Belajar Budaya Betawi dan Bermain Air di Setu Babakan

Diposting pada

Di Setu Babakan kita bisa melihat ragam adat suku Betawi mulai dari rumah adat, kesenian, bahasa, kuliner hingga seru-seruan di wahana air danau Babakan.

setu-babakan-jagakarsa
setu-babakan-jagakarsa
Jam Buka:07.00 – 23.00 WIB.
Tiket Masuk:Gratis
Nomor Telpon:02178893258
Aktivitas:Belajar budaya Betawi, Bermain, Berfoto.
Waktu Terbaik:09.00 pagi – 05.00 sore
Perlu Dibawa:Alat komunikasi, Pakaian ganti kalau hendak bermain air.
Larangan:Tidak boleh mengotori lokasi wisata
Alamat:Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
Fasilitas Umum:Mushola, Area Parkir, Toilet, Wisma, Toko Souvenir, Tempat Makan, dll.
Akses Jalan:Baik (gunakan kendaraan pribadi).
Kedai:Ada / Tidak Ada.
Online Maps:View Maps

Berlibur ke perkampungan yang asri dan memiliki ciri khas tersendiri bisa menjadi alternatif wisata di akhir pekan.

Jika kamu berada di Jakarta dan ingin mempelajari lebih dalam mengenai suku Betawi, maka kamu bisa berakhir pekan ke Setu Babakan Jagakarsa.

Selain menawarkan keindahan alam dan wisata air, di Setu Babakan kamu juga bisa meng-eksplore ragam budaya dan adat istiadat suku Betawi.

setu-babakan-jakarta
via instagram.com/sainah_inaaa
kegiatan-setu-babakan
via instagram.com/p/BzpfDy6ABAu
kegiatan-di-setu-babakan
via instagram.com/yakubnaqi
harga-tiket-masuk-setu-babakan
via instagram.com/onthelsetoebabakan
ontel-setu-babakan
via instagram.com/onthelsetoebabakan
danau-setu-babakan
via instagram.com/p/BW6Q5MhAwlq
rumah-adat-betawi-setu-babakan
via instagram.com/damayismaniar

Setu Babakan

Setu babakan adalah obyek wisata alam dengan ciri khas budaya Betawi. Di tempat ini kamu akan mendapati semua hal yang berkaitan dengan budaya Betawi baik bangunan adat, seni, kuliner, hingga dialek bahasa.

Setu Babakan memiliki luas kawasan sekitar 32 hektar yang diapit oleh dua danau buatan yaitu danau Babakan dan danau Mangga Bolong.

Di danau Babakan kamu bisa menikmati berbagai wahana permainan air sekaligus menjelajah danau. Selain cukup luas untuk melakukan berbagai kegiatan wisata, Setu Babakan juga dikelilingi oleh tumbuhan dan pepohonan rindang sehingga hawa udaranya sangat sejuk dan sangat nyaman untuk bersantai.

Setu Babakan mulai di bangun pada tahun 2000. Setelah proses pembangunan yang memakan waktu 1 tahun, obyek wisata ini kemudian diresmikan pada tahun 2001 oleh Gubernur Jakarta saat itu yakni Bapak Sutiyoso.

Sejak saat itu, Setu Babakan mulai mendapat perhatian warga Jakarta yang berbondong-bondong mendatanginya pada hari-hari libur.

Selain sebagai tempat wisata, Setu Babakan kini telah menjadi kawasan cagar budaya tempat pengembangan dan pelestarian budaya Betawi.

Setelah diresmikan sebagai cagar budaya pada tahun 2004, hingga kini Setu Babakan masih dikelola oleh pemprov DKI yang bekerjasama dengan dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta.

Daya Tarik dan Kegiatan di Setu Babakan Jagakarsa

Banyak hal menarik yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke Setu Babakan. Kamu bisa sepuasnya mengeksplore ragam adat budaya Betawi seperti kelezatan kulinernya hingga keunikan bahasanya.

Nah, bagi kamu yang belum pernah datang ke Setu Babakan, berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di sana :

  1. Mengunjungi pusat pelestarian budaya Betawi di zona A Setu Babakan
  2. Mengunjungi pusat kulinter Betawi di zona B Setu Babakan
  3. Mempelajari budaya Betawi di zona C
  4. Menonton pertunjukan seni badaya Betawi
  5. Menyaksikan festival budaya di kampung Betawi
  6. Melihat benda-benda produk budaya di museum budaya Betawi
  7. Menikmati berbagai wahana permainan air di danau Babakan

Di pusat pelestarian budaya kamu bisa melihat pengembangan budaya khas Betawi seperti berbagai bentuk rumah adat, museum purbakala, gedung teater hingga gedung bergaya masa kini yang kental dengan adat Betawi.

Sementara di area-area lainnya, kamu bisa mempelajari dan menyaksikan berbagai atraksi pentas seni seperti seni tari, seni musik, pencak silat, bahkan mempelajari cara pembuatan kuliner khas Betawi seperti dodol Betawi, ketoprak, kerak telor, hingga gulali Betawi.

Dan di danau Babakan, kamu bisa melakukan akrifitas wisata air yang seru seperti naik sampan mengelilingi danau, memancing, bermain perahu kayuh hingga hunting foto di spot-spot cantik sekitar danau.

Harga Tiket Masuk Setu Babakan 2019

Setu Babakan sampai hari ini masih gratis untuk dimasuki. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk membeli tiket masuk Setu Babakan.

Namun bagi kamu yang datang menggunakan kendaraan pribadi, kamu wajib membayar retribusi parkir sebesar Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukGratis
Tiket ParkirRp. 2000 (motor) – Rp. 5000 (mobil)
Tiket WahanaRp. 10.000 – Rp. 15.000

Selain retribusi parkir, jika hendak mencoba wahana permainan air kamu juga perlu menyiapkan biaya sewa wahana sebesar Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000.

Alamat Setu Babakan

Alamat Setu Babakan berada di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Lokasinya berada di tempat yang cukup strategis sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk menemukannya.

Bila datang dari pusat kota Jakarta, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai di lokasi dengan jarak sekitar 24 kilometer.

Selain itu, di sekitar lokasi juga masih banyak obyek wisata lain yang bisa kamu kunjungi seusai liburan ke Setu Babakan.

Obyek wisata yang dekat dengan Setu Babakan antara lain setu mangga bolong, danau mahoni, taman kiara payung, taman tabebuya, situ pedongkelan, kebun binatang ragunan, taman UI dan masih banyak yang lainnya.

Fasilitas di Setu Babakan Jakarta

Fasilitas umum yang ada di Setu Babakan sudah cukup memadai. Di tempat ini kamu akan mendapatkan fasilitas seperti :

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Area Bermain Anak
  • Teater Terbuka
  • Panggung Pertunjukan
  • Wisma
  • Toko Souvenir
  • Tempat Makan

Selain itu, tersedia juga beberapa spot berfoto yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Asyiknya lagi, kamu bisa berfoto sambil mengenakan berbagai jenis pakaian adat khas suku Betawi.

Q&A Seputar Setu Babakan

Berikut beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan calon pengunjung mengenai Setu Babakan :

Apakah Setu Babakan dibuka pada hari senin ?

Setu babakan selalu dibuka setiap hari karena di situ juga ada perkampungan warga. Yang tutup hari senin hanya museum nya saja.

Bisa naik busway gak ke Setu Babakan ?

Bisa. Nanti naik saja busway trayek Blok M – Cipedak kemudian turun di halte Setu Babakan.

Apakah ada jadwal pertunjukan kesenian Betawi di Setu Babakan ?

Hari Sabtu – Minggu biasanya ada pertunjukan kesenian di panggung utama. Untuk acara yang terjadwal biasanya hanya pada momen tertentu seperti Idul Fitri dan Agustus-an.

Apakah di sana ada yang jual kebaya dan sejenisnya ?

Di jalan masuk sepertiny ada toko souvenir khas Betawi. Untuk kebaya bisa ditanyakan langsung pada warga kampung Setu Babakan.

Kalau dari Bekasi naik bis jurusan mana ya ?

Jurusan Pasar Rebo.

Kesimpulan

Selain mendapatkan hiburan, liburan ke Setu Babakan juga akan menambah wawasan kamu tentang kekayaan adat istiadat suku Betawi.

Karena itu jika kamu sedang berada di Jakarta, jangan lupa untuk menambahkan Setu Babakan ke dalam daftar tempat wisata di Jakarta yang akan kamu kunjungi.

Kami berusaha memberikan informasi terbaru dan valid, namun jika informasi di atas tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, Anda bisa sampaikan ke kami melalui form komentar.

4 thoughts on “Belajar Budaya Betawi dan Bermain Air di Setu Babakan

  1. Saya mau ada acara keluarga, kurang lebih 25 orang, apakah ada tempat, semacam balai atau gubuk gitu, terima kasih infonya

  2. Artikel bagus! Segala hal tentang Betawi dan ragam budaya-nya bisa kamu lihat di website resmi Setu Babakan di setubabakanbetawi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *