Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan, Sejarah Singkat + Peta Lokasi

Diposting pada
Rumah Tjong A Fie Medan Sejarah Singkat
Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan, Sejarah Singkat + Peta Lokasi 1
Mengetahui sejarah Rumah Tjong A Fie langsung dengan pakarnya, mengetahui cara berbisnis tua Rumah Tjong A Fie
Jam Buka 09.00–17.00
Harga tiket Dewasa / Umum 35.000 dan untuk pelajar 20.000
Kontak 0813-7516-0031
Penginapan
Alamat Jalan Jendral Ahmad Yani VII No.105, Kesawan, Medan Barat, Kesawan, Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20236

Peta Lokasi Rumah Tjong A Fie

Medan banyak memiliki sejarah unik selain istana maimun medan juga punya sejarah menarik tentang Rumah Tjong A Fie. Bangunan tua yang didirikan lebih dari 130 tahun ini mempunyai banyak cerita unik, sampai saat ini pun wisatawan datang ke lokasi ini karena sejarahnya. Singkat kata Rumah Tjong A Fie adalah bangunan cagar budaya yang diresmikan pada tahun 2014 dan bangunan ini sudah ada sejak tahun 1900 masehi. Dibangun oleh Tjong A Fie setelah sukses menjadi orang kaya di Indonesia.

Beberapa foto rumah saudagar kaya ini dapat membuat Anda membayangkan saat ada di tempat ini.

[spoiler title=’Galeri Foto Rumah Tjong A Fie Sumut’ style=’blue’ collapse_link=’false’]

Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan, Sejarah Singkat + Peta Lokasi 2 Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan, Sejarah Singkat + Peta Lokasi 3 Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan, Sejarah Singkat + Peta Lokasi 4 Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan, Sejarah Singkat + Peta Lokasi 5 Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan, Sejarah Singkat + Peta Lokasi 6 Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan, Sejarah Singkat + Peta Lokasi 7 Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan, Sejarah Singkat + Peta Lokasi 8 Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan, Sejarah Singkat + Peta Lokasi 1 Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan, Sejarah Singkat + Peta Lokasi 10 Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan, Sejarah Singkat + Peta Lokasi 11

Lihat Semua Foto

[/spoiler]

Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie adalah sebuah rumah besar peninggalan seorang saudagar kaya dari keturunan etnis Tionghoa yang bernama Tjong A Fie. Tempat ini memiliki banyak makna dan sejarah yang besar, karena posisi sosial dan peranan Tjong A Fie yang cukup besar pada masa lalu.

Tjong A Fie sendiri adalah seorang pengusaha yang sangat sukses dan terkenal. Lahir di Guangdong, Tiongkok dan kemudian ia pergi ke Hindia Belanda dan membangun usahanya di Medan. Berkat Posisinya tersebut, ia mengenal banyak orang besar, mulai dari pemerintah kerajaan hingga pemerintah Kolonial Belanda. Kemudian ia diangkat menjadi pemimpin etnis Tionghoa di Indonesia sejak zaman itu.

Dengan posisi dan kekayaannya yang sangat sukses, Tjong A Fie juga dikenal sebagai orang yang dermawan. Berbagai pembangunan yang ada di Kota Medan tersebut tidak lepas dari campur tangannya. Menjelang kematiannya, ia mewasiatkan untuk memberikan seluruh kekayaannya tersebut kepada yayasan Toen Moek Tong untuk membantu kehidupan di berbagai bidang, seperti santunan bencana, pendidikan kepada anak yang rajin dan berbakat, serta bagi yang memiliki cacat tanpa memandang etnis atau ras sekalipun.

Kini rumah tersebut dikelola oleh keturunan Tjong A Fie serta keluarganya. Desain yang bagus dan unik dengan perpaduan gaya Tiongkok yang kental dan budaya Eropa serta Melayu menjadikan rumah tersebut terlihat berbeda dan sangat menonjol dibandingkan dengan yang lain. Saat ini rumah orang kaya tersebut telah menjadi wisata sejarah Medan yang terkenal dan penuh misteri.

Rumah bersejarah ini telah ditetapkan sebagai salah satu bangunan bersejarah dan menjadi cagar budaya oleh Pemerintah Medan. Bangunan bersejarah ini memang sangat luas, hingga mencapai 6000 meter persegi.

Pembukaan rumah yang penuh misteri ini untuk umum pada tahun 2009. Sejak saat itu, para wisatawan bisa lebih dalam untuk memperoleh pengetahuan mengenai sosok masa lalu saudagar kaya tersebut.

Di dalam rumah Tjong A Fie tersebut, para pengunjung dapat melihat desain interior yang sangat unik. Selain itu, ada juga berbagai koleksi perabotan tradisional yang masih terjaga dengan baik dan bersih. para wisatawan dapat menyaksikan beberapa foto pemilik rumah ini. Terlebih saudagar kaya Tionghoa ini cukup rajin dalam mendokumentasikan setiap kegiatan yang dilakukannya. Mulai dari foto keluarga hingga upacara pernikahan anggota keluarga. Ada juga ruangan khusus yang menjadi tempat untuk menyimpan koleksi buku-bukunya.

Para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini harus menyiapkan mental yang tinggi. Karena biasanya ada penunggunya, karena rumah tersebut sudah berusia hingga ratusan tahun, kabarnya ada hantu yang menggunakan pakaian Cina di tempat tersebut.

Peta Lokasi Rumah Tjong A Fie

Bagi Anda yang ingin pergi ke tempat wisata bersejarah dan penuh misteri tersebut, Anda dapat menggunakan berbagai transportasi umum yang ada. Rumah tersebut terletak tidak jauh dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Medan. Lokasi rumah ini, tepatnya berada di jalan Jendral Ahmad Yani VII, No 105, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan. Lebih lengkapnya, Anda dapat melihat lokasi yang tertera di Google Maps berikut.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Rumah Tjong A Fie

Jika tertarik berkunjung ke tempat wisata sejarah ini, Anda dapat menuju ke rumah tersebut. Rumah bersejarah tersebut ini buka pada setiap hari, mulai jam 09.00 hingga 17.00 WIB. Untuk tiket masuk rumah ini terbagi menjadi dua, harga tiket masuk orang dewasa sebesar 30.000, sedangkan tiket untuk pelajar sebesar 20.000 saja.

Tertarik untuk berlibur ke wisata heritage di Kota Medan ini? Ada banyak hal yang dapat dilihat dan dipelajari dari Rumah Tjong A Fie tersebut seperti kebudayaan zaman dulu dan keserasian masyarakat multietnis yang ada di Kota ini.

Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *