Kalibiru, Cikal Bakal Wisata Perbukitan Indonesia

Kalibiru adalah daerah yang berada di Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ini menjadi destinasi wisata lantaran memiliki spot foto yang mengagumkan diatas Bukit.

Jam Buka:07.00-17.00 WIB
Harga Tiket:Rp. 5.000/orang
Kontak:081392947249
Alamat:Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
Fasilitas Umum:Mushola, Gazebo, dan Spot Foto.
Akses Jalan:Jalan bagus, tetapi ada tanjakan yang cukup curam.
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Kalibiru
Foto (c) @nour.brahimii

Kulon Progo, adakah yang mengenal kawasan ini? tempat terindah selain Gunung Kidul ini memang belum terlalu terekspos secara mendalam. Salah satu alasan mengapa tempat ini belum begitu dikenal adalah tempatnya yang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Tetapi, hanya Kulon Progo saja yang namanya belum di kenal. Salah satu objek wisatanya sudah terkenal dan menjadi pelopor dari lahirnya objek wisata perbukitan. Tempat tersebut adalah Kalibiru, Nama yang tenar dengan tempat terindah melihat waduk sermo.

Kalibiru

Bisa di bilang, inilah pelopor berkembangnya objek wisata di Kulon Progo. Menawarkan konsep berbeda di kala itu membuat nama kabupaten Kulon Progo di lirik sebagian sobat travel di seluruh Indonesia dan juga sobat travel mancanegara.

Keindahannya menatap alam dengan suasana dan nuansa tenang khas hutan, menjadikan kalibiru semakin di kenal, menghadirkan perbincangan di kalangan nitizen. Tidak hanya itu, hadirnya flying fox, menjadi daya tarik utama objek wisata ini.

Baca Juga:  Tiket Masuk dan Rute Menuju Pantai Menganti Kebumen + Penginapan Terdekat

Rasakan pengalaman meluncur dengan tali panjang menikmati keindahan alam. Rasa deg-degan bercampur dengan suka cita menjadi sebuah suasana hati yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Selain bergelantungan di tali nan panjang, sobat travel juga bisa menikmati sajian high rope. Permainan out bond ini menjadi tantangan dan keseruan tersendiri. Lantaran, setiap peserta akan disuguhkan dengan berbagai macam tantangan menarik.

Seperti, Memanjat batu, meniti jaring, kemudian berjalan di jembatan dengan ketinggian yang menggemaskan. Masih berpikir tentang keselamatan? Tenang saja, semua yang hadir di sini sudah dilengkapi fasilitas keamanan tinggi. Jadi, sangat aman dan terpwercaya.

Wahana flying fox sendiri memiliki dua ukuran ketinggian yang bisa dipilih. Ada yang 50 meter, atau juga bisa memilih yang 85 meter. Semakin tinggi yang di pilih semakin, menghadirkan adrenalin yang dijamin bakal mengasyikkan dan menggemaskan.

Menikmati Kalibiru tidak hanya dengan wahana outbond saja. Sobat travel juga bisa trekking melintasi setiap sudut kawasan ini. berjalan menyusuri liku kehidupan kawasan ini memang menarik.

Sobat travel akan disuguhkan pemandangan menarik berupa pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Tak jarang pula kabut-kabut tipis yang menambah eloknya alam ini. sungguh, inilah ciptaan Tuhan yang tidak bisa didustakan oleh apa pun.

Perbukitan menoreh yang di pandang ini dahulunya merupakan benteng peperangan pangeran diponegoro dalam melawan musuh. Dimana, startegi perang beliau memang paling ditakuti. Hingga, akhirnya pangeran diponegoro di perdaya dan di buang ke Sulawesi.

Baca Juga:  Harga Tiket Masuk dan Peta Lokasi Ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Terakhir, saatnya berdiam diri dan rasakan kesejukan yang hadir melalui semilir angin sepoi-sepoi. Sungguh, kedamaian, ketenangan akan terasa sampai ke hati. Apalagi, saat sinar senja datang menghadirkan warna langit berbeda.

Inilah lukisan alam dari kulon progo. Pesona sunset yang begitu cantik terlihat, berpadu dengan langit yang berwarna jingga ada pula sebagian keemasan. Momen yang hanya akan terjadi di Kalibiru, jadi, jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikannya ya.

Pesona siluetnya itu lho, bikin gemas. Ada lagi yang bikin gemas yaitu, spot foto selfi yang berada di sini. Tepatnya sebelum masuk ke area, ada sebuah rumah hobbit lucu berada di bawah tulisan kalibiru.

Setelah puas berkeliling kawasan ini, saatnya pergi ke warung-warung dan menikmati sajian kuliner yang nikmat. Ada berbagai macam menu yang bisa di pilih di sini. Harganya pun juga sangat bersahabat.

Perlu diketahui bahwa, kawasan ini masih menjadi idaman bagi sebagian sobat travel. Jadi, datang lebih awal adalah sebuah kewajiban. Karena, wahana outbond disini begitu banyak peminatnya. Bisa-bisa antri panjang atau malah tidak kebagian permainannya.

Letak Lokasi

Kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bila sobat travel hendak ke tempat ini satu-satunya cara menuju ke sini hanya menggunakan kendaraan pribadi saja.

Untuk rute yang harus dilalui bisa dari Jogja menuju ke sentolo kemudian, arahkan kendaraan menuju ke pengasih. Selanjutnya lanjutkan perjalanan menuju ke alun-alun wates. Lalu, arahkan kendaraan menuju ke RSUD wates, berjalan ke Beji, Sermo dan sampai di Kalibiru.

Baca Juga:  Wisata Murah Meriah Di Tangerang Situ Cipondoh, Peta Lokasi + Harga Tiket Masuk

Jalan yang harus di tempuh memang sudah baik dan halus seperti kapas. Tetapi, yang perlu di perhatikan adalah tekstur jalannya yang berkelok-kelok. Dan juga tanjakan yang cukup tajam untuk sampai di kawasan ini, jadi sobat travel di sarankan untuk berhati-hati.

Harga Tiket Masuk

Harga yang harus di bayar untuk menikmati kawasan ini adalah 5 ribu rupiah. di tambah dengan biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah untuk mobil. Dan 1 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor. Harga yang cukup murah bukan?

Nah, untuk bisa menikmati beberapa sajian wahana outbond, sobat travel bisa membayarnya dengan tarif 20 ribu rupiah saja. untuk anak-anak, kawasan ini akan menerapkan tarif 10 ribu rupiah.

Galeri Foto Kalibur Jogja

Kalibiru
Foto (c) @zazirulexplore
Kalibiru
Foto (c) @maz_yunan21
Kalibiru
Foto (c) @innes174
Kalibiru
Foto (c) @dhony_satriapawa
Kalibiru
Foto (c) @anggita_fitri_17

Baca juga: Pesona Baru Hutan Mangrove Kulon Progo

Bagaimana dengan keindahan Kalibiru ini? Mempesona sekali bukan, jangan lupa untuk menyempatkan waktu menikmati berbagai macam keindahan yang tersaji di Kulon Progo. Khususnya Kalibiru, Jadi kapan sobat travel mau berkunjung ke kawasan ini?

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"