Air Terjun Kedung Pedut, Patahan Surga di Kulon Progo

Diposting pada

Cari tempat wisata air terjun di Jogja yang mudah dijangkau? Pergi ke Air Terjun Kedung pedut saja. Selain lokasi berenangnya banyak, wisatawan juga bisa menjajal flying fox yang menjadi salah satu icon populer di tempat wisata ini.

Jam Buka:07.00-17.00 WIB
Harga Tiket:Rp. 5.000/orang
Kontak:
Alamat:Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo,Daerah Istimewa Yogyakarta 55674
Fasilitas Umum:Mushola, Gazebo, Warung, dan Flying fox.
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Air Terjun Kedung pedut
Foto (c) @sendohjogja

Liburan telah tiba, saat nya mencari destinasi untuk dolan ke berbagai tempat wisata memanfaatkan waktu libur agar tidak terbuang sia-sia. Salah satu pilihan yang bisa di pilih adalah Yogyakarta, tempat ini mempunyai berjuta pesona yang tidak ada habisnya.

Kulon progo adalah kawasan yang hadir dengan berbagai macam pariwisata esoktis. hanya saja, kawasan ini terlalu jauh bila di tempuh dari Yogyakarta. Walau jauh, kulon progo mempunyai berbagai macam panorama yang menarik berjajar diantara perbukitan menoreh.

Objek wisata tersebut adalah Air Terjun Kedung pedut. Penasaran dengan tempat ini. Mari kita lanjutkan penjelajahan tentang Kedung Pedut di bawah ini,

Air Terjun Kedung Pedut

Mengunjungi kawasan ini seperti sebuah mimpi karena, tempat ini bagaikan sebuah lukisan. Pemandangan airnya yang jernih berwarna biru berasal dari Gunung Kelir. Dimana, tempat ini adalah gunung kapur yang berada di wilayah kulo progo dan juga purworejo, Jawa Tengah.

Baca Juga:  Gambar Pantai Lampon Kebumen, Tiket Masuk dan Peta Lokasi

Objek wisata andalan warga kulon progo ini baru saja di buka pada tanggal tanggal 15 februari 2015. Bagi warga sekitar kedung pedut, tempat ini juga di sebut dengan waterpark alami. Karena, terdapat sebuah kolam renag alami yang bisa dinikmati.

Nah, sumber dari kolam renang yang terbentuk secara alami ini berasal dari terjunan air kedung pedut yang begitu deras. Salah satu daya tarik dari kawasan ini adalah hadirnya berbagai macam kolam air yang menawan.

Nah, kolam ini memliki berbagai warna seperti hijau tosca dan juga warna air yang begitu jernih. Nah, menikmati kawasan ini bisa di lihat dari atas gardu pandang. Pesona biru dan bebatuan karst akan terasa menawan di hati.

Untuk menambah keindahan kawasan ini. pihak pengelola, menambah sarana jembatan. Nah, jembatan ini terbuat dari kayu-kayu yang kokoh. Biasanya disini pula sobat travel memanfaatkannya untuk selfie dan sekedar foto.

Kemudian, ada juga kursi bagi sobat travel yang lelah dan ingin beristirahat. serta berbagai macam pancuran air yang foto genic terbuat dari bambu. Nuansa ini seperti di pedesaan dengan pemandangan yang sangat asri.

Berada di sini memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena, berenang di kolam alami ini sangat menyenangkan. Kesegaran air nya memang tidak ada yang bisa mengalahkannya. Sehingga, banyak sobat travel yang rela untuk berlama-lama.

Baca Juga:  Hutan Pinus Pengger Bantul

Di bawah guyuran air dari kedung pedut ada sebuah cekungan yang memiliki kedalam sekitar dada orang dewasa. Tak jarang banyak sobat travel yang memanfaatkan cekungan ini untuk berenang atau melompat dari atas tebing. Menarik sekali bukan?

Tetapi, banyak warga yang tidak menyarankan untuk bermain disini. karena, kawasan ini cukup berbahaya dan bisa terjadi luapan air mendadak. Jadi, lebih baik selfi-selfi saja di kawasan ini dan mencari aman.

Tempat ini mempunyai 5 mata air yaitu kedung anyes, kedung lanang, kedung wedok, kedung merak, dan juga kedung merang. Dimana, ke lima kedung atau sumber mata air ini mempunyai kedalaman yang berbeda-beda.  Mulai dari 2 meter hingga 5 meter.

Nah, menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dimana, hijau tosca disini adalah pantulan dari sinar matahari yang begitu terik. Matahari ini mengenai bebatuan dari pegunungan menoreh

Nah, sumber utama dari air terjun ini adalah sungai mudal yang ada tak jauh dari kedung pedut. Air sungai mudal juga menjadi, sumber air utama beberapa air terjun yang ada di wilayah perbukitan menoreh ini. Jangan lupa ulasan pengguna

Letak LokasiAir Terjun Kedung Pedut

Letak lokasi Air terjun kedung pedut berada di Dusun kembang, Desa Jatimulya, Kecamatan girimulya, Kabupaten Kulon progo, Daerah istimewa Yogyakarta. Titik poinnya adalah jalan godean. Kemudian, lanjutkan perjalanan  menuju kearah nanggulan.

Lalu, arahkan kendaraan menuju ke perbukitan hingga menuju ke Goa kiskendo. Setelah perjalanan kurang lebih 5 km dari goa ini, wisatawan belok ke kiri kearah papan petunjuk yang sudah hadir di area ini.

Baca Juga:  Menjajaki Berbagai Tebing dan Spot Eksotis di Pantai Siung

Jalanan di kawasan ini memang naik turun. Tetapi, sudah sangat halus. Dan cukup lebar sehingga, sobat travel bisa sedikit bernafas lega bila mengunjungi kawasan ini. setelah sampai di depan pintu masuk kedung pedut sobat travel wajib berjalan sejauh 20 menit.

Perjalanan dari pintu gerbang menuju ke titik lokasi memang sudah sangat asri. Dengan berbagai pepohonan yang menjulang tinggi. Cobalah hirup udara segar di kawasan ini, oksigen ini akan merasuk hingga ke dalam sanubari.

Harga Tiket MasukAir Terjun Kedung Pedut

Untuk menikmati kawasan ini sobat travel akan di tarik dana sebesar 3 ribu rupiah. di tambah dengan uang parkir untuk mobil dikenakan tarif sebesar 5 ribu rupiah. dan untuk kendaraan bermotor akan di tarik dengan harga 2 ribu rupiah.

Bagi sobat travel yang mengunjungi kawasan ini, harap tempat sampah untuk di buang pada tempatnya. Agar menambah keasrian dan eloknya kawasan ini. Karena, dengan kehadiran sampah pemandangan akan terasa kurang nyaman.

Galeri Foto Kedung Pedut

Kedung pedut
Foto (c) @dias.kurniawan
Kedung pedut
Foto (c) @faisalalauddin
Kedung pedut
Foto (c) @fibriantika21
Kedung pedut
Foto (c) @priyohers
Kedung pedut
Foto (c) @sendohjogja
Kedung pedut
Foto (c) @zkhrnb

Baca juga Kalibiru, Cikal Bakal Wisata Perbukitan Indonesia

Air terjun kedung pedut adalah kawasan yang tidak boleh ditinggalkan saat sobat travel berkunjung ke kulon progo. Rasakan kesejukan dan kesegaram alami dari kawasan ini. Jadi, kapan sobat travel mau mengunjungi kawasan ini?

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara: