Menikmati Kesenian Khas Jakarta Di Taman Ismail Marzuki

Diposting pada

Taman Ismail Marzuki merupakan taman kesenian terbesar di Jakarta dimana kamu bisa melihat berbagai macam pertunjukan kesenian.

Gambar Taman Ismail Marzuki via instagram.com/namarina_dance_academy/
Jam Buka:08.00-17.00 WIB
Tiket Masuk:Rp 5.000,00- Rp 500.000,00
Nomor Telpon: 0213193 4740
Aktivitas:Melihat pertunjukan seni, melihat koleksi miniatur benda-benda langit
Waktu Terbaik: Saat pertunjukan seni
Perlu Dibawa:Kamera
Larangan:Dilarang membuang sampah sembarangan, dilarang merusak lingkungan, dilarang berisik ketika menonton pertunjukan
Alamat:Jalan Cikini Raya 73, Menteng, Jakarta Pusat
Fasilitas Umum:Toilet, Mushola, Food court, Perpustakaan, Toko Buku, Gedung IKJ, Area parkir, Taman, Anjungan ATM, Teater Besar, Teater Kecil, Graha Bakti Budaya, Galeri Cipta II, Galeri Cipta III, Gedung Kesenian Jakarta, Gedung Miss Tjitjih, Gedung Wayang Orang Baratha, Planetarium, Cinema XXI
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Berwisata tidak harus ke objek wisata alam atau taman bermain. Kini berkunjung ke tempat bersejarah pun bisa dibilang berwisata.

Salah satu objek wisata sejarah di Ibu Kota Jakarta adalah Taman Ismail Marzuki. Taman merupakan komplek bangunan yang difungsikan sebagai tempat rekreasi.

Di tempat ini kamu bisa melakukan berbagai aktifitas, mulai dari berkumul dengan teman, edukasi di planeterium, dan bahkan bisa nonton bioskop. Saking banyaknya fasilitas hiburan yang disediakan, sampai saat ini taman ismail marzuki masih menjadi tujuan wisata warga Jakarta.

Via inatagram.com/tamanismailmarzuki/
Via instagram.com/namarina_dance_academy/
Via instagram.com/namarina_dance_academy/
Via instagram.com/namarina_dance_academy/
Via instagram.com/namarina_dance_academy/
Via instagram.com/namarina_dance_academy/

Sekilas Taman Ismail Marzuki

Taman yang dikenal sebagai Taman Ismail Marzuki ini telah dibangun sejak 10 November 1968 dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta pada saat itu yaitu Pak Ali Sadikin. Penamaan Ismail Marzuki bukan tanpa sebab.

Taman ini dibangun untuk memperingati hari lahir pejuang Indonesia yaitu Ismail marzuki yang lahir pada 11 mei 1914. Ismail Marzuki dikenal sebagai tokoh Komponis Indonesia yang menciptakan banyak lagu perjuangan seperti Rayuan Pulau Kelapa dan Halo-Halo Bandung.

Pohon kelapa tersebut pun dijadikan sebagai simbol taman ini. Taman ini dibangun pada area yang cukup luas yaitu 9 hektar dengan luas bangunan 7.200 m2.

Sejarah Taman Ismail Marzuki

Pada awal peresmian taman ini bernama Taman Raden Saleh yang merujuk pada nama pemilknya yaitu Raden Saleh. Taman ini adalah taman dimana masyarakat bisa menikmati sejuknya udara di tengah ibu kota.

Selain itu masyarakat juga bisa menikmati pertunjukan berbagai macam hewan. Taman inilah yang memprakarsai Kebun Binatang Ragunan. Setelah kebun binatang tersebut dipindahkan ke Ragunan, sang pemilik menghibahkan kawasan ini kepada Pemda DKI Jakarta.

Taman ini lalu disulap menjadi tempat untuk para seniman menuangkan kreatifitsnya . TIM atau Taman Ismail Marzuki sudah dijadikan tempat untuk penyelenggaraan berbagai macam acara kesenian sejak tahun 1968.

Acara kesenian yang sering dihelat seperti pementasan wayang, pementasan drama, serta pameran lukisan. Dua puluh tahun kemudian atau pada tahun 1990, TIM telah berevolusi menjadi Art Center yang digunakan sebagau pusat rujukan seni budaya Indonesia.

Alamat Taman Ismail Marzuki

TIM terletak di Jalan Cikini Raya 73, Menteng, Jakarta Pusat. Taman ini dikenal sebagai Pusat Kesenian Jakarta.

Baca Juga: Tempat Wisata Jakarta

Harga Tiket Masuk Taman Ismail Marzuki

Tidak ada harga tiket masuk untuk memasuki kawasan TMI. Kamu bisa masuk TMI secara gratis. Namun jika kamu ingin menikmati pertunjukan kamu akan dikenakan tiket masuk pertunjukan sebagai berikut:

PertunjukanHarga
Tiket masuk TIMGratis
Teater KomaRp 60.000,00- Rp 500.000,00
Planetarium JakartaRp 5.000,0- Rp 12.000,00
XXI TIMRp 35.000,00- Rp 50.000,00

Jika kamu ingin menonton pertunjukan teater maka kamu cukup membayar tiket masuk teater saja. Kamu dibebaskan untuk melihat pertunjukan apa yang ingin kamu lihat.

Jam Operasional Taman Ismail Marzuki

Sebelum mengunjungi TIM kamu harus memaatikan jadwal kunjungan taman ini. Jam operasional TIM berbeda-beda pada hari-hari tertentu.

HariJam Operasional
Sabtu-MingguTutup
Senin-Jumat08.00-17.00 WIB

Objek wisata pada umumnya mengatur jam operasional pada weekend lebih lama namun berbeda dengan TIM. TIM menutup kunjungan wisata pada weekend.

Fasilitas Taman Ismail Marzuki

Sebagai Pusat Kesenian Jakarta, pengelola telah menyiapkan berbagai macam fasilitas penunjang.

  • Toilet
  • Mushola
  • Food court
  • Perpustakaan
  • Toko Buku
  • Gedung IKJ
  • Area parkir
  • Taman
  • Anjungan ATM
  • Teater Besar
  • Teater Kecil
  • Graha Bakti Budaya
  • Galeri Cipta II
  • Galeri Cipta III
  • Gedung Kesenian Jakarta
  • Gedung Miss Tjitjih
  • Gedung Wayang Orang Baratha
  • Planetarium
  • Cinema XXI

Ada yang berbeda dari fasilitas yang ditawarkan oleh TMI yaitu adanya Planetarium. Kamu bisa melihat aneka pertunjukan tentang bintang-bintang dan benda langit lainnya.

Q&A Taman Ismail Marzuki

Para calon wisatawan TIM biasanya mengajukan pertanyaan seperti berikut ini:

Berapakah harga tiket masuk TIM?

Untuk memasuki kawasan TIM kamu tidak dipungut biaya namun jika kamu ingin melihat pertunjukan kamu harus membayar tiket tersebut. Planetarium Rp 5.000,00- Rp 12.000,00, XXI Rp 35.000,00- Rp 50.000,00.

Apakah bisa membawa rombongan anak sekolahan? Bagaimana cara membeli tiketnya?

Ya, banyak rombongan dari sekolahan atau instansi yang datang untuk mengunjungi TIM. Sebaiknya mendaftarkan rombongan untuk mendapatkan tiket terlebih dahulu.

Apakah ada kelas tari untuk remaja?

Bagi kamu yang sedang remaja bisa mengikuti kelas tari.

Apakah boleh melihat naskah-naskah drama? Apakah harus melampirkan surat resmi dari instansi?

Ya boleh, kamu bisa mengajukan surat dari instansi. Kamu juga bisa bertanya langsung kepada pemeran pementSan drama.

Kesimpulan

Berliburlah ke tempat yang memberikan banyak manfaat seperti Taman Ismail Marzuki. Di taman tersebut kamu bisa bermain sambil belajar.

Apalagi bagi kamu pecinta kesenian, banyak pertunjukan seni yang bisa kamu nikmati. Dengan biaya yang murah kamu pun bisa mendapatkan hiburan dan edukasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *