Gili Trawangan Lombok, Serpihan Surga di Pulaunya Para Jagoan

Diposting pada

Lombok memiliki ratusan tempat wisata yang tersebar di tiap penjuru daerahnya. Namun yang paling mendunia adalah Gili Trawangan dengan segala daya tariknya.

gili trawangan villa ombak
via instagram/edwinadjo
Jam Buka:Gili (Setiap Hari) | Wahana (Menyesuaikan Pengelola)
Kegiatan:Bersepeda, Berenang, Watersport, Berkuda, dll.
Alamat:Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.
Fasilitas Umum:Areal Parkir, Tempat Ibadah, Penginapan, Restoran, dll.
Akses Jalan:Baik
Online Maps:View Maps

Gili Trawangan adalah objek wisata paling terkenal di pulau Lombok. Berada di barat laut pulau Lombok, gili ini menjadi serpihan surga bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Gili Trawangan adalah salah satu bagian dari tiga gili yang termasuk ke dalam kawasan teritorial pemerintah provinsi NTB. Di sebelahnya masih ada gili lain yaitu gili Meno dan gili Air. Namun untuk urusan wisata, yang paling terkenal dan menjadi pusatnya adalah gili Trawangan.

Ada banyak hal menarik dan menakjubkan yang nantinya bisa kamu nikmati dalam perjalanan wisata mu ke gili Trawangan. Selengkapnya bisa kamu ketahui sebentar lagi.

gili trawangan diving
via instagram/aesthetic_jgt
gili trawangan penyu
via instagram/areckhi
gili trawangan hotel villa ombak
via instagram/frida_sexygreene001
gili trawangan ayunan
via instagram/lumitrip
gili trawangan sunset
via instagram/piknikinitrip
gili trawangan tepi pantai
via instagram/sandhy_zane

Daya Tarik Gili Trawangan

Gili Trawangan menawarkan suasana alam yang bersih dengan infrastruktur yang tertata rapi. Penduduk gili ini memang sangat menjaga kebersihan gili sehingga siapapun yang datang pasti merasa sangat nyaman dan betah berlama-lama di sini.

Melongok ke tepian pantainya, kamu akan mendapati pantai berpasir putih yang bersih, indah dengan beragam biota laut yang bisa kamu lihat langsung dari atas permukaan air yang jernih.

Selain itu, sebagai daerah yang terpisah agak jauh dengan perkotaan, gili Trawangan juga menjadi tempat yang bebas dari kebisingan dan polusi.

Pemerintah setempat sudah lama menerapkan kebijakan gili Trawangan bebas kendaraan bermotor sehingga kamu tak akan mendapatkan satupun mobil atau sepeda motor yang menjadi sumber kebisingan dan juga polusi udara.

Banyak hal menarik tentunya yang bisa kamu lakukan di gili Trawangan. Ada banyak sekali spot dan wahana yang tersedia untuk di-eksplore selama mengisi liburan di tempat ini. Berikut detail wahana dan aktifitas yang bisa dilakukan di gili Trawangan.

Aktifitas Seru dan Spot Menarik

Menjelajah Laut Dengan Kayak

Aktifitas wajib yang tidak boleh kamu lewatkan apabila berkunjung ke gili Trawangan adalah bermain kayak. Kayak adalah sebutan untuk sampan mini yang hanya bisa menampung maksimal dua orang saja.

Dengan kayak yang dibuat transparan di semua bagiannya, kamu bisa berkeliling pantai sendirian atau bersama teman mu sambil melihat beragam penghuni dasar laut gili Trawangan seperti karang, ikan, hingga kura-kura langsung dari bawah tempat duduk mu di atas kayak.

Wahana sampan mini transparan atau kayak ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di tempat penyewaan kayak dengan mahar sekitar Rp. 300.000. Agak mahal namun akan sebanding dengan keseruan yang nantinya kamu dapatkan.

Snorkeling

Aktifitas seru berikutnya di gili Trawangan adalah snorkeling. Air lautnya yang jernih dan bersih akan membuat kamu lebih leluasa menikmati pemandangan bawah laut yang dihiasi oleh berbagai macam biota beraneka rupa.

Namun tidak semua spot di gili Trawangan cocok untuk kegiatan ini. Untuk mendapatkan pengalaman snorkeling yang memuaskan, kamu harus pilih-pilih lokasi yang pas seperti di sekitaran gili Trawangan, gili Air, dan gili Meno.

Untuk memudahkan kamu mengakses lokasi, pastikan sebelumnya kamu sudah menyewa penginapan yang letaknya tidak jauh dari lokasi target snorkeling mu.

Kemudian mengenai peralatan snorkeling, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali tempat penyewaan alat-alat snorkeling di sekitaran pantai gili Trawangan dengan harga sewa mulai dari Rp. 50.000.

Diving

Diving tentu tidak bisa disamakan dengan snorkeling. Meskipun keduanya sama-sama bertujuan untuk menjelajah laut dan menikmati keindahan di dalamnya, namun keduanya adalah kegiatan yang berbeda.

Kalau snorkeling tidak membutuhkan keahlian khusus, maka diving membutuhkan keahlian menyelam agar kamu bisa melakukannya.

Namun tenang saja, kalaupun kamu belum bisa menyelam tapi tetap ingin mencoba keseruan diving, di gili Trawangan sudah ada beberapa instruktur diving yang siap memberi pelatihan singkat tak lebih dari 3 jam untuk membuat mu mahir diving.

Mengenai lokasi diving, kamu bisa memilih lokasi yang sama dengan lokasi snorkeling di atas. Begitu juga untuk peralatan diving bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah di beberapa tempat penyewaan.

Glass Bottom Boat

Apabila kamu belum puas menjelajah laut dengan kayak, maka pilihan terbaiknya adalah mencoba glass bottom boat.

Dengan wahana yang satu ini, kamu bisa menjelajah lebih jauh ke tengah lautan tanpa kehilangan keseruan menyaksikan aneka terumbu karang dan biota laut lainnya langsung dari bawah kaki mu dari dalam wahana glass botom boat.

Biota laut yang sebelumnya tidak mampu kamu jangkau dengan wahana kayak, dipastikan akan terlampaui jika kamu menggunakan glass bottom boat.

Bahkan nanti di dekat panti gili Meno yang sering menjadi tujuan jelajah glass bottom boat, kamu dapat melihat sebuah bangkai kapal yang terkenal di kalangan pengunjung dengan sebutan kapal titanic lombok.

Untuk menikmati keseruan menjelajah laut dengan glass bottom boat, kamu sebaiknya mengikuti paket snorkeling berbiaya sekitar Rp. 120.000 per orang dengan waktu jelajah dua sampai tiga jam.

Bersepeda Berkeliling Gili

Suasana gili yang bersih dan bebas polusi membuat banyak wisatawan berhasrat untuk mengelilingi seluruh kawasannya.

Jika ini yang juga kamu inginkan, maka kamu bisa berkeliling ke semua bagian gili menggunakan sepeda yang dapat kamu sewa dengan biaya Rp.100.000 per hari.

Alternatif lain untuk berkeliling gili selain menggunakan sepeda adalah dengan menaiki becak (cidomo) yang merupakan alat transportasi tradisional masyarakat Lombok.

Namun sepertinya menggunakan sepeda adalah pilihan yang paling tepat karena kamu akan lebih bebas dan mudah menjangkau tempat-tempat yang tidak bisa dilalui becak.

Walau begitu, kamu pun harus bisa memilih jenis sepeda yang nyaman untuk digunakan berkeliling.

Mengingat jalanan di gili Trawangan sebagian besarnya tertutupi pasar, maka mau tak mau kamu kadang harus rela melewati areal pinggir pantai. Dan Itu artinya, sepeda yang kamu sewa harus menggunakan ban yang agak besar agak lebih mudah melewati jalur berpasir.

Menonton Presean

Di sekitar pasar seni gili Trawangan pada waktu-waktu tertentu sering dijadikan sebagai arena adu kekuatan para pepadu (jagoan) sasak dalam bingkai acara bernama presean.

Jika kamu kebetulan tengah berada di gili pada waktu-waktu ini, maka menonton presean adalah kegiatan yang cukup mengasikkan.

Di acara ini kamu akan menyaksikan dua orang laki-laki jagoan sasak yang diadu bak dua ayam jantang di gelanggang sabung ayam.

Mereka saling serang menggunakan tongkat rotan (penjalin) dan saling tangkis menggunakan tameng (ende) yang biasanya terbuat dari kulit lembu atau kerbau.

FYI. Presean adalah salah satu olahraga asli suku sasak yang di beberapa daerah (Lombok) selalu turun temurun diajarkan pada tiap generasi. Dulunya olahraga ini dilakukan untuk melatih ketangkasan para pemuda sasak sebelum bertempur mengusir penjajah.

Dan konon, meskipun kebenarannya mungkin sulit dipercaya, presean adalah salah satu ikhtiar yang dilakukan orang sasak ketika meminta turunnya hujan di saat musim kemarau.

Hunting Foto

Gili Trawangan dengan segala keindahan yang dimilikinya tentu sangat sayang untuk tidak diabadikan dalam bentuk foto. Karena itu, jika kamu akan berkunjung ke sana, pastikan untuk membawa kamera atau paling tidak smartphone yang memiliki kualias kamera yang bagus.

Ada banyak sekali spot di gili Trawangan yang bisa kamu jadikan objek fotografi ataupun background foto mulai dari spot-spot yang ada di daratan gili hingga yang ada di perairan pantai.

Spot yang paling menarik misalnya di spot snorkeling dan diving, ayunan sunset, ataupun di sekitaran pasar seni untuk membidik bermacam-macam karaya seni khas Lombok.

Berkeliling Gili Dengan Menunggang Kuda

Ini adalah salah satu kegiatan yang pastinya sangat seru dan menantang. Tapi juga perlu kehati-hatian apabila kamu belum terbiasa dan terlatih menunggang kuda.

Selain berkeliling gili menggunakan sepeda atau becak, ternyata di sini juga tersedia tempat penyewaan kuda yang khusus digunakan untuk mengelilingi kawasan gili.

Tarif sewanya memang agak mahal, untuk menikmati kegiatan ini kamu harus mengeluarkan biaya tak kurang dari Rp. 250.000 selama 30 menit.

Berkunjung Ke Lokasi Penangkaran Penyu

Sebagai tambahan spot hunting foto, kamu bisa mengunjungi lokasi penangkaran penyu gili Trawangan. Kamu bisa memotret penyu-penyu yang terlihat lucu itu, sekaligus mengetahui bagaimana mereka di pelihara di pengkaran hingga nantinya dilepas ke laut lepas.

Jika kamu beruntung, kamu akan melihat ternyata di gili Trawangan proses pelepasan penyu tidak sesederhana yang kamu kira. Pelepasan penyu ke laut lepas biasanya diiringi dengan upacara adat tertentu yang akan menambah daya tarik bagi siapapun yang mengikutinya.

Nobar Film-Film Box Office

Keseruan berlibur di gili Trawangan tidak hanya bisa kamu nikmati di siang hari saja. Di malam hari, nobar film-film box office bersama wisatawan lainnya adalah salah satu aktifitas yang cukup menyenangkan.

Nonton film-film terbaru dan lagi booming di sini juga tidak perlu biaya mahal. Biasanya hanya dengan membeli makanan dan minuman di tempat penyedia nonton bareng, kamu sudah bisa ikut seru-seruan dengan para pelancong lain.

Nobar pun biasanya diadakan di tempat terbuka seperti di pinggir pantai, dengan layar tancap, lengkap dengan kursi untuk para penonton.

Wahana Watersport

Diving dan snorkeling hanya dua contoh dari sekian banyak aktifitas dalam air yang bisa kamu lakukan di gili Trawangan. Lebih dari itu, masih ada banyak sekali jenis olahraga air lainnya bisa kamu coba.

Selain kedua aktifitas di atas, di sini kamu juga bisa mencoba wahana paddle board, banana boat, subwing, hingga jetski untuk menyempurnakan aktfitas liburan mu.

Berburu Sunset dan Sunrise

Dua hal ini bisa kamu nikmati sekaligus jika kamu berkunjung ke gili Trawangan. Di pagi hari, kamu bisa menikmati indahnya proses terbitnya matahari di spot-spot sunrise yang tersedia.

Salah satu spot menarik untuk sunrise-an adalah di spot ayunan tengah pantai yang berada di depan hotel ombak atau di kawasan selatan pulau.

Lalu di sore hari, kamu juga bisa menikmati sunset di spot Sunset Point Beach Club atau sunset bar yang lokasinya berada di sebelah barat pulau dan langsung menghadap ke arah lautan.

Menyantap Berbagai Macam Menu Kuliner

Bagi kamu yang doyan makan, di gili Trawangan juga tak terhitung jumlah warung, restoran atau cafe yang bisa kamu jadikan tujuan untuk memenuhi hasrat wisata kuliner mu. Kamu bisa mencoba berbagai menu kuliner mulai dari yang bercitarasa lokal hingga kebarat-baratan.

Kalau kamu ingin mencoba makanan dengan citarasa khas negara-negara Eropa, maka kamu bisa mendatangi cafe atau restoran yang tersebar di sekitaran gili. Namun tentunya dengan harga yang agak lumayan menguras kantong.

Sedangkan jika kamu ingin mencoba masakan khas lokal ataupun daerah lainnya di Nusantara, maka kamu bisa mendapatkannya di beberapa warung yang tersedia dengan harga yang jauh lebih murah.

Fasilitas di Gili Trawangan

Fasilitas umum di gili Trawangan saat ini sudah sangat lengkap. Selain areal parkir di tiap spot, tempat ibadah, kamar mandi/toilet, warung, penyewaan wahana, dan penginapan, terdapat juga toko dan minimarket serta ATM bagi kamu yang kebetulan kehabisan uang cash.

Alamat dan Cara Ke Gili Trawangan

Gili Trawangan beralamat lengkap di Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Jaraknya dari Bandara Internasional Lombok (BIL) adalah sekitar 51,5 kilometer. Sedangkan dari kota mataram, jarak tempuhnya adalah sekitar 27,7 kilometer.

Karena gili Trawangan dan pulau Lombok terpisah oleh laut lepas sejarak sekitar 3 kilometer, maka untuk menuju ke sana kamu harus menyeberangi lautan tersebut. Pilihan tercepatnya adalah melalui teluk Nara atau pelabuhan Bangsal.

Jika kamu sudah berada di Lombok, maka selanjutnya kamu tinggal mengarahkan tujuan ke pelabuhan Bangsal atau teluk Nara yang beralamat di Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Nah dari pelabuhan ini, kamu selanjutnya bisa menyeberang ke gili Trawangan menggunakan perahu cepat dengan ongkos sekitar Rp. 85.000/orang. Atau kalau mau lebih murah, kamu bisa juga menyeberang menggunakan perahu kayu dengan tarif Rp. 15.000/orang.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Sepanjang pengetahuan kami, kalau untuk kunjungan ke gili Trawangan saja, maka setiap harinya selalu dibuka baik di hari libur ataupun hari kerja. Hanya saja nanti tiap wahana atau fasilitas yang ada mungkin memiliki waktu buka tutup yang berbeda-beda.

Untuk tiket masuknya juga demikian, dimuka gili hanya akan ada semacam tempat untuk donasi seikhlasnya sebagai biaya pelestarian gili. Kamu bebas mau nyumbang atau tidak. Tiket masuk hanya berlaku nanti di beberapa wahana ataupun fasilitas yang akan kamu masuki atau gunakan.

Setelah puas menikmati semua yang ada di gili Trawangan, ada baiknya kamu juga bergeser ke gili-gili di sebelahnya. Gili Meno dan gili Air juga merupakan tempat wisata yang cukup indah. Atau kamu juga bisa ke gili nangu yang juga berada di pulau Lombok.

Demikian review singkat objek wisata gili Trawangan Lombok. Dari semua wahana dan kegiatan yang ada, manakah yang paling ingin kamu coba sobat traveller? Jangan lupa bagikan semua rencana atau pengalaman liburan mu ke gili Trawangan ya sob. Selamat berlibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.