TOP 75 Daftar Tempat Wisata Semarang Yang Hits Dan Menarik

19 min read

TOP 75 Daftar Tempat Wisata Semarang Yang Hits Dan Menarik 1

Semarang merupakan ibukota dari provinsi Jawa Tengah. Kota ini pun menjadi kota besar yang sangat sibuk di antara kota-kota lainnya di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini pun menjadi salah satu pusat perekonomian di Jawa Tengah dengan adanya pabrik-pabrik besar. Namun ternyata kota Semarang tidak hanya terkenal sebagai kota industri yang panas dan pengap.

Di sudut lain kota ini kamu bisa menemukan kesejukan dan hiburan yang menyenangkan. Tidak disangka bahwa kota ini memiliki banyak objek wisata yang seru dan keren mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata alam, wisata kekinian, wisata reliji, sampai wisata air terjun. Apakah kamu penasaran dengan seluruh objek wisata yang dimiliki kota ini?

Dengan waktu sehari kamu tidak akan cukup mengekspor kota ini. Apa saja objek wisata yang dimiliki kota yang dijuluki kota lumpia ini? Berikut ini tim dolan yuk akan rangkumkan beberapa tempat wisata Semarang yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke Semarang.

Daftar Baca Cepat »»»

Daftar Tempat Wisata Semarang Kota

Jika berkunjung ke kota ini pastikan untuk mampir ke tempat wisata Semarang. Di pusat kota ini, kamu tidak hanya bisa melihat kawasan industridan mall.

Karena letaknya yang berada di tengah kota, kamu bisa menemukan banyak objek wisata menarik. Apasajakah objek wisata tersebut? Simak daftar objek wisata Semarang kota di bawah ini:

1 . Lawang Sewu

Bangunan ini adalah bangunan tua yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda yaitu sekitar tahun 1904 yang letaknya berada di tengah kota Semarang. Kini Lawang Sewu menjadi wisata paling favorit di Semarang dan dinobatkan menjadi salah satu tempat paling horor di Asia. Untuk menjelajah gedung atas, htm yang kamu bayar sebesar Rp 10.000,00 dan htm untuk gedung bawah agak sedikit mahal yaitu Rp 30.0000,00.

Alamat
Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatLawang Sewu

2 . Simpang Lima

Simpang Lima merupakan sebuah titik temu dari lima jalan ya g ada di kota Semarang. Di tempat ini terdapat sebuah alun-alun kota yang menjadi titik persimpangan dari 5 jalur yang berbeda. Banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan khas kota Semarang.

Alamat
Jl. Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatSimpang Lima

3 .Kota Lama

Kota Lama merupakan kawasan unik yang klasik yang masih dilestarikan sampai sekarang karena memiliki arsitektur khas Eropa. Ketika kamu mengunjungi tempat ini kamu seolah-olah akan dibawa ke masa lampau. kawasan ini pun sering disebut sebagai miniatur negara Belanda yaitu Little Netherland.

AlamatKota Lama, Bandarharjo, Semarang Utara ,Kota Semarang Jawa Tengah
Review TempatKota Lama Semarang

4 .Klenteng Sam Poo Kong

Dahulu klenteng ini digunakan sebagai tempat sembahyang orang muslim, namun kini klenteng ini digunakan sebagai tempat sembahyan orang konghucu. Walaupun demikian klenteng ini memiliki ornamen khas negara Cina yang bisa kamu nikmati keindahnya dan sejarahnya hanya dengan HTM sebesar Rp 5.000,00- Rp 40.000,00.

AlamatJl. Simongan, nomor 129, Bongsari Semarang Barat, Semarang Jawa Tengah
Review TempatKlenteng Sam Po Kong

5 .Komplek Pecinan

Berbeda dengan kota lama yang masih identik dengan bangunan zaman penjajahan Belanda, di komplek pecinan kamu akan merasakan suasana Tionghoa yang sangat kental. Kawasan ini memiliki peranan yang sangat penting untuk kota Semarang, maka dari itu kawasan ini menjadi salah satu tempat yang memiliki potensi wisata budaya.

AlamatKauman, Semarang kota, jawa Tengah
Review TempatKomplek Pecinan

6 .Tugu Muda Semarang

Tugu ini merupakan simbol penghargaan dari masyarakat Semarang kepada pejuang yang telah gugur dalam membela tanah air Indoenesia. Pembangunan tugu ini dimulai pada tanggal 28 Oktober 1945, yaitu sepuluh hari setelah berlangsungnya perang lima hari di Kota Semarang. Barulah pada tanggal 20 Mei 1953, tugu ini diresmikan oleh Bung Karno Presiden RI ke 1 tepat pada hari Kebangkitan Nasional.

AlamatJl. Yudistira Nomer.5, Pendrikan Kidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa
Review TempatNama Tempat Wisata

Wisata Budaya

Kota Semarang merupakan salah satu kota tua yang ada di Indonesia. Maka dari itu kamu bisa menemukan banyak sejarah yang terjadi di kota ini.

Hal tersebut masih bisa kamu temukan pada bangunan tua yang dijadikan sebagai objek wisata saat ini. Walaupun mempunyai nilai sejarah, kamu bisa menjadikan tempat tersebut sebagai objek wisata seru bersama keluarga.

7 .Candi Gedong Songo

Ternyata di kota Solo kamu masih bisa menemukan candi peninggalan zaman kuno. Seperti namanya candi ini memiliki 9 buah bangunan candi yang letaknya tersebar. Candi ini terletak di sebuah bukit yang sangat luas dan mempesona. Selain ber wisata budaya di tempat ini kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000,00/ orang.

AlamatKrajan, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614
Review TempatCandi Gedong Songo

8. Klenteng Tay Kak Sie

Klenteng Tay Kak Sie yang dibangun pada tahun 1746. Klenteng ini selain bersejarah juga sangat artistik dengan konstruksi khas Tiongkok nya. Elemen artistik tersebut bisa kamu temukan di bagian atap klenteng yang berupa hiasan sepasang naga yang sedang memperebutkan matahari dan pada tiang penahan bangunan. Dengan tiket masuk sebesar Rp 3.000,00 kamu bisa menjelajah setiap sudut klenteng tua ini.

AlamatGang Lombok, Kauman, Semarang Tengah, Semarang,
Review TempatKlenteng Tay Kak Sie

9. Candi Tugu

Peninggalan sejarah yang ada di Kota Semarang adalah Monumen Tugu Rejo atau sering disebut sebagai Candi Tugu. Menurut cerita masyarakat, peninggalan purba tersebut adalah sebagai tanda batas kekuasaan dua kerajaan yaitu kerajaan Majapahit di Jawa Timur dan Kerajaan Pajajaran di Jawa Barat. Pada tahun 1983 Dinas Purbakala Kota Semarang melakukan pemugaran bangunan bersejarah ini.

Terdapat 5 buah candi yang berada di kawasan ini yaitu Tugu tapal batas, sandi utama, sepasang candi yang berupa pintu gerbang dan juga gua semedi.

AlamatTugurejo, Tugu, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatCandi Tugu

10. Museum Perjuangan Mandala Bhakti

Museum ini pada mulanya adalah sebuah Pengadilan Tinggi Belanda yang dibangun pada tahun 1930. Sebelum dijadikan sebagai museum pada tahun 1985, bangunan ini juga difungsikan sebagai Markas Polisi Militer Jepang dan Markas Besar Komando Wilayah Pertahanan II Kodam IV Diponegoro.

Kini museum tersebut menyimpan bukti-bukti perjuangan TNI dalam merebut kemerdekaan RI. Bukti-bukti tersebut tersimpan rapi di dalam delapan ruangan yang berbeda. Diantara barang-barang tersebut adalah senapan, mesin berat, baju seragam, senjata pelontar, alat-alat kesehatan, alat musik dan lain-lain.

AlamatJl. Unika Soegijapranata, Nomer 1, Barusari, Semarang Selatan, Jawa Tengah
Review TempatMuseum Perjuangan Mandala Bhakti

11. Taman Budaya Raden Saleh

Di dalam gedung ini terdapat banyak koleksi seni mural yang menggabrakan kedamaian dan kebersamaan masyarakat Semarang agar mau melestarikan budaya Semarang.

Pada bangunan utama gedung ini terdapat sebuah gedung kesenian yang bernama Ki Narto Sabdo yang masih aktif digunakan sebagai tempat pementasan. Jika kamu ingin melihat pertunjukan seni kamu bisa membayar tiket yang berkisar mulai dari Rp 10.000,00- Rp 25.000,00.

AlamatJl. Sriwijaya, nomer 29, Tegalsari, Candisari, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatTaman Budaya Raden Saleh

12. Benteng Willem II Ungaran

Di sudut Ungaran terletak sebuah bangunan peninggalan Kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1786. Benteng ini menjadi saksi dari penahanan Pangeran Diponegoro sebelum beliau diasingkan di Benteng Rotterdam, Makassar. Di halaman muka benteng ini kamu bisa menemukan patung Pangeran Diponegoro yang berdiri gagah.

AlamatJl. Diponegoro, Dliwang, Ungaran, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatBenteng Willem II Ungaran

13 .Kantor Pos Besar Semarang

Salah satu bangunan peninggalan Belanda adalah Kantor Pos Besar Semarang. Kantor los ini merupakan bangunan bersejarah karena merupakan kantor pos kedua di Indonesia yang dibangun pada tahun 1750.

AlamatJl. Ketileng Utara I, Sendangmulyo, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatKantor Pos Besar Semarang

14 .Monumen Palagan Ambarawa

Jejak perlawanan masyarakat Semarang dalam Peperangam Ambarawa dapat kamu lihat di Monumen Palagan Ambarawa. Pada monumen tersebut terdapat sebuah relief yang menggambarkan perlawanan masyarakat Semarang dari mulai peperangan hingga akhir peperangan. Dengan uang sebesar Rp 5.000,00 kamu bisa mendapatkan pengetahuan sekaligus melihat berbagai koleksi peralatan tempur.

AlamatJl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatMonumen Palagan Ambarawa

15 .Museum Ronggowarsito

Museum ini berisi lebih dari 50.000 koleksi yang terbagi ke dalam 10 jenis kategori yang berbeda mulai dari kategori biologi, arkeologi, filologi sampai dengan historika. Bahkan kamu juga bisa melihat replika keberagaman budaya nusantara. Dengan htm sebesar Rp 2.000,00- Rp 4.000,00 kamu bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan dari museum nusantara ini.

AlamatJl. Abdul Rahman Saleh, Nomer 1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatMuseum Ronggowarsito

16 .Mercusuar Willem III

Mercusuar ini sudah berusia lebih dari 1 abad yang dibangun pada tahun 1884 dan masih beroperasi dengan baik. Mercusuar yang memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter juga sering disebut sebagai mercusuar Willem 3. Mercusuar ini sebagai salah satu Saksi Bisu perkembangan kota Semarang menjadi kota Niaga yang berbatasan langsung dengan laut Jawa.

AlamatJl. Bandarharjo Selatan, Bandarharjo, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah.
Review TempatMercusuar Willem III

17 .Kampung Pelangi

Rumah-rumah yang berada di kampung ini semuanya dicat berwarna-warni sehingga menimbulkan pemandangan yang sangat indah. Di setiap tembok rumah warga dan di jalanan terdapat seni mural dengan jenis gambar bahkan ada yang bernuansa tiga dimensi. Dengan harga tiket sebesar Rp3.000 kamu dapat mengelilingi Kampung ini dan mendapatkan hasil foto dengan latar belakang yang cantik.

AlamatJl.Dr Sutomo, Nomor 89, Randusari, Semarang Selatan, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatKampung Pelangi

Wisata Ambarawa Semarang

Ambarawa merupakan kota kecamatan di Semarang. Ambarawa pada dahulu kala merupakan ibu Kota Kabupaten Semarang lho.

Ternyata ada beberapa objek wisata penting di kota ini. Apa saja objek wisata tersebut?

18. Rawa Pening Ambarawa

Danau yang mempunyai luas sekitar 2670 hektar ini memiliki pemandangan dari gunung Merbabu dan Ungaran. kamu bisa mengelilingi Danau ini dengan menaiki perahu dengan tarif sewa sebesar Rp30.000 dan harga tiket masuk sebesar 3000 saja.

AlamatJl Lingkar Selatan KM 3, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatRawa Pening

19. Museum Kereta Ambarawa

Di museum ini selain melihat berbagai jenis kereta dan lokomotif kuno, kamu bisa menikmati sensasi naik kereta. Harga tiket yang ditawarkan cukup murah yaitu berkisar antara Rp 5.000,0- Rp 10.000,00. Kamu akan dibawa berkeliling dengan rute dari Stasiun Ambarawa menuju ke stasiun tongtang dengan tarif antara Rp 5.000,00- Rp 15.000,00.

AlamatJl. Stasiun, Panjang Kidul, nomor 1, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatMuseum Kereta Ambarawa

20. Monumen Palagan Ambarawa

Jejak perlawanan masyarakat Semarang dalam Peperangam Ambarawa dapat kamu lihat di Monumen Palagan Ambarawa. Pada monumen tersebut terdapat sebuah relief yang menggambarkan perlawanan masyarakat Semarang dari mulai peperangan hingga akhir peperangan. Dengan uang sebesar Rp 5.000,00 kamu bisa mendapatkan pengetahuan sekaligus melihat berbagai koleksi peralatan tempur.

AlamatJl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatMuseum Palagan Ambarawa

21. Gua Maria Kerep Ambarawa

Gua ini menjadi tempat ziarah bagi umat katolik. Di luar komplek peribadatan terdapat sebuah patung besar Bunda Maria dengan tinggi 23 meter. Dengan membayar htm sebesar Rp 2.000,00 kamu bisa berziarah ke goa ini sambil menikmati pemandangan dari Gunung Ungaran.

AlamatJl. Tentara Pelajar, Nomer 88, Kerep, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatGua Maria Krep

22. Benteng Pendem Ambarawa

Bangunan benteng ini merupakan bangunan tua yang dibangun pada tahun 1834 dengan gaya arsitektur Belanda. Walaupun sudah terkikis jaman, bangunan ini masih ssangat kokoh. Untuk mengeksplor benteng ini kamu tidak perlu membayar htm.

AlamatBugisari, Lodoyong, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatBenteng Pendem Ambarawa

23. Eling Bening

Restoran bertema wisata keluarga ini memberikan pemandangan epik dari Rawa Pening, Gunung Andong, Gunung Merbabu dan Telomoyo. Berbagai fasilitas di sediakan mulai dari restoran, kolam renang, outbond dan spot foto. Untuk sajian kuliner dibanderol mulai dari Rp 20.000,00-Rp 200.000,00.

AlamatJl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Bawen, Mustika, Bawen, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatEling Bening

24. Wisata Apung Kampoeng Rawa Ambarawa

Kampung wisata ini memiliki berbaga fasilitas mulai dari restoran, outbond dan pemandangan alam. Objek wisata buatan yang dipadukan dengan indahnya pemandangan alam ini dapat dinikmati mulai dari Rp 90.000,00- Rp 100.000,00.

AlamatTambakrejo, Tambakboyo, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatKampoeng Rawa Ambarawa

25. Wisata Bejalen Indah

Kampung wisata ini mengusung konsep desa wisata penuh warna. Dengan membayar tiket masuk seharga lima ribu rupiah kamu bisa menjelajah kampung ini dan berfoto ria.

AlamatBejalen Barat, Bejalen, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatWisata Bejalen Indah

26. Hill Nature Srobi

Sebelum menjadi spot wisata fot, bukit ini dijadikan tempat pengintaian Pasukan Belanda pada tahun 1899. Berbagai spot foto kekiian bisa kamu coba dengan tiket sebesar Rp 5.000,00.

AlamatGunung Sraba, Bukusari, Pasekan, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatHill Nature Srobi

27. Bukit Kendalisodo

Bukit ini merupakan tempat berdoa dan beribadah bagi umat katolik. Dibukit ini suasananya masih sangat asri dan hening. Sehingga cocok sekali digunakan sebagai tempat berdoa dan bermeditasi.

AlamatGlodogan, Bawen, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatBukit Kendalisodo

28. Taman Langen Tirta Muncul

Taman rekreasi ini memiliki beberapa atraksi wisata. Atraksi tersebut adalah taman bermain, kolam renang, kebun binatang dan kolam pemancingan. HTM pemandian atau kolam ini hanya sebesar Rp 20.000,00/ orang.

AlamatJl. Raya Muncul, Ambarawa-Salatiga, Rowoganjar, Rowoboni, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatLangen Tirta Muncul

29. Bukit Cinta Rawa Pening

Objek wisata di dekat Rawa Pening ini memiliki banyak spot instagenic dengan ciri khas ular besar yang meliliti bukit ini. Di dalam kawasan juga terdapat sebuah museum ikan yang berisi ikan hias dan tawar. Wisata ini dapat kamu nikmati dengan tarif Rp 6.000,00- Rp 7.500,00.

AlamatKebondowo, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatBukit Cinta Rawa Pening

30. Desa Wisata Sepakung Banyubiru

Wisata bukit khas pedesaan ini memiliki banyak spot kekinian seperti gardu pandang, ayunan dan lain-lain. Untuk mencapai puncak bukit ini dibutuhkan perjalanan sejauh 200 meter dengan 98 anak tangga. Untuk berpose sepuas hati kamu cukup membayar tiket Rp 3.000,00.

AlamatSepakung, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatSaloka Theme Park

31. Saloka Theme Park

Saloka Park merupakan taman wisata terbaru dan terbesar di Jawa Tengah dengan luas lahan 18 hektar. Taman rekreasi ini memiliki lebih dari 25 wahana permainan yang seru yang terbagi menjadi 4 area. Dengan harga tiket berkisar antara Rp 120.000,00- Rp 150.00,00 kamu bisa menaiki seluruh wahana yang ada.

AlamatJl. Fatmawati Nomer.154, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah 
Review TempatSaloka Theme Park

Wisata Reliji

Di Kota Semarang ternyata terdapat beberapa jejak peninggalan agama islam, budha, hindu dan lain-lain yang masih melekat. Tempat tersebut sekarang bisa kamu kunjung sebagai tempat wisata reliji yang tidak kalah menarik.

32. Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang atau yang lebih dikenal dengan Masjid Agung Jawa Tengah menjadi salah satu masjid termegah di Indonesia. Arsitektur bangunan masjid tersebut merupakan perpaduan antara dua budaya yaitu budaya lokal dan budaya Arab. hal tersebut tercermin pada 6 buah payung hidrolik besar yang bisa kamu temukan di Masjid Nabawi.

AlamatJl Gajah Raya, 9, Gayamsari Semarang, Jawa Tengah
Review TempatMasjid Agung Jawa Tengah

33. Masjid Raya Baiturrahman


Masjid ini merupakan sudut religius dari kota Semarang yang dibangun pada tahun 1968 dengan luas lahan 11765 M2. Masjid yang menjadi simbol religiusitas masyarakat Semarang ini memiliki desain yang klasik dan megah yang berbentuk limasan. Terdapat sebuah menara yang menjulang tinggi sebagai ciri khas dari masjid ini.

AlamatJl. Simpang Lima, pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatMasjid Raya Baiturrahman

34. Gereja Blenduk

Gereja yang dibangun pada tahun 1753 ini menerapkan gaya neoklasik yang membuatnya menonjol diantara bangunan-bangunan lainnya di kawasan Kota Lama.bSelain masih berfungsi dengan baik sebagai tempat peribadahan yang dibuka untuk umum, banyak pasangan yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi foto prewedding.

AlamatJl. Letjen Suprapto, nomor 32, tanjungmas, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatGereja Blenduk

35. Masjid Besar Kauman Semarang

Masjid ini menyimpan sejarah bagaimana perkembangan Islam di kota lumpia ini. Hal tersebut dikarenakan masjid besar Kauman ini menjadi masjid pertama dan tertua di Kota Semarang. Selain menyimpan sejarah di Kota Semarang, masjid ini memiliki bentuk yang indah dengan arsitektur bercorak Jawa dan persia yang berkesan tradisional tetapi tetap modern.

AlamatJl. alun-alun Barat, nomor 11, bangunharjo, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatMasjid Besar Kauman

36. Vihara Buddhagaya

Museum Rekor Indonesia telah menetapkan Vihara buddha atau Pagoda Avalokitesvara menjadi pagoda tertinggi di Indonesia yang memiliki 7 tingkatan. Vihara ini pun menjadi salah satu vihara termegah di Asia Tenggara.

AlamatJl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatVihara Buddhagaya

37. Pura Agung Giri Natha

Pura terbesar di Kota Semarang ini dibangun pada tahun 1968 yang juga difungsikan sebagai tempat mengajar dan berbagai kegiatan sosial. Pura ini memiliki tiga bagian ruangan yang berbeda-beda fungsinya. Pura ini pun cocok sekali digunakan sebagai tempat meditasi karena suasananya yang bening.

AlamatJl. sumbing, Nomor 12, bendungan, Gajah Mungkur, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatPura Agung Giri Natha

38. Gereja Gedangan

Gereja Katolik pertama di Kota Semarang ini merupakan rancangan arsitek Belanda W.I Van Bakel. Gereja ini memiliki gaya arsitektur Ne Gotic yang kental dengan budaya Eropa. Pada zaman penjajahan Jepang kerja ini sempat dijadikan sebagai markas pergerakan rakyat.

AlamatJl Ronggowarsito, nomor 11, rejomulyo, Semarang Timur, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatGereja Gedangan

39. Masjid Kapal Semarang

Masjid Safinatun Najah ini berbentuk seperti replika kapal dengan luas bangunan 2500 M2. Di dalam bangunan masjid ini terdiri dari 4 lantai yang mana masing-masing lantai memiliki fungsi yang berbeda. Kawasan masjid ini juga terdapat sebuah pondok pesantren yang bisa dijadikan sebagai wisata bahasa karena pengajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris.

AlamatJl. Kyai padak, Podorejo, dan, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatMasjid Kapal Semarang

40. Vihara Mahavira Graha Semarang

Salah satu Vihara terbesar di Kota Semarang ini memiliki luas lahan 1,88 hektar. Terdapat berbagai macam Arca budha dan juga avalokitesvara. Vihara ini bukanlah objek wisata namun sesekali kamu bisa mengunjunginya sebagai salah satu alternatif wisata religi, wisatawan pun juga sering diizinkan memasuki Kompleks Vihara ini.

AlamatTawang Mas, Semarang Barat, Semarang Jawa Tengah
Review TempatVihara Mahavira Graha Semarang

41. Masjid Menara Layur

Keunikan dari masjid ini adalah adanya menara yang tidak proporsional dengan bentuk masjid yang sangat kecil. Hal tersebut karena suhunya bangunan Ini adalah sebuah mercusuar yang kemudian dialih fungsikan menjadi masjid dan menara masjid.

AlamatJl. Layur, Dadapsari, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatMasjid Menara Layur

42. Firdaus Fatimah Zahra

Firdaus Fatimah Zahra adalah sebuah lokasi untuk kegiatan pelatihan manasik calon jemaah haji maupun umrah yang dimiliki oleh PT Fatimah Zahra. Tempat ini memiliki replika ka’bah, Masjidil Al-Aqsa, Masjidil Haram, Imigrasi dan Bandara King Abdul Azizi. Replika tersebut bisa kamu lihat dengan tiket sebesar Rp 40.000,00/ orang.

AlamatJl. Muntal, Mangun Sari, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatFirdasu Fatimah Zahra

43. Masjid Sekayu Semarang

Masjid tua ini telah berdiri sejak tahun 1413 yang didirikan oleh seorang ulama Cirebon bernama Kyai kamal. Ciri khas dari masjid ini adalah adanya 4 Kayu Besar penopang masjid yang berasal dari pendopo Kerajaan Majapahit yang penuh dengan ukiran cantik. Pembangunan masjid ini pun konon ada hubungannya dengan pembangunan masjid agung Demak.

AlamatSekayu, kota Semarang, Semarang, Jawa Timur
Review TempatMasjid Sekayu Semarang

44. Makam Sunan Kuning

Sunan Kuning atau Seon Ang Ing merupakan tokoh penyebar agama Islam di Semarang yang berasal dari Tiongkok. Di area makan tersebut memiliki tiga bangunan dan empat makam, yang 3 diantaranya adalah murid dari Sunan Kuning.

AlamatJl. Ledoksari Raya, Kalibanteng, Kulon, Semarang Barat, Semarang Jawa Tengah
Review TempatMakam Sunan Kuning

45. Klenteng Maha Agung

Jalan titik taman Hasanuddin, kawasan tanda Tanah Mas, Semarang Utara, jawa Tengah. Klenteng yang tidak terlalu luas ini memiliki arsitektur yang sangat megah dan unik dengan cat yang didominasi berwarna abu-abu dan kuning keemasan. selain orang yang beribadah di tempat ini, Kamu tidak boleh memasuki kelenteng ini. jadi kamu bisa mengambil foto dari luarnya saja.

AlamatJl. Taman Hasanudin, Semarang Utara, Kuningan, Semarang, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatKlenteng Maha Agung

46. Vihara Thay Siong Kong

Konten ini tidak cukup kuat namun memiliki 2 lantai di mana lantai kedua adalah area tempat sembahyang. di depan klenteng ini terdapat pepohonan yang hijau. pantai ini bisa kamu kunjungi setiap hari Mulai pukul 07.00 sampai 21. 00 WIB.

AlamatJl. Taman Hasanuddin, b 72, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatVihara Thay Siong Kong

47. Makam Kyai Dalem Sutopati

 


Setiap Jumat Wage terakhir yang jatuh pada bulan ruwah masyarakat setempat akan menggelar napak tilas ke makam Kyai dalem sutopati. Rangkaian acara dimulai dengan arak-arakan penari tari prajuritan, gunungan berisi hasil bumi, dan diikuti oleh warga yang membawa aneka makanan. acara selanjutnya adalah doa bersama dan dilanjutkan dengan perebutan gunungan.

 

AlamatDesa Genting, Jambu, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatMakam Kyai Dalem Suropati

48. Sendang Keramat Kalimah Toyibah

Sumber mata air tersebut berasal dari bawah pohon beringin yang usianya telah puluhan tahun yang dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit dan mengabulkan segala permintaan. Sendang ini berada di samping makam waliyullah Hasan Munadi . Dengan uang sebesar Rp5.000 sampai Rp10.000 kamu bisa mendapatkan satu jerigen air.

AlamatSampyak, Nyantnyono, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatSendang Keramat Kalimah Toyibah

49. Gereja Katedral Semarang

Sebutan lain dari gereja katedral ini adalah Gereja Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Randusari. Sebelum dijadikan bangunan gereja katredal, bangunan ini bekas Kantor Dinas Kesehatan Belanda yang dibangun pada tahun 1927. Bangunan ini memiliki ruangan inti, ruang pertemuan dan juga sekolah.

AlamatJl Pandanaran, nomor 9, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatGereja Katedral Semarang

Wisata Ungaran

Ungaran adalah ibu kota Kabupaten Semarang yang memiliki kontor pegunungan. Kawasan ini memiliki sebuah gunung yang bernama Gunung Ungaran yang memiliki banyk spot wisata.

50. Wana Wisata Penggaron

Kawasan hutan ini menjadi habitat dari 97 spesies burung. Hutan ini dikelilingi oleh pepohonan yang menjulang tinggi sehingga udara nya menjadi segar dan banyak wisatawan yang mendirikan kemah di tempat ini.

AlamatDesa Susukan, susuran, Ungaran Timur, siroto, Semarang Jawa Tengah
Review TempatWana Wisata Penggaron

51. Curug Benowo

Air terjun ini dikelilingi oleh pegunungan dan tebing yang tinggi yang berjumlah sekitar 25 tebing. Dengan membayar harga tiket sebesar Rp4.000 kamu bisa menikmati sensasi kesegaran air terjun dengan ketinggian 50 meter ini.

AlamatKalisdi, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatCurug Benowo

52. Curug Lawe

Curug Lawe terletak dekat dari Curug Benowo yang memiliki satu jalur yang sama. untuk menemukan air terjun yang masih sangat alami ini kamu akan menempuh jalur yang sedikit sulit dan licin. Di sekitar kawasan air terjun ini tersedia area kemah dan dengan membayar biaya Rp4.000 sampai Rp8.000 kamu bisa menginap semalam.

AlamatGunungsari, Limbangan,, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatCurug Lawe

53. Air Terjun Kali Pancur

Air terjun kecil yang tersembunyi di dalam Gunung Telomoyo memiliki pesona indah namun agak sedikit berbahaya. Untuk menuju air terjun ini kamu akan melewati trek yang sedikit berbahaya dengan tingkat kemiringan dari 70 derajat sampai 90 derajat. Dengan harga tiket sebesar Rp5.000 Kamu bisa puas menikmati air terjun ini.

AlamatGejayan, Nogosaren, Getasan, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatAir Terjun Kali Pancur

54. Gardu Pandang Lereng Kelir

Wisata gardu pandang ini terletak di ketinggian 1380 mdpl yang berada di salah satu sudut gunung kelir. Dari atas gardu pandang ini kamu bisa menyaksikan kawasan Ambarawa dan telaga Rawa Pening. Dengan biaya tiket sebesar Rp5.000 sampai Rp7.000 kamu bisa menikmati pemandangan Samudra Diatas Awan dari lereng ini.

AlamatGertas, Brongkol, jambu, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatGardu Pandang Lereng Kelir

55. Brown Canyon

Objek wisata ini tidak terbentuk secara alami namun dari proses penggalian pasir, batu padas dan juga tanah urug. Hasil penggalian yang lebih dari satu abad ini menjadikannya mirip dengan kawasan wisata di Arizona yaitu Grand Canyon.

AlamatRowosari, Meteseh, Tembalang ,Semarang, Jawa Tengah
Review TempatBrown Canyon

56. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran merupakan gunung api dengan ketinggian 2050 m dan memiliki puncak yang landai pada. Terdapat sebuah kawah Dasamuka yang memiliki air panas pada dan berbagai objek wisata.

AlamatGunung Ungaran Semarang Jawa Tengah
Review TempatGunung Ungaran

57. Hutan Pinus Kayon

Hutan ini dipenuhi dengan pohon pinus yang menjulang tinggi. Icon dari hutan ini adalah adanya pohon pinus yang memiliki batang yang bengkok. Dengan membayar harga tiket sebesar Rp50.000 kamu bisa menjelajah hutan ini dan berpiknik.

AlamatDusun Krangkeng, Dusun Batur, dan, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatHutan Pinus Kayon

58. Hutan Wisata Tinjomoyo

Hutan ini memiliki kontur bukit, hutan dan juga sungai. Dengan tiket masuk sebesar 3000 per orang kamu bisa mengelilingi hutan yang memiliki luas lahan 57,5 hektar. Kawasan ini sering digunakan sebagai lokasi outbound, Kombat game, kemah dan juga Family Outing.

AlamatTinjomoyo, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatHutan Wisata Tinjomoyo

59. Goa Kreo

Goa ini merupakan tempat petilasan Sunan Kalijaga yang konon kataya di jaga oleh empat ekor kera ekor paanjang. Dengan harga tiket sebesar Rp 5.000,000 saja, kamu bisa menikmat sejarah dan pemandangan waduk dan bukit.

AlamatJl. Raya Goa Kreo, Kandiri, Gunung Pati, Semaran, Jawa Tengah
Review TempatGoa Kreo

60. Watu Gunung

Watu Gunung merupakan sebuah villa yang memiliki pemandangan alam khas Jawa. Selain memiliki kolam renang dengan air yang jernih, kamu bisa beristirahat pada bangunan joglo yang berdiri di sepanjang sudut objek wisata ini.

AlamatLerep Satu, Lerep, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatWatu Gunung

61. Air Terjun Semirang

Ketinggian air terjun ini 45 m dengan luas lahan 10 hektar. Di kawasan yang sangat luas ini kamu bisa berfoto, berolah raga dan hiking. Namun kamu harus tetap waspada karena lokasinya yang agak sedikit sulit untuk dijangkau.

AlamatGogik, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatAir Terjun Semirang

Wisata Pantai

Kota Semarang berbatasan dengan Laut Jawa, maka dari itu kamu bisa menemukan wisata pantai di kota ini.

62. Pantai Maron Semarang

Pantai Maron merupakan pantai pasir hitam yang memiliki ombak agak bersahabaat. Di kawasan tersebut terdapat sebuah Hutan Mangrove seluas 5 hektar. Aktivitas tersebt bisa kamu lakukan hanya dengan membayar tiket sebesar Rp 5.000,00.

AlamatTugurejo, Tugu, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatPantai Maron Semarang

63. Pantai Marina

Pantai ini merupakan pantai reklamasi dari Kota Semarang yang berasal dari hutan bakau. Dengan HTM sebesar Rp 5.000,00 dan sewa perahu sebesar Rp 5.000,00, kamu bisa mengeksplor pantai ini.

AlamatJl. Yos Sudarso, Komplek PRPP, Tawang Sari, Semarangg Jawa Tengah
Review TempatPantai Marina

64. Pantai Tirang

Banyak kegiatan nelayan yang bisa kamu lihat dari pantai ini. Untuk menikmati pemandangan pantai yang masih alamai ini, kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000,00.

AlamatTambakrejo, Tugu, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatPantai Tirang

Wisata Bandungan

65. Taman Bunga Celosia

Taman bungan yang terletak di kaki Gunung Ungaran ini memiliki berbagai macam spot foto yang tidak hanya dipenuhi dengan bunga. Terdapat berbagai jenis spot foto berupa landmark negara terkenal dan juga museum ilusi. Dengan tiket masuk yang berkisar antara Rp 20.000,00- Rp 25.000,00, kamu bisa mengekslplor taman ini dan berselfi.

AlamatJl. Ke Candi Gedong Songo KMm0,5, Beroken, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatTaman Bunga Celosia

66. Wisata Kampung Crisan Clapar

Taman bunga ini menyajikan hamparan bunga Crisan yang berwarna warni. Di taman ini kamu cukup membayar tiket sebesar Rp 5.000,00/ orang

AlamatJl. Kendalisodo Bandungan, Candi. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatCandi Gedong Songo

67. Goa Tirta Mulya

Goa Tirta Mulya merupakan kuah buatan selebar 3 m dan mempunyai panjang 100 m dan. di ujung gua kamu bisa menemukan tempat kecil untuk Menikmati keindahan gunung Ungaran. dengan tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang kamu bisa mengeksplor gua ini dan menikmati pemandangan indah.

AlamatManggung, Jimbaran, Bandungan, Jawa Tengah
Review TempatGoa Tirta Mulya

68. Wisata Alam Legok Madu Bandungan

Objek wisata alam bertema spot selfi ini menyuguhkan aneka taman dengan bunga yang berwarna-warni. Banyak spot foto seperti burung merak, taman , gerobak cireng bahkan tempat tidur yang terbuat dari tanaman. Karena masih terbilang objek wisat baru maka kamu masih bisa gratis memasuki objek wisata ini.

AlamatNgipik, Kaliwinong, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatLegok Madu Bandungan

69. Ayanaz Gedongsongo

Taman wisata berkonsep spot selfie ini memiliki berbagai macam spot foto seperti buble tent, balon udara, kursi santai, hammock dan berbagai lukisan instagenic. Spot foto tersebut bisa kamu nikmati dengan htm sebesar Rp 10.000,00. Namun ada beberapa spot foto yang mengharuskan kamu membyar biaya tambahan sebesar Rp 5.000,00.

AlamatCandi Gedongsongo, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatAyanaz Gedong Songo

70. Rumah Hobbit Ngasem Park

Objek wisata alam bertema taman bunga ini dilengkapi dengan berbagai wahana seperti green house, rumah Hobbit, gardu pandang, pintu langit dan lain-lain. Dengan htm sebesar RP 5.000,00 kamu bisa berfoto sepuas hati.

AlamatCinlungan, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatRumah Hobbit Ngasem Park

71. I’Ampelgading Homeland

Wisata alam berlatar belakang Gunung Ungaran ini disulap memiliki berbagai spot foto selfie. Dengan udara yang sejuk kamu bisa berfoto dengan nyaman pada spot foto seperti sarang burung, gardu pandang dan rumah pohon. Kamu hanya butuh mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000,00 untuk menikmati semua spot foto ini.

AlamatAmpelgading, Kenteng, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatI’ampelgading Homeland

72. Vanaprastha Gedongsongo Park

Wisata hutan pinus ini memiliki fasilitas villa yang instagramable. Kegiatan yang bisa dilakukan di objek wisata ini adalah berkemah ataupun outbond. Dengan tiket masuk sebesar Rp 8.000,00 kamu pun bisa mengeksplor spot foto yang indah.

AlamatJl. Candi Gedongsongo, No 6, Krajan, Banyukuning, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatVanaprastha Gedongsongo Park

73. Metro Stables

Wisata kuda di Bandungan ini membrikan sensai menunggang kuda dengan pilihan kuda impor. Untuk menunggang kuda dan menikmati kawasan pegunungan kamu bisa membayar tarif sebesar Rp 5.000,00. Sedangkan untuk menunggang kuda rocky bisa membayar Rp 100.000,00 sekali naik.

AlamatJl. Langen Harjo, No 1, Tangaran, Kenteng, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatMeteo Stables

74. Bukit Bantir

Wisata selfie di kaki Gunung Ungaran memberikan sensasi berbeda menikmati alam. Dari tempat ini kamu bisa berfoto dengan latar belakang pemandanga alam dan spot foto kekinian. Tiket masuk sebsar Rp 5.000,00 bisa memuaskan hasratmu untuk berpose di spot bunga matahari, jembatan kayu, sayap kupu-kupu dan lain-lain.

AlamatJl. Bantir, Losari, Sumowono, Bantir, Losari, Sumowono, Semarang, Jawa Tengah
Review TempatBukit Bantir

75. Wisata Alam Perantunan

Objek wisata alam ini merupakan lokasi camping yang berada di jalur pendakian Gunung Ungaran. Lokasi ini menjadi lokasi paling untuk berburu sunrise dan menikmati indahnya kota lumpia ini.

AlamatJl. Gintungan Utara, Legowo, Duen, Bandungan, Jawa Tengah
Review TempatWisata Alam Perantunan

Ternyata kota ini tidak hanya terkenal dengan makanan khasnya yaitu lumpia. Banya objek wisata bagus d an menarik yang ada di kota industri ini.

Objek wisata tersebut mulai dari wisata budaya karena memang kota ini memiliki sejarah yang panjang, wisata alam dengam kontur perbukitan dan wisata kekinian uang hits. Cari tahu semua objek wisata tersebut dari daftar tempat wisata Semarang ini ya.

 

Lihat Juga :

error: Disable