Pantai Baron, Pantai Klasik di Gunung Kidul

Pantai Baron bisa dibilang pantai tempat singgah karena lokasinya pertama kali bakal dilewati oleh wisatawan, sebelum menuju ke pantai lain di Gunung Kidul.

Jam Buka:24 Jam
Harga Tiket:Rp. 10.000/orang
Kontak:
Alamat:Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Fasilitas Umum:Toilet, Warung Makan, Mushola
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Pantai Baron

Yogyakarta khususnya Kabupaten gunungkidul memang memiliki pesona nan eksotis. Disini hadir sebuah pantai klasik yang menjadi ikon povinsi Yogyakarta. Cikal bakal dari eloknya kota gudeg yang saat ini disebut dengan Bali ke dua.

Sekarang, Pantai ini sudah berkembang dengan pesat. Memiliki berbagai macam wahanan dan pesona menarik yang tidak boleh di lewatkan. Tempat yang akan selalu menjadi tujuan utama warga luar Jogja yaitu Pantai baron.

Pantai baron

Menurut sejarah yang hadir dari cerita masyarakat sekitar mengenai nama dari pantai ini adalah sang penemu yang ternyata berkewarganegaraan Belanda. Namanya adalah baron yang datang untuk beristirahat.

Ia langsung terpukau dengan kawasan ini karena bila dilihat dari kejauhan bentuk baron memang seperti sebuah teluk yang ramah untuk sandaran kapal. Beda dahulu, beda pula dengan sekarang.

Dimana, tempat ini akan terpisahkan menjadi dua bagian daratan. Sobat travel yang ingin menyeberang pun wajib menggunakan perahu nelayan dengan harga 10 ribu rupiah pulang-pergi.

Air sungai ini adalah air tawar danberwarna biru. Esoktik nian kawasan ini bila bisa melihatnya lebih mendalam. Tidak hanya itu saja, di sini, sobat travel juga bisa bersantai di pinggir pantai menikmati pohon-pohon yang menjulang tinggi.

Baca Juga:  Harga Tiket Masuk dan Peta Menuju Cadas Gantung Majalengka Kuningan

Berada di kawasan ini sobat travel tidak akan kehabisan bahan untuk spot fotogenic. Hampir setiap tempat disini bisa dijadikan sebagai bahan. Terbukti dengan hadirnya jasa tukang foto langsung jadi, dengan harga kurang dari 20 ribu rupiah. Baca juga Pantai Krakal.

Sembari menikmati berbagai macam sajian kuliner yang menarik. hadir pula berbagai macam kerajinan tangan yang berasal dari laut seperti gantungan kunci atau souvenir lain. Harganya pun cukup murah, mulai dari 5 ribu rupiah saja.

Baron Tekno Park

Pantai Baron

Sepertinya inilah yang menjadi pesona baru dari pantai baron. Dimana, sobat travel akan disuguhkan dengan keindahan jam matahari. Panel ini memang menafaatkan sinar matahari. Di tempat ini biasanya di manfaatkan oleh kebanyakan sobat travel menikmati Pesona sunset

Pantai Baron

Tidak hanya jam saja, tetapi ada juga kincir angin nan kece. Biasanya digunakan sebagai titik spot sobat travel. Sebelum mencapai pintu masuk sobat travel bisa belok kearah kanan dan ikuti saja jalan hingga mencapai kawasan Baron Tekno Park.

Gardu Pandang

Menikmati kawasan ini tidak hanya di pesisir saja. melainkan, di atas tebing dengan gardu pandang yang sangat mengesankan. Tetapi, menuju ke tempat ini membutuhkan perjuangan yang cukup berat.

Pantai Baron

Apalagi, saat naik gardu pandang sobat travel harus berjalan cukup jauh. Di gardu pandang ini, sobat travel bisa menikmati pesona yang mengesankan. Dari sini pula sobat travel bisa melihat sebuah pulau nan jauh disana. Pulau yang bisa dijangkau melalui jalur yang ada di titik ini pula.

Baca Juga:  Danau Labuan Cermin Kalimantan

Gardu pandang berbentuk seperti ujung kapal dan daun hati. Jalan menuju ke tempat ini sobat travel bisa memulai tanjakan dari area parkir, ada papan petunjuk yang bisa diikuti. Jangan lupa bawa air minum untuk bekal ya sobat travel.

Untuk menikmati selera naik di atas tebing dan gardu pandang, sobat travel harus membayar biaya retribusi sebesar 5ribu rupiah. harga yang murah bukan, untuk menikmati setiap sensasi yang berbeda dari pantai lainnya di kawasan gunung kidul.

Penginapan

Mau menginap di sekitar kawasan baron? ada berbagai macam penginapan yang bisa di pilih. Mulai dari home stay atau juga hotel dengan harga yang cukup ramah. Biasanya semakin mahal maka fasilitasnya semakin baik.

Bagi yang membawa rombongan, sobat travel juga bisa menyewa hotel dengan menambah kasur. Harganya cukup murah hanya dengan 10 ribu hingga 15 ribu rupiah saja. jangan lupa booking terlebih dahulu agar tidak kehabisan.

Rute Menuju LokasiPantai Baron

Menuju ke lokasi ini sebenarnya cukup mudah. Bila berangkar dari kota Yogyakarta hanya perlu lurus menuju ke daerah piyungan. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju kearah pathuk. Selanjutnya, arahkan kendaraan menuju ke jalan baron yang terletak di bunderan wonosari.

Ikuti saja jalan dan papan petunjuk yang akan menjadi pemandu baik hati. Jalan menuju ke tempat ini sudah sangat mulus. Walaupun sobat travel sedikit berhati-hati karena banyak sekali tikungancukup panjang.

Baca Juga:  Menjajaki Berbagai Tebing dan Spot Eksotis di Pantai Siung

Bosan dengan nuansa macet yang membuat emosi. Sobat travel bisa naik transportasi umum yaitu, dengan menggunakan bus umum dari terminal giwangan, yogyakarta menuju ke terminal wonosari.

Lanjutkan kembali dari terminal wonosari menuju ke pantai baron dengan mengunakan bus mini. Total perjalanan yang harus di tempuh adalah 1 hingga 2 jam tergantung dari macet atau tidaknya selama perjalanan. Dan harga yang harus di bayar adalah 20 ribu rupiah.

Harga Tiket MasukPantai Baron

Untuk menikmati kawasan ini sobat travel hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10 ribu rupiah saja. Uang ini pula nantinya akan digunakan untuk membayar tiket masuk beberapa pantai di sepanjang baron. Murah sekali bukan.

Galeri Foto Pantai Baron

Pantai Baron
Pantai Baron
Pantai Baron
Pantai Baron

Baca juga: Pantai Sadranan, Tempat Asyik Untuk Snorkling di Jogja

Pantai Baron adalah patahan surga yang hilang dari kawasan Gunung Kidul. Mengapa bisa di sebut surga, keindahannya tidak akan pernah habis untuk di eksplore. dan selalu terkenang di dalam hati.

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"