Sejarah Megahnya Istana Maimun, Peta Lokasi + Harga Tiket Masuk

Sejarah Megahnya Istana Maimun, Peta Lokasi + Harga Tiket Masuk
Beri nilai

Megahnya Istana Maimun Sumatra Utara
Melihat orang berpakaian adat khas istana, berfoto selfi dengan spot kerajaan, mendengarkan alunan musik dari petugas kerajaan, dan melihat sisa sisa peninggalan kerajaan maimun.
Jam Buka 08.00–17.00
Harga tiket untuk umum adalah Rp 5.000
Kontak
Alamat Jl. Sultan Ma’moen Al Rasyid No. 66, Medan Maimun, A U R, Medan Maimun, A U R, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

Peta Lokasi Istana Maimun

Istana maimun adalah bangunan peninggalan  kerjaan deli serdang sumut, yaitu Sultan Mahmud Alrasyid. Bangunan ini didesain oleh arsitektur italia dengan luas bangunan yaitu 2.772 m2 dan 30 ruangan. Bangunan sejarah ini memiliki ukiran dinding yang menarik dan kokoh dan saat ini sudah berumur lebih dari 130 tahun. Karena sejarahnya yang unik, istana maimun banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah.

Beberapa foto istana yang satu ini tentunya akan membantu Anda dalam membayangkannya jika berada di tempat tersebut.

[spoiler title=’Galeri Foto Istana Maimun’ style=’blue’ collapse_link=’false’]

Lihat Semua Foto

[/spoiler]

Istana Maimun

Istana Maimun adalah sebuah ikon sekaligus kebanggan kota dari masyarakat Medan. Setiap kota tentunya punya ikon yang menjadi penanda dari kota tersebut, salah satunya istana yang satu ini. Kota Medan sebagai kota metropolitan ketiga setelah Jakarta dan Surabaya memiliki peninggalan istana megah dari zaman kerajaan Deli. Arsitektur bangunan tersebut didominasi dengan warna kuning yang menjadi warna khas Melayu. Dengan luasnya sebesar 2772 meter persegi serta 30 ruangan dalam istana menjadikan daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke medan.

Asal usul istana maimun merupakan peninggalan kerajaan deli yang dibangun oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah yang termasuk dalam keturunan raja ke sembilan dari kesultanan Deli. Istana tersebut dibangun pada 26 agustus 1888 serta diresmikan pada 18 mei 1891.

Bangunan istana Medan ini menhadap ke timur dengan dua lantai yang terdapat tiga bagian yakni bangunan induk, sayap kanan, dan sayap kiri. Pada bagian depan sekitar 100 meter terdapat masjid Al-Maksum yang dikenal dengan Masjid Raya Medan.

Istana ini menjadi salah satu istana yang paling indah di Indonesia. Hal ini karena arsitekturnya yang unik dengan paduan berbagai kebudayaam Melayu bergaya Islam, India, Spanyol, dan Italia. Perpaduan tersebut akan menyuguhkan keunikan tersebut yang dapat memberikan ciri khas bangunan tersebut.

Pengaruh islam dapat terlihat dari bentuk lengkung di bagian atapnya yang menyerupai bentuk perahu terbalik yang biasa ditemukan pada bangunan-bangunan yang ada di Kawasan Timur Tengah. Selain itu, pengaruh eropa juga dapat dilihat dari ornamen lampu, meja, kursi, jendela hingga pintu dorong yang ada di tempat ini. Pintunya yang bergaya Spanyol juga menjadi bagian arsitektur dari istana tersebut. Anda juga dapat melihat pola arsitektur Belanda dari bentuk pintu dan jendelanya yang lebar. Ada juga prasasti marmer yang ditulis dalam huruf latin dalam bahasa Belanda.

Pada bagian ruang tamu, Anda dapat menjumpai ruang tahta yang didominasi dengan warna kuning. Ruang yang luasanya 412 meter persegi tersebut digunakan sebagai penobatan Sultan Deli atau acara tradisional lain. Ruang tersebut juga telah digunakan untuk menyimpan berbagai benda milik kerajaan ini. Anda dapat melihat berbagai foto kerajaan dan peralatan keluarga kerajaan termasuk senjata juga dapat Anda lihat di tempat wisata sejarah Medan yang satu ini.

Kemewahan bangunan fisik dan interior istana ini kemungkinan karena pada saat itu wilayah Deli ada dibawah Kesultanan Deli yang berhasil mengelola hasil minyak, rempah-rempah, dan perkebunan yang melimpah. Hasil minyak bumi yang luar biasa tersebut bisa memberikan penghasilan yang sangat besar terhadap kesultana Deli, terbukti dar kehadiran Istana yang dijelaskan sebagai ikon medan yang megah ini.

Peta Lokasi Istana Maimun

Bagi Anda yang ingin pergi ke tempat wisata bersejarah ini, Anda dapat menggunakan transportasi umum, seperti bis, mobil, sepeda motor, dan sebagainya. Jika bingung, gunakan aplikasi google maps untuk mempermudah perjalanan Anda. Lokasi wisata sejarah ini, tepatnya berada di jalan Sultan Ma’moen Al Rasyid No. 66, Kelurahan Sukaraja, Medan Maimun, Kota Medan. Lebih lengkapnya, Anda dapat melihat lokasi yang tertera di Google Maps berikut.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Istana Maimun

Wisata bersejarah ini buka pada setiap harinya, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya sebesar 3.000 bagi anak-anak, sedangkan untuk orang dewasa dikenakan biaya sebesar 5.000 saja.

Mau berkunjung ke Istana Maimun di Medan yang megah ini? Anda dapat menelusuri kemegahan dan keindahan setiap balik dinding serta puluhan kamar yang tersebar di dua lantai pada ikon Kota Medan tersebut.

Gambar Gravatar
Ingat, semua informasi ini disediakan sama sekali tanpa biaya dan jika Anda telah menikmati apa yang telah Anda baca, tolong tunjukkan penghargaan Anda dengan membagikan posting ini di jejaring sosial favorit Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.