Wisata Seru di Ketinggian Kalibiru Yogyakarta

2 min read

Kalibiru

Ingin membunuh penat akan rutinitas yang membosankan di setiap hari dengan hiburan semilir angin di ketinggian? yuk ke Kalibiru yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Kalibiru
Sumber Gambar: Instagram.com/dinisetiahati
Jam Buka:08.00-17.00 WIB
Harga Tiket:Rp. 5.000/orang
Kontak:  081392947249
Kegiatan:Olahraga ketinggian, fotografi, bermain
Waktu Kunjungan:
3 Jam
Alamat: Jalan Waduk Sermo, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia , 55653.
Fasilitas Umum:Mushola, Penginapan, dan camping ground
Online Maps:View Maps

Mungkin kamu bosan dengan wisata yang berupa tempat bermain yang sering dijumpai di perkotaan atau mall. Nah, mungkin kamu bisa melakukan pelarian dengan wisata ke tempat-tempat ketinggian yang ada di kota Yogyakarta.

Berada di ketinggian menyaksikan pepohonan hijau dari atas dapat meringankan stress yang mungkin sedang kamu miliki. Kamu pun bisa ber swa foto dan mencoba berbagai wahana ketinggian yang menantang adrenalin. Jadi mau kan mencoba mengunjungi Kalibiru di Kulon Progo, Yogyakarta ini?

Kalibiru sendiri
Sumber Gambar: Instagram.com/hikarizain
Kalibiru Sepeda
Sumber Gambar: Instagram.com/ajengmstikap_
Kalibiru Ayunan
Sumber Gambar: Instagram.com/destykusumasari
Kalibiru Lompat
Sumber Gambar: Instagram.com/adm.santoso

Kalibiru Kulon Progo

Tempat wisata ini terletak di kawasan hutan Kalibiru yang lokasinya ada di area Perbukitan Menoreh. Dengan ketinggian sekitar 450 MDPL membuat tempat ini menjadi incaran para travellers karena selain udara sejuk yang tidak terlalu termakan polusi, juga view daratam hutan hijau yang menawan.

Selain itu kamu juga bisa menikmati beberapa wahana yang memacu adrenalin untuk dicoba. Seperti flying fox atau bahkan berpose dengan media di ketinggian yang tidak semua orang berani coba. Nah kalau kamu sendiri bagaimana nih? tertarik? yuk simak terus ya!

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Beberapa aktivitas dapat kamu lakukan sekaligus dalam seharian demi hasrat explore Kalibiru. Banyak permainan tersedia yang akan membuatmu menikmati liburanmu kali ini, namun tetap ada charge sendiri ya untuk tiap wahana yang ingin kamu explore, tidak include dalam harga tiket masuknya.

Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dapat kamu nikmati di Kalibiru, jadi kalau kamu mau nyobain yang mana nih?

  • Rumah pohon
  • Spot oval
  • Spot bunga
  • Spot Panggung
  • Spot bundar
  • Sepeda langit
  • Kano terbang
  • Ayunan ketinggian
  • Flying fox
  • High rope games
  • MTB Downhill Track

Harga Tiket Masuk

Tenang kok, destinasi ini mematok harga tiket masuk yang masih sangat relatif terjangkau bagi kantong kamu. Para travellers hanya diwajibkan membayar biaya retribusi untuk masuk sebesar Rp. 5000 saja, jika kamu ingin mengambil beberapa kenangan di spot foto, ada harga sendiri ya seperti berikut :

Kategori Harga
Tiket Masuk / OrangRp5.000
Parkir MobilRp5.000
Parkir MotorRp3.000
Spot High Rope Game (HRG)Rp35.000
Spot Foto Rp15.000 – Rp. 30.000

Benar kan, murah? oiya, harga juga bisa berubah sewaktu-waktu ya. Jadi jangan ketinggalan update.

Dan jika kamu meutuskan untuk berlibur beberapa hari dan menginap, warga sekitar juga menyediakan beberapa homestay yang bisa kamu jadikan rujukan ya saat kesana.

Harganya pun sangat murah, yaitu kisaran Rp. 120.000 – Rp. 250.000 saja. Nah, gimana? semakin menarik untuk dikunjungi kan? bermalam di ketinggian sambil melihat bintang lebih jelas, karena terbebas dari polusi cahaya.

Akses dan Rute Tempat Wisata

Untuk menemukan lokasi Kalibiru sangat mudah kok. Meskipun agak jauh dari pusat kota, tapi worth it lah dengan apa yang akan kamu dapatkan disana.

Kamu bisa mencari rute terdekat melalui google maps, atau tidak ingat-ingat saja ancer-ancer berikut. Dimulai perjalanan dari pusat kota ya.

Kira-kira begini, Jika kamu dari pusat Kota Jogja, lalu arahkan kendaraan menuju ke Barat – Jalan Wates – Terminal Wates – selanjutnya hanya ikuti petunjuk arah ke Waduk Sermo – selepas itu, masuk kawasan Waduk Sermo – ikuti lurus petunjuk jalan menuju Kalibiru. Cukup mudah kan?

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang dimiliki Kalibiru sendiri ini sudah cukup oke kok dengan beberapa kebutuhan pengunjung seperti berikut ini:

  1. Tempat makan
  2. Meeting area
  3. MUSHOLA
  4. Tempat parkir luas
  5. Penginapan (homestay)

Waktu Paling Tepat Mengunjungi Kalibiru

Pasti kamu ingin kan meraskan suasana menyenangkan bersama dengan asrinya alam. Untuk suasana sedikit romantis dan melankolis, datanglah saat sore hari menuju senja.

Karena terdapat sebuah pohon pinus yang terletak di sisi jurang. Nah dari tempat itu kamu akan melihat indahnya pegunungan menoreh. Ada beberapa tangga yang aman yang perlu kamu naiki untuk duduk di papan kayu. Hanya hirup udara bebas, hembuskan perlahan, lupakan masalah di kota, dan kamu akan merasa seperti hidup kembali.

Selain sunset, sunrise juga merupakan waktu tepat untuk berkunjung. Selain menentramkan hati, bagi kamu yang hobby fotografi, tentu tak mau melewatkan moment indah yang kece untuk di jepret kan?

Overall, Kalibiru merupakan tempat wisata yang memiliki nilai keindahan tersendiri untuk mendamaikan pikiran. Selain itu bagi kamu yang ingin merapikan feed instagram supaya terlihat semakin keren. Kalibiru memiliki banyak spot yang oke, yang ternyata juga bisa kamu gunakan untuk sesi pre wedding.

Dengan Harga Tiket Masuk yang affordable dan fasilitas memadai, patutlah Kalibiru menjadi referensi wisata untuk akhir pekanmu.

Dan ya, jangan lupa ajak sahabat, pasangan, teman kerja ataupun keluarga ya. Untuk menguji adrenalin, sekaligus merecharge energy. Cheers!

error: Disable