nusa Tenggara Barat
Review TempatGili Asahan

35. Gili Layar

Spot wisata bak nirwana yang menyuguhkan keindahan alam Sekotong dengan daya tarik utama berupa barisan terumbu karang nan cantik. Tak ketinggalan, kegiatan snorkling dan diving menjadi aktivitas utama di sini.

AlamatPulau Gili Layar, Sekotong, Nusa Tenggara Barat
Review TempatGili Layar

36. Pantai Pink

Disebut juga dengan Tangsi Beach, menyuguhkan pantai cantik dengan pasir berwarna pink kemerahan. Warna tersebut merupakan serpihan terumbu karang yang menyatu dengan pasir pantai.

Jika dilihat, warna nya seakan bercampur merah dengan putih sehingga nampak pink. Bahkan, semakin sore warna pasirnya semakin pink dan semakin memesona.

AlamatSekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Pink

37. Gili Bembeq

Banyak wisatawan yang menyebutnya dengan Gili Kambing, lokasinya berada di Lombok Timur. Daya tariknya berupa pantai alami dengan taburan pasir pantai biji merica yang berwarna pink.

Keindahan tersebut ditambah dengan tebing karang yang gagah dan pepohonan hijau serta hamparan rerumputan yang eksotis. Bahkan, air di Gili Bembeq termasuk yang paling jernih dari gili lainnya.

AlamatGili Bembeq, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Review TempatGili Bembeq

38. Pantai Pandanan

Spot pantai di Lombok Utara yang sangat family-friendly dengan suguhan panorama pantai berlatar perbukitan hijau dan pepohonan nyiur. Selain bisa seru-seruan bermain di pantai, pengunjung juga dapat menikmati kuliner seafood yang lezat dan murah.

Alamat Jl. Raya Malimbu, Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Pandanan / Pandanan Beach

39. Pantai Seger

Tempat rekreasi di Lombok sekaligus melihat saksi bisu legenda Putri Anjani. Spot pantai dekat pedesaan dengan lanskap batuan, bukit dan ombak yang tenang, pantai berpasir putih serta ada festival tahunan.

AlamatKuta, Pujut, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Seger

40. Pantai Surga

Surga di Lombok, terletak cukup jauh dan terpencil, namun pesonanya luar biasa, berupa pantai sepanjang 600 m yang diapit oleh tebing-tebing tinggi. Cocok untuk berjemur, bermain pasir, voli pantai, snorkeling, bermain banana boat hingga selancar.

AlamatPantai Surga, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Surga

41. Tanjung Bloam

Salah satu spot wisata pantai yang membutuhkan budget mahal dan biasa disambangi wisatawan mancanegara. Keindahan yang ditawarkan meliputi view pantai nan indah, air yang jernih dan alami, serta tempat penangkaran penyu.

AlamatJl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Nusa Tenggara Barat, Jerowaru, Sekaroh, Lombok Timur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar.at
Review TempatTanjung Bloam

42. Tanjung Poki

Menjadi spot favorit para pemancing dan cukup sulit untu dijangkau karena memiliki medan treking yang berbatu dan sulit. Namun, pesona yang ditawarkan tidak main-main karena lokasi ini adalah surganya ikan.

AlamatDesa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Review TempatTanjung Poki

43. Tanjung Ringgit

Obyek wisata yang menyuguhkan keindahan panorama tebing-tebing cadas yang gagah dan curam. Di lokasi tersebut juga terdapat jejak sejarah bekas peninggalan Jepang, ada emriam dan ada Goa Jepang di pintu masuk lokasi.

AlamatJl. Lingkok siwaq, Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Review TempatTanjung Ringgit

44. Pantai Setangi

Destinasi wisata pantai yang bia dijadikan tempat rekreasi dan menikmati alam sekaligus wisata horor. Terlihat hamparan pasir putih dan ombak tenang, ada pula waterblow di sana.

Pengunjung bisa bermain voli, selancar, bersepeda, berenang, berendam atau bahkan bisa uji nyali di spot Villa Hantu. View dari atas Villa Hantu juga sangat menawan, bagus untuk selfie.

AlamatJl. Raya Senggigi, Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Setangi/Setangi Beach

45. Pantai Mawi

Spot yang wajib dikunjungi bagi para pecinta surfing karena memiliki ombak yang cukup besar. Panorama sekitar pantai juga sangat memukau apalagi saat matahari terbenam.

Pengunjung bia menaiki bukit sembari tracking di medan yang menantang. Dari atas bukit pengunjung dapat menyaksikan keindahan pantainya secara menyeluruh.

AlamatJl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Bar., Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatMawi Beach / Pantai Mawi

46. Pantai Semeti

Pantai unik dan sangat rekomended bagi penyuka petualangan. Di sini Anda diajak bukit karang dan melihat batuan karang yang indah.

Bentuk batuan karangnya sangat unik, ada yang berbentuk balok raksasa, mmebentuk perbukitan dan tonggak-tonggak besar seperti kristal. Ditambah view lautan biru, pemandangannya menjadi menakjubkan.

AlamatJl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Bar., Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Semeti / Semeti Beach

47. Pantai Malimbu

Menikmati suasana pantai khas Lombok dengan keunikan deretan perbukitan yang menghijau. Bisa snokrling juga menikmati keindahan bawah lautnya.

Paling favorit dari Pantai Malimbu adalah menikmati sunset dari atas Bukit malimbu/Malimbu Hill. Di atas sana juga terdapat kaedai makan dan minum untuk menikmati sunset.

AlamatMalaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Malimbu

48. Pantai Elak-Elak

Satu-satunya pantai yang menawarkan sensasi mengunjungi kawasan bak surga dunia. Daya tariknya berupa pantai dengan pecahan karang kecil hingg sedang yang membuat pemandangan tampak istimewa.

AlamatSekotong Barat, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Elak-Elak

49. Pantai Mekaki

Sensasi pantai dengan warna air laut biru tosca plus pesona bibir pantai yang luas dan panjang. Sehingga sangat cocok untuk rekreasi dan mengahbiskan waktu seharian bermain di pantai.

AlamatJl. Raya Mekaki, Pelangan, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Bar
Review TempatPantai Mekaki

50. Pantai Batu Putih

Sebuah pantai yang berlokasi tepat di bawah bukit dan memiliki batu-batu yang sudah ditata dengan apik. Ada anak tangga yang digunakan untuk menuju ke lokasi pantai berpasir putih dan halus ini.

AlamatJl. Raya Bangko Bangko, Batu Putih, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Batu Putih

51. Pantai Nambung

Tempat Anda bisa menikmati pemandangan pantai sekaligus beraktivitas seru seperti bermain pasir, berjemur dan berenang. Keunikan lain pantai ini adalah memiliki kucuran air yang bentuknya mirip seperti air terjun.

AlamatDusun Nambung Desa, Buwun Mas, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPantai Nambung

Simak juga rekomendasi Pantai di Lombok dari Dolanyok berikut.

Desa Wisata

Jangan hanya mengeksplorasi keindahan alam di Lombok, kalau ke pulau eksotis ini sempatkan juga ya mengenal kebudayaannya yang unik.

Bagaiamana caranya? Yakni dengah mengunjungi sejumlah desa wisatanya yang sarat akan budaya suku Sasak. Ada rekomendasi apa saja? Berikut daftarnya.

52. Desa Sembalun

Sebuah desa kecil yang menawarkakn sejuta pesona, mulai dari wisata alam hingga kebudayaan yang kental. Desa Sembalun merupakan lokasi dimana Anda bisa menyaksikan megahnya Gunung Rinjani.

Desa ini juga menawarkan wisata petik strawberry, serta 10 buah lain seperti apel, wortel, hingga pepaya, dan bawang. Menjadi lokasi Bukit Selong tempat Anda melihat keindahan petak-petak sawah dari ketinggian.

Anda juga dapat melihat rumah-rumah adat khas Sembalun, tari-tarian khusus serta kain tenun khas Sembalun. Pengunjung juga bisa membeli kain tenun untuk oleh-oleh.

AlamatSembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Review TempatDesa Sembalun

53. Desa Sade

Tempat wisata budaya masyarakat Lombok Tengah. Keunikan adat dan budaya tercermin dalam rumah adat Sasak yang beratap alang-alang.

Pengunjung juga dapat menyaksikan kentalnya kebudayaan yang dijunjung oleh masyarakat di sana dengan melihat pertunjukan seni jalanan.

AlamatRembitan, Pujut, Rembitan, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatDesa Sade

54. Desa Bayan Sasak

Sebuah desa wisata di dekat hutan yang berlokasi di barat daya Lombok di kaki Gunung Rinjani. Desa ini menawarkan kebudayaan suku Sasak yang masih kental.

Hal ini bisa dilihat dari kostum adat, rumah adat, tarian adat hingga benda seni khas suku Sasak. Ada juga sebuah masjid yang sudah berumur ratusan tahun, bernama Masjid Bayan.

AlamatDusun Bayan, Timur Desa, Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatDesa Bayan

55. Desa Sukarara

Desa wisata yang menawarkan wisata sejarah sekaligus wisata budaya dalam satu paket. Keunikan desa wisata ini terletak pada tradisi menenun yang masih lestari dan rumah tradisional khas suku Sasak Lombok.

AlamatDesa Sukarara, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat
Review TempatDesa Sukarara

Baca Juga: Tempat Wisata Bali, banyak pantai yang eksotis juga lho!

Wisata Alam Lainnya

Lombok tak hanya kaya dengan pantai cantik dan pesona bawah lautnya, masih banyak spot wisata alam yang tak kalah eksotis. Berikut kami rangkum sejumlah destinasi wisata alam lainnya.

Ada objek wisata hutan, danau, spot fotografi, dan lainnya. Mau tahu apa saja? Simak terus yuk.

56. Hutan Sesaot

Merupakan sebuah kawasan hutan lindung seluas 6000 hektar yang menyuguhkan flora fauna dan sungai alami bernama Aik Nyet. Ada juga wista outbond dan camping, serta kolam pemandian alami.

Di kawasan hutan Anda juga berinteraksi dengan penduduk lokal dan melihat sejumlah keunikan. Seperti atraksi pembuatan sate bulayak, ayam taliwang dan plencing.

AlamatSesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat
Review TempatHutan Sesaot

57. Pusuk Sembalun

Spot yang instagramable yang berada di ketinggian 1.250 mdpl dengan panorama hijau di sekelilingnya. Nampak pula view Gunung Rinjani, perbukitan hijau dan pepohonan rindang yang menambah keasrian.

Terdapat gazebo untuk bersantai dan beberapa gardu pandang untuk berfoto. Jangan lewatkan mengabadikan momen di sini karena viewnya sangat luar biasa cantik.

AlamatJl. Wisata Gn. Rinjani, Sembalun Bumbung, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
Review TempatPusuk Sembalun

58. Batu Payung

Salah satu ikon wisata Lombok berupa batu besar yang berdiri kokoh dan berbentuk menyerupai payung. Lokasinya tepat berada di belakang bukit di Pantai Tanjung Aan.

Namun sayangnya, pasca gempa ikon wisata ini sempat roboh. Namun, Anda masih bisa menikmati liburan di pantainya dengan aktivitas lain. Misalnya berenang, foto-foto, atau bersantai.

AlamatJalan Kuta Lombok, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatBatu Payung

59. Batu Bolong Lombok

Adalah sebuah batu hitam yang besar dan berlubang terletak di tepi Selat Lombok. Uniknya, terdapat pura di atasnya yang bernama pura Batu Bolong.

Di dalam loksi pura yang masih digunakakn untuk ibdaha tersebut terdapat beberapa patung. Yaitu patung Subali, Sugriwa, Patung Naga, Rama, dan Laksmana. Biasanya pengunjung menghabiskan waktu dengan swafoto di sini.

AlamatBatu Bolong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Review TempatBatu Bolong

60. Batu Layar

Bebatuan besar yang menyerupai kapal layar yang berlubang di tengahnya, lokasinya berada di pantai Batu Layar. Lokasi tersebut cocok dijadikan tempat untuk hunting sunset dan foto dengan batu besar yang unik.

AlamatSenggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Review TempatBatu Layar

61. Danau Segara Anak

Menikmati keindahan kawah cantik dengan air berwarna biru di kawasan Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Sembaluh Lawang. Selain bisa menikmati panorama alam, Anda juga bisa memancing dan kemah di danau yang sarat misteri ini.

AlamatDanau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat
Review TempatDanau Segara Anak

62. Gua Bangkang

Wisata di gua yang sudah berumur ratusan tahun dimana menjadi habitat asli atau rumah bagi ribuan kelelawar.

Saksikan pemandangan spektakuler pada saat matahari terbenam. Apakah itu? Yakni ketika ribuan kelelawar hendak meninggalkan sarangnya. Sungguh langka dan menakjubkan!

AlamatDesa Bangkang, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Review TempatGua Bangkang

63. Jembatan Gantung Kuno

Spot jembatan gantung yang memiliki tinggi mencapai 100 m dan berusia lebih dari 84 tahun. Jembatan unik namun kokoh ini menghubungkan Dusun Kelebut dan Nyurlembang, sebuah pusta tenun di Lombok.

Banyak yang memanfaatkan spot ini untuk fotografi karena unik dan memiliki panorama sekitar yang menarik.

AlamatGerung, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Review TempatJembatan Gantung Kuno

64. Nest Sculpture

Seubuah mahakarya buatan Jason deCaires Taylor berupa proyek ramah lingkungan yang terdiri dari 48 buah patung berbentuk manusia dengan pose berbeda-beda. Mahakrya ini sengaja dibuat untuk menyeimbangkan ekosistem bawah laut.

Di sini Anda akan diajak menjelajah karya seni di bawah laut yang sangat artistik. Sekaligus melihat terumbu karang yang mulai tumbuh dan ikan kecil yang berkeliaran di sekitarnya.

AlamatGili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatNest Sculpture

65. Sumber Air Panas Aik Kalak

Rekomendasi buat Anda yang ingin relaksasi di sumber air panas nan eksotis sembari mendapatkan manfaat bagi kesehatan. Sumber ini diyakini memiliki sejuta manfaat khususnya untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Lokasinya berada dekat dengan Danau Segara Anak dan Gunung Rinjani. Jadi apa salahnya sekalian berkunjung ke sini saat menikmati alam Rinjani.

AlamatJl. Raya Senggigi KM 8, Desa Sembalun, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Review TempatSumber Air Panas Aik Kalak

66. Rumah Pohon Gangga

Alternatif mencari spot instagramable yang juga menjadi salah satu jendela menikmati alam Lombok dari sudut yang tak biasa. Anda juga menemukan spot foto unstagenic, air terjun dan resort bernama Rinjani Lodge. Lengkao sudah liburan Anda di sini!

AlamatGenggelang, Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatRumah Pohon Gangga

Wisata Rekreasi & Akomodasi

Untuk melengkapi keseruan liburan Anda, berikut kami juga tambahi beberapa destinasi wisata rekreasi. Ditambah juga beberapa pilihan akomodasi yang unik dan wajib dicoba saat liburan ke Lombok.

67. Taman Narmada

Taman seluas 2 Ha yang didirikan Raja Mataram Lombok. Dulu katanya digunakan sebagai taman para raja. Kini, dibuka untuk objek wisata dengan suasana taman asri lengkap dengan ornamen kerajaan.

AlamatJalan Raya Narmada, Lembuak, Narmada, Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Review TempatTaman Narmada

68. Rinjani Lodge

Sebuah resort mewah yang berlokasi tepat di kaki Gunung Rinjani. Daya tariknya adalah view Rinjani yang memukau serta fasilitas infinity poolnya.

Tak jauh dari lokasi Anda juga bisa menemukan spot Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Untuk harga kamarnya, per malam dibandrol mulai dari Rp 800.000 ribuan per kamar.

AlamatJl. Pariwisata, Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatRinjani Lodge

69. Mentigi Bay Dome

Sebuah penginapan unik yang mengusung konsep ala rumah hobbit yang dilengkapi dengan bangunan berbentuk lingkaran dan berkubah. Ada mini garden di tengah villa, lengkap dengan view sunset dan sunrise yang menawan.

Alamat Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatMentigi Bay Dome

70. Hotel Tugu Lombok

Hotel kelas mewah dengan konsep ala Candi Hindu lengkap dengan fasilitas super berkelas. Bisa menikmati sunrise memesona dari hotel ini sekaligus spot private beach mulai dari harga Rp 2 jutaan.

AlamatJl. Pantai Sire No.Desa, Sigar Penjalin, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
Review TempatHotel Tugu Lombok

71. Gili Air Lagoon Resort

Penginapan eksotis dengan daya tarik berupa kamar unik dan nyaman yang langsung menghadap ke kolam renang berbentuk lingkaran. Fasilitas yang tersedia sangat lengkap, ada bar dan restoran untuk nogkrong.

AlamatGili Air Island, Gili Air, West Lombok Regency, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Review TempatGili Air Lagoon Resort

72. Katamaran Resort

Hotel berkonsep villa yang berlokasi tepat di pinggir pantai. Daya tariknya tak hanya fasilitas hotel yang super mewah dan lengkap. Tetapi juga suguhan panorama laut yang alami, vie sunset, lansekap rimbun serta Gunung Agung dari kejauhan.

AlamatJl. Raya Senggigi, Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
Review TempatKatamaran Resort

73. Qunci Villas Hotel

Alternatif penginapan berkelas yang menawarkan kamar hotel dan restoran yang menghadap ke laut. Memiliki kolam renang outdoor, fasilitas sun loungers serta layanan spa yang mewah pula. Harga untuk menginap di sini dibandrol mulai dari Rp 1,5 juta per malam.

AlamatJl. Raya Mangsit – Senggigi Km. 5, Mangsit, Senggigi, Batu Layar, West Lombok Regency, West Nusa Tenggara
Review TempatQunci Villas Hotel

74. Rudi’s Villa

Villa sederhana namun tetap menawan dan estetik yang terletak tepat di kaki Gunung Rinjani. Villa ini cocok bagi traveller yang ingin hawa sejuk khas pegunungan plus vew gunung yang sangat indah.

AlamatJl. Raya Sembalun Lawang, Sembalun Lawang, Sembalun, mataram, Nusa Tenggara Barat
Review TempatRudi’s Villa

75. Rinjani Mountain Garden

Penginapan unik yang lokasinya berada di tengah kebun dimana pengunjung dapat berjemur di bawah sinar matahari yang hangat. Nikmati udara sejuk serta pemandangan yang unik dari Gunung Rinjani di sini.

AlamatRinjani Mountain Garden, Jl. Teres Genit, Bayan, Nusa Tenggara Barat
Review TempatRinjani Mountain Garden

Ada sekitar 75 objek sekaligus gambar wisata Lombok yang kami sajikan di atas. Terbukti kan Lombok sangat kaya dengan destinasi wisata terutama wisata alamnya.

Lombok menjadi bukti bahwa Indonesia sangat beragam, ada banyak warna di sana yang harus kita jaga dan lestarikan.

Sekian info singkat peta wisata Lombok dari Dolanyok. Jika sobat memiliki rekomendasi lain, tolong share di kolom komentar ya. Terima kasih.

Gambar Gravatar
A writer; An English teacher; highly passion in travelling, reading & writing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *