11 Sanggar Tari di Jogja Untuk Anak-Anak Hingga Dewasa

7 min read

11 Sanggar Tari di Jogja Untuk Anak-Anak Hingga Dewasa 1

Mengenal budaya jawa sejak dini dengan membawa anak ke sanggar tari di jogja jadi pilihan tepat, tempatnya menyenangkan, nyaman dan sangat hommy. Bisa jadi alternatif menyalurkan hobi yang lebih positif. 

Kebanyakan sanggar tari memang mengajarkan tarian tradisional, bahkan tari klasik khas Yogyakarta. Bagi pemula tenang saja, ada pelatihan dengan tarian sederhana sebelum yang lebih rumit dan kompleks.

Bahkan sebagian sanggar tari ini sudah memiliki nama karena didirikan oleh maestro tari, sebut saja Didik Nini Thowok atau Bagong Kussudiardja. Dimana memiliki sanggar tari anak hingga dewasa yang ramah dan menyenangkan.

Daftar Sanggar Tari di Jogja

Belum menemukan sanggar tari di jogja yang tepat untuk anak-anak hingga dewasa. Ada beberapa rekomendasi tepat, ini cocok untuk pemula hingga profesional yang ingin memperdalam ilmu tari dan melestarikan budaya.

Didik Nini Thowok Entertaiment / Natya Lakshita Dance School

Sanggar didik ninik thowok jadi rekomended untuk penari pemula atau anak-anak yang ingin mencoba menari. Bahkan diajarkan sendiri oleh pemiliknya, Didik Hadiprayitno atau lebih dikenal sebagai didik ninik thowok.

Sangar tari Natya Lashita ini menerima anak-anak hingga dewasa, bahkan mengajarkan banyak jenis tarian. Mulai dari tradisional, modern dance hingga campuran keduanya. Menyediakan pula peminjaman kostum dan panggung khusus untuk gladi resik sebelum pertunjukkan.

Alamat Perum Jatimulyo Baru Blok G No. 13, 14, Kricak, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55242
Jam BukaSenin – Sabtu : 09.00 – 17.00
Minggu dan hari besar tutup
Kontak Reservasi (0274) 586050
FasilitasRuang latihan tari dengan kaca dan kipas atau AC, toilet, ada ruang latihan private, parkiran luas, ada panggung pertunjukan dan ada penyewaan kostum tari
Jenis Tari yang DiajarkanTarian klasik, tarian rakyat, tarian modern, tarian komedi, tari jawa, tari sunda, tari bali, tarik cirebon, spesialis tari topeng
BiayaAda biaya les tari, diberikan langsung secara personal saat mendaftarkan diri

Kay’s Studio

TOP 150 Tempat Wisata Bali Unik & Paling Favorit 2019

Kay’s Studio jadi les balet anak di jogja yang populer karena pernah mementaskan lebih dari 400 murid didiknya sekaligus. Lokasinya strategis, tempatnya nyaman dan anak-anak senang dengan kegiatan menari.

Bukan hanya tarian modern saja, namun ada juga tari tradisional. Dilatih oleh pengajar professional dan berdasarkan kemampuan anak, jadi tidak dicampur pemula dengan yang sudah mulai bisa.

Alamat Jl. Kyai Mojo No.31, Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244
Jam BukaSenin – Jumat : 15.00 – 21.00
Kamis : 15.00 – 18.00
Sabtu : 09.00 – 21.00
Minggu dan hari besar tutup
Kontak Reservasi 0857-2648-9059
FasilitasBangunan 2 lantai dengan studio latian private, satu kelas max 20 murid, studio tari khusus anak-anak. Ada toilet, ruang tunggu dan parkiran motor tapi mobil agak sempit
Jenis Tarian yang DiajarkanTari tradisional, tarian modern, tarian K-Pop, tarian salsa, tarian hip hop, tarian balet, tarian latin, tarian tambourine
BiayaTari balet 1 kali seminggu Rp. 140.000
Tari tradisional 2 kali seminggu Rp. 140.000

Sanggar Seni Sari Budoyo

Belajar tari jawa di jogja memang tepat bersama sanggar seni sari budoyo, berada di tengah kota, lokasinya strategis dan jam buka lebih panjang dari sanggar tari lainnya.

Buka dari pagi hingga malam hari, semua yang ingin menari bisa datang kapan saja dan tidak ada syarat khusus. Hanya perlu menghubungi pengurus agar mendapatkan kelas yang pas atau bisa bergabung saja saat datang.

Pengajar dari kalangan profesional yang sudah melakukan pementasan, semua yang akan pentas dilatih hingga gladi resik dan ada peminjamaan kostum tari.

Alamat Gg. Kenanga, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171
Jam BukaMinggu – Sabtu : 08.00 – 21.30
Hari libur jam buka beda
Kontak Reservasi 0857-0224-8858
FasilitasTempat latihan besar, tanpa AC hanya kipas angin, pengajar profesional, ada toilet dan parkiran mobil atau motor
Tarian yang diajarkanBerbagai tarian tradisional seperti tari dari jawa tengah, tarian dari Yogyakarta dan tarian tradisional dari daerah lainnya
BiayaGratis (hanya perlu menghubungi pengurus dan memberikan seikhlasnya)

Mila Art Dance School

Sanggar seni di Yogyakarta dengan konsep modern dan sudah memiliki kurikulum tersendiri. Maka jangan heran jika kelasnya hanya dibuka dalam periode tertentu saja, pasalnya ada ujian kenaikan juga.

Setiap muridnya yang ingin mengikuti kelas lebih lanjut atau lulus maka harus mengikuti ujian akhir yaitu Metamorfosa, ini juga berlaku bagi murid yang akan tampil untuk pementasan.

Lokasinya strategis, tempatnya nyaman, bersih meskipun setiap kelasnya ukurannya kelas. Hanya melayani kelas private max 20 orang saja, cocok untuk anak-anak hingga dewasa.

Alamat Jl. Kaliurang KM 5,2 Karang Wuni , Rt. 04 / Rw. 02, Caturtunggal, Depok, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Jam BukaSenin – Sabtu : 13.00 – 21.00
Minggu dan hari besar tutup
Kontak Reservasi 0821-3766-6606
FasilitasSistem kurikulum pembelajaran tari dan ada ujiannya, metamorfosa. Guru tari professional lulusan ISI. Ruangan les tari kecil tapi jumlahnya banyak dan nyaman. Ada wifi, toilet dan parkiran luas.
Tarian yang Diajarkantari tradisional jogja, tari bali, tarian sunda, tarian jawa, tarian sumatera, hip hop, balet, salsa dan olah tubuh (latin dance)
Fun dance seperti K-Pop, belly dance, senam aerobik, yoga dan kreasi anak
BiayaPendaftaran Rp. 25.000
Harga kursus tergantung kelas yang diambil

Sanggar Seni Yogya Siwa Nata Raja

Sanggar tari bali yang benar-benar di ajar langsung oleh penari atau instruktur dari Bali. Bahkan ada kelas khusus untuk anak-anak, dewasa hingga private yang bisa menyesuaikan jam les tari.

Selain itu ada juga les lukis jogja untuk anak-anak hingga dewasa, bahkan usia minimal hanya 4 tahun saja. Bisa memilih kelas reguler atau private, sesuai kenyamanan orang tua dan anak-anak.

Ada juga penyewaan konsum daerah, cukup lengkap bahkan ada rias pengantin juga. Mulai dari belajar hingga pementasan ini tempat yang tepat untuk mengasah ilmu tari daerah secara menyeluruh.

Alamat Jl. Sorogenen No. 8, Nitikan, Sorosutan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55162
Jam BukaSelasa – Minggu : 07.00 – 18.00
Senin dan hari besar tutup
Kontak Reservasi Kantor : (0274) 372969 / (0274) 380982
Tlp / Wa : 0878 3951 6888
Tlp / WA : 0822 6557 9888
Tlp / WA : 0857 7076 6999
FasilitasTempat latihan luas dan privat, di lengkapi dinding dan tertutup. Ruangan latihan ber AC dan kipas. Ada toilet dan parkiran luas. Ada penyewaan kontum dan perlengkapan tari.
Jenis Tari yang DiajarkanTari Bali, tari jawa klasik dan modern, Modern dance.
BiayaTari bali (reguler) : Pendaftaran Rp. 150.000 dan SPP Rp. 100.000 / pertemuan
Daftar ulang Rp. 25.000, bagi yang mengajukan cuti
Tari Bali (Privat) : Pendaftaran Rp. 150.000 dan SPP Rp. 175.000 / pertemuan
Tari Jawa klasik : Pendaftaran Rp. 150.000 dan SPP Rp. 100.000 / pertemuan
Tari Jawa Modern: Pendaftaran Rp. 150.000 dan SPP Rp. 150.000 / pertemuan
Mewarnai, Menggambar dan Melukis (reguler, Hanya hari kamis)
Pendaftaran Rp. 150.000 dan SPP Rp. 100.000 / pertemuan
Mewarnai, Menggambar dan Melukis (Privat, waktu bebas) :
Pendaftaran Rp. 150.000 dan SPP Rp. 100.000 / pertemuan

Sanggar Seni Kinanti Sekar

Sanggar kinanti jogja atau dikenali dengan SSKS jadi tempat yang tepat untuk belajar tari. Bukan hanya tari tradisional saja, namun memperlajari budaya dengan lebih menyeluruh.

Anak-anak hingga dewasa bisa belajar membaca aksara jawa, kelas nembang jawa dan ada penyewaan kostum dan gladi resik di mini panggung sebelum event di gelar.

Lokasinya strategis di pinggir jalan, jam bimbingan fleksible dan sore hingga malam hari. Sebaiknya ambil kelas outdoor saja karena bisa menari di alam terbuka pada sore hari, terasa sejuk, nyaman dan berbeda.

Alamat JL. Brigjend Katamso Prawirodirjan GM II/1226, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55121
Jam BukaSenin – Jumat : 16.00 – 22.00
Sabtu, Minggu & hari libur tutup
Kontak Reservasi 0812-2800-2213
FasilitasRuang kelas latihan tari indoor dan outdoor, mini panggung pertunjukan, pelatih tari profesional. Tempatnya bersih, nyaman dan ada toiletnya
Jenis Tari yang DiajarkanTarian jawa, tarian dari lagu jawa (tetembangan), tari klasik, tari kreasi, tari anak-anak
BiayaPendaftaran Rp. 150.000
Les tari Rp. 100.000 / bulan

Sanggar Tari Bali Saraswati

Nama sanggar tari bali yang melatih dalam bentuk yadnya atau melakukan persembahan khusus, ini bukan ditunjukkan untuk dewa saja melainkan orang yang menyaksikan pertunjukkan.

Cara mengajarkan tari dengan yadnya akan membuat penari memberikan performa dengan tulus, ikhlas dan mengeluarkan feel dalam dirinya. Bahkan ini diajarkan langsung oleh penari Bali.

Waktu latihan juga cukup fleksible dan bisa menentukan sendiri tanpa haru mengambil kelas privat. Selain itu ada gladi resik hingga H-1 sebelum pertunjukkan meskipun tidak ada penyewaan kostum.

Alamat Jl. Mawar No.2, Baciro, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225
Jam BukaMinggu – Sabtu : 11.00 – 21.00
Hari besar tutup
Kontak Reservasi (0274) 542852
FasilitasTempat latihan privat, nyaman dan ada pendingin ruangan. Diajar guru profesional bahkan ada guru asal bali. Tempatnya luas, ada ruang tunggu, ada parkiran untuk mobil dan motor
Jenis Tari yang Diajarkantari tradisional, tari legong kraton, tari nadi, tari kebyar duduk dan modern dance
BiayaBisa ditanyakan saat pendaftaran

Sanggar Tari Wiraga Apuletan

Sanggar tari anak yang super friendly, tempatnya nyaman dengan pengajar yang sabar dan berpengalaman. Banyak mengajarkan budaya jawa, memperkenalkan dengan sopan dan menyenangkan.

Sanggar tari yang berukuran cukup besar, lebih banyak didominasi anak-anak. Jam buka yang fleksible di sore hari hingga jam 7 malam, cocok sebagai ekstra tambahan sekaligus belajar budaya jawa.

Selain itu diperkenalkan budaya jawa lainnya seperti tari pewayangan, wayang jawa hingga kebudayaan jawa secara menyeluruh. Tagline nguri-nguri kabudayaan jawi kagem milenial.

Alamat Jl. Suryodiningratan No.886, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55141
Jam BukaSenin – Sabtu : 16.00 – 19.00
Minggu dan hari libur tutup
Kontak Reservasi (0274) 450123
FasilitasRuang latihan indoor dan outdoor, pengajar tari profesional lulusan ISI, ada tempat latihan privat, ada kipas angin, toilet dan parkiran cukup luas
Jenis Tari yang DiajarkanTarian tradisional, tari klasik, tarian khas Yogyakarta, tari jawa, tari pewayangan
Biaya Bisa ditanyakan saat pendaftaran

 Ndalem Pujokusuman

Pendopo ndalem pujokusuman jadi tempat yang tepat untuk belajar tari tradisional dan mengenal budaya jawa. Tempat tari untuk anak-anak hingga dewasa, bahkan tetap friendly untuk pemula.

Semua yang datang tanpa pengalaman akan di ajarkan tarian sederhana terlebih dahulu, sebelum masuk ke tari klasik atau diorama sendratari ramayana. Lokasinya di tengah kota, agak masuk gang sendiri.

Paling tepat datang ke sini pada selasa wage, karena ada latihan bersama untuk junior dan senior. Bahkan ada mini pertunjukkan jawa untuk umum secara gratis, asalkan tidak datang terlalu malam karena akan penuh.

Alamat Ndalem Pujokusuman, Keparakan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55152
Jam BukaSenin – Jumat : 10.00 – 15.00
Sabtu : 10.00 – 14.00
Minggu dan hari besar tutup
Kontak Reservasi (0274) 371 721
FasilitasRuang latihan indoor dan outdoor, ada pendopo untuk latihan dan tempat tunggu, parkiran motor dan mobil luas, ada toilet dan fasilitas umum untuk ibadah, ada perlengkapan gamelan lengkap dan wayang kulit
Jenis Tari yang DiajarkanTari jawa klasik, tari bedoyo, tari serimbi, tari wayang orang, diorama sendratari ramayana
Biaya Bisa ditanyakan saat pendaftaran

Yayasan Pamulang Beksa Sasminta Mardawa

Yayasan pamulang beksa sasmita mardawa jadi tempat latihan untuk penari yang akan mengikuti event nasional hingga internasional. Pelatihan dilakukan rutin karena beberapa penari akan tampil saat ada jamuan tamu penting.

Yayasan tari yang dimiliki pemerintah ini bisa diikuti siapa saja, asalkan lolos kualifikasi. Usia minimal tamatan SD hingga maksimal 25 tahun. Diutamakan masih bersekolah dan belum menikah.

Tarian yang diajarkan khas Yogyakarta, seperti tari klasik gaya Yogyakarta, tari kraton (biasanya dilakukan putri raja atau keluarga kerajaan) juga tarian untuk penyambutan tamu negara.

Alamat Jl. Dipokusuman No.309, Keparakan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55152
Jam BukaHanya saat ada event skala nasional saja
Kontak Reservasi (0274) 371721
FasilitasRuang latihan dilengkapi kaca dan pendingin ruangan, ruang tunggu, mini dapur dan parkiran luas untuk mobil dan motor
Jenis Tari yang Diajarkantari klasik gaya Yogyakarta, tarian istana (keraton), tari tetembangan, tarian rakyat, tarian persembahan untuk tamu agung
BiayaDibiayai pemerintah, hanya yang lolos kualifikasi saja

Sanggar Tari Kembang Sore Pusat

Sanggar tari jawa yang ramah untuk anak-anak, mengajarkan tari untuk anak hingga dewasa. Lokasinya cukup strategis namun agak masuk dalam gang dengan tempat yang luas dan ada parkiran untuk mobil juga motor.

Waktu latihan untuk anak-anak di sore hari setelah pulang sekolah dan berakhir sebelum petang. Cocok untuk memperkenalkan budaya jawa dengan nyaman dan menyalurkan bakar anak.

Tempat latihan luas, ada indoor dan outdoor. Memang agak masuk ke gang, namun bisa memberikan kenyamanan dan keamanan karena tidak terlalu berisik dan jadi lebih tenang. 

Alamat JL. Raya Yogya – Solo, Sorogenan II, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
Jam BukaMinggu – Sabtu : 08.00 – 18.00
Hari besar tutup
Kontak Reservasi (0274) 497395
FasilitasTempat latihan indoor dan outdoor, pelatihan profesional dari ISI, tempatnya bersih dan nyaman, ada kamar mandi dan tempat ibadah. Parkiran luas untuk mobil juga motor
Jenis Tari yang DiajarkanTari jawa, tari klasik khas Yogyakarta, tari tetembangan
Biaya Bisa ditanyakan saat pendaftaran

Tidak sulit memang menemukan sanggar tari di jogja, karena ada banyak tempat yang dapat memperkenalkan budaya jawa. Bahkan ramah untuk anak-anak, mengajarkan tari dengan tulus dan nyaman.

Kapan lagi ke Jogja tanpa mengenal budayanya? Inilah waktunya bagi milenial untuk nguri-nguri budaya jawa, sanggar tari ini sangat nyaman kok bahkan ada yang pernah masuk screen dalam film nasional loh.

error: Disable