Menikmati Kemegahan Candi Hindu Candi Prambanan Dari Dekat

Diposting pada

Dunia mengakui bahwa candi prambanan adalah salah satu peninggalan sejarah yang menakjubkan. Jangan ngaku pergi ke Jogja kalau belum pernah foto di tempat ini.

Menikmati Kemegahan Candi Hindu Candi Prambanan Dari Dekat 1
Gambar Candi Prambanan via instagram.com/prambananpark/feed/
Jam Buka:24 jam
Tiket Masuk:Rp 30.000,00- Rp 40.000,00
Nomor Telpon:0274 496 401
Aktivitas:Melihat candi, mengunjungi museum, berfoto, memberi makan rusa
Waktu Terbaik:Pagi hari atau sore hari
Perlu Dibawa:Topi, air minum, payung, sun block
Larangan:Menduduki batu candi, mencoret relief, berkata jorok atau kasar
Alamat:Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
Fasilitas Umum:Toilet, Toko oleh-oleh, Gazebo, Tempat ibadah, Warung makan, Area parkir luas
Akses Jalan:Baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps

Candi ini merupakan candi hindu tertinggi yang ada di Indonesia. Candi ini selain menjadi tempat ibadah, juga sebagai destinasi wisata populer di Jogja.

Candi ini ditetapkan UNESCO sebagai wisata warisan budaya yang harus dilestarikan. Letak candi tersebut berada di dua kabupaten yaitu Klaten dan Sleman Yogyakarta.

Menikmati Kemegahan Candi Hindu Candi Prambanan Dari Dekat 2
via instagram.com/prambananpark/feed/
Menikmati Kemegahan Candi Hindu Candi Prambanan Dari Dekat 3
via instagram.com/prambananpark/feed/
Menikmati Kemegahan Candi Hindu Candi Prambanan Dari Dekat 4
via instagram.com/prambananpark/feed/
Menikmati Kemegahan Candi Hindu Candi Prambanan Dari Dekat 5
via instagram.com/prambananpark/feed/
Menikmati Kemegahan Candi Hindu Candi Prambanan Dari Dekat 6
via instagram.com/prambananpark/feed/
Menikmati Kemegahan Candi Hindu Candi Prambanan Dari Dekat 7
via instagram.com/prambananpark/feed/

Sejarah Candi Prambanan

Ada 2 versi cerita yang saat ini dipercaya sebagai alasan terjadinya candi tersebutyang pertama adalah cerita Roro Jonggrang dan kepemimpinan Pakai Pikatan. Cerita pertama tentang keinginan Rakai Pikatan untuk menyaingi kemegahan Candi Borobudur dan Candi Sewu.

Pembangunan candi ini membutuhkan waktu yang cukup lama hingga 3x pergantian raja terus dibangun. Namun sayangnya, setelah terjadi bencana alam gunung berapi meletus, Mpu Sindok memindahkan ibukota kerjaan di Jawa Timur, dengan mendirikan Wangsa Isyana. 

Anda dapat mengetahui sejarah singkat di wikipedia dan scribd atau sejarah secara lengkap di buku sejarah cand-candi di Indonesia.

Dalam mempelajari sejarah, bacalah banyak referensi, agar pengetahuan tentang suatu objek menjadi lebih luas.

Pada tahun 1991 candi yang sering di sebut sebagai Candi Roro Jonggrang ini di nobatkan sebagai warisan budaya oleh Unesco. Untuk dapat terus menghidupkan budaya di lingkungan candi, pengelola menyelenggarakan pagelaran tari setiap 2 hari sekali. Tidak hanya itu juga, setiap tahun lokasi pelataran candi juga digunakan untuk beribadah bagi Umat Hindu se Jawa Tengah.

Saat ini jumlah candi yang masih tersisa kurang lebih hanya 18 candi dari total 240. Dari ke 18 candi tersebut diantaranya adalah 3 Candi Wahana, 3 Candi Trimurti, 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, 4 candi Patok dan 224 Candi Perwara.

Perlu sedikit anda ketahui, dari jumlah total tersebut, candi yang paling besar adalah Candi Trimurti, dan dari ke 3 candi trimurti yang terbesar adalah candi untuk Dewa Siwa

Di candi ini wisatawan biasanya menjadikan objek candi sebagai spot foto, beberapa wisatawan juga mempelajari sejarah candi melalui tour guide. Tidak jarang juga, candi prambanan dijadikan sebagai spot preweding.

Lingkungan candi pun sangat bersih dan terdapat ornamen batu candi asli yang dapat anda lihat disekitar candi utama. Karena memang lebih dari 75% dari bangunan candi yang saat ini adalah sudah bukan asli, melainkan sudah hasil renovasi.

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke camdi, pengelola juga sering mengadakan festival band Nasional maupun Internasional di komplek pelataran candi . Informasi tentang gambaran lengkap kegiatan di candi ini bisa anda baca di situs resminya yaitu http://borobudurpark.com/

Alamat

Candi ini terletak di Jalan Raya Solo Jogja, nomer 16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Banyak candi lain yang letaknya berdekatan dengan candi ini seperti Candi Ratu Boko, Candi Plaosan, Candi Ijo dan lain-lain.

Jadi kamu bisa sekalian berwisata sejarah dan budaya ke beberapa candi yang letaknya saling berdekatan ini. Candi-candi tersebut juga merupakan candi peninggalan umat hindu.

Harga Tiket Masuk

Selain banyak cerita menarik, anda juga harus tahu bahwa untuk masuk ke lokasi yang luasnya 39 lebih ini dikenakan biaya retribusi. Berikut adalah tarif yang diberlakukan oleh TWC yaitu Pengelola Situs Candi di Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Wisatawan Lokal

UsiaHarga
DewasaRp 40.000,00
Anak-anakRp 30.000,00

Harga Tiket Masuk Wisatawan Asing

UsiaHarga
Dewasa$18
Anak-6$9

Dengan biaya tersebut anda bebas berlama lama di dalam lingkungan candi tanpa ada batasan waktu.Dianjurkan untuk anda, jika berkunjung ke lokasi ini sebaiknya pagi atau sore hari, karena kalau siang hari pas terik, akan sangat panas kelai suasananya, mengingat tempat yang anda kunjungi sebagian besar adalah bebatuan.

Fasilitas

Wisata ini adalah wisata budaya dimana kamu tidak hanya bisa melihat tumpukan bebatuan. Berikut adalah fasilitas tambahan yang bisa kamu gunakan.

  • Area parkir luas
  • Tempat Ibadah
  • Toilet
  • Penyewaan sepeda
  • Panggung Pentas
  • Taman Bermain

Candi ini terletak pada kawasan yang sangat luas maka dari itu jika kamu lelah berkeliling dengan berjalan kaki, kamu bisa menyewa sepeda untuk berkeliling taman. Gunakanlah fasilitas yang disediakan oleh pengelola TWC dengan baik.

Wahana

Selain menikmati keindahan dan kemegahan candi kamu juga bisa menikmati beberapa wahana tambahan. Wahana tersebut bisa mendidik dan menghibur sekaligus.

  • Museum Rumah Joglo
  • Pertunjukan Seni Tari Ramayana Ballet
  • Taman Tematik
  • Ayunan Langit De Geyong
  • Wahana Berkuda
  • Koleksi Binatang
  • Lapangan Garuda Mandala Tama

Berkunjung ke candi bukanlah wisata yang membosankan. Selain melihat koleksi candi kamu pun bisa mencoba memberi makam rusa di taman rusa di belakang kawasan Prambanan Temple ini.

Jam Operasional

Jam buka candi ini mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Kamu pun bisa datang setiap hari.

Jika kamu menginginkan liburan yang lebih santai kamu bisa datang di hari kerja. Setiao weekends objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun Internasional.

Peta Lokasi dan Rute

Candi ini terletak di perbatasan antara Yogyakarta dan Klaten. Jika ditempuh dari Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi, anda hanya membutuhkan waktu 15 menit saja, jika jalanan lancar.

Namun jika jalanan macet bisa sampai 1 jam perjalanan. Alamat candi prambanan terletak di Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hanya berjarak 17 km saja dari kota jogja.

Q&A

Berikut adalah pertanyaan berkaitan tentang objek wisata candi ini yang sering ditanyakan.

Berapakah harga tiket masuknya?

Htm untuk wisatawan lokal sebesar Rp 30.000,00 untuk anak, Rp 40.000,00 untuk dewasa. Sedangkan htm untuk wisatawan asing sebesar $9 untuk anak dan $18 untuk dewasa.

Jam berapa Prambanan buka?

Candi ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Kapan waktu terbaik untuk menikmati objek wisata ini?

Waktu terbaik untuk berkunjung ke candi adalah pukul 16.00 dimana kamu bisa berjalan-jalan tanpa takut sengatan matahari.

Apakah jarak Candi Prambanan ke Candi Sewu dan Candi Ratu Bomo bisa ditempuh dengan berjalan kaki?

Candi ini termasuk di Kawasan Candi Sewu namun bagi kamu yang tidak biasa berjalan kaki akan sangat melelahkan karen jaraknya lumayan jauh. Sedangkan jarak candi ini ke ke Candi Ratu Boko harus ditempuh dengan kendaraan karena jaraknya agak sedikit jauh.

Apakah bisa memesan ojek online di sekitar kawasan candi?

Ya, kamu bisa memesan ojek online bahkan banyak ojek pangkalan yang tersedia.

Bagaiaman? Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke Candi Prambanan? Jika artikel ini bermanfaat, bantu kami membagikan kepada pembaca lebih banyak lagi, dengan cara klik tombol share.

2 thoughts on “Menikmati Kemegahan Candi Hindu Candi Prambanan Dari Dekat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *