11 Pantai Terbaik di Gunung Kidul Untuk Liburan Kamu Minggu Ini

Diposting pada

Ada banyak sekali pilihan pantai di Gunung Kidul yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi waktu libur. Kamu bisa memilih mendatangi pantai di Gunung Kidul yang baru, yang paling bagus, hingga pantai yang sepi juga tersedia di salah satu kabupaten di Jogja ini.

pantai di gunung kidul yogyakarta

Di tengah munculnya berbagai macam jenis objek wisata baru, objek wisata pantai selalu eksis dan seolah tak pernah kehilangan peminat.

Meskipun biasanya tak banyak aktivitas liburan yang bisa dilakukan di pantai, namun pantai sepertinya memang memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para pelancong tak pernah bosan untuk mengunjunginya.

Salah satu daerah yang kaya dengan objek wisata pantai adalah kabupaten Gunung Kidul, Jogja.

Di kabupaten ini, kamu akan menemukan bermacam-macam karakteristik pantai sesuai dengan aktivitas yang kamu inginkan, misalnya pantai yang bagus buat nge-camp, yang cocok untuk tempat melihat sunset, berenang, hingga pantai yang romantis untuk pasangan muda mudi.

Ingin tahu apa saja nama pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul? yuk, baca informasi lengkapnya di bawah ini.

Pantai di Gunung Kidul

Berikut merupakan pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta, yang bisa kamu datangi saat weekend atau libur panjang nanti baik bersama teman, pasangan, ataupun keluarga.

Pantai Indrayanti

Lokasi: Desa Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarya.
HTM: Rp. 10.000/Orang
Jam Operasional: 24 Jam
pantai indrayanti

Pantai yang cukup populer dan menjadi salah satu pantai di Jogja yang difavoritkan wisatawan adalah pantai Indrayanti. Pantai ini menawarkan daya tarik berupa pasir putih yang menghiasi pesisir, dan juga garis pantainya yang sangat panjang.

Pantai ini beralamat di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarya. Lokasinya sangat mudah dijangkau dengan akses jalan yang sudah cukup bagus.

Pantai Siung

Lokasi: Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta
HTM: Rp. 6000/Orang
Jam Operasional: 24 Jam
pantai siung

Berada di kecamatan yang sama dengan pantai Indrayanti, kamu akan mendapati salah satu pantai di Gunung Kidul yang juga cukup menarik sebagai lokasi bersantai. Pantai ini bernama pantai Siung, dengan daya tarik berupa pesisirnya yang berhias pasir putih, dan juga bebatuan karang di salah satu sisinya.

Baca Juga:  Tempat Wisata Sumba NTT dan Sekitarnya Lagi Hits dan Populer

Selain itu, air di pantai ini juga cukup bersih, kawasannya juga terlihat masih alami sehingga sangat cocok sebagai tempat pengasingan diri setelah melewati rutinitas kerja di tengah kota.

Pantai Muncar

Lokasi: Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta
HTM: –
Jam Operasional: 24 Jam
pantai muncar

Pantai Muncar adalah satu dari beberapa pantai di Gunung Kidul yang masih sepi karena keberadaannya belum banyak diketahui oleh para wisatawan.

Kamu bisa memilih pantai ini sebagai tujuan berwisata jika kamu menyukai suasana yang tenang, dengan pemandangan sekitar pantai yang masih hijau dan terkesan sangat alami.

Selain pasir putih sebagai daya tariknya, pantai Muncar juga dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi oleh tetumbuhan hijau.

Kamu bisa menaiki tebing untuk melihat landscape pantai Mucar, sambil sesekali mengambil foto diri dengan background laut pantai Muncar yang tampak kebiruan di bawah sana.

Lokasi pantai ini ada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, yogyakarta.

Pantai Nglambor

Lokasi: Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta
HTM: Rp. 5000/Orang
Jam Operasional: 24 Jam
pantai nglambor

Salah satu pantai di Gunung Kidul yang cocok bagi para penyuka aktivitas dalam air adalah pantai Nglambor. Jika kamu suka berburu biota laut, maka datanglah ke pantai ini. Di sini kamu bisa berenang, snorkeling, dan juga diving.

Daya tarik yang ditawarkan pantai Nglambor ini adalah bebatuan karangnya yang indah, serta bermacam jenis dan warna ikan laut yang dengan mudah dapat kamu lihat tanpa perlu berenang cukup jauh ke tengah laut.

Pantai Nglambor ini lokasinya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, yogyakarta.

Pantai Ngobaran

Lokasi: Kanirejo, Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta
HTM: Rp. 5000/Orang
Jam Operasional: 24 Jam
pantai ngobaran

Pantai di Gunung Kidul selanjutnya yang tak kalah menarik dan menggoda untuk dikunjungi adalah pantai Ngobaran.

Daya tarik pantai ini terletak pada keberadaan sebuah bangunan candi yang berdiri di atas bebatuan karang di atas pantai.

Bagi kamu yang menyukai fotografi, tentunya objek bangunan candi di pantai ini merupakan spot yang sangat menarik untuk diabadikan dengan kamera.

Baca Juga:  Air Terjun Bah Biak Simalungun

Selain itu, suasana pantai Ngobaran yang masih alami dengan air lautnya yang biru serta berombak besar, juga merupakan pemandangan yang sangat indah.

Jika tertarik mengunjungi pantai Ngobaran, pantai ini beralamat di Desa Kanirejo, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Sepanjang

Lokasi: Kemanjang, Tanjung Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta
HTM: Rp. 10.000/Orang
Jam Operasional: 24 Jam
pantai sepanjang

Pantai di Jogja yang satu ini menawarkan keindahan berupa pasir putih dan beberapa gundukan batu karang yang cukup besar.

Selain itu, aktivitas para nelayan yang turun naik ke laut menangkap ikan juga menjadi pemandangan rutin yang bisa kamu nikmati di pantai ini.

Pantai Sepanjang beralamat di Desa Kemanjang, Kecamatan Tanjung Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Slili

Lokasi: Desa Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarya.
HTM: Rp. 10.000/Orang
Jam Operasional: 24 Jam
pantai slili

Bersama pantai Muncar, pantai Slili merupakan pantai baru yang masih sepi dan jarang dikunjungi wisatawan. Meski begitu, pantai ini tetap menarik dan layak untuk dijadikan tujuan berwisata.

Seperti kebanyakan pantai di Jogja, pantai Slili juga memiliki pasir pantai yang putih dan bersih. Saat ini di pinggir pantai sudah tersedia beberapa gazebo sebagai tempat yang cukup nyaman untuk duduk santai menikmati suasana pantai yang tenang.

Pantai Slili berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Sarangan

Lokasi: Katingsrejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul
HTM: Rp. 10.000/Orang
Jam Operasional: 24 Jam
pantai sarangan

Daya tarik yang dimiliki oleh pantai Sarangan mirip dengan apa yang bisa kamu temukan di pantai Sepanjang.

Pantai ini juga memiliki pasir putih, serta terdapat beberapa gundukan bebatuan karang yang berukuran cukup besar dan tinggi di sisi pantai.

Saat ini pantai Sarangan masih sepi pengunjung karena kalah pamor dari pantai Klayar yang berada tidak jauh dari lokasinya.

Namun melihat keindahan pantai ini dengan suasananya yang asri dan tenang, bukan tidak mungkin pantai ini nantinya akan menjadi salah satu pantai di Jogja yang juga difavoritkan pengunjung.

Untuk mengunjungi pantai Sarangan, kamu tinggal mengarahkan tujuan ke Desa Katingsrejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul.

Baca Juga:  Alamanda Jogja Flower Garden, 5 Spot Foto Kekinian Untuk Para Millenials

Pantai Kukup

Lokasi: Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Jogja
HTM: Rp. 10.000/Orang
Jam Operasional: 24 Jam
pantai kukup

Banyak yang mengatakan bahwa pantai Kukup ini mirip dengan pantai Tanah Lot yang ada di Bali. Karenanya jika kamu ingin merasakan bagaimana rasanya berada di pantai Tanah Lot tanpa harus ke Bali, maka silahkan berkunjung ke pantai Kukup.

Selain suguhan pasir pantainya yang putih dan bersih, di pantai ini juga kamu bisa menikmati beragam jenis biota dan ikan laut yang terlihat di bibir pantai.

Saking beragam dan cantiknya ikan-ikan yang menghiasi pesisir pantai Kukup, pantai ini juga terkenal dan dijuluki sebagai pantai Aquarium.

Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Jogja.

Pantai Kayu Arum

Lokasi: Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul
HTM: Rp. 10.000/Orang
Jam Operasional: 24 Jam
pantai kayu arum

Satu lagi pantai baru dan masih sepi pengunjung yang bisa kamu temukan di Gunung Kidul. Pantai ini bernama pantai Kayu Arum.

Dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Gunung Kidul, maka pantai Kayu Arum inilah yang memiliki ukuran kawasan terkecil.

Jika kamu menyukai suasana pantai yang tenang, alami, dan juga bersih, maka pantai Kayu Arum ini sangat cocok untuk kamu kunjungi.

Di pantai ini kamu akan benar-benar merasakan tenangnya suasana, layaknya seorang milyuner di pantai pribadi miliknya.

Pantai Klakar

Lokasi: Ngetisrejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Jogja
HTM: Rp. 4000/Orang
Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB
pantai klakar

Pantai ini berciri khas garis pantai melengkung dengan pasir putih yang menghiasinya. Terdapat juga beberapa bebatuan karang ukuran besar dan tinggi di sisi kanan, dengan rimbunan tetumbuhan hijau di atasnya.

Pantai ini terlihat sangat cocok sebagai tempat berfoto. Kamu bisa memilih fose berdiri di muka pantai agar kamera bisa menangkap bentangan indah laut Klakar dengan airnya yang biru.

Pantai Klakar berada di Desa Ngetisrejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja.

Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai objek-objek wisata pantai di Gunung Kidul. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi kamu yang sedang mencari pantai Gunung Kidul terbaik untuk mengisi waktu libur.