Ini 9 Pantai di Lombok Paling Terkenal Yang Harus Kamu Kunjungi Berikutnya

Diposting pada

Ada banyak sekali pantai di Lombok yang bisa dijadikan destinasi liburan di akhir pekan atau saat libur panjang nanti. Untuk memudahkan kalian dalam menentukan pilihan, berikut ini akan kami ulas 9 pantai di Lombok yang paling terkenal dan layak untuk dikunjungi.

pantai di lombok

Lombok adalah salah satu pulau di Indonesia yang sering dijadikan tujuan berlibur oleh para pelancong dalam negeri dan juga mancanegara.

Pulau yang terletak di sebelah timur pulau Bali ini ternyata memiliki banyak sekali tempat wisata yang tidak kalah indah dan menarik dari yang dimiliki daerah lain di Indonesia.

Salah satu objek wisata yang bisa kamu temukan dan nikmati di pulau Lombok adalah pantai. Pantai-pantai di pulau ini tersebar di empat kabupaten yang dimilikinya yakni pantai di Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan juga pantai di Lombok Timur.

Bahkan, kini juga sudah banyak pantai baru dan masih sepi yang bisa kita temukan di Lombok. Umumnya pantai-pantai yang tersembunyi di Lombok ini terletak di daerah Lombok Selatan yang sepertinya tidak lama lagi akan menjadi kabupaten tersendiri.

Nah, lebih jelasnya silahkan baca terus informasi mengenai 9 pantai di Lombok berikut ini. Kami sajikan dengan ulasan singkat, lengkap dengan data lokasi, harga tiket masuk, dan juga jam operasionalnya.

Pantai di Lombok

Di bawah ini adalah daftar 9 pantai di Lombok yang bisa kamu kunjungi, mulai dari pantai yang sudah terkenal sampai pantai yang masih sepi dan juga tersembunyi.

Pantai Gili Trawangan

gili trawangan
Lokasi: Gili Indah, Pemenang, Lombok Utara
HTM: Rp. 2.500 (Lokal) – Rp. 5000 (Mancanegara)
Jam Operasional: 24 Jam

Siapa yang tidak mengenal pantai yang satu ini. Kamu yang hobi traveling pasti sudah mengenalnya bukan?

Pantai Gili Trawangan terletak di sebelah barat daya pulau Lombok, tepatnya di kabupaten Lombok Utara, berjarak sekitar 27,7 kilometer dari kota Mataram.

Untuk sampai di pantai ini, kamu harus menyeberang lautan dari pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan dengan pilihan sarana transportasi berupa perahu kayu, speedboat, atau kapal wisata.

Selain daya tarik gilinya, objek wisata pantai Gili Trawangan menawarkan keindahan suasana pantai yang masih asri dan bersih dengan gelombang ombak yang tenang.

Pantai ini sangat cocok bagi kamu yang suka berenang, snorkeling, dan juga diving karena selain gelombang airnya tenang, pantai ini juga kaya akan beragam jenis biota laut.

Lalu di pagi dan sore hari, di pantai ini kamu juga bisa menyaksikan indahnya detik-detik sunrise dan sunset dari pinggir pantai.

Pantai Kuta

pantai kuta
Lokasi: Pujut, Kabupaten Lombok Tengah
HTM: –
Jam Operasional: 24 Jam

Selain Bali, Lombok juga memiliki pantai bernama pantai Kuta. Pantai ini terletak di Desa Kuta, Pujut, Lombok Tengah.

Pantai ini adalah salah satu pantai favorit wisatawan lokal di Lombok. Daya tariknya adalah berupa pasir pantai yang berwarna putih dan agak kecoklatan, yang banyak dianggap sangat mirip dengan merica.

Selain pasirnya, pantai di Lombok yang satu ini juga menawarkan satu spot menarik yang bagus sebagai lokasi berfoto atau sebagai lokasi pandang untuk melihat bentangan pantai Kuta dari ketinggian.

Spot ini berupa sebuah perbukitan tinggi yang dinamai bukit Mandalika, yang terletak di sebelah barat pantai.

Jika datang ke pantai ini, kamu bisa menaiki bukit Mandalika dan menyaksikan keindahan landscape pantai Kuta dari atas. Dari bukit ini juga, kamu bisa lebih leluasa membidik area pantai Kuta dengan kamera dari berbagai sudut yang kamu inginkan.

Pantai Pink

pantai pink
Lokasi: Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur
HTM: Rp. 10.000 (Lokal) – Rp. 50.000 (Mancanegara)
Jam Operasional: 24 Jam

Pantai Pink atau pantai Tangsi ini terletak di kabupaten Lombok Timur, tepatnya di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru.

Daya tarik yang dimiliki tempat wisata di lombok ini adalah pasir pantainya yang apabila dilihat dari jauh, akan nampak seperti berwarna pink. Hal inilah yang sebenarnya menjadi asal muasal penamaan pantai ini dengan pantai Pink.

Kemudian di pantai ini juga terdapat tebing-tebing tinggi di sisi sebelah barat pantai yang membuat pemandangan di pantai nampak lebih indah.

Di pantai ini, kamu ataupun anak kecil akan sangat aman saat melakukan aktivitas dalam air seperti berenang, snorkeling, atau diving karena gelombang airnya yang sangat tenang.

Pantai Senggigi

pantai senggigi
Lokasi: Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat
HTM: Rp. 15.000/Orang
Jam Operasional: 24 Jam

Pantai Senggigi adalah legenda objek wisata pantai di Lombok. Sebelum munculnya pantai-pantai baru di Lombok seperti sekarang ini, pantai Senggigi lah yang kerap menjadi tujuan berwisata masyarakat Lombok.

Pantai Senggigi beralamat di kabupaten Lombok Barat. Daya tariknya ialah berupa pasir yang bergradasi warna dari hitam ke putih, dengan garis pantai yang sangat panjang.

Selain itu, di pantai ini kamu juga bisa menikmati suguhan sunset di sore hari. Airnya yang jernih, juga sangat memudahkan bagi kamu untuk melihat aneka macam biota laut yang mendiami pantai.

Bukan hanya itu saja, di garis pantai Senggigi ini kamu juga bisa menemukan sekaligus mengunjungi dua situs budaya yang sudah terkenal di kalangan masyarakat asli dan juga wisatawan.

Situs budaya tersebut adalah Batu Layar dan Batu Bolong. Di Batu Layar, kamu akan menemukan sebuah makam ulama besar yang konon menjadi salah satu ulama yang menyebarkan agama islam di Lombok pada zaman dulu. Sedangkan di Batu Bolong, kamu akan mendapati sebuah pura Hindu yang cukup unik karena dibangun di atas batu karang.

Pantai Selong Belanak

pantai selong belanak
Lokasi: Selong Belanak, Praya Barat, Lombok Tengah
HTM: Rp. 2000/Orang
Jam Operasional: 24 Jam

Pantai Selong Belanak menawarkan daya tarik berupa kawasan pantai yang bersih dengan pasir putih yang menghiasai area pantai.

Air pantai ini juga sangat bersih sehingga kamu tidak perlu ragu untuk berenang ataupun melakukan aktivitas dalam air lainnya.

Di sisi timur pantai ini juga teradapat sebuah perbukitan yang ditumbuhi oleh beragam jenis pohon dan tetumbuhan.

Berfoto dengan background pantai dan perbukitan tersebut pastinya akan memberikan hasil foto yang cantik dan menarik.

Pantai Tunak

pantai tunak
Lokasi: Taman Nasional Gunung Tunak, Lombok Tengah
HTM: Rp. 5000/Orang
Jam Operasional: 24 Jam

Pantai Tunak adalah salah satu pantai baru dan pantai tersebunyi di Lombok yang keberadaannya mungkin masih jarang diketahui oleh para wisatawan.

Pantai ini sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang memang suka dengan objek wisata pantai yang tenang dengan suasana alamnya yang masih sangat alami.

Pantai Tunak ini berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Tunak yang ada di kabupaten Lombok Tengah.

Daya tarik utamanya adalah pasir pantai yang terlihat berwarna kuning keemasan, berpadu dengan air laut yang sangat jernih.

Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat perbukitan yang sering dijadikan lokasi berfoto oleh para pengunjung. Di atas bukit juga kini telah dibangun sebuah gardu pandang yang bisa difungsikan sebagai tempat selfie berlatar samudra biru di bawahnya.

Namun karena pantai ini masih jarang dikunjungi, fasilitas yang tersedia masih sangat minim. Bahkan agar kamu tidak kelaparan saat berada di pantai ini, kamu harus membawa makanan dari rumah karena penjual makanan masih belum ada.

Pantai Sekotong

pantai sekotong
Lokasi: Sekotong, Lombok Barat
HTM: Rp. 5000/Orang
Jam Operasional: 24 Jam

Daya tarik yang dimiliki pantai ini selain pasir putih dan air lautnya yang jernih, adalah terdapatnya sebuah Balai Budidaya Laut Lombok sebagai tempat pembiakan berbagai macam biota laut seperti teripang, lobster dan biota laut lainnya.

Jadi saat berkunjung kesini, disamping menikmati keindahan suasana pantai, kamu juga dapat belajar banyak hal tentang budidaya biota laut.

Selain itu, di pantai ini juga terdapat banyak perbukitan tinggi yang bisa dijadikan spot berfoto atau selfie, sekaligus tempat untuk menyaksikan bentangan pantai Sekotong dengan lebih leluasa.

Pantai Tanjung Bloam

pantai tanjung bloam
Lokasi: Jerowaru, Sekaroh, Lombok Timur
HTM: Rp. 150.000/Orang
Jam Operasional: 24 Jam

Bagi kamu yang suka melihat dan berinteraksi dengan hewan laut bernama Penyu, maka kamu harus datang ke salah satu pantai di Lombok yang bernama pantai Tanjung Bloam ini.

Selain sebagai tempat berwisata, pantai yang berlokasi di Tangsi, Desa Temeak, Jerowaru ini memang terkenal sebagai lokasi observasi penyu di Lombok.

Dari sisi keindahan, di pantai ini kamu akan mendapati suguhan pantai berpasir putih yang berpadu dengan birunya air laut, serta tebing-tebing karang yang menjadi habitat Penyu.

Namun untuk aktivitas pinggir pantai, nampaknya kamu harus berhati-hati karena gelombang ombak di pantai Tanjung Bloam ini sangatlah besar.

Pantai Nipah

pantai nipah
Lokasi: Malaka, Pemenang, Lombok Utara
HTM: –
Jam Operasional: 24 Jam

Pantai ini lokasinya tidak begitu jauh dari pantai Senggigi. Kamu bisa sampai di pantai ini hanya dalam waktu sekitar 20 menit berkendara dari lokasi pantai Senggigi dengan akses jalan yang sudah teraspal halus.

Alamat lengkap pantai Nipah ini berada di Dusun Nipah, Malaka, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara.

Daya tarik yang ditawarkan pantai ini ialah air lautnya yang jernih kehijauan, dipadu dengan suasana kawasan pantai yang asri berkat banyaknya pohon kelapa.

Di pantai ini kamu bisa melakukan banyak aktivitas wisata air seperti berenang, snorkeling, diving, dan juga menjelajah lautan dengan menaiki perahu nelayan atau wahana kano.

Itu tadi nama-nama pantai di lombok yang bisa kamu jadikan tujuan berlibur di akhir pekan atau saat musim libur panjang nanti. Dari 9 daftar pantai di lombok yang kami ulas di atas, pantai mana yang membuat kamu penasaran dan tak sabar ingin mengunjunginya sobat travel?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.