Curug Moprok, Alam Baturaden yang Masih Tersembunyi

Diposting pada

Curug Moprok merupakan destinasi alam yang eksotis di daerah baturaden. Tempat ini masih sangat asri, akses jalan kurang mendukung, namun view dan suasana curug ini sangat luar biasa indah.

Jam Buka:08.00–16.00 WIB
Harga Tiket:3Rp. 5.000/orang
Kontak:
Alamat:Karangsalam, Baturraden, Sawah & Hutan, Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151
Fasilitas Umum:Ruang Ganti
Akses Jalan:Tidak terlalu baik
Kedai:Ada
Online Maps:View Maps
Curug Moprok

Purwokerto memang memiliki bentang alam elok nan indah. Terdiri dari pegunungan dan juga perbukitan. Apalagi, di daerah baturaden yang memang kawasan pariwisata paling terkenal di Kota yang mempunyai kuliner khas, yaitu tempe mendoan.

Nah, di Baturaden mempunyai beberapa curug menarik untuk disimak dan dikunjungi. Tidak hanya ada satu tetapi, ada beberapa sekaligus dengan keindahan dan pesonanya. Salah satu dari curug tersebut adalah Curug Moprok.

Sekilas Curug Moprok

Curug Moprok memang tidak terlalu terkenal oleh wisatwan dibandingkan dengan berbagai macam curug di purwokerto. Lantaran, jalan menuju ke tempat ini cukup sulit berliku-liku dan berkelok. Menuju ke tempat ini pun cukup memacu adrenalin dan menguras keringat.

Jalanan cukup licin, penuh dengan semak belukar, tebing batu hitam dan tanaman paku-pakuan. Rasa lelah ini pun akan terbayar dengan lunas saat sampai di titik lokasi objek wisata. Dimana, ketinggian dari curug moprok kurang lebih 80 meter

Baca Juga:  Curug Lumbung Purworejo

Debit air di tempat ini pun cukup deras. Sehingga, disarankan wisatawan untuk tidak terlalu mendekat. Suasana dan nuansanya memang bisa membuat wisatawan enggan beranjak dari sini tidak hanya itu, mereka pun bisa juga lupa waktu saking terpesonanya.

Semilir angin sepoi-sepoi dengan suhu dingin selalu hadir di dalam setiap perjalanan menuju titik lokasi. Di area sekitar terdapat bebatuan berjajar cukup rapat dan sedikit tajam. Besar dan kecilnya pun beragam sehingga, membentuk sebuah cekungan.

Warna air di tempat ini pun sangat jernih berwarna biru kebiruan nan elegan. Biasanya cekungan ini bisa digunakan untuk berendam dan juga berenang. alam sekitar menjadi objek pemandangan jitu untuk mencuci mata.

Hijau-hijaunya kawasan ini memang seakan bisa berpadu dengan air dan suasananya. Cobalah menghirup udara segar yang dihasilkan, pasti semua oksigen akan meresap erat sampai ke dalam-dalam.

Nama lain dari curug moprok adalah curug pelangi. Namanya yang lebih kece daripada sebelumnya. Dinamakan dengan pelangi lantaran, sering kali mucul pelangi di depan air yang terjun deras ini.

Waktu terbaik untuk menuju ke kawasan ini adalah pada saat musim penghujan. Anda bisa menikmati derasnya air daripada datang di musim kemarau. Tempat yang menjadi rekomendasi utama bagi wisatawan untuk menikmati purwokerto.

Baca juga: Lokawisata Baturaden

Rute Lokasi Curug Moprok

Curug Moprok Terletak di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa tengah. Titik poin menuju ke tempat ini adalah baturaden. Kawasan yang menjadi ikon purwokerto. Waktu tempuh dari pusat kota kurang lebih 30 menit.

Baca Juga:  Floating Market Lembang, Wisata Pasar Apung dan 5 Spot Menarik di Sana

Berjalan menuju ke tempat ini wisatawan wajib membawa bekal berupa minuman dan juga makanan. Lantaran, kurang ramahnya warung-warung di tempat ini. jadi, persiapkan bekal. Dan jangan lupa untuk buang sampah pada tempatnya.

Melihat jalur cukup sulit anda wajib untuk memakai sepatu yang nyaman. Selain itu, perhatikan pula kondisi fisik. Jangan paksakan bila sudah lelah. Lantaran track yang harus dilalui memang sangat memakau dan menggemaskan.

Sekali-kali beristirahatlah untuk menghirup nafas. Tetapi jangan terlalu lama dan diusahakan jangan duduk. Lalu, lanjutkan lagi perjalanan secara perlahan agar bisa  sampai di curug. Bila anda memaksakan diri, pasti tidak akan pernah sampai.

Baca juga: Dream Land Waterpark

Titik spot selanjutnya adalah sebuah ban besar yang mirip dengan tower. Banyak sekali wisatawan mengunjungi tempat ini. selain itu anda juga bisa meloncat dari tebing di atas dan terjun bebas ke bawah air. Rasakan kesegaran dan kesejukan air disini.

Harga Tiket Masuk Curug Moprok

Untuk bisa menikmati keindahan nan elok ini wisatawan akan dikenakan harga tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah. di Tambah dengan uang parkir sebesar  2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

Wisata Sekitar Curug Moprok

Sudah sampai di tepat ini anda wajib untuk datang ke berbagai kawasan wisata di sekitar. dimana, banyak sekali curug bisa dinikmati dan dijadikan sebagai tempat untuk menyendiri dan mencari inspirasi. Diantaranya adalah curug telu, sendang bidadari, dan juga kedung pete.

Baca Juga:  Gili Nanggu Lombok

Mungkin curug telu adalah tempat paling dekat. Karena, sebelum mencapai titik objek ini anda harus melewati terlebih dahulu curug telu. Tidak ada salahnya menikmati sejenak objek ini karena esoktisnya melebihi apa yang ada di gambar-gambar.

Galeri Foto Curug Moprok

Curug Moprok
Curug Moprok, Alam Baturaden yang Masih Tersembunyi 1
Curug Moprok
Curug Moprok
Curug Moprok

Update foto di Instagram

Curug Moprok adalah kawasan wisata nan elok yang tidak boleh untuk dilewatkan. Tantangannya memang bisa memacu adrenalin dan paling bagus untuk melatih diri. Jadi, jangan lewatkan kesempatan menarik ke tempat ini.

Seberapa bermanfaat posting ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara: