Pantai Baron Bertemunya Dua Mata Air Yang Berbeda Namun Indah

Diposting pada

Pantai Baron merupakan duplikat dari Pantai Parangtritis dengan pasir pantainya yang coklat dan ombak yang cukup ganas.

Air Pantai Baron
Gambar Pantai Baron vi instagram.com/diyahstr/
Jam Buka:24 jam
Tiket Masuk:Rp 10.000,00
Nomor Telpon:
Aktivitas:Bermain pasir di tepi pantai, Berenang di pantai, Berjemur di tepi pantai, Berwisata kuliner, Berbelanja souvenir, Memancing
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, air minum, ransel, tenda, kamera, pakaian ganti, sandal
Larangan:Dilarang berenang ke tengah laut, dilarang bercanda yang kelewatan
Alamat:Desa Kemadang, Tanjung Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta
Fasilitas Umum:Toilet, Warung Makan, Area parkir luas, Gardu Pandang, Mercusuar, Area camping, Toko souvenir, Area pemancingan
Akses Jalan:Baik (lebih baik menggunakam sepeda motor)
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Gunung Kidul, Yogyakarta adalah tempat yang paling terkenal dengan objek wisata pantainya. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta pasti ingin menyambangi Gunung Kidul.

Tidak mengapa karena begitu banyak deretan pantai-pantai eksotis yang melambai. Sebut saja Pantai Baron yang melegenda ini.

Sebelum banyak deretan pantai baru Gunung Kidul, pantai tersebut sudah hadir dan menjadi daya tarik utama wista Gunung Kidul. Jika kamu penasaran dengan keindahan pantai ini, simaklah artikel di bawah ini.

Cewek Pantai Baron
via instagram.com/arintianb/
Pantai Baron Bertemunya Dua Mata Air Yang Berbeda Namun Indah 1
via instagram.com/armandz-grogol/
Mercusuar Pantai Baron
via instagram.com/tinanggakpakaitoon/
Laut Pantai Baron
via instagram.com/eksotika_jogja/
Jam Pantai Baron
via instagram.com/jogjaku/
Senja Pantai Baron
via instagram.com/gunungkidul_kece/

Sekilas Pantai Baron

Pantai Baron bisa disebut dengan duplikat dari Pantai Parangtritis yang terletak di sebelah selatan Yogyakarta atau lebih tepatnya Bantul. Kenapa disebut sebagai duplikat Pantai Parangtritis?

Seperti yang telah kamu ketahui bahwa Pantai Parangtritis yang menjadi ikon Kota Yogyakarta ini memiliki pasir pantai yang berwarna coklat kehitaman. Walaupun demikian, pantai tersebut memiliki daya tarik pada pemandangan alam sekitarnya.

Sama seperti pantai ini, Baron juga memiliki pasir pantai yang berwarna coklat kehitaman. Sedangkan ombaknya pun juga sama, yaitu cukup kuat sama seperti pantai-pantai lain di selatan Pulau Jawa.

Keunikan

Berwisata ke pantai psti hal yang dilihat itu-itu saja. Semua pantai pasti daya tariknya sama yaitu air, pasir dan langit. Namun berbeda dengan pantai ini yang memiliki keunikan yang jarang dimiliki oleh pantai lainnya.

Keunikan tersebut adalah terdapat dua jenis air yaitu air asin dan air tawar. Air asin tersebut berasal dari laut sedangkan air tawar berasal dari sungai yang mengalir ke pantai ini.

Air tawar yang muncul dari bawah tanah tersebut berwarna kehijauan. Air laut tersebut berwarna agak kebiruan sehingga peraduaan kedua warna tersebut terlihat sangat cantik.

Kalau dilihat sekilas air tersebut mengalir deras ke arah laut namun memiliki rasa yang tawar. Lalu keunikan kedua adalah setiap lima tahun sekali, aliran air laut tersebut akan berubah arah.

Biasanya air tersebut mengalir dari barat menuju laut tiba-tiba air tersebut mengalir ke arah timur sebelum air tersebut mengalir ke laut. Nah pertemuan diantara kedua aliran air tersebut lah yang menjadi daya tarik wisatawan.

Sejarah

Tidak disangka-sangka bahwa objek wisata pantai ini memiliki sejarah yang masih menjadi misteri bagi orang-orang. Dahulu kala ada seorang berkebangsaan Belanda yang mendaratkan kapalnya di sekitar pantai selatan Gunung Kidul.

Orang tersebut bernama Baron Skeber. Kemudian berhubungan dengan nama pantai tersebut, penamaan pantai ini pun bukan tanpa sebab.

Penamaan pantai ini diambil dari nama bangsawan Belanda tersebut. Dia dikenal sebagai seseorang yang sakti bahkan Panembahan Senopati dari Kasultanan Mataram pun pernah ditawan olehnya.

Alamat

Pantai ini berada di sebuah desa di Gunung Kidul yaitu Kemadang. Letak pantai ini cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta yaitu sejauh 60 km dengan waktu tempuh selama 1 jam 34 menit.

Harga Tiket

Harga tiket masuk objek wisata ini cukup terjangkau.

WahanaHarga
Tiket MasukRp 10.000,00
MercusuarRp 5.000,0
BukitSeikhlasnya

Jika kamu ingin menikmati pemandangan pantai dari atas, kamu bisa naik ke atas Mercusuar dengan harga yang terjangkau.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola cukup memadai. Hal tersebut berfungsi untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan selama berlibur.

  • Toilet
  • Warung Makan
  • Area parkir luas
  • Gardu Pandang
  • Mercusuar
  • Area camping
  • Toko souvenir
  • Area pemancingan

Bagi yang ingin bermalam di kawasan pantai, pengelola telah menyediakan area khusus untuk berkemah. Tapi jangan lupa hubungi pengelola pantai terlebih dahulu jika ingin berkemah.

Jam Operasional

Pantai ini buka setiap hari dengan jam operasional 24 jam. Wisatawan tidak dibatasi waktu untuk berkunjung ke pantai ini.

Tips

Kamu bisa menggunakan tips di bawah ini untuk menikmati liburan seru di pantai ini:

  • Jika beruntung kamu bisa datang pada waktu yang tepat yaitu setiap 5 tahun sekali. Kamu akan menikmati pemandangan yang berbeda dengan arah aliran air yang berlawanan.
  • Jika ingin bermain air atau berenang jangan terlalu ketengah, kamu bisa bermain di aliran sungainya saja.
  • Kamu bisa menyewa pelampung maupun ban jika tidak bisa berenang.
  • Lebih baik gunakan motor karena rute perjalanan berliku-liku.

Selalu patuhi setiap aturan yang ada untuk menciptakan liburan yang aman dan nyaman.

Q&A

Berikut adalah daftar pertanyaan yang berkaitan dengan pantai ini:

Apakah ada penginapan?

Tidak ada penginapan di sekitar pantai.

Berapakah harga tiket masuknya?

Harga tiket masuk pantai ini cukup membayar Rp 10.000,00 untuk satu orang.

Apakah jalannya sangat menanjak?

Tidak terlalu menanjak namun sedikit berkelok-kelok namun harus tetap waspada.

Apakah ada yang berjualan ikan segar di sekitar pantai?

Kalau nelayan bisa melaut pasti ada yang jualan ikan segar, namun nelayan sudah jarang melaut karena cuaca yang kadang tidak bersahabat.

Apakah bus pariwisata bisa menjangkau lokasi ini?

Ya, akses jalan sudah bisa dilalui oleh bus pariwisata dan tersedia parkir bus yang cukup luas.

Kesimpulan

Pantai Baron adalah patahan surga yang hilang dari kawasan Gunung Kidul. Mengapa bisa di sebut surga, keindahannya tidak akan pernah habis untuk di eksplore dan selalu terkenang di dalam hati.

Yuk buktikan sendiri keindahan pantai ini. Kamu akan terkagum-kagum betapa indahnya pantai ini. Cek daftar objek wisata di dolanyok.com untuk informasi lebih jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *