Pantai Klayar, Pantai Klasik di Pacitan

Pantai klayar merupakan destinasi top di Pacitan. Pantai ini tidak hanya indah, namun juga memiliki banyak cerita bangi tiap wisatawan. Salah satu musisi yang mengabadikan momen di pantai klayar adalah Didi Kempot.

Jam Buka:24 Jam
Harga Tiket:Rp. 10.000/orang
Kontak:
Alamat: Kalak, Sendang, Donorojo, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554, Indonesia
Fasilitas Umum:Mushola, Gazebo, Tempat Parkir luas, Penginapan Dll
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Pantai Klayar

Kalau di Yogyakarta mempunyai pantai klasik bernama parangtritis, dan juga baron, krakal, dan kukup. Nah, pacitan pun tidak mau kalah karena, mempunyai pantai klasik pula yang sejak dahulu sudah punya nama dan saat ini semakin tenar di kalangan masyarakat.

Kawasan tersebut adalah pantai klayar. Dimana, nama dari objek wisata ini pernah dijadikan sebagai judul lagu dari seorang maestro campursari ternama yaitu Didi Kempot. Penasaran dengan tempat ini? Mari kita simak penjelajahannya berikut ini,

Pantai Klayar

Inilah dia kawasan yang selalu menghadirkan rindu dari jawa timur. Hadir dengan berbagai macam karang nan elegan. Ada tebing yang bisa dimanfaatkan sobat travel untuk menikmati kawasan ini lebih privat lagi.

Tetapi, sobat travel harus berhati-hati bila mau ke tebing ini dan menikmati karang dengan pemandangan luas nan luas. Menikmati hembusan angin yang tidak akan pernah berhenti membuat sobat travel susah sekali move on.

Kawasan tebing ini cukup luas, jadi, sobat travel bisa beristirahat dan menikmati sajian spot foto yang sudah tersedia. Di pesisir pantai juga sudah tersedia beberapa warung yang menyediakan berbagai macam menu makanan.

Ada juga souvenir-souvenir cantik dan baju yang bertuliskan pantai klayar. Bisa digunakan sebagai oleh-oleh bagi yang ada di rumah. Harga nya pun mulai dari 50 ribu rupiah saja. Dengan kualitas yang mumpuni dan tidak mengecewakan.

Pasir pantai yang berwarna kecoklatan dan bercampur dengan putih.  membuat sobat travel bisa menikmatinya dengan duduk-duduk gradasi warna ini sangat menarik bila dilihat dari atas tebing. atau berjalan menyusuri setiap sudutnya.

Nama dari klayar sendiri diambil dari bahasa jawa yaitu kluyar-kluyur yang artinya adalah jalan-jalan. Seperti halnya beberapa pantai di pacitan, bila kawasan ini juga mempunyai sebuah keunikan dan ikon yang tidak akan pernah terlupakan.

Di Bagian pantai ada sebuah bebatuan karang yang bisa dikatakan sangat sempurna. Konon cerita, karang ini adalah hasil dari pertarungan makhluk gaib yang sering terjadi. Menariknya lagi, bebatuan di tengah ini tersambung dengan karang yang ada di pinggir pantai.

Saat ini sobat travel bisa mendaki dan menikmati pemandangan dari bebatuan karang ini. tidak hanya di pinggir saja, melainkan juga di bagian tengah, inilah dia spot selfie baru yang selalu dijadikan tempat favorit dan idaman bagi siapa saja yang datang.

Ikon selanjutnya adalah seruling samudera. Nama dari seruling ini adalah kejadian alam yang selalu ditunggu-tunggu oleh semua pengunjung yang datang. seruling samudera adalah nama samaran yang diberikan untuk lubang batu karang di balik tebing.

Hal ini terjadi, ketika hembusan angin yang bersatu dengan air laut menembus lubang batu karang tersebut. Selain bunyi sebuah seruling, sobat travel juga bisa menikmati air mancur alami.

Dimana, air mancur ini terjadi dari terjangan ombak yang sangat tinggi. Menembus karang sehingga, airnya mengalir diantara lekukan karang ini. momen inilah yang juga ditunggu oleh sobat travel selama mengunjungi pantai klayar.

Ikon selanjutnya adalah batu sphinx. Bebatuan karang ini bisa terlihat lebih dalam memang mirip dengan patung singa  dengan kepala manusia yang ada di mesir. Tetapi, bagi masyarakat sekitar menyebut fenomena ini sebagai nama watu lumbung.

Di sini pun terdapat sebuah sumur yang bisa dugunakan untuk pengobatan dan berenang yang konon katanya di percaya oleh warga mampu membawa berkah bagi siapa yang mandi di kawasan ini.

Menikmati tempat ini memang kurang puas bila tidak menikmati malamnya. Sehingga, sobat travel wajib untuk menginap di area camping yang sudah disediakan dan letaknya tidak jauh dari kawasanipantai.

Pesona malam yang begitu elok membuat banyak pengunjung yang datang untuk menginap. Apalagi, saat datang malam minggu atau malam libur. Tempat ini akan tumpah ruah dengan lautan manusia.

Baca juga: Pantai Banyutibo

Letak Lokasi

Pantai Klayar terletak di Dusun Kalak, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Menuju ke tempat ini cukup mudah bila menggunakan kendaraan pribadi. Sayangnya, kawasan ini belum terlalu ramah dengan transportasi umum.

Sobat travel bisa mengikuti jalur bis jurusan solo – pacitan. Lalu belok ke kiri di pertigaan dadapan.  Kemudian, belok ke kanan setelah tiba dipertigaan candi. Ikuti saja jalan ini hingga sobat travel menemukan sebuah pertigaan lagi, hingga sampai di lokasi ini.

Bagi yang berangkat dari Yogyakarta, sobat travel bisa melewatinya melalui wonosari, pracimantoro hingga sampai di kawasan pacitan. Di sepanjang jalan dari pramcimantoro hingga pacitan. Sobat travel akan menemukan banyak sekali papan petunjuk yang telah tersedia.

Baca juga: Pantai Buyutan Pacitan

Harga Tiket Masuk

Sobat travel bisa menikmati semua keindahan diatas, dengan membayar harga tiketnya sebesar 5 ribu rupiah saja. Tetapi, saat libur dan malam minggu, Pantai Klayar akan naik harganya sebesar 10 ribu rupiah saja.

Untuk harga parkir, sobat travel akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah bagi yang menggunakan mobil. Bagi yang menggunakan kendaraan bermotor, maka sobat travel wajib membayar uang sebesar 2 ribu rupiah. murah sekali bukan?

Galeri Foto Pantai Klayar

Pantai Klayar
Pantai Klayar
Pantai Klayar
Pantai Klayar
Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah tempat yang tidak boleh terlewatkan bila mengunjungi pacitan. Tempat paling nikmat untuk istarahat serta relaksasi dari lelahnya jalan. Jadi, bila melintas di sini, tidak ada salahnya mampir sejenak.

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"