Pantai Buyutan, Keindahan Panoramanya Bikin Nagih

Diposting pada

Menurut para traveler pantai lokal, pantai buyutan merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Pacitan. Pasirnya berwarna putih, sesekali pengunjung bisa main sampai ke bibir jika airnya surut.

Jam Buka:24 Jam
Harga Tiket:Rp. 5.000 / orang
Kontak:0821-1330-6232
Alamat:Desa Widoro, Donorojo, Bolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554
Fasilitas Umum:Area Parkir, Toilet, Penginapan, Mushola Dll
Akses Jalan:Jalanan sempit, banyak tanjakan dan turunan
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Pantai Buyutan

Selain di sebut dengan kota seribu gua, pacitan sebenarnya juga cocok mendapatkan sebutan sebagai kota seribu pantai. Dimana, saat ini berjajar keindahan alam esoktis yang mampu menggugah rasa kagum akan negeri ini.

Nah, diantara beberapa pantai yang tersebar luas di kota ini, ada satu pantai yang menarik hati wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara. Dimana, keindahan karang-karangnya mampu mempesona setiap pengunjung yang datang karena berbagai macam bentuk.

Nama objek wisata ini adalah Pantai Buyutan. Dimana, keindahan tempat ini mampu mengalihkan dunia untuk beberapa saat. Penasaran dengan keindahan kawasan ini, mari kita simak penjelajahannya berikut ini,

Pantai Buyutan

Kawasan pacitan memang memiliki pantai yang selalu unik-unik, mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh kawasan lainnya. Nah, Ciri khas dari Pantai Buyutan adalah kar ang-karang yang berbentuk mahkota Dewa Narada.

Mahkota ini adalah hasil dari cerita rakyat setempat yang menjadi sebuah mitos dan legenda. Dimana, mahkota dewanarada terjatuh saat dewa ini sedang terbang melintasi kawasan ini. kemudian,mahkota ini berubah menjadi karang.

Baca Juga:  Biaya Tiket Masuk Wisata Pantai Teluk Kiluan, Peta Lokasi + Penginapan Terdekat

Bagi yang ingin menginap di sekitar pantai sudah banyak penginapan yang berdiri. Tetapi, cobalah sesuatu yang baru dengan berkemah di area yang sudah disediakan oleh pengelola objek wisata.

Area ini berada di sebuah sabana yang cukup luas, tidak terlalu jauh dari laut. Sehingga melodi ombaknya masih terdengar merdu setiap malam. Menyalakan api unggun kemudian, menikmati berbagai macam makanan dan bintang-bintang di langit sangat menawan.

Pantai buyutan termasuk dalam kawasan yang masih sangat alami. Hal ini terbukti dengan hadirnya habitat monyet-monyet nakal yang bisa saja menjahili sobat travel. Bila beruntung, sobat travel bisa mengajak mereka untuk selfie bareng, menarik bukan.

Mungkin inilah salah satu keistimewaan dari kawasan ini. Dimana hadir sumber air tawar yang berasal dari pegunungan. Letaknya tidak jauh dari sabana dan kawasan pantai. Sehingga, sobat travel masih bisa untuk mencarinya dan juga menjangkau kawasan ini.

Selain menikmati perbukitan dan sabananya yang elok. Sobat travel juga bisa menikmati area pantainya yang sangat menawan, sehingga sangat asik digunakan untuk berenang. Bila ingin berenang harus berhati-hati lantaran banyak karang yang cukup tajam.

Selain karang, yang harus juga diperhatikan adalah ombak yang cukup besar. Mengingat pantai buyutan berada dipesisir laut jawa yang dikenal memiliki ombak super besar dan super membahayakan.

Dengan hadirnya karang-karang ini, sobat travel bisa memanfaatkan arena spot diving dan snorkeling. Sobat travelyang tidak membawa peralatannya bisa menyewa dan meminjamnya di tempat persewaan yang sudah banyak tersedia.

Baca Juga:  Pantai Suwuk Kebumen

Ada juga hamparan pasir pantai nan mempesona, dimana sobat travel bisa duduk bermalas-malasan di tempat ini. Menikmati keindahan pantai buyutan yang tidak pernah ada bosannya. Apalagi, tesktur pasir ini sangat lembut sehingga sangat cocok dijadikan tempat berjemur.

Lokasi Objek Wisata Pantai Buyutan

Pantai Buyutan terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Dimana, pantai ada di antara sawah-sawah yang luas. Cobalah datang pada saat pagi hari atau sore hari. Keindahan kawasan ini akan terlihat jelas di depan mata.

Menuju ke lokasi sobat travel harus mengeluarkan keringat dan berpacu dengan rasa lelah, lantaran kendaraan bemotor tidak bisa mencapai kawasan ini. Oleh karena itu, naik turun bukit dengan kondisi jalan yang cukup curam dan sedikit berkelok.

Nah, dari tebing inilah sobat travel bisa melihat bagaimana matahari terbenam dan langit berubah warna. Perpaduan inilah yang selalu dinanti dan ditunggu-tunggu oleh semua sobat travel yang datang ke tempat ini.

Nah, jalur menuju ke kawasan ini sendiri bisa di tempuh dari pacitan dan juga dari solo. Bila berjalan dari pacitan sobat travel bisa memulainya dari Masjid Besar Punung, kemudian ada sebuah pertigaan belok ke kiri.

Selanjutnya, arahkan kendaraan menujuke pertigaan berikutnya. Belok kearah kanan, lalu lurus terus menuju kearah goa gong. Lalu, arahkan kendaraan menuju ke balai desa kalak. Di situ ada sebuah pertigaan belok ke kiri hingga melewati sebuah pasar kalak.

Lalu, lanjutkan kembali perjalanan sobat travel menuju ke desa  Widoro. Lanjutkan kembali perjalanan menuju ke pertigaan. Nah, disini sobat travel bisa melihat papan petunjuk menuju ke arah pantai buyutam.

Baca Juga:  9 Kolam Renang Favorit Untuk Liburan Kamu di Surabaya

Setelah dari sini, sobat travel akan melewati persawahan yang luas. Coba datang saat musim panen tiba. Pemandangan nan elok terlihat sangat menawan. Rasakan pula keindahan suasana angin yang selalu datang menerpa. Menghirup udara yang sangat segar. Sungguh nikmat sekali.

Harga Tiket Masuk Pantai Buyutan

Untuk bisa menikmati kawasan ini, sobat travel akan dikenakan tarif sebesar 5 ribu rupiah. Di tambah dengan tarif parkir sebesar 3 ribu rupiah untuk mobil. Dan untuk kendaraan bermotor akan dikenakan tarif 2 ribu rupiah.

Jangan lupa untuk membawa kamera mumpuni ya sobat travel. Karena, dengan hadirnya kamera, setiap momen akan terasa sangat berarti dan menghasilkan gambar yang membahana sesuai dengan tempatnya. Menarik sekali bukan?

Baca juga: Pantai Banyutibo Pacitan, Air terjun bermuara ke Pantai

Galeri Foto Pantai Buyutan

Pantai Buyutan
Pantai Buyutan
Pantai Buyutan
Pantai Buyutan
Pantai Buyutan

Inilah dia keindahan dari Pantai Buyutan yang berada di pacitan. Keindahannya memang memiliki rona tersendiri. Bagaimana, mau mengunjungi kawasan ini pada saat malam tahun baru nanti? Atau menjadi agenda wajib berkunjung tahun depan?

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara: