Pantai Legendaris Dari Yogyakarta Pantai Parangtritis

4 min read

Pantai Legendaris Dari Yogyakarta Pantai Parangtritis 1

Pantai Parangtritis merupakan ikon dari kota Yogyakarta yang terkenal karena mitosnya yang melegenda.

Jam Buka:24 jam
Tiket Masuk:Rp 10.000,00
Nomor Telpon:
Aktivitas:Bermain air, berfoto, bermain layang-layang, bermain ATV, melihat pemandangan, melihat sunset, naik Kereta kuda
Waktu Terbaik: Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, air minum, makanan, baju ganti, peralatan mandi, sandal
Larangan:Dilarang memakai baju warna hijau, dilarang berbica tidak sopan
Alamat:Kretek, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerarh istimewa Yogyakarta
Fasilitas Umum:Toilet, Area prkir, Kamar bilas, Mushola, Gardu pandang SAR, Penginapan, Warung makan
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Berbicara mengenai kota Yogyakarta, siapa yang tidak mengenal kota ini? Kota yang terkenal dengan keistimewaanya ini. Sejak dari dahulu kota ini menjadi magnet untuk para pelajar yang ingin belajar di kota Yogyakarta. Sehingga kota ini mendapat julukan sebagai Kota Pelajar, karena banyak sekali pelajar dari luar kota bahkan luar negeri yang berbondong-bondong ingin belajar di sini.

Terlepas dari itu, tahukah kamu kamu jika Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang layak kamu kunjungi dan kamu jadikan destnasi wisatamu. Objek wisata tersebut mulai dari gunung, pantai, laut, hutan dan masih banyak lainya.

Untuk kesempatan kali ini kami dari tim Dolanyuk akan membahas satu objek wisata yang sangat terkenal di kota Yogyakrata. Objek wisat tersebut adalah Pantai Parangtritis.

Sekilas Pantai Parangtrtis

Jika kamu berlibur ke Yogyakarata tak komplit jika kamu tidak berkunjung  ke pantai ini. Pantai ini terletak disebelah selatan kota Yogyakarat dan berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Yogyakarta. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah, apalagai jika kamu mengunjunginya pada sore hari. Hamparan bibir pantai yang luas, ombak yang berdeburan menambah keindahan pantai ini.

Selain itu pantai ini juga sangat lekat degan cerita Legenda Ratu kidul. Legenda tersebut telah diyakini oleh sebagaian besar penduduk Yogyakarta. Nyai Roro Kidul dikenal sebagai penguasa pantai selatan.

Alamat

Pantai ini berlokasi di Kretek, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerarh istimewa Yogyakarta. Jika kamu kurang puas mengunjungi satu tempat wisata kamu bisa mengunjungi tempat wisata yang lain yang berada disekitar pantai ini. Objek wisata tersebut seperti Bukit Parang Endog yang berada di perbukitan di sebelah timur pantai ini. Dari sini kamu bisa menikmati pemandangan dari ketinggian, dan kamu bisa menikmati sunset.

Gumuk pasir yang berada di utara pantai, kamu bisa merasakan sensasi layaknya berada di Gurun Pasir di Arab. Banyak hal yang kamu bisa lakukan di sini, seperti berfoto atau bermain Sand Boarding. Selain itu ada juga Pantai Depok. Nah untuk yang satu ini cocok buat kamu yang kelaparan, karena disini terdapat pasar ikan hasil dari tangkapan para nelayan. Di sini juga banyak warung makan yang meyediakan olahan laut.

Harga Tiket Masuk

Jika kamu ingin mengunjugi pantai ini kamu hanya cukup membayar tiket masuk Sebesar Rp 10.000,- / orang.

Untuk biaya parkir, jika kendaraan beroda 2 dikenakan biaya sebesar Rp 2000,- , dan untuk kendaraan beroda 4 dikenakan biaya Rp 5000,-.

Jam Operasional

Kamu bisa mengunjungi pantai ini dari jam 07.-17.00 WIB, namun tak jarang wisatawan yang mengunjungi pantai ini di malam hari.

Daya Tarik

Seperti halnya tempat – tempat wisata yang ada, Pantai ini juga memiliki daya tariknya tersendiri, daya tarik yang menjadi magnet buat wisata untuk berknjung ke pantai ini seperti.

Sunset

Jika kamu berkunjung saat keadaan cuaca yang cerah, kamu bisa menikmati indahnya suunset matahari yang tenggelam diufuk barat berwarna merona jingga yang sangat indah. Tak heran jika momen ini adalah momen yang sangat ditunggu oleh para wisatawan yang datang berkunjung kesini.

Kereta kuda

Selain menikmati pemandangan alamnya yang sangat menabjukan kamu juga bisa menaiki kereta yang banyak disewakan di sini. Kamu bis menyisir bibir pantai dengan menggunkan kereta kuda pasti akan menambah keseruan liburan mu.

Bermain layang-layang

Angin pantai yang berhembus kencang sangat cocok utuk kamu sekeluarga bermain layang – layang bersama. Kamu juga tidak perlu repot membawa sendiri layang-layang dari rumah, karena dipantai banyak pedagang yang menjual layangan.

Tak jarang juga pantai dijadikan tempat untuk lomba atau festival layang – layang yang diikuti pecinta layang – layang dari dalam maupun luar negeri. Jika kamu ke sini  pada saat gelaran festival layang – layang, kamu akan melihat berbagai macam bentuk layang – layang dari yang terkecil hingga terbesar yang mengudara menghiasi langit biru pantai ini.

Menyusuri bibir pantai menggunakan ATV

Buat kamu yang ingin merasakan sensai menaiki ATV, kamu bisa menyewa ATV untuk menyusuri pantai. Hembusan angin dan percikan air deburan ombak pasti akan menambah keseruanmu saat mengendarai ATV.

Bermain air

Seperti di pantai-pantai lainya, kamu juga bisa bermain air di pantai. Namun mengingat ombaknya yang terkenal ganas dan banyak memakan korban, kamu sangat disaran untuk tidak berenang dipantai.

Baca Juga: Pantai Sadranan

Legenda

Memang banyak orang mempercayai bahwa pantai ini adalah pintu gerbang menuju kerajaan gaib Ratu Kidul. Wilayah kekuasaan Ratu Kidul yang memiliki kuasa atas ombak di Samudera Hindia. Dan memiliki istina yang sangat megah di jantung samudera. Cerita ini semakin diperkuat dengan ganasnya ombak pantai ini yang bisa mencapai 7 meter. Ombak tersebut tidaklah menelan sedikit korban jiwa.

Dari kisah yang beredar dari masyarakat sekitar, Ratu Kidul adalah pasangan spiritual dari raja – raja Mataram ataupun Yogyakarta yang memiliki hubungan spesial. Seperti halnya  Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang mengaku pernah bertemu dengannya.

Pantai ini juga masuk dalam kesatuan wujud Trimurti untuk daerah Istimewa Yogyakarta. Trimurti itu terdiri dari Gunung Merapi yang berada di utara Kota Yogyakarta, Keraton yang berada di jantung kota, dan Parangtritis yang berada di selatan kota Yogyakarta. Yang ketiganya menjadi sisi mistis kota Yogyakarta.

Mitos

Masih berhubungan dengan cerita diatas, banyak orang percaya jika pantai ini adalah pintu kerajaan gaib yang dipimpin oleh Ratu Kidul. Mitos yang berderan di masyarakat jika Nyai Roro Kidul  sangat menyukai benda – benda yang berwarna hijau. Menurut kesaksian orang – orang yang memiliki pengelihatan ghaib, beliau juga menggunakan pakaian set kebaya yang berwarna hijau.

Percaya tidak percaya jika pengunjung yang mengenakan pakaian berwarna hijau akan terkena kesialan atau bahkan sampai kehilangan nyawa. Yang konon ceritanya ditarik oleh Nyai Roro Kidul dan dijadikan abdi di Kerajaan Ghaib Ratu Kidul.

Terlepas dari semua mitos di atas, sebaiknya siapa saja harus tetap berhati – hati saat berkunjung kepantai ini. Dan selalu membaca doa menurut keyakinan masing – masing sebelum bepergian ataupun melakukan aktifitas apapun. Dan selalu menjaga sopan santun dimana pun kamu berada.

Fasilitas

Wisata panatai ini juga memiliki fasilitas-fasilitas yang bisa kamu gunkan dan menambah kenyamanannmu saat berkunjung kesini, seperti:

  • Toilet
  • Area prkir
  • Kamar bilas
  • Mushola
  • Gardu pandang SAR
  • Penginapan
  • Warung makan

Buat kamu yang ingin menginap dan masih ingin melanjutkan liburanmu di sini, kamu tidak perlu kawatir, karena di sini banyak sekali losmen-losmen yang bisa kamu jadikan pilihan. Ada juga penginpan yang lebih besar seperti, Queen of The South Resort, yang berjarak 2,5 km, Adinda Beach Villas, yang berjarak 2,7 km, atau Hotel Parangtritis, yang berjarak 2,6 km.

Jika kamu merasa lapar dan hendak membeli makanan, jangan kawatir, karena disekitaran sini banyak sekalirumah makan yang bisa kamu kunjungi. Rumah makan tersebut seperti Bakmi Djawa Dua Jaman, yang berada dilokasi seitaran pantai, Bebek Goreng Pak Koes, yang berjarak 0,3 km, atau ViaVia Resto & Bakery, yang berjarak 0,6 km.

QnA

Berikut adalah daftar pertanyaan berkaitan dengan pantai paling legendaris di Yogyakarta ini:

Kesimpulan

Pantai Parangtritis merupakan wisata yang sangat iconic yang berada di Yogyakarta. Dengan keindahan pemandangan dibalut dengan cerita mistis masyarakat sekitar menambah lokasi ini sangat menarik untuk kamu kanjungi sebagai destinasi wisata.

error: Disable