Mencoba Sensasi Ekstrem Gondola Pantai Timang Gunung Kidul

Diposting pada

Pantai Timang tempat memacu adrenalin dengan menaiki kereta gantung menuju ke karang tengah laut.

Sandar Pantai Timang
Gambar Pantai Timang via instagram.com/rangga_rentcar_citytourjogja/
Jam Buka:24 jam
Tiket Masuk:Rp 10.000,00
Nomor Telpon:
Aktivitas:Berfoto, naik gondola, naik jembatan gantung, makan hidangan laut
Waktu Terbaik:Saat cuaca cerah
Perlu Dibawa:Topi, kamera, air minum, makanan, baju ganti
Larangan:Dilarang naik gondola atau jembatan gantung ketika cuaca buruk, dilarang mendekat ke bibir pantai atau tebing
Alamat:Jl. Pantai Selatan Jawa, Pantai Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta
Fasilitas Umum:Area parkir, Toilet, Warung Makan, Jembatam Gantung, Kereta Gantung
Akses Jalan:Kurang baik (gunakan jeep atau sewa ojek setempat)
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Siapa yang suka melihat acara televisi yang berkaitan dengan objek wisata alam? Bagi kamu yang suka menonton liputan wisata, kamu pasti tahu dengan popularitas Pantai Timang.

Pantai yang terletak di kawasan Gunung Kidul ini sedang naik daun dikalangan traveller. Kepopuleran pantai ini tidak hanya untuk wisatawan lokal namun juga wisatawan internasional.

Para wisatawan datang berbondong-bondong ke Gunung Kidul untuk menikmati sensasi bermain di pantai ini. Setelah melihat rangkuman wisata dari tim dolanyok ini, kamu pasti ingin langsung pergi ke Gunung Kidul.

Punggung Pantai Timang
Via instagram.com/azmiwahab97/
Jembatan Pantai Timang
Via instagram.com/azmiwahab97/
Pasangan Pantai Timang
Via instagram.com/demasakira/
Duduk Pantai Timang
Via instagram.com/dc.rossiya/
Ayah Pantai Timang
Via instagram.com/papasahat/
Duduk Pantai Timang
Via instagram.com/citrapuspitasari1406/

Sekilas Pantai Timang

Pantai Timang adalah salah satu pantai hits di kawasan wisata Yogyakarta. Kenapa termasuk jajaran pantai yang hits? Karena pantai ini memiliki sensasi yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya.

Mungkin hanya pantai ini yang satu-satunya memiliki sensasi yang berbeda. Tidak hanya pemandangannya yang indah tapi juga terdapat wahana yang sangat memacu adrenalin.

Nah ciri khas pantai ini terletak pada sebuah kereta gantung atau gondola. Fungsi kereta gantung tersebut adalah sarana penyeberangan dari dan menuju Pantai Timang dan Pulau Timang. Berbeda dengan pulau pada umumnya, pulau ini merupakan sebuah bukit yang terdiri dari tebing batu yang curam.

Sejarah

Berbeda dengan objek wisata pantai lainnya yang memiliki daya tarik utama pada pemandangan sekitar seperti pasir putih atau laut yang biru. Pantai ini memang memiliki air laut yang biru dan langit yang cerah. Namun ada satu ikon dari pantai ini yang mendunia.

Apakah ikon wisata tersebut? Di tengah-tengah laut terdapat sebuah pulau karang. Penghuni karang-karang tersebut adalah lobster laut yang besar-besar dan rasanya nikmat.

Pulau tersebut terletak di tengah laut bukan di tepi pantai. Untuk sampai ke pulau tersebut kamu tidak bisa menggunakan kapal karena ombak di bawah sana sangat keras. Apalagi pulau tersebut sangat tinggi, kapal pun tidak bisa membawamu kesana.

Para nelayan kemudian membangun sebuah kereta gantung untuk menyeberang ke pulau karang tersebut. Selain sebagai sarana untuk mencari lobster, ternyata masyarakat sekitar mampu memberdayakan potensi wisata. Mereka menarik perhatian wisatawan untuk mencoba menaiki kereta gantung tersebut.

Daya Tarik

Objek wisata pantai di Gunung Kidul ini memiliki daya tarik yang khas dan unik.

Kereta Gantung

Terdapat sebuah gondola tradisional yang digerakkan dengan tenaga manusia untuk menyeberang ke pulau seberang. Tidak sedikit wisatawan yang ingin merasakan gondola ekstrem ini. Saat cuacu buruk kamu bisa merasakan deburan ombak membasahi tubuhmu.

Bukit Karang

Bukit karang ini terletak persis di depan pantai. Jarak kedua tempat ini sekitar 100 m dan untuk sampai ke bukit tersebut wisatawan bisa menaiki gondola atau jembatan gantung.

Jembatan Gantung

Selain menaiki kereta gantung kamu juga bisa menggunakan jembatan gantung. Di sini kamu akan merasakn sensasi terombang-ambing sambil berjalan melintasi jembatan gantung. Jembatan tersebut membentang dari bibir pantai sampai ke bukit karang.

Lobster

Setelah lelah menjelajah pantai ini kamu bisa mampir ke warung setempat untuk menikmati lobster dan aneka hidangan laut lainnya.

Alamat

Pantai ini terletak di Jl. Pantai Selatan Jawa, Pantai Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak pantai ini cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta yaitu sekitar 72 km.

Baca Juga: Daftar Pantai Yogyakarta

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk pantai di Gunung Kidul masih sangat terjangkau. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,00/ orang untuk menjelajah pantai ini.

WahanaHarga
Tiket MasukRp 10.000,00/ orang
Kereta GantungRp 200.000,00/ orang bolak balik
Jembatan GantungRp 100.000,00/ orang bolak balik
JeepRp 350.000,00/ mobil untuk 4 orang PP
OjekRp 50.000,00/motor PP

Bagi kamu yang ingin memacu adrenalin cobalah kedua wahana tersebut. Sedangkan untuk menikmati hidangan lobster dan laut lainnya kamu harus membayar sekitar Rp 250.000,00- Rp 350.000,00.

Fasilitas

Pantai ini semakin berkembang maka dari itu pengelola telah menyediakan berbagai macam fasilitas yang lengkap.

  • Area parkir
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Jembatam Gantung
  • Kereta Gantung

Jadi kamu tidak perlu khawatir kelaparan, kamu masih bisa makan enak di warung makan warga setempat.

Jam Operasional

Objek wisata pantai ekstrem ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun wahana gondola dan jembatan hanya bisa dinikmati ketika cuaca baik di pagi sampai siang hari saja.

Tips Berwisata

Gunakanlah beberapa tips yang kami berikan untuk mendapatkan liburan seru tanpa hambatan.

  • Berhati-hatilah ketika menuju objek wisata ini karena jalan agak sedikit terjal dan curam.
  • Walaupun sudah tersedia beberapa warung makanan, bawalah bekal sendiri karena makanan dan minuman di warung tersebut pilihannya sangat terbatas.
  • Jika kamu ingin bermalam di seputaran pantai, pilihlah penginapan yang lokasinya tidak terlalu jauh.
  • Jangan memaksakan untuk menaiki gondola atau jembatan gantung jika cuaca buruk.
  • Tidak boleh mendekati pinggir tebing.
  • Awasai selalu anak-anak dan balita.

Nah itulah sedikit tips yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat pada liburanmu di pantai ini.

Wisata Terdekat

Selain menikmati keseruan naik gondola di pantai ini, kamu bisa mampir ke pantai-pantai terdekat. Pantai tersebut letaknya tidak terlalu jauh dari pantai ini:

Pantai Jogan

Pantai Jogan adalah salah satu pantai unik yang mungkin hanya dapat kamu temukan di Gunung Kidul. Pantai ini memadukan dua unsur yang berbeda yaitu sungai dan pantai.

Di pantai ini kamu tidak akan menemukan air laut yang menyapu pinggiran pantai. Hal yang kamu lihat adalah aliran air sungai yang jatuh ke laut dari bibir pantai tersebut

Pantai ini berada di ketinggian atau lebih tepatnya di atas tebing. Air terjun pantai ini semakin indah karena tersembunyi di balik bukit karst.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor merupakan salah satu spot snorkeling di Gunung Kidul selain Pantai Sadranan. Di pantai ini kamu bisa melihat berbagai macam ikan dari yang besar hingga yang kecil.

Selain itu kamu juga bisa menemukan karang-karang yang beraneka warna. Karang tersebut pun menjadi rumah bagi hewan-hewan laut di sekitar Pantai Nglambor.

Jika kamu ingin menikmati dunia bawah laut pantai ini, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling yang disewakan oleh masyarakat setempat.

Pantai Ngitun

Sudah banyak pantai di Gunung Kidul yang dieksplor yang berakibat banyak wisatawan yang datang. Namun berbeda dengan Pantai Ngitun yang masih sepi karena jarang dijamah oleh wisatawan.

Pantai ini bukanya tidak indah namun akses menuju pantai ini tidak semudah pantai lainnya. Tapi jangan salah karena pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan dua buah bukit raksasa yang mengapit kedua sisi pantai. Pantai ini pun seolah-olah menjadi teluk mungil di pinggir laut.

Nah untuk menambah keseruan, silahkan mampir ke pantai-pantai tersebut. Jangan ngaku traveller sejati bila belum pernah menjamah surga di Gunung Kidul ini.

Q&A

Apa yang bisa ditemukan di objek wisata pantai ini? Cari tahu tentang dengan membaca review pertanyaan di bawah ini.

Bisa menuju pantai dengan kendaraan pribadi?

Jika kendaraannya memungkinkan bisa tapi lebih baik sewa jeep atau sewa ojek agar lebih aman karena akses jalan menuju pantai agak sedikit terjal dan curam.

Apa yang membuat banyak wisatawan memburu pantai ini?

Daya tarik utamanya adalah wahana gondolan dan jembatan gantung.

Berapa harga sewa jeep? Mahal atau tidak?

Harga sewa jeep Rp 350.000,00/ mobil bisa untuk 4 orang.

Bisa menginap di pantai ini?

Tidak ada penginapan di pantai ini, jika kamu ingin menginap kamu bisa mencari penginapan di desa terdekat dari pantai ini

Berapa harga tiket masuk pantai ini?

Harga tiket masuk cukup Rp 10.000,00/ orang.

Penutup

Sekian informasi yang bisa kami sajikan. Jangan lupa persiapkan adrenalin sebelum menjajaki Pantai Timang ini. Rasakan degupan jantungmu ketika menyeberang ke pulau ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *