Coban Rondo Malang

Diposting pada

Cerita mistis tak membuat para wisatawan gentar untuk melihat keindahan alam di Coban Rondo. Penasaran dengan cerita dibalik nama coban rondo? simak selengkapnya dihalaman ini.

Jam Buka:24 Jam
Harga Tiket:Rp. 8.000/orang
Kontak:(0341) 5025147
Alamat:Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur 65391
Fasilitas Umum:Toilet, Penyewaan sepeda gunung, warung dll
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Coban Rondo

Coban Rondo

Coban Rondo, jika dibahasa Indonesia-kan satu per satu, Coban adalah air terjun, dan Rondo berarti status janda. Dan ya, wisata ini adalah wisata alam, ia menyajikan air terjun indah dengan air yang mengalir deras dengan kuota air sebanyak 90 sampai 150 liter di setiap detiknya.

Bagi yang ingin merasakan kesegaran air terjun, tidak sulit untuk datang ke tempat ini. Meskipun wisatanya ada di alam, tapi kita disediakan jalur mudah untuk menempuhnya. Bahkan kita disediakan transportasi umum agar lebih mudah sampai ke sana.

Lain dari itu, Coban Rondo ini ternyata memiliki kisah unik dari penamaannya. Berawal dari perjalanan suami istri bernama Dewi Anjarwati dan Baron Kusuma ke suatu tempat.

Namun di tengah perjalanan ia bertemu dengan pemuda yang menaruh hati dengan istri Baron Kusuma tersebut. Kemudian Baron Kusuma menyuruh istrinya bersembunyi selagi ia berperang dengan pemuda tadi.

Dan tanpa mengetahui apapun yang terjadi, Dewi Anjarwati bersembunyi di sebuah air terjun. Ia begitu lama menunggu suaminya kembali, tapi sayang, Baron Kusuma tak kunjung kembali.

Baca Juga:  Harga Tiket Masuk dan Foto Curug Citambur yang Indah + Peta Lokasi

Dewi Anjarwati tak tahu keadaan suaminya, entah sudah meninggal atau masih hidup, akan tetapi Dewi Anjarwati tetap setia menunggu di air terjun tersebut dengan status Janda-nya karena sang suami tak kunjung kembali.

Dan dilatarbelakangi kisah tersebut, diciptakanlah nama Coban Rondo pada wisata yang terletak di kota Malang Jawa Timur tersebut.

Karena kisah itu, juga muncul mitos, bagi pasangan yang datang ke air terjun tersebut hubungannya tak akan bertahan lama dihitung saat mereka meninggalkan Coban Rondo.

Apa Anda percaya?

Tapi di sisi mitosnya tersebut, ada banyak sekali pesona yang diberikan Coban Rondo. Saya ramal, saat tahu apa saja yang menarik dari tempat ini, kalian tak akan tahan untuk datang ke sana bersama pasangan Anda meskipun mitosnya hubungan kalian bisa kandas.

Permainan Seru Coban Rondo

Selain menyajikan pesona alamyang indah, dan di samping air terjunnya yang menjadi ikon wisata tersebut, terdapat beberapa permainan seru yang wajib Anda coba.

  • Fun Tubing

Wahana ini akan membawa kalian bersama pengunjung lain berkeliling area Coban Rondo menggunakan ban yang terikat satu sama lain dengan pelampung yang terpasang di tubuh.

Kalian akan diajak berkeliling, melewati sungai yang sudah dipastikan keamanannya. Dijamin permainan satu ini sangat seru, dimana kalian dengan santai mengikuti arus sungai yang tingkat kederasaannya normal.

Sambil bermain air, Anda juga bisa melihat sekeliling area yang dipenuhi dengan pepohonan.

Baca Juga:  Daftar Tempat Wisata di Malang
  • Satwa dan Kebun

Ada aktivitas menarik di wisata ini. Kalian akan diajak untuk memetik apel langsung dari pohonnya, berternak, menaiki kuda, bersepeda gunung, outbond pelajar, dan masih banyak lagi.

Tinggal pilih ingin melakukan permainan apa di sana, tapi yang menarik mungkin adalah memetik apel lalu dimakan langsung dari pohonnya.

  • Paint Ball

Permainan ini akan menagajak Anda berbaku tembak dengan peserta lain. Anda diberikan pakaian mirip tentara juga pelindung, dan tak ketinggalan pistol yang Anda guankan untuk menghabisi pemainlain.

Tenang saja, peluru yang digunakan adalah peluru karet. Jadi aman untuk menghabisi atau membuat lawan tak berkutik lagi.

  • Labirin Coban Rondo

Mencoba menemukan jalan keluar di labirin milik Coban Rondo? Siapa yang berani?

Anda dan teman-teman bisa saling berlomba menemukan jalan keluar dari labirin secepat mungkin. Siapa yang keluar lebih dulu, dia yang menang.

Permainan-permainan seru itu bukankah sangat identik sengan alam. Apapun yang ada di sekeliling kita saat itu, adalah mainan kita.

Harga Tiket Coban Rondo

Sayangnya tiket Coban Rondo tidak termasuk wahana-wahana permainan di atas. Tiap wahana memiliki harga sendiri.

Sementara untuk tiket masuknya, kalian cukup membayar sebesar 8.000 rupiah untuk wisatawan lokal, dan 10.000 rupiah untuk wisatawan asing.

Sementara tiket untuk tiap-tiap permainan di atas adalah:

Fun Tubing:35.000 per orang.
Paint Ball:450.000 untuk 6 orang.

Satwa dan Kebun: Harga tiketnya bervariasi, dari mulai 25.000 sampai 1 juta rupiah.

Di dalam wahana Satwa dan Kebun ada banyak wahana lain, jadi maklum kalau harganya bermacam-macam bahkan ada yang sampai begitu mahal.

Baca Juga:  Air Terjun Sri Gethuk, Pesona Tak Terlupakan di Gunung kidul

Tapi yang pasti, menikmati air terjun ini sudah termasuk ke dalam tiket masuk. Bagi yang hanya ingin menikmati air terjun, tidak usah takut kalau siapa tahu Anda berpikir masih harus disuruh bayar.

Gratis kok.

Lokasi Coban Rondo

Seperti yang sudah disebutkan diatas, kendati wisata ini wisata alam, tapi untuk menempuh perjalan ke sini tidaklah sulit. Ada jalur yang sudah disediakan khusus.

Berada di jalan Coban Rondo, desa Pandesari, Kecamatan Pujon, kita diberikan dua pilihan transportasi. Boleh menggunakan transportasi umum yang sudah disediakan pihak sana, juga bisa mengguankan kendaraan pribadi.

Apapun jenis rodanya, Coban Rondo tetap mudah digapai.

Galeri Foto Coban Rondo

Coban Rondo
Coban Rondo
Coban Rondo

Baca juga: Batu Flower Garden Malang

Saat berkunjung ke sana, jangan lupa mengunjungi Cafe Sawah, siapa tahu Anda lapar. Dan jangan lupa beli oleh-oleh, sebab di Coban Rondo, kita sudah disediakan tempat membeli oleh-oleh sendiri. Sekian dari penjelasan panjang lebar ini, semoga Anda mendapatkan informasi yang kalian cari.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.