Air Terjun Sri Gethuk, Pesona Tak Terlupakan di Gunung kidul

Diposting pada

Air terjun sri gethuk menjadi salah satu destinasi favorit jogja selain pantai di gunung kidul. Wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun dan alam sekitar dengan menggunakan kapal rakit yang disediakan pengelola.

Jam Buka:08.00-16.00 WIB
Harga Tiket:Rp. 10.000/orang
Kontak:
Alamat:Mungguran II, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Fasilitas Umum:Toilet, Mushola, Warung
Akses Jalan:Baik (gunakan kendaraan pribadi)
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Air Terjun Sri Gethuk
Image (c) Alodiatour.com

Siapa yang tak mengenal gunung kidul, kawasan ini adalah jantung pariwisata Kota Yogyakarta. kawasan yang di sebut sebagai bali ke 2 ini memang indah dan memiliki tempat yang tepat untuk semua kalangan. Tidak hanya yang muda saja, yang tua pun juga ikut kebagian.

Salah satunya adalah air terjun sri gethuk. Dimana, air terjun ini  mampu meruntuhkan segala penat dan beban berat selama bekerja.  Pesona uniknya menghadirkan pengalaman berbeda dalam mengunjungi sebuah air terjun.

Air Terjun Sri Gethuk

Bila melihat di berbagai media sosial, bentuk dari air terjun ini memang sangat sempurna. Dimana, air yang terjun dari atas akan jatuh langsung ke sungai yang berwarna kehijauan. Apalagi, sungai ini sangat bersih dan jernih.

Nuansa yang dihadirkan pun berbeda dari air terjun lainnya. Lebih tenang dan syahdu karena, sobat pelancong tidak akan mendengar gemuruh grojogan yang jatuh dari atas. Lantaran sri gethuk memiliki struktur bebatuan berliku.

Baca Juga:  Ciater Highland Resort, Ini 5 Keseruan yang Bisa Kamu Nikmati di Sana

Sehingga, air dari atas akan mengalir begitu saja mengikuti lekukan bebatuan. Debit airnya pun tidak berubah, selalu seperti itu baik di musim kemarau atau pun musim penghujan. Keunikan kawasanini hadir dari jalan menuju ke titik lokasi.

Ada dua cara yang bisa di tempuh. Pertama berjalan menyusuri perbukitan atau naik perahu yang sudah disediakan. Wisatawan bisa memilih sendiri dengan harga yang pastinya akan berbeda.

Disarankan untuk memilih menggunakan perahu. Pemandangan esoktis tebing-tebing dan jernihnya sungai oyo menjadi daya tarik yang tidak bisa di tawar lagi. Kapal ini akan mengantar wisatawan danakan menjemput wisatawan kembali ke pintu masuk.

Rasanya, seperti menyusuri sungai amazon atau seperti berada di sungai maron pacitan. Hanya saja, jarak tempuhnya yang dekat tidak lebih dari 15 menit, wisatawan akan sampai di lokasi air terjun sri gethuk.

Bagi yang  memilih jalur tracking wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 450 meter. Jalur ini tidak kalah menyenangkannya dengan naik kapal. Dimana, wisatawan harus melintasi sungai-sungai kecil, seperti halnya menjelajah alam.

Sungai-sungai kecil inilah yang menjadi sumber dari air terjun sri gethuk ini. Tidak hanya sungai, wisatawan juga akan disuguhkan dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Sawah-sawah membentang luas, menghadirkan kesejukan tersendiri.

Coba datang saat musim panen tiba pemandangan hijau nan elegan akan tersaji di depan mata. Pemandangan sawah ini biasanya menjadi batu sandungan karena, suasananya mampu mengalihkan perhatian wisatawan.

Baca Juga:  Wisata Sungai di dalam Goa Pindul

Disini pula, wisatawan bisa berenang di sungai oyo yang memiliki kedalaman kurang lebih 2 sampai 3 meter. Untuk berenang, pihak pengelola sudah menyediakan berbagai macam perlatan keselamatan seperti pelampung  dan juga helm serta ban yang mungkin dibutuhkan.

Di air terjun ini ada sebuah cekungan dimana, air yang turun akan membasahi cekungan ini. Pada saat-saat tertentu, fenomena pelangi akan muncul dengan sendirinya. Jadi, jangan sampai terlewatya, sobat travel.

Selain menikmati pemandangan srigethuk, wisatawan juga bisa melakukan berbagai macam aktifitas menarik seperti Trackking, clif jumping, river tubing dan masih banyak lagi, di jamin seru danlupa waktu deh.

Jangan lupa menikmati menu makanan yang ada di kawasan ini. Rasakan pula menu khas kawasan ini yaitu thiwul yang sangat lezat dan nikmat. Ada pula masakan khas pedesaan berupa urap-urap serta Lombok ijo sayur tempe.

Bagi wisatawan yang hobi mancing, jangan lewatkan area mancing yang sengaja di bangun khusus untuk wisatawan yang hobi memancing. Di kawasan ini wisatawan bisa di temani oleh warga sekitar yang juga mempunyai hobi yang sama.

Menariknya lagi, ikan-ikan di sini cukup besar dan begitu ramah. Jadi, dalam waktu cepat bisa mendapatkan ikan-ikan keren. Jangan lewatkan area ini dan rasakan kenikmatan taktertan dingi memancing di kawasan ini.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun sri gethuk terletak di desa bleberan, kecamatan playen, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. menuju ke kawasan ini bisa melalui piyungan, pathuk, hingga ke pertigaan gading. Dari sini belok ke kanan dan ikuti papan petunjuk yang ada di kawasan ini.

Baca Juga:  Pantai Baron, Pantai Klasik di Gunung Kidul

Setelah melalui area parkir, wisatawan akan menuruni beberapa anak tangga dan sampai di pintu masuk. Bagiyang ingin menggunakan perahu, wisatawan bisa langsung menunggu di dermaga.

Bagi yang ingin menikmati pemandangan pedesaan bisa menggunakan jalur yang sudah disediakan. Perlu diperhatikan apabila musim penghujan, jalur di sini sedikit licin dan banyak tanah becek.

Baca juga: Daftar Wisata di Jogja

Harga Tiket Masuk

Harga yang harus di bayar untuk bisamenikmati kawasan ini hanya 10 ribu rupiah saja. Bisa menggunakan perahu tradisional pulang pergi. Nah, bagi yang ingin melalui jalur darat. Bisa juga sewa pelampung atau dengan harga 5 ribu rupiah.

Air Terjun Sri Gethuk
Image (c) @gitamelinda8
Air Terjun Sri Gethuk
Image (c) @iis_sarbini
Air Terjun Sri Gethuk
Image (c) @inainu.id
Air Terjun Sri Gethuk
Image (c) @kangchepot22
Air Terjun Sri Gethuk
Image (c) @wahyudwi_lestari

Air terjun sri gethuk adalah kawasan yang memang memiliki esoktisnya gunung kidul. Hadir dengan panorama yang berbeda dari kawasan lainnya. Dolan yok, ke tempat ini dan rasakan nuansaberbeda dari objek wisata unggulan Gunung kidul ini.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara: