Hunting Foto Selfie Kekinian dengan Panorama Alam Menoreh di Pule Payung

Diposting pada

Di Pule Payung kamu berkesempatan menikmati eksotisme alam khas dataran tingggi Kulonprogo plus berfoto dengan spot foto unik dan menantang.

Pule Payung Spot Lollipop
Jam Buka:Pukul 08 – 16.00 WIB.
Tiket Masuk:Rp 5.000 – Rp 10.000/per Orang.
Nomor Telpon:0823-2357-8179
Aktivitas:Selfie, Kemah, Jeep wisata dan Flying Fox.
Waktu Terbaik:Pukul 11.00 – 16.00 WIB.
Perlu Dibawa:HP / Kamera / Kaca Mata / Topi.
Larangan:Dilarang merusak dan atau mengotori wahana dan properti foto.
Alamat:Soropati, RT.007/RW.003, Clapar 2, Hargotirto, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, kodepos 55653.
Fasilitas Umum: Area parkir luas, Toilet, Gazebo, Mushola, Area Outbond, Warung Makan.
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Jika berbicara mengenai wisata alam, Jogja memang tak pernah ada habisnya. Salah satu destinasi wisata di Jogja khususnya Kabupaten Kulonprogo yang sedang hits adalah Pule Payung.

Objek wisata yang berada di dataran tinggi ini menawarkan view cantik berupa hamparan perbukitan Bukit Menoreh dan Kalibiru. Di sini kamu juga akan ditantang berfoto dengan properti foto menguji adrenalin.

Baca Juga: Tebing Breksi

Spot Lollipop Pule Payung
Via instagram.com/pulepayung
Meja Angkasa Pule Payung
Via instagram.com/pulepayung
Pule Payung Tampak Depan
Via instagram.com/pulepayung
Pule Payung Spot Meja Angkasa
Via instagram.com/pulepayung
Pule Payung Spot Sky Bike
Via instagram.com/pulepayung
Pule Payung Spot Golf
Via instagram.com/pulepayung
Pule Payung Spot Ayunan Langit
Via instagram.com/pulepayung

Sekilas tentang Pule Payung

Jika dilihat dari namanya, mungkin kamu akan bingung seperti apa wisata Kulonprogo ini. Tempat ini adalah destinasi wisata yang berada di dataran tinggi yang dilengkapi spot foto unik.

Ketinggiannya sekitar 450 Mdpl dengan karakteristik wilayah hutan dan perbukitan. Selain itu, wisata ini juga menyuguhkan spot selfie dengan background pemandangan alam Kulonprogo.

Spot foto yang ditawarkan juga tak kalah menarik, wahana berfoto di Pule Payung sangat kekinian dan instagramable. Bahkan, wahana seperti Sky Bike dan Sky Wing yang ada di Dago Dream Park juga ada di sini.

Spot Foto

Ketika berada di wisata ini, hal utama yang harus kamu coba adalah hunting foto di berbagai spot instagenic dengan panorama alam. Namun, tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati Flying Fox dan berkeliling dengan jeep ke Pule Payung.

Kamu juga bisa menikmati indahnya panorama Waduk Sermo, Bukit Jangkang dan Perbukitan Menoreh dari ketinggian. Uniknya, ada juga wisata sepeda gantung yogyakarta dan sejumlah spot yaitu sebagai berikut.

  • Spot Sky Bike atau Sepeda Gantung, adalah spot yang terbilang ekstrem namun sangat favorit di kalangan wisatawan. Spot ini menawarkan keseruan berfoto dengan sepeda yang menggantung.
  • Spot Ayunan Langit / Sky Wing tidak terlalu tinggi. Spot ini akan membawa kamu berayun dan melihat landscape Bukit Menoreh dan Waduk Sermo.
  • Spot Lollipop adalah spot foto berbentuk lolipop dengan background panorama di belakangnya. Untuk dapat menuju spot ini kamu bisa naik tangga.
  • Spot Angkasa merupakan spot terluas di wisata Pule Payung yaitu sekitar 8×21 m2 dan dilengkapi properti seperti meja dan kursi. Spot ini dapat menampung sampai 100 orang.
  • Spot Jembatan Surga yaitu berupa jembatan panjang yang dapat menampung hingga 50 orang. Ada properti motor DKW untuk pelengkap foto selfie kamu.
  • Spot Wolu adalah spot foto berbentuk bundar dengan kapasitas 7 orang dengan BB standar. Dari spot ini kamu juga bisa berfoto dengan latar indahnya Waduk Sermo dan Bukit Menoreh.
  • Kursi Gantung adalah sebuah kursi ayunan gantung yang disangga tiang dengan latar alam yang luar biasa cantik. Di sini kamu nampak seolah-olah duduk di atas kursi yang melayang di udara.
  • Wahana Flying Fox yaitu berupa arena luncur sepanjang 100 m dari ketinggian ke bawah. Tak perlu khawatir, uji keamanan untuk wahana ini sudah dilakukan dan dijamin safety.
  • Area Camping untuk kegiatan outdoor seperti kemah, flying fox dan kegiatan outdoor lainnya.

Selain beberapa spot foto dan wahana di atas, wisata ini juga menawarkan wisata jeep yang bisa kamu sewa di kawasan sekitar. Tersedia juga gazebo dan tempat bersantai, sehingga tak perlu bingung jika ingin sekedar berteduh dan menikmati pemandangan.

Fasilitas Wisata

Jika di sana kamu akan mendapati sejumlah spot foto keren, bagaimana dengan fasilitasnya? Fasilitas di sana terbilang cukup memadai, diantaranya sebagai berikut:

  • Area parkir yang cukup leas,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Gazebo,
  • Pendopo/tempat bersantai,
  • Warung Makan,
  • Area Outbond,
  • Jeep Wisata,
  • Tempat Kemah/Camping,
  • Homestay.

Bagaimana? Sudah cukup lengkap bukan? Fasilitas yang memadai tentu akan membuat liburanmu semakin nyaman dan menyenangkan. Kamu juga tak khawatir jika ingin mengajak anak untuk liburan ke sini.

Lokasi

Wisata selfie di alam ini beralamat di kawasan Kokavp, Kec. Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Pule Payung berada di dataran tinggi yaitiu skeitar 450-500 Mdpl.

Tak jauh dari lokasi Pule Payung, kamu juga bisa melihat objek wisata Kalibiru Kulonprogo dan Waduk Sermo. Masih berjarak bebeapa kilometer, ada juga air terjun Kedung Pedut dan Air Terjun Kembang Soka.

Harga Tiket Masuk

Untuk tahun 2019, HTMnya adalah Rp 5.000 -Rp 10.000 per orang. Namun, jika kamu ingin berfoto di spot fotonya, kamu perlu membayar biaya tambahan dengan rincian di bawah ini.

HTMRp 5.000/orang (Weekday) Rp 10.000 (Weekend)
Spot LolipopRp 10.000/orang
Spot AngkasaRp 15.000/orang
Spot Jembatan SurgaRp 10.000/orang
Spot WoluRp 15.000/orang
Spot Sepeda LangitRp 25.000/orang
Wahana Flying FoxRp 30.000/orang

Untuk informasi biaya lain-lain seperti sewa jeep dan homestay, silakan kamu cek langsung melalui nomor kontak yang tertera di tabel di atas ya. Pastikan konfirmasi sebelum ke sana, karena biaya harga tiketnya kemungkinan akan rutin mengalami perubahan.

Jam Buka

Mengenai jam operasional wisata, objek wisata di Kulonprogo ini buka setiap hari. Jam operasionalnya adalah mulai pukul 08.00 pagi sampai 16.00 sore.

Sementara jam favorit pengunjung wisata terutama saat weekend adalah mulai pukul 11.00 – 16.00. Buat kamu yang tak begitu suka keramaian, sebaiknya memanfaatkan waktu lain selain weekend ya biar puas berfoto di sini.

FAQ

Untuk membantu kamu menambah info mengenai wisata ini, berikut kami sajikan beberapa FAQ dari pengguna yang pernah datang ke sini.

Berapa lama waktu tempuh yang dibutuhkan dari kota Jogja ke sini?

Untuk sampai di lokasi wisata dibutuhkan kurang lebih satu setengah jam dan sudah bisa sampai nyampe puncak.

Sinyal yang bagus dipakai di sana sinyal apa ya?

Hanya Xl dan Telkomsel yang rekomended.

Kalau kita mau foto menggunakan HP sendiri boleh kan? Tidak perlu menggunakan jasa foto dari objek wisatanya?

Boleh, lebih bagus lagi jika kita menggunakan kamera. Namun akan lebih bagu foto yang digunakan dari pihak pengelola karena dijamin kualitas fotonya.

Bagaimana jalan atau akses menuju kesini? Apakah sulit atau tidak?

Untuk jalan ke lokasi via Kalibiru atau Waduk Sermo cukup baik dan aman digunakan. Mobil city car atau matic masih bisa. Namun, jika melewati jalan yang satunya akan ada tanjakan ekstrimd an agak susah. Lebih baik menggunakan gmap dan memastikan ruute yang dilewati adalah via Kalibiru.

Kesimpulan

Wisata Pule Payung adalah rekomendasi wisata bagi kamu yang hobi bereskplorasi dengan alam dan hunting foto kekinian. Perpaduan antara panorama alam dengan kreatifitas dapat dilihat dengan jelas di sini.

Di Pule Payung, kamu bisa menikmati indahnya alam Kulonprogo yang dikelilingi Perbukitan Menoreh. Tak hanya itu, kamu juga bisa singgah dan lanjut eksplor wisata di Air Terjun Kembang Soka maupun Kalibiru.