9 Tempat Wisata di Medan

Tempat Wisata Medan dolanyok.com – Kota Medan di Sumatera Utara memiliki sejumlah tempat wisata yang menakjubkan seperti Danau Toba dan Dataran Tinggi Berastagi. Bukan hanya itu saja, Medan masih memiliki banyak wisata yang pesonanya sangat patut untuk dikunjungi. Tempat wisata di Medan bukan hanya nyaman dan tenang untuk dikunjungi, tapi juga memiliki cerita budaya Medan yang bersejarah.

Bahkan banyak orang berduyun-duyun ke Medan untuk menikmati makanan, dan apa pun selera Anda, Anda tidak akan kelaparan di Medan. Sebagian besar tempat wisata memang difokuskan di sekitar makanan. Sambil menjelajah destinasi wisata di Medan, Anda bisa berwisata kuliner pula. Penasaran dengan tempat wisata apa saja yang ada di Medan? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

9 Tempat Wisata Medan Paling Populer

Tjong A Fie Mansion

Wisata Medan Tjong A Fie Mansion
Tjong A Fie Mansion (c) @j_anandary

Siapa pun yang pernah ke Cheong Fatt Tze Mansion yang ada di Penang, Malaysia Anda dapat menemukan Tjong A Fie Mansion di kota Medan. Tjong A Fie Medan sebenarnya hampir sama konsepnya dengan Cheong Fatt Tze, sehingga antara dua bangunan tersebut hampir sama.

Mansion ini adalah salah satu destinasi wisata utama yang ada di Medan dan merupakan tempat yang bagus untuk melihat sejarah bagaimana orang hidup di kota ini pada tahun 1900-an.

Anda dapat mengikuti tur di sekitar Mansion yang akan memakan waktu sekitar satu jam dan mendengar semua tentang sejarah di tempat ini dengan ditemani pemandu yang akan menemani Anda berkeliling Tjong A Fie Mansion.

Baca juga: Wisata Paling Romantis di Medan

Ketika Anda berjalan-jalan di bangunan ini pastikan Anda mengambil gambar karena semua hiasan-hiasan dan taman di Tjong A Fie Mansion sangat cantik dan unik.

Pemandian Air Panas Sipoholon

Pemandian Air Panas Sipoholon
Pemandian Air Panas Sipoholon (c) @kemanakitaliburan

Mata air panas Sipoholon ini sering disebut dengan istilah “kolam air soda” karena bak mandinya terasa seperti minuman berkarbonasi. Air di pantai ini memiliki warna biru-hijau karena kandungan belerangnya, dan bukit-bukit batu kapur di sekitarnya menunjukkan pemandangan yang sangat indah.

Daerah ini dikelilingi dengan berbagai tanaman berwarna oranye, kuning, dan hijau hingga menghasilkan pemandangan yang sangat indah! Pastikan Anda membawa pakaian renang Anda jika Anda ingin mandi di kolam mata air belerang.

Belerang dikenal karena sifatnya yang sehat dan menyembuhkan, jadi setelah berenang di kolam ini, kulit Anda akan lebih bercahaya dan lembut. Apabila Anda memiliki penyakit kulit, maka penyakit Anda akan mudah sembuh

Masjid Raya Al Mashun

Masjid Raya Al Mashun
Masjid Raya Al Mashun (c) @calvin_oky

Masjid Raya Al Mashun, adalah masjid agung di Medan dan dikenal sebagai salah satu yang termegah. Masjid ini dibangun menggunakan bahan bangunan yang diimpor dari negara Eropa seperti marmer Italia. Anda bisa mengelilingi masjid raya ini sambil melihat semua detail yang sangat indah di sini.

Beberapa hal yang harus diwaspadai di tempat ini adalah jangan sampai memberikan noda atau sentuhan di kaca karena akan sangat terlihat nyata. Apalagi masjid ini juga memiliki ubin hijau zamrud yang begitu bening.

Bagi Anda yang Non-Muslim, Anda masih bisa untuk berkeliling ke masjid di luar jam-jam sholat tetapi pastikan untuk berpakaian dengan hormat.

Istana Maimun

Istana Maimun
Istana Maimun (c) @dinatatat

Istana Maimun adalah nama istana kerajaan di Medan yang dimiliki oleh Kesultanan Deli. Saat ini bagian dari istana terbuka untuk umum dan telah diubah menjadi museum. Istana Maimun terdiri dari ruang tahta dan ada beberapa pajangan yang menjelaskan sejarah keluarga kerajaan dan beberapa koleksi pakaian kuno dan benda-benda Istana Maimun menarik lainnya.

Salah satu daya tarik besar di Istana Maimun adalah interiornya yang menarik. Anda bisa mengambil gambar di ruang tahta, dan Anda juga bisa berjalan di sekitar taman yang mengelilingi istana Maimun. Pastikan untuk membawa kamera ketika berkunjung ke tempat wisata ini.

Danau Toba

Danu Toba
Danau Toba (c) @ciaobellaputri

Sebuah gunung berapi meletus dengan hebat 70.000 tahun yang lalu, meninggalkan danau dengan kawah besar dua kali ukuran negara Singapura. Lebih dari itu, sebuah pulau bernama Samosir mulai terbentuk di tengah danau Toba ini.

Danau Toba ini adalah destinasi wisata hits Medan dan wisata kelas dunia yang terlihat indah dari berbagai sudut. Banyak orang yang mengunjungi tempat wisata ini karena keindahannya.
Pulau Samosir

Pulau Samosir adalah sebuah tempat wisata Medan 2018 yang sangat indah dan memiliki pemandangannya yang begitu menakjubkan. Jika Anda sudah di Danau Toba, jangan lupa untuk mengunjungi Pulau Samosir yang letaknya berada di tengah danau Toba.

Dataran Tinggi Berastagi

Berastagi
Berastagi (c) @i_cute13

Brastagi adalah tempat liburan akhir pekan favorit masyarakat Medan. Tempat wisata ini berupa pedesaan yang menyejukkan dan menyediakan kebun buah serta sayuran segar. Brastagi juga menawarkan keindahan kembar yang indah dari Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Anda bisa menginap di beberapa tempat penginapan yang disediakan.

Bagi Anda yang menyukai petualangan, kedua gunung ini sangat bagus untuk Anda daki sambil memburu foto. Pastikan Anda membawa peralatan yang cukup dan memadai ketika hendak mendaki Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

Air Terjun Sibolangit

Air Terjun Sibolangit
Air Terjun Sibolangit (c) @travelingdonk

Air terjun Sibolangit adalah sebuah air terjun yang menakjubkan dan berada di tempat wisata satu ini seperti mimpi ajaib. Air terjun ini memiliki dua warna. Air terjun Sibolangit memiliki aliran air berwarna biru dan juga putih belerang. Warna biru yang ada di air terjun Sibolangit ini memiliki warna seperti kristal.

Sementara warna putih yang ada di air terjun Sibolangit ini berasal dari belerang. Belerang yang mengalir ke air terjun ini mengalir turun dari Gunung Sibayak dan dilarutkan ke dalam kolam. Sayang sekali jika Anda tidak berkunjung ke air terjun yang menakjubkan satu ini jika sudah di Medan.

Kampung Keling

Kampung Keling
Kampung Keling (c) @yusantaavi

Kampung Keling adalah tempat wisata tradisional yang ada di Medan dan Anda ketika Anda berkunjung ke kampung ini Anda akan benar-benar berasa di India. Kampung Keling ini dipenuhi oleh toko-toko yang menjual kain sari berwarna-warni dan perhiasan India. Selain itu ada juga banyak restoran India di Kampung Keling yang menyajikan hidangan tradisional ala India.

Kampung Keling juga merupakan tempat dari Kuil Sri Mariamman yang dibangun pada tahun 1884. Tempat ini memiliki kekayaan arsitektur yang sangat indah dan menarik.

Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni
Graha Maria Annai Velangkanni (c) @martinliufeto

Graha Maria Annai Velangkanni juga dikenal sebagai Gereja Kesehatan. Graha Maria Annai Velangkanni dibuka pada tahun 2005 dan merupakan tempat ibadah yang juga menjadi tempat wisata.

Tempat ini adalah gereja Katolik yang didesain seperti sebuah kuil India dan Anda dapat menikmati perabotan berukir di sini dan stupa dengan desain yang elegan.

Baca juga: Wonder Water World Medan

Dari 10 destinasi wisata populer di Medan ini, manakah yang menjadi favorit Anda? Dan apabila Anda menjelajahi tempat wisata di Medan, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Medan yang sangat lezat.

data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matched-content-columns-num="2"
Gambar Gravatar
Suka ngasih makan ikan dan jalan-jalan.