Pantai Banyutibo, Indahnya Air Terjun yang Bermuara ke Pantai

Pantai Banyutibo adalah salah satu tujuan wisata di kabupaten pacitan yang cukup populer. Tidak setiap waktu pengunjung dapat bermain di pantai ini, dan haram hukumnya menuju pasir pantai tanpa pemandu.

Jam Buka:24 Jam
Harga Tiket:Rp. 10.000 / orang belum termasuk biaya parkir.
Kontak:
Alamat:Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554
Fasilitas Umum:Toilet, Mushola, Warung, Alat Snorkeling, Parkiran
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Pantai Banyutibo

Mendengar nama pacitan pasti satu hal yang akan selalu diingat yaitu gua. Kota dengan julukan seribu gua ini memang meiliki keindahan stalaktit dan stalakmit yang mengesankan. Usianya yang sudah beribu-ribu tahun dan terbuat dari alam merupakan daya tarinya.

Nah, disini kita tidak akan menjelajahi gua di pacitan. Melainkan, kawasan pantainya yang begitu menawan. Mengingat bila, tempat pacitan berada di kawasan pantai selatan yang dikenal dengan berbagai mitos dan mempunyai pemandangan nan elok.

Salah satu diantara sekian banyaknya pantai yang berjajar di pacitan. Ada satu kawasan yang menarik hati sobat travel dengan pemandangan nan elegan. Peraduan antara air terjun dan pantai. Menawan sekali bukan. Kawasan tersebut adalah pantai banyutibo.

Pantai Banyu Tibo

Mencari objek wisata ini memang agak sulit lantaran tempatnya yang berada di perbatasan antara wonogiri jawa tengah, dengan pacitan jawa timur. Tempatnya memang agak masuk kedalam dengan kondisi jalan yang kurang baik.

Pantai ini milik pribadi sehingga, yang mengelola adalah sebuah keluarga dengan dana yang diambil dari harga tiket masuk yang dikenakan oleh pihak pengelola. Kepada sobat travel yang mengunjungi kawasan ini.

Setelah melewati beberapa jalanan sepit berkelok dan berbatu. Sobat travel akan di sambut dengan sebuah aliran sungai yang sangat bersih. Pemandangan pantai pun sedikit terdengar dari area parkir ini.

Berjalan melewati jembatan, sobat travel sudah disuguhkan dengan air terjun nan menarik yang berasal dari sebuah sumber mata air dan tidak akan pernah habis walau musim kemarau sekali pun. Debit airnya pun cukup deras dan langsung bermuara ke laut.

Sobat travel yang ingin menikmatinya, harus turun terlebih dahulu melalaui tangga yang sudah dipersiapkan. Inilah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Setelah sampai di bawah. Sobat travel akan di sambut dengan butiran pasir berwarna coklat dan air terjun.

Perpaduan ini memang begitu mengsankan. Cocok sekali digunakan sebagai latar belakang dan wallpaper dalam laptop. Tidak hanya dengan pesona nan elok saja. melainkan ada beberapa aktifitas yang bisa dilakukan oleh sobat travel.

Aktifitas dan Fasilitas

Berbicara mengenai aktifitas dan fasilitas yang ada di kawasan ini cukup banyak. Dimana, salah satunya adalah berenang. mengingat, berkunjung ke pantai memang wajib untuk berenang. belum kepantai kalau belum menerjang ombak.

Selain itu, duduk-duduk dan menikmati pesona nan aduhai juga bisa dilakukan. Apalagi, semilir angim di kawasan ini hampir setiap detik berhembus dan mengenai kulit.  Atau menjelajah sebauh gua kecil yang ada dibalik air terjun.

Bisa juga snorkeling menikmati indahnya terumbu karang di bawah laut. Bila sobat travel nikmati dari atas. Maka, akan sangat terlihat terumbu karang ini dengan warna hijaunya. Sehingga, warna air ini sedikit kehijauan.

Lapar dengan berbagai macam aktifitas yang sudah dilakukan. Sobat travel bisa singgah sebentar ke warung yang berdiri sekitar area pantai. Ada berbagai menu makanan yang disediakan termasuk ikan lobster mutiara.

Seperti di ketahui bila lobster mutiara adalah  jenis lobster yang paling nikmat untuk di santap. Apalagi, dengan bumbu-bumbu rahasia yang pastinya semakin menggoda. Harganya memang sedikit mahal. tetapi, cita rasanya tidak benar-benar berbeda.

Terakhir adalah menikmati senja malam yang akan menghadirkan pesona tak terlupakan. Di dekat area parkir ada sebuah tempat yang cukup luas. Dimana, kawasan ini sudah di beri wahana ayunan. Sehingga, melihat pesona senja dari kawasan ini begitu syahdu.

Nah, bagi sobat travel yang merasa terlalu malam pulang dari pantai. Manfaatkan area penginapan yang sudah disediakan di sekitar pantai. Dijamin bersih dan mampu menghipnotis dan bakal susah move on.

Alamat Lokasi

Pantai Banyutibo berada di Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur 63554. Menuju kekawasan ini bisa melalui pracimantoro atau juga melalui pusat kota pacitan..

Sayangnya belum ada transportasi umum yang bisa mengantar sobat travel menuju ke kawasan ini. jadi, mau tidak mauwajib menggunakan kendaraan pribadi. Jalan menuju kawasan ini cukup baik.

Tetapi, setelah pintu masuk menuju kepantainya. Jalanan mulai bergelombang dan banyak sekali bebatuan. Jadi, diharapkan berhati-hati dan tidak usah terburu-buru. Tetapi pemandangan perbukitan akan tersaji sepanjang perjalanan.

Objek wisata ini cukup dikenal dikalangan wisatawan pacitan dan wonogiri. Oleh karena itu, bila bingung pergi kesini. Sobat travel bisa memanfaatkan beberapa papan petunjuk yang akan jadi pemandu yang baik.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk kawasan ini cukup murah hanya 5 ribu rupiah saja. ditambah dengan bea parkir 10 ribu untuk mobil dan 5 ribu untuk kendaraan bermotor. Untuk menuruni tangga menuju ke pantaiakan dikenakan harga 5 ribu.

Sobat travel juga bisa menyewa ban dan pelampung dengan harga 10 ribu rupiah. Untuk menikmati paket snorkeling, sobat travel bisa membayarnya dengan harga 50 ribu rupiah. berbagai macam peralatan dengan standar internasional tersaji di sini.

Galeri Foto Pantai Banyutibo

Pantai Banyutibo
Pantai Banyutibo
Pantai Banyutibo
Pantai Banyutibo
Pantai Banyutibo

Baca juga: Penangkaran Rusa Maliran Blitar

Pantai Banyutibo adalah kawasan yang tidak boleh untuk dilewatkan. Berkunjung ke kawasan ini selalu menghadirkan decak kagum tanpa henti.walaupun di kelola oleh para warga tetapi, kebersihannya cukup diajungi jempol. Tidak rugi deh menghabiskan liburan di objek wisata.

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"