Menikmati Libuaran Yang Menyenangkan di Curug Ciherang

Diposting pada

Di Curug Ciherang kamu bisa bersantai, trekking, camping, hunting foto hingga berenang.

curug-ciherang-bogor
via instagram/curug_ciherang
Jam Buka:07.00-18.00 WIB.
Tiket Masuk:Rp. 40.000 / Orang.
Nomor Telpon:0812-8992-5596.
Aktivitas:Bersantai, Mandi, Berfoto, Camping.
Waktu Terbaik:09.00 – 11.00 WIB.
Perlu Dibawa:Jaket, Pakain Ganti, Alat Komunikasi.
Larangan:Tidak boleh mengotori tempat wisata, Jaga sopan santun.
Alamat:Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.
Fasilitas Umum:Area Parkir, Mushola, Toilet, Kamar Mandi, Warung Makan, dll.
Akses Jalan:Cukup Bagus
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Kota Bogor memiliki puluhan air terjun atau curug yang beberapa diantaranya telah dikenal sebagai destinasi wisata favorit di kalangan wisatawan.

Salah satu curug yang difavoritkan tersebut, ialah Curug Ciherang yang saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai wahana yang pastinya akan disukai kaum milenials.

Karena itu jika kamu sedang berlibur di kota Bogor dan bingung mau liburan kemana, maka datang saja ke Curug Ciherang dan kamu akan mendapatkan sensasi berlibur yang sangat menyenangkan.

kolam-renang-curug-ciherang
via instagram/curug_ciherang
rumah-pohon-curug-ciherang
via instagram/curug_ciherang
jembatan-gantung-curug-ciherang
via instagram/curug_ciherang
penginapan-curug-ciherang
via instagram/curug_ciherang
review-curug-ciherang
via instagram/curug_ciherang
curug-ciherang-tiket-masuk
via instagram/curug_ciherang
spot-foto-curug-ciherang
via instagram/curug_ciherang

Sekilas Curug Ciherang

Curug Ciherang adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di dataran tinggi Bogor yang terkenal dengan keindahan dan kesejukan kawasannya.

Berlokasi di lereng Gunung Batu, curug ini menawarkan daya tarik berupa keindahan alam berhias tanaman dan pepohonan lebat serta vew pegunungan di kejauhan sana.

Curug Ciherang sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga. di sana kamu bisa melakukan banyak hal untuk mengisi waktu libur mulai dari bersantai hingga hunting foto.

Daya Tarik Curug Ciherang

Curug Ciherang terletak di ketinggian sekitar 900 mdpl. Hal ini membuat suhu udara di kawasannya terasa sejuk dan menenangkan.

Saat sampai di lokasi curug, kamu akan takjub dengan pesona curug ini yang menjulang setinggi 30 meter dihiasi pesona gradasi warna lumut yang menempel di dinding dan celah-celah batu.

Curug Ciherang memiliki ciri khas berupa undakan bebatuan yang membentuk cekungan. Di sinilah kamu bisa mandi ataupun bermain air untuk menikmati segarnya air pegunungan asli yang bersih dan jernih.

Melempar pandangan ke sekitar lokasi, rasa damai akan segera hadir memberikan suasana tak tergambarkan sebagai puncak kenikmatan wisata kamu di Curug Ciherang.

Curug Ciherang tidak hanya menawarkan daya tarik berupa keindahan curug dan keasrian kawasan sekitarnya saja. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sana selain bersantai di lokasi curug.

Misalnya jika kamu ingin mengabadikan momen liburan mu, tidak jauh dari lokasi curug ini sudah tersedia spot cantik berupa rumah pohon dan jembatan gantung sebagai tempat berfoto.

Selain itu di sekitar curug ciherang juga tersedia area camping ground. Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi camping di atas dataran tinggi dan berbaur dengan alam, kamu bisa camping di sana dengan membayar biaya sewa lahan beberapa puluh ribu saja.

Dan bagi kamu yang ingin menginap, kamu juga bisa memilih beberapa villa dan hotel dengan harga sewa yang cukup terjangkau.

Jika dirangkum, beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di curug ini antar lain :

  • Trekking
  • Bersantai
  • Hunting foto
  • Camping
  • Mandi di kolam alami dan kolam renang

ya, perjalanan dari area parkir ke lokasi curug ini memang memungkinkan untuk trekking ringan. Jarak lokasi parkir ke lokasi curug lumayan jauh dan dihubungkan dengan jalan setapak yang agak menanjak.

Sebelum sampai di lokasi curug, kamu bisa trekking sekitar 15 menit sambil menikmati keindahan alam yang membentang di kanan kiri jalan.

Tidak hanya itu, Curug Ciherang saat ini juga dilengkapi dengan sebuah wahana kolam renang dengan hiasan replika kapal laut yang unik.

Jadi kalau kamu bosan main air di lokasi curug, kamu bisa melipir ke kolam renang Curug Ciherang dan berenang sepuasnya sambil menikmati landscape pemandangan hijau di bawah mu.

Kawasan kolam renang ini juga cukup bersih dan sering dijadikan spot berfoto.

Misteri dan Mitos Curug Ciherang

Selain keindahan curug beserta kawasan sekitarnya, Curug Ciherang menjadi menarik untuk dikunjungi karena keberadaan misteri dan mitos yang melingkupinya.

Konon, curug ini merupakan lokasi pemandian raja-raja zaman dulu sehingga sampai sekarang masih meninggalkan tuah bagi pengunjung yang datang.

Warga sekitar dan beberapa wisatawan meyakini, siapapun yang mandi atau cuci muka dengan air curug ini maka akan sembuh dari segala penyakit dan akan membuatnya semakin perkasa.

Meskipun belum tentu kebenarannya, misteri serta mitos Curug Ciherang ini seolah telah menjadi salah satu hal menarik dan menjadi alasan yang kuat bagi para pelancong untuk datang mengunjunginya.

Jam Buka Curug Ciherang

Curug ini bisa kamu kunjungi kapan saja setiap hari. Jam bukanya dimulai dari pukul 07.00 hingga pukul 18.00 WIB.

HariJam Buka
Setiap Hari07.00 – 18.00 WIB

Sementara untuk waktu kunjungan terbaik, kami sarankan agar kamu datang ke Curug Ciherang pada pukul 09.00 sampai pukul 11.00 WIB agar bisa menikmati keindahan curug dan bisa beraktifitas dengan lebih leluasa.

Kalaupun kamu ingin menghabiskan waktu lebih lama, disarankan agar kamu tidak pulang terlalu sore untuk menghindari kemungkinan terjebak gelap saat perjalanan pulang.

Harga Tiket Masuk Curug Ciherang

Untuk memasuki kawasan Curug Ciherang, kamu diharuskan untuk membeli tiket masuk dan juga membayar retribusi parkir.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp. 40.000
Tiket ParkirRp. 15.000 (sepeda motor) – Rp. 25.000 (mobil) – Rp. 50.000 (bus)
Tiket Wahana Rp. 2.000 (rumah pohon) – Rp. 20.000 (kolam renang)

Harga tiket masuk Curug Ciherang memang agak mahal, tapi sebagain wisatawan justru tidak mempermasalahkannya karena sudah sebanding dengan apa yang akan didapatkan di dalam lokasi curug.

Alamat Curug Ciherang

Alamat Curug Ciherang berada di Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Lokasinya berdekatan dengan beberapa tempat wisata di Bogor seperti Curug Cipamingkis, Curug Contry, Curug Arca, dan Situ Rawa Gede.

Fasilitas di Curug Ciherang

Fasilitas umum di Curug Ciherang sudah cukup memadai. Di sana sudah tersedia fasilitas antara lain :

  • Area Parkir
  • Kamar Mandi
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Toko Souvenir
  • Penyewaan Pakaian Ganti
  • Penginapan

Untuk penginapan seperti hotel, villa ataupun homestay memang belum ada yang terletak di dalam kawasan curug.

Namun tidak jauh dari lokasi curug misalnya di daerah Cipanas ataupun Kota Tua, kamu bisa menemukan dan menyewa hotel serta villa dengan harga sewa bervariasi bergantung fasilitas yang kamu inginkan.

Q&A Seputar Curug Ciherang

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan calon pengujung Curug Ciherang :

Apakah di lokasi curug bisa nangkap sinyal hp ?

Kalau di lokasi curug sinyal hp agak lemah.

Kalau pakai motor apa bisa langsung ke lokasi curug ?

Tidak bisa. Motor harus diparkir di area parkir. Itupun motor harus benar-benar dicek kondisinya agar bisa naik.

Harga sewa Villa nya berapa ya ?

Antara 400 ribu sampai 1 jutaan tergantung fasilitas.

Apakah sekarang jalan ke Curug Ciherang sudah bagus ?

Sudah bagus karena sudah dilakukan beberapa perbaikan. Hanya saja yang dari lokasi parkir ke lokasi curug yang masih kurang bagus.

Ada tukang foto khusus gak di sana ?

Ada.

Kesimpulan

Curug Ciherang Bogor memang indah dan sangat pas sebagai tempat liburan kamu bersama teman ataupun keluarga. Bagi kamu yang suka mengasingkan diri ke tempat-tempat alami yang jauh dari perkotaan, maka Curug Ciherang adalah salah satu pilihannya.

Oh, Ya. Di Bogor tentunya masih banyak obyek wisata lain yang juga menarik untuk dikunjungi. Informasinya bisa kamu baca di artikel kami di sini : 10 Tempat wisata di Bogor

Kami berusaha memberikan informasi terbaru dan valid, namun jika informasi di atas tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, Anda bisa sampaikan ke kami melalui form komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *