Menjajaki Berbagai Tebing dan Spot Eksotis di Pantai Siung

Pantai siung terletak sekitar 58 km dari pusat kota jogja, namun karena ke eksotisan suasana batu karangnya, tempat ini cukup ramai kunjungan. Selain bisa bersantai menikmati makanan yang disediakan, wisatawan juga bisa menginap / camping.

Jam Buka:09.00-17.00 WIB
Harga Tiket:Rp. 10.000/orang
Kontak:
Alamat:Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Fasilitas Umum:Mushola, Penginapan, Area Camping, Dll
Akses Jalan:Baik (gunakan kendaraan pribadi)
Kedai:Ada
Online Maps:Gmap
Pantai Siung

Mendengar kata Gunung Kidul, pasti sobat travel sudah bisa membayangkan bagaimana keindahan kota yang terkenal dengan sajian thiwulnya ini. Kabupaten di Yogyakarta ini memang diberikan anugerah terindah oleh sang kuasa.

Diantara beberapa kabupaten yang adadi daerah istimewa ini, Gunung kidul menjadi, salah satu kawasa dengan potensi alam super lengkap. Pantai yang berjajar dengan berbagai pilihan, perbukitan, air terjun, gunung, serta taman-taman menarik.

Salah satu pantai yang akan kita kunjungi adalah pantai siung. Dimana, eloknya perbukitan yang berpadu dengan tebing-tebing mengesankan tersaji disini. Tidak perlu berlama-lama mari, kita simak penjelajahan tentang pantai suing di bawah ini.

Sekilas Pantai Siung

Inilah pantai di Yogyakarta yang sekiranya tidak perlu berjalan jauh untuk sampai di bibir pantai. Karena area parkir dengan bibir pantai cukup dekat tidak lebih dari 10 meter. Hanya dipisahkan oleh sebuah pepohonan yang yang menjulang.

Menawannya kawasan ini dipengaruhi oleh pasir pantai yang berwana putih. Serta karang-karang yang terlihat menawan saat pasang dan juga surut. Pantai siung memang tidak terlalu besar dan luas. Tetapi pesonanya sangat terasa melekat di hati.

Baca Juga:  Wisata Sungai di dalam Goa Pindul

Di sini, ada sebuah karang yang menghalau laju air, sehingga membentuk sebuah kolam alami. biasanya, kolam ini digunakan untuk sobat travel bermain air atau juga berendam. nikmat sekali menikmati waktu disini.

Bagi yang membawa anak-anak harus sedikit berhati-hati ke kolam ini. Lantaran mempunyai kedalam kurang lebih 1 meter. Sehingga, cukup berbahaya bagi anak-anak apalagi yang belum bisa berenang.

Di tempat ini hadir sebuah tebing yang cocok bagi sobat travel untuk melihat bagaimana keindahan matahari terbenam. Tebing ini berada di sebelah kiri, dari pantai, dahulu kawasan ini digunakan oleh salah satu rakyat jepang untuk olahraga ekstrem.

Kemudian, pemerintah Yogyakarta mengembangkan kawasan ini dan di bangun jalur menuju ke atas menuju tebing. Dibangun seperti layakanya tangga, sehingga wisatawan bisa mudah naik ke atas dan menikmati pemandangan dengan indah sekali.

Untuk mencapai tebing ini sobat travel harus naik dan mengeluarkan keringat serta lelah. Nah, untuk bisa mencapai tebing lebih tinggi lagi, wisatawan wajib membayar uang 5 ribu rupiah sebagai dana perawatan.

Ada yang harus diperhatikan untuk wisatawan bila ingin naik. Jalanan yang akan I lalui cukup sulit dan juga terjal. Jadi, harus berhati-hati agar tidak terjatuh dan berguling-guling , atau terhempas ke jurang.

Menikmati tempat ini tidak hanya sampai disini saja, melainkan bisa juga dengan ngecamp di pantai siung. Sudah disediakan area camping yang siap menampung sobat travel. Bila week end datang, kawasan camping ini akan sangat ramai dikunjungi oleh sobat travel.

Baca Juga:  Gili Ketapang Wisata Probolinggo, Tempat Snorkeling Asik dan Murah

Nah, disini ada sebuah rumah panggung yang cukup kece. Tetapi, sayangnya rumah panggung ini, hanya cukup untuk 15 orang saja. karena keasrian dan alaminya pantai siung membuat sobat travel bisa melihat macam kera-kera unik nan seru.

Jangan terlalu lama bermain dengan kera ini, lantaran mereka hanya memburu makanan saja. jadi, bagi kalian yang suka makan, harus berhati-hati bila datang ke sini membawa berbagai macam makanan. Pasti akan menjadi rebutan.

Jangan lewatkan fenomena air mancur yang terjadi karena arus ombak yang begitu keras menerjang karang. Sehingga, airnya tumpah dan mengalir diantara lekukan-lekukan karang ini. momen yang hanya pada saat sore dan juga pagi hari.

Tidak hanya itu saja, sobat travel juga akan disajikan dengan berbagai macam perahu nelayan yang datang silihberganti. Mereka, akan menyandarkan perahu mereka untuk beristirahat. Kapal ini sering juga dijadikan sebagai tempat foto sobat travel yang datang.

Baca juga: Pantai Baron Gunung Kidul

Rute Lokasi Pantai Siung Gunung Kidul

Pantai siung berada di Duwet, Purwodadi, kecamatan tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah IstimewaYogyakarta. jalur menuju ke kawasan ini bisa diawali dari Yogyakarta menuju kepantai baron terlebih dahulu.

Kemudian, lanjutkan perjalanan menuku ke pantai siung sejauh 9 km. melewati jalur mentel, bintaos dan tepus,  setelah sampai di pertigaan  winangun, sobat travel bisa belok ke arah kanan menuju ke pantai siung.

Baca Juga:  Harga Tiket Masuk dan Peta Lokasi Pantai Jayanti Cianjur + Penginapan Terdekat

Jalan yang harus dilalui menuju kesini memang sedikit menakutkan. Lebih banyak kelokan. Tetapi, tenang karena jalanan ini sudah sangat baik. Jadi, tidak perlu khawatir bila menggunakan mobil pribadi ke sini.

Harga Tiket Masuk Pantai Siung

Harga yang harus dibayar untuk menikmati kawasan ini adalah 10 ribu rupiah. di tambah dengan uang parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor. Dan juga 10 ribu rupiah bagi yang menggunakan mobil.

Jangan lupa untuk menikmati keindahan sunset di bukit yang ada di pantai siung. Melihat sunset disini memang sangat menawan. lantaran jalanan yang harus dilalui cukup menggemaskan.

Melihat matahari yang terbenam perlahan dengan langit yang berubah menarik untuk dijadikan sebagai spot foto.Semua keindahan di tempat ini memang wajib untuk diabadikan dengan foto dan gambar.

Baca juga: Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Gambar Pantai Siuang

Pantai Siung
Pantai Siung
Pantai Siung
Pantai Siung
Pantai Siung
Pantai Siung
Pantai Siung
Pantai Siung

Pantai siung memang menarik dan esoktis. walaupun sedikit jauh. Namun keindahannya memang mampu menghipnotis seluruh mata untuk tidak berkedip sedikit pun. Lalu, kapan sobat travel akan datang mengunjungi tempat ini?

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"