Wisata Sungai di dalam Goa Pindul

Goa pindul adalah wisata yang wajib kalian kunjungi jika tujuan wisata Anda adalah ‘goa’. Tempat ini begitu populer dikalangan masyarakat, karena wisatawan dapat menelusuri sungai yang berada di dalam GOA.

Jam Buka:07.00–16.30 WIB
Harga Tiket:Rp. 50.000/orang
Kontak:0822-2116-3661
Alamat:Gelaran2, RT.03/RW.16, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891
Fasilitas Umum:Toilet, Tempat Ganti, Warung, Tempat Parkir, Dll
Akses Jalan:Baik (gunakan kendaraan pribadi)
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Goa Pindul

Yang unik dari goa satu ini adalah di dalam goa tersebut terdapat air jernih yang mengalir sepanjang lorong-lorong. Dapat disebut sebagai wisata air, sekaligus alam bebatuan dari goa yang melingkupi daerah mereka. Itulah goa pindul, goa yang akan kita bahas kali ini.

Airnya sangat jernih, sejuk nan segar, juga aman bila digunakan untuk berenang. Mungkin di tempat kolam renang, Anda tak bisa menemukan sensasi seperti ini. Yaitu berenang di bawah bebatuan.

Airnya juga sangat segar, mengingat itu mata air alami, tidak ada tambahan senyawa kimia atau lainnya.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini adalah berenang, mengambil gambar, juga yang tak boleh ketinggalan dan wajib Anda lakukan adalah menyusuri goa dengan ban.

Istilahnya disebut sebagai cave tubing. Rasakanlah nikmatnya menyusuri aliran sungai yang mengalir tenang sambil dimanjakan oleh bebatuan yang ada di sekeliling kalian di atas ban yang saling terhubung dengan ban peserta lain.

Daya Tarik Wisata Goa Pindul

Selain sungainya yang menjadi daya tarik utama, di dinding goa terdapat stalagmit berukuran besar. Ukurannya kira-kira sebesar ukuran 5 tangan orang dewasa. Dinobatkan sebagai stalagmit terbesar yang menduduki peringkat ke-4 di dunia.

Baca Juga:  Pesona Wisata Treetop Adventure Park Kota Semarang

Katanya, tetesan air dari stalagmit tersebut, untuk pria bisa meningkatkan vitalitas mereka. Sementara untuk wanita, dapat menambah kecantikan dan membuat Anda terlihat awet muda.

Dengan lebar sekitar 5 meter dan panjang lorong sampai 350 meter. Ada beberapa lintasan yang wajib Anda lewati. Seperti goa pindul zona terang, zona remang dan zona terang.

Ketiga zona itu berada di tempat berbeda. Misal saja di zona remang, letaknya beberapa meter dari pintu masuk goa. Bukan hanya itu, di beberapa tempat, kalian bisa melihat langit-langit goa yang terdapat lubang besar.

Jika cuacanya mendukung, keindahan pemandangan cahaya matahari membias dari lubang tersebut, lalu memantul ke air sungai, itu adalah saat-saat paling indah. Cahayanya seperti cahaya surga di tengah remang-remangnya suasana goa.

Kalian bisa menemui beberapa kelelawar di tengah perjalanan menyusuri goa ini. Mata kalian pun tak lepas dimanjakan dengan ornamen memukau yang ada di dinding goa. Berada di goa tersebut, seperti berada di dalam lukisan yang banyak kita lihat selama ini.

Terdapat goa, bebatuan, air, kelelawar, dan cahaya. Indah sekali.

Menyusuri goa ini, kalian dapat memanfaatkan pelampuang maupun ban. Meyusuri bersama teman-teman dijamin seru,ditambah lagi kalau di genggaman kalian terdapat kamera.

Para fotografer wajib mencoba menjepret pemandangan indah ini.

Baca juga: Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Baca Juga:  Pantai Sadranan Gunung Kidul Wisata Populer di Jogja

Sejarah Goa Pindul

Nama goa pindul ini, ternyata memiliki sejarah sendiri. Kenapa dinamakan pindul? Sementara nama goa-nya sendiri kita sudah tahu kalau itu didasarkan pada nama alamnya.

Lalu apa yang melatarbelakangi penamaan pindul ini?

Kisah ini dimulai ketika 2 manusia sakti bernama  Ki Ageng Pemanahan dan Ki juru Mertani, diperintahkan untuk membunuh seorang bayi. Tapi diam-diam, mereka membantah misi tersebut.

Mereka tidak membunuh bayi tersebut. Mereka menyelamatkannya. Ki Ageng Pemanahan dan Ki juru Mertani menyusuri perbukitan, membawa bayi itu jauh dari raja yang bernafsu membunuh bayi tersebut.

Di tengah perjalanan, sang bayi tiada henti menangis. Niatnya akan mereka mandikan, tapi mereka tidak melihat ada sumber mata air di sana.

Maka mereka pun meuju perbukitan. Karena terlalu sakti, saat menghempaskan kaki ke perbukitan, bukit tersebut membentuk lorong yang menciptakan goa. Di dalam goa itu terdapat air yang mengalir. Dan di sana, bayi itu pun dimandikan.

Saat memandikan sang bayi, mereka melakukannya dengan terburu-buru, dan tidak sengaja pipi bayi tersebut terantuk dengan bebatuan goa yang menciptakan ‘pindul’ di pipinya. Atau dalam bahasa kita disebut sebagai benjol.

Maka terciptalah goa pindul tersebut.

Begitulah sejarah mereka. Tapi secara realita yang ada, tidak ada yang tahu benar dengan asal usul goa ini. Mungkin anda tertarik membaca info Pantai Indrayanti Gunungkidul

Baca Juga:  Pantai Nglambor, Disini Liburan yang Sesungguhnya

Mereka cuma tahu bahwa goa ini goa yang sudah ada beribu-ribu tahun yang lalu.

Sebut saja sebagai goa purba. Dan karena kita tinggal di Indonesia, jadi tak ayal muncul sejarah yang bersifat legenda ini.

Tergantung kalian, percaya atau tidak itu terserah pada pribadi masing-masing.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul

Cukup dengan uang 50.000, itu sudah termasuk ke dalam tiket masuk, sewa pelampung, ban pinggang, pelatihan penyusuran goa dan pemandu.

Harga yang sangat murah untuk satu paket lengkap kenikmatan wisata yang menjadi primadona kota Yogjakarta ini.

Lokasi Wisata Goa Pindul

Letaknya berada jauh dari pusat kota Yogyakarta. Kendati demikian, untuk menempuh perjalanan kita diberikan jalanan beraspal mulus, hingga cocok dilalui oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Alamatnya sendiri berada di jalan Gelaran2, RT.03/RW.16, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891.

Galeri Foto Goa Pindul

Goa Pindul
Goa Pindul
Goa Pindul
Goa Pindul
Goa Pindul

Bagaimana? apakah anda tertarik untuk berkunjung ke Goa Pindul Gunungkidul? Jika ingin menikmati keindahan alam dengan puas, datanglah ketempat ini pada weekday. Sekian informasi yang bisa kami berikan.

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"
Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.