Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online

Cara Pesan Tiket Kereta Api Secara Online – Di era yang serba canggih seperti ini, kita tidak perlu susah payah mendapatkan tiket kereta api. Tiket kereta api bisnis, eksekutif maupun kelas ekonomi saat ini sudah bisa dibeli secara online. Ini merupakan salah satu bentuk kemudahan bagi pengguna kereta untuk mendapatkan tiket secara cepat, tanpa perlu mengantri di loket, dan tentunya lebih aman dari calo-calo yang memberikan harga tiket lebih tinggi dari harga normalnya.

Memesan tiket kereta secara online dapat dilakukan kapanpun, tentunya sebelum H – 2 keberangkatan ya. kenapa sebelum H -2, ditakutkan kalau misal membeli tiket H – 2 nanti kehabisan tiket. Karena yang dapat membeli tiket online tidak hanya kita, namun semua orang. Jadi walaupun membeli tiket secara online itu mudah dan cepat, tetap harus memperhatikan waktu pembelihan.

Update: Untuk pemesanan tiket kereta api online di situs web KAI, pembeli diharuskan memesan tiket sebelum 2×24 jam hari keberangkatan.

pesan min -2x24 jam

Cara Pesan Tiket / Beli Tiket Kereta Api Secara Online

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, sebelum nanti mendapatkan token tiket kereta api yang dapat digunakan pada saat ceck in.

1. Buka situs web resmi PT. KAI https://tiket.kereta-api.co.id/

Seperti pada gambar, terdapat kolom yang harus anda pilih yaitu:

  • Tanggal keberangkatan
  • Stasiun asal
  • Stasiun tujuan
  • Jumlah penumpang, pilih jumlah penumpang dan sesuaikan dengan umur, bila membawa anak anak gunakan kolom ifant, ifant berarti menunjukan penumpang berusia dibawah 3 tahun.

informasi jadwal dan revservasi

Klik tombol Tampilkan

2. Panel tampilkan akan menunjukan hasil seluruh tiket keberangkatan, mulai yang habis, maupun tiket yang masih bisa dipesan. Terdapat banyak sekali pilihan harga / nama kereta / kelas. Pilih sesuai keingan, bila sudah merasa cocok dengan harga silahkan lanjut untuk klik Pesan

3. Selanjutnya adalah memastikan jumlah pesanan tiket apakah sudah singkron dengan jumlah orang dan biayanya. Bila semua pemberitahuan sudah sesuai, selanjutnya adalah melanjutkan pesanan dengan menekan tombol Lanjutkan, namun sebelum itu, jangan lupa untuk mencentang kotak kecil di kiri bawah seperti pada gambar:

4. Silahkan untuk mengisi biodata lengkap sesuai dengan kolom yang sudah tersedia. Pastikan dengan seksama bahwa, semua nama maupun alamat yang dituliskan sudah benar, terutama untuk email dan nomor telepon. Untuk penumpang anak anak / yang belum memiliki kartu identitas, silahkan diisi sesuai dengan tanggal, bulan, dan tahun lahirnya. Sebagai contoh bisa lihat gambar :

biodata pemesanan

Lakukan pengisian dengan cepat, karena kalau tidak maka akan ada pemberitahuan seperti ini:

Bila sudah mendapatkan pemberitahuan seperti itu, pemesan harus mengulang lagi dari awal hingga sampai kehalaman yang sama. Pemesanan yang tadi sudah ditulis akan dianggap gagal dan tidak dimasukkan dalam pembayaran tiket kereta api di pemesanan berikutnya.

5. Pada halaman ini, terdapat informasi tentang tempat duduk yang sudah disesuaikan dengan nama penumpang. Penumpang dapat mengganti / pindah tempat duduk selama masih ada kursi yang kosong, caranya tekan tombol Pindah, dan tentukan tempat duduk yang pas. Selanjutnya adalah memilih metode pembayarana, ada beberapa jenis pembayaran, bisa melalui kartu kredit, transfer antar bank, maupun melalui ATM. pilih salah satu metode pembayaran yang paling mudah. Untuk selanjutnya klik Lanjutkan.

6. Catat Kode Pemesanan yang tertera, kode pemesanan tersebut dibutuhkan untuk melakukan pembayaran. Untuk jenis pembayaran melalui atm, sudah ada beberapa atm yang suport dengan layanan pembayaran tiket kereta api online, diantaranya sebagai berikut :Bank Mandiri, Bank BRI, BRI Syariah, Bank BNI, Bank BCA, Bank CIMB Niaga. Untuk layanan boking tiket kereta diminimarket, sudah ada lebih dari 3 minimarket yang suport antara lain: Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Lawson dan Alfa Expres

7. Selanjutnya adalah menyimpan tiket, untuk pembayaran melalui kartu kredit atau transfer bank, tiket akan langsung dikirim ke email, namun sebaiknya tetap di print out.

Sampai disini proses pembelian tiket secara online sudah selesai, selanjutnya proses cek in dan sebagainya sama dengan pembelian tiket langsung ke outlet. Mungkin hanya itu dulu yang bisa admin sampaikan, bila belum jelas bisa tanyakan langsung lewat kometar.

Atau bila anda tidak mau ribet dengan pembelian tiket kereta api, silahkan order tiket kereta api di laman ini. Kami membuka jasa penjualan tiket kereta api, tiket pesawat, dan tiket bioskop.

Mungkin Anda juga menyukai