Waduk Sermo Kulon Progo

Diposting pada

Walaupun hanya waduk, pemandangan alam serta suasana sejuk di Waduk Sermo ternyata cukup digemari oleh masyarakat, oleh sebab itu tidak jarang orang dari luar kota juga tertarik merasakan keindahan waduk sermo.

Alamat:Sermo Lor Hargowilis Kokap, Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653
Jam Buka:08.00–17.00
Retribusi:Rp. 5.000/orang
Kontak:0852-2848-0335
Fasilitas:Villa, Warung makan, Bengkel, Toilet umum, Rumah Jamur, Rumah Panggung, Penyewaan Perahu
Akses Jalan:Sangat Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Waduk Sermo Kulon Progo 1
Foto by @mas_praz_313

Sermo Kulon Progo

Waduk sermo merupakan bendungan yang berada di Kab. Kulon Progo Jogja yang saat ini tidak hanya berfungsi sebagai sumber Air PDAM, namun juga sebagai destinasi wisata baru di Jogja. Hal ini bisa terjadi bukan tanpa alasan, melainkan potensi view alam yang indah dan letak goagrafisnya yang strategis.

Mungkin jika tidak ada Wisata Kali Biru, Waduk sermo tidak akan sepopuler seperti saat ini. Dulunya orang akan bersinggah sebentar untuk istirahat di Waduk Sermo setelah atau sebelum menuju ke Wisata Kali Biru. Disitulah mulai muncul ide dari warga untuk dikelola sebagai lokasi wisata. 

Spot yang dijual tidak hanya keindahan alam dan lokasi waduk yang stategis sebagai tempat rehat, namun ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung antar lain, penyewaan perahu untuk berkeliling waduk, dan spot foto yang kekinian. Ditambah lagi, anda juga dapat camping di area bumi perkemahan waduk sermo (Jika tidak ada instansi yang menggunakan)

Kalau boleh curhat, di waduk sermo itu lokasinya sangat enak sekali untuk lari sore sambil melihat sunset. (Mimin pernah kesana soalnya). 

Akses Jalan dan Alamat Waduk Sermo Kulon Progo

Tidak perlu dikhawatirkan, karena akses menuju ke Waduk Sermo jalannya sangat mulus, tidak ada hambatan. Hanya saja, perjalanan menuju ke sini agak naik turun, tapi kondisi jalan tersebut tidak akan membahayakan pengendara. Untuk alamatnya sendiri berada di 
Sremo Lor, Hargowilis, Kab. Kulon Progo. Atau jika anda ingin kesana bisa cek link map di daftar rangkuman diatas.

Daftar Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Waduk Sermo

Karena sudah menjadi tujuan wisata bagi masyarakat, tentu pengelola memperhatikan sedikit banyaknya fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Adapun fasilitas yang dapat anda temui dilokasi ini antara lain, Villa, Warung makan, Bengkel, Toilet umum, Rumah Jamur, Rumah Panggung, Penyewaan Perahu. Fasilitas tersebut dapat digunakan dengan biaya yang tidak sampai menguras kantong. Contohnya fasilitas perahu, anda bisa menyewa perahu untuk berkeliling Waduk dengan biaya sewa sebesar 30 ribu saja.

Selain fasilitas, terdapat juga retribusi yang harus dibayar oleh pengunjung guna perawatan fasiltias waduk. Harga tiket masuk sebesar Rp. 5.000 saja, sedangkan untuk parkir motor 2 ribu, parkir mobil 3 ribu, parkir bus 10 ribu. Ada fasilitas spot foto yang dapat anda gunakan dengan menyewa tempat spot seharga 10 ribu saja.

Galeri Foto Waduk Sermo Kulon Progo

Di Kulon Progo masih banyak tempat tempat menarik yang dapat dikunjungi. Untuk mengetahui mana lokasi terbaiknya, silahkan baca 10 tempat populer di Kulon Progo.

Nah demikian artikel tenang waduk sermo, segoma informasinya membantu. Jika bermanfaat, bantu share ya

Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *