11 Rekomendasi Tempat Wisata di Ambarawa Hits & Paling Populer

4 min read

Wisata di Ambarawa Eling

Ambarawa merupakan sebuah kecamatan di Semarang yang memiliki sejuta pesona. Yaps, mungkin sebagian dari kita masih tidak mengetahui apa sih pesona yang ditawarkan kecamatan ini. Namun, tahukah kamu? Berbagai tempat wisata di Ambarawa ini menawarkan pemandangan alam yang begitu mempesona dan menakjubkan, lo.

Tempat-tempat wisata yang ditawarkan kecamatan ini juga beragam. Mulai dari air terjun, spot foto kekinian, hingga situs budaya dan bersejarah. Nah, buat kamu yang penasaran dengan tempat wisata di Ambarawa, simak terus ulasan di bawah ini!

1. Monumen Palagan Ambarawa

Tempat wisata ini dibangun untuk mengenang terjadinya pertemuan Palagan Ambarawa pada 12-15 Desember 1945. Di sana, kamu akan menemukan berbagai koleksi senjata, pakaian, kendaraan, dan berbagai jenis barang lainnya yang digunakan dalam pertempuran.

Tak hanya itu, tempat wisata di Semarang ini juga menghadirkan berbagai benda peninggalan Belanda dan Jepang. Kamu dapat mengunjungi tempat ini di Jalan Mgr. Sugiyopranoto, Ambarawa, Semarang dengan tiket hanya Rp5.000,00 saja. Sementara jam bukanya sendiri yaitu setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 18.00.

2. Goa Maria Ambarawa

Tempat wisata yang satu ini telah berdiri sejak 1954 dengan sebuah patung Bunda Maria yang indah. Patung ini memiliki ketinggian sekitar 42 meter dengan dilengkapi lukisan kehidupan Yesus pada bagian bawah patung. Di sana juga terdapat sebuah kapel dan beberapa perhentian jalan salib yang sering digunakan untuk ziarah bagi umat Katolik.

Tak hanya itu, kamu juga akan menemukan berbagai toko souvenir dan juga barang-barang rohani. Nah, tempat ini dapat kamu temukan di Jalan Tentara Pelajar nomor 88, Panjang, Ambarawa, Semarang. Kamu dapat mengunjunginya setiap hari pada pukul 08.00-21.00 tanpa perlu membayar tiket masuk sepeserpun

3. Candi Gedong Songo

Sesuai namanya, Candi Gedong Songo memiliki sembilan buah candi yang menawarkan pemandangan yang berbeda-beda. Kompleks candi ini dapat kamu temukan di kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian 1.200 mdpl. Mengingat letaknya yang berada di atas ketinggian, maka tak heran jika udara di tempat ini sangat sejuk.

Selain memiliki udara yang sejuk, pemandangan yang ditawarkan pun begitu indah dan mempesona. Pengunjung dapat menyewa kuda untuk berkeliling di kompleks candi sambil menikmati pemandangan yang disuguhkan. Kamu dapat mengunjungi wisata Ambarawa Ungaran pada pukul 06.30-18.00 dengan membayar tiket seharga Rp10.000,00.

4. Danau Rawa Pening

Kawasan Danau Rawa Pening sejatinya adalah kawasan kampung rawa yang di bagian tengahnya terdapat hamparan sawah hijau yang menyejukkan. Danau ini memiliki luas sekitar 2.670 hektar dengan air yang sangat bening. Pada bagian sisi selatan danau, kamu akan menemukan pemandangan Gunung Telomoyo dan Merbabu yang menjulang indah.

Tak hanya itu saja, di sana pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang dihadirkan. Pengunjung dapat mencoba wahana perahu karet, becak air, ATV, dan juga bebek air. Dawa Rawa Pening ini dapat kamu kunjungi setiap hari pada pukul 08.00-21.00 dengan tiket Rp2.500,00.

5. Bandungan

Apakah kamu merasa asing dengan sebutan Bandungan? Bandungan merupakan sebuah sebutan dari daerah dataran tinggi yang ada di Kota Semarang. Bandungan menawarkan pemandangan yang indah dan mempesona dengan udara yang sejuk dan juga dingin. Kawasan ini juga cocok digunakan sebagai jalur pendakian bagi para pemula.

Ada berbagai tempat wisata di Bandungan yang dapat kamu temui. Di sana ada curug 7 bidadari dengan 7 kolam yang terbentuk secara alami. Untuk tiket masuk kawasan ini juga terbilang murah. Kamu hanya perlu membayar Rp10.000,00 saja untuk dapat menikmati segala pesona yang ada di kawasan ini.

5. Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron merupakan salah satu hutan binaan di Kecamatan Ambarawa. Ada berbagai aktivitas yang dapat kamu kerjakan di sana. Seperti misalnya, olahraga, outbound training, latihan SAR, jungle tracking, pramuka, atau penelitian. Tak hanya itu, tempat ini juga menjadi lokasi pengamatan bagus yang cukup bagus.

Ada sekitar 97 spesies yang ada pada wana wisata ini seperti misalnya Elang Ular Bido, Merak Hijau, Kadalan Birah, beberapa raptor migran, dan Kadalan Kembang. Wana wisata Penggaron ini terletak di Susukan, Ungaran Timur, Semarang dengan jam buka dari pukul 07.00-17.00.

6. Bukit Cinta

Bukit Cinta ini terletak sangat dekat dengan Rawa Pening. Jadi, jika kamu sedang berkunjung ke Rawa Pening, jangan lupa mampir ke sini, ya. Saat akan memasuki kawasan Bukit Cinta Ambarawa, kamu akan disuguhkan dengan patung kepala ular besar yang sedang berusaha melingkari bukit.

Simbol kepala ini menunjukkan sejarah terjadinya Rawa Pening itu sendiri. Nah, pemandangan yang ditawarkan Bukit Cinta ini begitu epik dengan dikelilingi perbukitan hijau yang segar. Buat kamu yang ingin mengunjungi tempat ini, silakan datang pada pukul 08.00-18.00 dengan membayar harga tiket sekitar Rp6.000,00 sampai Rp7.500,00 saja.

8. Pemandian Muncul

Pemandian Muncul menjadi salah satu kawasan pemandian alami yang dapat kamu temukan di Ambarawa. Jika sedang beruntung, kamu dapat menyaksikan ritual Padusan yang digelar setahun sekali setiap menjelang bulan puasa. Tak hanya itu, pemandian ini juga dimanfaatkan sebagai tempat pemancingan dan juga pembibitan ikan.

Pemandian alami ini memiliki sirkulasi air yang terjaga serta kualitas air yang bagus. Sumber air pemandian alami ini diperoleh dari dalam tanah. Selain memiliki air yang jernih dan bersih, lokasinya pun nyaman dengan dilengkapi berbagai fasilitas. Jika kamu tertarik, silakan datang ke Jl. Raya Muncul, Rowoboni, Ambarawa pada pukul 05.00-17.00.

9. Puncak Lereng Kelir

Pemandangan alam yang disuguhkan oleh Puncak Lereng Kelir ini begitu mempesona dan membuat siapa pun yang melihatnya takjub. Perjalanan yang harus ditempuh untuk menuju puncak ini memang terjal dan banyak menguras tenaga. Namun, semua itu akan terbayar tuntas setelah kamu berhasil mencapai puncak dan menikmati keindahan alamnya.

Wisata tebing Ambarawa yang satu ini juga disediakan sebuah gardu pandang. Gardu pandang ini dilatar belakangi pemandangan Kota Semarang, Rawa Pening, serta Gunung Merbabu dan Telomoyo yang begitu indah. Untuk tiket masuknya sendiri cukup murah, hanya Rp5.000,00 (weekday) dan Rp7.000,00 (weekend).

10. Eling Bening

Jika kamu sedang mencari restoran dengan konsep wisata keluarga, kamu dapat mengunjungi Eling Bening. Pemandangan yang dihadirkan tempat ini sangatlah mempesona dengan view utamanya adalah Rawa Pening. Tak hanya itu, kawasan ini juga dikelilingi oleh Gunung Merbabu, Telomoyo, dan Andong yang membuat tempat ini terlihat semakin indah.

Di sana, kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas selain makan. Seperti misalnya, trekking, outbound, hunting foto, dan lain sebagainya. Eling Bening ini terletak di Jalan Kartini Tambakboyo, Mustika, Semarang. Kamu dapat mengunjungi kawasan ini pada pukul 08.00-18.30 dengan harga tiket Rp18.000,00.

Selengkapnya >> Eling Bening

11. Kampung Kopi Banaran

Nah, buat kamu yang suka menikmati pahitnya kopi, wajib hukumnya untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Kampung Kopi Banaran menghadirkan hamparan kebun kopi yang luas dengan berbagai jenis kopi. Tak hanya itu, tempat ini juga dikelilingi oleh beberapa gugusan gunung yang memberikan pemandangan yang sangat luar biasa.

Kamu dapat menikmati keindahan tempat ini dengan menggunakan kereta wisata yang sudah disediakan di sana. Tempat ini juga dapat dijadikan sebagai tempat nongkrong Ambarawa sambil menikmati secangkir kopi murni tanpa campuran. Kampung Kopi Banaran ini berlokasi di Jl. Raya Bawen Solo, Bawen.

Jadi, Ambarawa merupakan sebuah kecamatan di Semarang yang memiliki sejuta pesona. Ada berbagai tempat wisata menarik yang dapat kamu temukan di Ambarawa. Mulai dari air terjun, spot foto kekinian, hingga situs budaya dan bersejarah. Tempat-tempat tersebut juga menghadirkan pesona alam yang indah dan menakjubkan.

Baca juga: TOP 75 Tempat Wisata Semarang

Itulah tadi sedikit informasi seputar tempat wisata di Ambarawa. Jika kamu masih kurang puas, kamu dapat mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya. Seperti misalnya, Benteng Willem I, Museum Kereta Api Ambarawa, Wisata Langen Tirta, dan masih banyak lagi. Sekian dan selamat beraktivitas kembali.

error: Disable