Menikmati Pemandangan Cantik Pantai Drini Dari Atas Kano

Diposting pada

Pantai Drini dijuluki Virgin Beach dari Gunung Kidul karena masih asri, sepi dan sangat alami.

Menikmati Pemandangan Cantik Pantai Drini Dari Atas Kano 1
Gambar Pantai Drini via instagram.com/pesonajogja/
Jam Buka:24 jam
Tiket Masuk:Rp 10.000,00
Nomor Telpon:
Aktivitas:Bermain pasir di tepi pantai, Berenang di pantai, Berjemur di tepi pantai, Bermain kano, Berfoto, Memanjat tebing
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, air minum, ransel, tenda, kamera, pakaian ganti, sandak
Larangan:Dilarang berenang ke tengah laut
Alamat:Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta
Fasilitas Umum:Tempat Ibadah, Toilet, Warung makan, Area parkir, Kano, Gazebo, Snorkeling, Surfing, Toko cinderamata, Ruang bilas
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Gunung Kidul memang dikenal memiliki banyak pantai-pantai yang cantik. Apalagi pantai-pantai tersebut berderet-deret jadi kamu bisa mengunjungi beberapa pantai dalam 1 kali perjalanan.

Pilihan pantai tersebut bisa dimulai dari Pantai Drini. Apa yang menjadi keunikan dari pantai ini? Simaklah artikel dari tim dolanyok dibawah ini untuk menemukan rangkuman wisata pantai kali ini.

Memandang Pantai Drini
Via instagram.com/objek_wisata_jogja/
Gadis Pantai Drini
Via instagram.com/pantai_drini/
Jembatan Pantai Drini
Via instagram.com/pantai_drini/
Pulau Pantai Drini
Via instagram.com/bagusnoorfajar99/

Sekilas Pantai Drini

Apa yang membuat Pantai Drini layak untuk dikunjungi? Sama seperti objek wisata pantai lainnya, pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah.

Namun ada hal yang membuat pantai ini berbeda dengan pantai lainya. Lokasi pantai ini memang berdekatan dengan Pantai Nglambor, Pantai Pok Tunggal dan Pantai Baron dimana kamu bisa melihat tebing-tebing tinggi mengelilingi kawasan pantai tersebut.

Pemandangan yang sama pun akan kamu temukan di pantai ini. Terdapat dua bukit yang berada di sisi barat dan sisi timur yang menjadikan pantai ini lebih asri.

Asal Usul Nama

Kenapa dinamakan Pantai Drini? Konon pada masa lalu pantai ini banyak ditumbuhi oleh tumbuhan santigi atau yang sering disebut sebagai drini. Maka dari itu pantai ini pun dinamakan Drini oleh masyarakat.

Keunikan

Terdapat hal yang menarik ketika kamu berwisata ke pantai ini yang membuat kamu betah berlama-lama di pantai ini.

Pulau Kecil

Kamu bisa melihat deretan gugusan pulau-pulau kecil yang berada di sisi selatan pantai ini. Gugusan pulau tersebut seakan-akan membelah laut di depan pantai menjadi dua bagian.

Pantai yang berada di sisi timur lebih tenang sedangkan pantai yang berada di sisi barat memiliki karakteristik yang lebih kuat dan gemuruh. Untuk menuju pulau karang tersebut kamu harus menyeberangi laut namun pada saat surut kami tinggal berjalan menuju pulau tersebut.

Pengelola telah menyediakan sebuah tangga beton untuk menuju atas tebing karang tersebut. Jadi kamu tidak perlu repot-repot memanjat tebing tersebut.

Tebing

Selain pulau karang yang berada di tengah laut, kamu juga bisa menemukan tebing karang yang berada di sisi timur. Tebing tersebut terlihat berdiri kokoh walaupun terkena terjangan ombak yang keras.

Perahu Nelayan

Pemandangan yang sedikit berbeda berada di sisi barat pantai ini. Perahu tersebut bersandar di bibir pantai dengan rapi. Para nelayan tersebut menyandarkan perahu untuk beristirahat setelah lelah mencari ikan.

Ikan-Ikan Laut

Daya tarik pantai ini tidak hanya terletak di atas pantainya saja. Ternyata magnet dari pantai ini terletak di pesona bawah lautnya.

Kamu bisa melihat berbagai jenis ikan seperti Jambrong, Goby Pasir, Major dan masih banyak lagi. Kamu pun bisa mendapati terumbu karang yang tumbuh subur di pantai ini.

Alamat

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini terletak 1 km dari Pantai Sepanjang. Untuk menuju pantai ini kamu pun harus menempuh perjalanan selama 1 jam 41 menit dari pusat Kota Yogyakarta.

Harga Tiket

Untuk menikmati segala pesona pantai ini kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,00/ orang. Cukup terjangkau bukan?

KeteranganHarga
Harga Tiket MasukRp 10.000,00/ orang
Parkir roda 2Rp 3.000,00/ motor
Parkir roda 4Rp 5.000,00/ mobil
Kano KecilRp 50.000,00/ 2 orang
Kano BesarRp 100.000,00/ 4 orang

Jika kamu ingin menikmati pantai ini lebih dan dan dengan cara yang seru, kamu bisa mencoba wahana kano. Tersedia dua macam kano yang kecil dan besar.

Fasilitas

Pengelola sedang membangun pantai ini agar lebih menarik lagi oleh sebab itu fasilitas yang dimiliki pun semakin lengkap.

  • Tempat Ibadah
  • Toilet
  • Warung makan
  • Area parkir
  • Kano
  • Gazebo
  • Snorkeling
  • Surfing
  • Toko cinderamata
  • Ruang bilas

Jika kamu tidak ingin berpanas-panasan, kamu bisa duduk di bawah gazebo dan menikmati pemandangan pantai dari atas gazebo.

Wisata Terdekat

Gunung Kidul memang terkenal dengan deretan pantai-pantainya yang indah, selain pantai ini kamu bisa mampir ke pantai-pantai terdekat seperti berikut ini:

Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok
Gambar via ig @jogjatraveladventure

Pantai Watu Kodok ini sangat unik karena terdapat dua buah batu besar yang mirip seperti kodok atau katak. Batu tersebut terletak di sebelah barat dan timur dari pantai ini.

Pantai ini sangatlah luas sehingga kamu bisa bermain atau berlarian di sepanjang pantai dengan leluasa. Jika kamu lelah bermain air, kamu pun bisa berteduh di bawah pohon cemara udang yang terletak di pinggir pantai.

Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput
Gambar via ig @jogjajateng

Mungkin bagi sebagian orang melihat laut yang surut tidaklah menarik. Tapi bagi kamu yang berkunjung ke Pantai Ngrumput saat surut adalah sebuah berkah karena kamu akan mendapatkan pemandangan yang indah.

Kamu bisa melihat rumput dan hewan laut lainnya ketika laut sedang surut. Jika beruntung kamu bisa melihat ubur-ubur ataupun bintang laut di pantai ini.

Puncak Kosakora

Menikmati Pemandangan Cantik Pantai Drini Dari Atas Kano 2
Gambar via ig @dinatika14

Selain wisata pantai, ternyata kamu bisa menemukan objek wisata alam cukup unik di Gunung Kidul. Objek wisata tersebut adalah Bukit Kosakora atau Puncak Kosakora.

Bukit ini terletak di sebelah timur Pantai Drini dan di atas Pantai Ngrumput. Untuk menuju puncak ini kamu harus berjalan mendaki bukit sejauh 800 meter. Setelah sampai di puncak bukit ini, kamu bisa menikmati pemandangan Pantai Ngrumput dari atas.

Berangkatlah ke Gunung Kidul pagi-pagi karena kamu bisa mampir ke pantai-pantai terdekat dalam satu perjalanan wisata.

Penginapan Terdekat

Jika kamu ingin bermalam di pantai ini, kamu bisa mencari penginapan terdekat:

Wisma Kampung

Penginapan ini hanya memiliki 7 buah dengan harga sewa yang bervariasi mulai dari Rp 150.000,00- Rp 250.000,00. Untuk mencegah kehabisan kamar, kamu bisa memesan terlebih dahulu ke nomer 0823 2764 6529.

Penginapan Mutiata

Penginapan ini terletak di sisi timur jembatan dan bersebelahan dengan mushola pantai. Walaupun terlihat sederhana, penginapan ini nyaman untuk ditempati. Langsung saja hubungi ke nomer 0878 3992 4566.

Winahyu Resort

Jika kamu kehabisan kamar di penginapan sekitar pantai ini kamu bisa mencari penginapan terdekat lainya. Kamu bisa mencoba di penginapan Winahyu Resort yang terletak di dekat Pantai Kukup.

Harga kamar bervariasi mulai dari Rp 185.000,00- Rp 517.000,00. Kamu bisa memilih Eco room, 1 bedroom ataupun 2 bedroom. Pesan kamarmu sekarang ke nomer 0852 9206 6605.

Kampoeng Baron Guest House

Pilihan penginapan selanjutnya adalah Kampoeng Baron. Sama seperti namanya, penginapan ini letaknya berdekatan dengan Pantai Baron.

Fasilits yang dimiliki pantai ini terbilang cukup lengkap mulai dari AC, restoran, coffee shop, antar jemput bandara dan masih banyak lagi. Namun harga yang ditawarkan juga cukup mahal dibandingkan dengan penginapan lainnya.

Harga penginapan tersebut berkisar antara Rp 500.000,00 untuk penginapan dan Rp 1.200.000,00- Rp 1.500.000,00 untuk villa. Untuk memesan villa tersebut kamu bisa menghubungi ke nomer 0813 9271 8897.

Terdapat banyak pilihan penginapan mulai dari yang biasa sampai dengan yang eksklusif.

Rumah Makan Terdekat

Setelah lelah bermain air pastinya kamu ingin beristirahat sambil makan. Berikut ini adalah warung makan atau rumah makan yang bisa kamu coba:

Rumah Makan Bu Yuni

Rumah makan terdekat dari pantai ini adalah Rumah Makan Bu Yuni. Rumah makan ini pastinya menyediakan olahan hidangan laut yang mantap.

Banyak wisatawan yang mampir yang mampir ke rumah makan ini dan mengaku ketagihan. Untuk informasi dan pemesanan kamu bisa menghubungi ke nomer 0858 7572 6201.

Hutama Resto

Pilihan rumah makan selanjutnya adalah Hutama Resto dimana kamu bisa menikmati aneka hidangan laut. Nah bagi kamu yang tidak suka dengan hidangan laut kamu bisa mencicipi aneka menu makanan tradisional dari Gunung Kidul.

Rumah makan ini sangat luas yang bisa menampung 800 orang. Untuk mendukung tamu di rumah makan ini, pengelola sengaja menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti mushola, toilet dan ruang crew.

Jika kamu datang dengan rombongan kamu harus memesan tempat dan menu terlebih dahulu. Kamu bisa menghubungi ke nomer telpon 085 228 883 889.

Warung Makan Mbah Yit

Pilihan warung makan sederhana namun enak rasanya adalah Warung Makan Mbah Yit. Di sini kamu bisa memesan aneka menu makanan laut dan tradisional.

Warung makan ini buka setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Kamu pun bisa memesanan makanan box dari warung ini untuk berbagai acara.

Warung Makan Syafa

Warung Makan Syafa terletak diantara dua pantai yaitu Pantai Drini dan Pantai Watuk Kodo. Menu makanan yang disajikan adalah kebanyakan hidangan laut.

Namun bagi kamu yang tidak suka hidangan laut, kamu bisa memesan menu makanan lain seperti ayam bakar. Nah bagi kamu yang bermalam di kawasan pantai ini, kamu bisa mengunjungi warung ini kapan saja karena warung ini buka 24 jam. Bahkan kamu bisa memesan kopi dan gorengan saja.

Berpetualang ke pantai Gunung Kidul sangat menyenangkan.. Banyak warung makan yang menyediakan aneka hidangan laut di sepanjang jalur pantai ini.

Jam Operasional

Sama halnya dengan pantai lain, pantai ini buka selama 24 jam setiap harinya.

Q&A

Berikut adalah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh wisatawan sebelum mengunjungi wisata pantai ini:

Kemah di pantai ini bisa atau tidak?

Bisa, kamu bisa berkemah di kawasan pantai ini.

Bayar berapa tiket masuknya?

HTM pantai ini Rp 10.000,00/ orang.

Bisa snorkeling atau tidak?

Tidak ada fasilitas pendukung snorkeling, kalau pengen snorkeling kamu bisa mencoba di Pantai Nglambor atau Pantai Sadranan.

Adakah penginapan di pantai ini? Berapa harga sewa permalam?

Ada penginapan di dekat pantai, harga sewa mulai dari Rp 150.000,00- Rp 250.000,00/ malam.

Apakah bisa melihat matahari terbit?

Bisa, datanglah telat waktu sebelum matahari terbit.

Kesimpulan

Cobalab bermain-main ke Gunung Kidul dan temukan sensasi serunya Pantai Drini. Jika kamu pecinta olah raga kano, kamu pun bisa menikmati olah raga tersebut di pantai ini.

Yuk ramaikan liburanmu di pantai yang memiliki dua sisi unik ini.

Gambar Gravatar
Suka piknik sambil makan-makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *