10 Tempat Makan di Semarang Murah dan Lezat

Diposting pada

Ini dia 10 tempat makan murah dan enak di Semarang, dari mulai kuliner pak Bondan, makanan khas, jajanan tradisional, kuliner baru, tempat makan legendaris terkenal, tempat makan romantis, hingga tempat makan western yang enak, serta maknyus, semuanya ada di kota Semarang.
Semarang, serta sekitarnya adalah salah satu gudangnya kuliner enak, serta murah, selain Bandung dan Jogja.

Sehingga tidak heran manakala banyak wisatawan yang banyak datang ke restoran, serta rumah makan ketika liburan tiba. Bahkan, ketika siang hari, kuliner malampun juga kerap menjadi incaran para traveller yang berburu kuliner tengah malam.

Daftar 10 Tempat Makan di Semarang

Nasi Ayam Bu Widodo

Tempat Makan di Semarang Nasi Ayam Bu Widodo
Nasi Ayam Bu Widodo (c) @thedongun

Tempat makan di Semarang yang pertama yang bisa kamu coba yaitu Nasi Ayam Bu Widodo. Jika kamu belum mengetahui mengenai nasi ayam, sebenarnya mirip dengan nasi liwet khas kota Solo. Yang membedakan dengan nasi liwet khas Solo yaitu terletak pada kuahnya, Nasi liwet menggunakan kuah aren, sedangkan nasi ayam menggunakan kuah berupa opor kuning.

Bu Widodo ini sudah berjualan dari tahun 1994 di daerah Simpang Lima. Ketika kamu masuk ke dalam kedainya, kamu akan dihadapkan dengan panci-panci besar yang berisi topping untuk nasi ayam. Kamu akan mendapatkan suasana makan yang berkesan. Setiap pengunjung akan makan sembari lesehan di atas tikar.

Baca juga: Foto Suasana Simpang Lima Semarang

Mangut Welut Bu Nasima

Mangut Welut Bu Nasima
Mangut Welut Bu Nasima (c) Google

Mangut wlut bu Nasima ini wajib kamu kunjungi ketika sedang berkunjung ke Semarang. Mangut welut ini berada di Jalan Menoreh Raya, No. 10, Sampangan, Semarang. Warung makan ini sebenarnya lebih mirip seperti warung nasi. Hal tersebut dikarenakan menunya berupa lauk pauk, kemudian untuk nasinya bermacam-macam. Namun, dari sekian lauk pauk yang ada, mangut welutnya yang paling terkenal.

Yang menjadikan mangutnya sangat terkenal, yaitu karena sangat memorable. Hal tersebut dikarenakan rasa pedasnya yang ekstrim. Meskipun demikian, kamu semua tidak perlu khawatir budget kalian habis. Pasalnya, harganya sangat terjangkau. Satu porsi mangut bisa kamu dapatkan dengan harga Rp.10.000 saja.

Soto Bangkong

Soto Bangkong
Soto Bangkong (c) Google

Soto bangkong ini menjadi salah satu icon kuliner kota Semarang. Hal tersebut dikarenakan soto ini berisi beragam jeni isian, mulai dari nasi, soun, tauge, ayam suir, tomat, hingga isian lainnya.

Terkait dengan sejarah namanya, dikarenakan tempat makan di semarang ini awal mula berada di Perempatan Bangkong. Perempatan Bangkong merupakan sebuah perempatan yang menghubungkan antara jalan Brigjem Katamso, Jalan A. Yani, serta Jalan MT. Haryono.

Hanya dengan mengeluarkan dana sebesar Rp.13.000 kamu sudah bisa menikmati lezatnya soto Bangkong.

Warung makan murah di Semarang ini berada di Jalan Brigjen Katamso No. 1, terkait dengan jam bukanya, soto bangkong bukadari jam 7 pagi hingga 9.30 malam.

Kue Lekker Paimo

Kue Lekker Paimo
Kue Lekker Paimo (c) Google

Kue lekke ini cenderung lebih krispi, serta enak seperti crepes. Untuk bentuknya, mirip dengan martabak mini. Di semarang, kue lekker paimo ini sangat terkenal. Disini, kamu bisa memilih beragam varian rasanya.
Mulai dari cokelat, jagung, susu, pisang, karamel, dan lain-lain. Selain itu, juga ada rasa asin seperti telur, keju, tuna, sosis, mozarella, hingga beragam varian rasa lainnya.

Tempat Makan di Semarang Kue lekker ini berada di Jalan Karang Anyar No.37, Brumbungan, Semarang Tengah. Harganya juga sangat murah, yaitu mulai dari Rp.1.000 hingga Rp.14.000.

Nasi Goreng Babat Pak Hengky

Nasi Goreng Babat Pak Hengky
Nasi Goreng Babat Pak Hengky (c) Google

Nasi goreng babat pak Hengky ini merupakan salah satu kuliner semarang yang terkenal sekali. Nasi goreng ini berada di Pujasera Puri Anjasmoro. Nasi goreng ini juga menjasi kuliner yang menjadi favoritnya Bondan Winarno.

Terkait dengan cita rasanya, tentu identik dengan minyaknya yang banyak. Untuk itu, maka nasi goreng ini tidak kering seperti nasi goreng pada umumnya. Namun untuk rasanya, jangan ditanya lagi, tentu akan siap menggoyah lidah kamu semua.

Baca juga: Tempat Wisata Lawang Sewu yang Penuh Legenda

Tahu Gimbal Pak H. Edy

Tahu Gimbal Pak H. Edy
Tahu Gimbal Pak H. Edy (c) Google

Tahu Gimbal Pak H. Edy ini buka dari sore hingga malam hari. Tahu gimbal merupakan salah satu kudapan yang terbuat dari tahu yang digoreng renyah. Tahu yang renyah ini kemudian disantap dengan ketupa, gimbal udang, kol segar, dan terakhir disiram dengan bumbu kacang petis yang kental.

Selain itu, kamu juga bisa menambahnya dengan telur mata sapi sebagai toping tambahan. Kemudian jika kamu ingin mencuci mulut, maka bisa memesan es teler yang dicampur dengan durian. Untuk satu porsi tahu gimbal dan es teler dibanderol dengan harga Rp.16.000 setiap porsinya.
Kemudian untuk es campurnya agak sedikit mahal, yaitu Rp.22.000 untuk satu porsinya. Jika ingin hemat, maka kamu bisa memesan es teh saja.

Gimbal Pak H. Edy ini buka dari sore hingga malam hari. Tahu gimbal merupakan salah satu kudapan yang terbuat dari tahu yang digoreng renyah. Tahu yang renyah ini kemudian disantap dengan ketupa, gimbal udang, kol segar, dan terakhir disiram dengan bumbu kacang petis yang kental.

Selain itu, kamu juga bisa menambahnya dengan telur mata sapi sebagai toping tambahan. Kemudian jika kamu ingin mencuci mulut, maka bisa memesan es teler yang dicampur dengan durian. Untuk satu porsi tahu gimbal dan es teler dibanderol dengan harga Rp.16.000 setiap porsinya.
Kemudian untuk es campurnya agak sedikit mahal, yaitu Rp.22.000 untuk satu porsinya. Jika ingin hemat, maka kamu bisa memesan es teh saja.

Lumpia Mataram

Lumpia Mataram
Lumpia Mataram (c) @novi_borongyu

Lumpia mataram terbuat dari rebung, udang, ayam, telur, serta rempah pilihan. Kemudian untuk pelengkapnya, bisa dihidangkan dengan ssos kental, daun bawangm lombok rawit, dan acar. Adapun yang menjadi keunggulan dari lumpia ini yaitu sudah ada sertifikat halal dari MUI.

Lumpia mataram dijual dengan harga Rp.13.000 untuk setiap porsinya. Memang terdengar cukup mahal. Namun, jangan salah, cita rasa lumpia ini dijamin beda dan enak sekali. Terlebih, ukurannya yang jumbo siap membuat perut kamu semua kenyang. Makan satu lumpia saja sudah mengenyangkan.

Nasi Gandul Pak Subur

Nasi Gandul Pak Subur
Nasi Gandul Pak Subur (c) Google

Nasi gandul pak subur merupakan salah satu tempatmakan nasi gandul yang terkenal, letaknya berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan. Untuk memudahkan, tempat makan ini berada seberang rumah sakir Telogorejo.
Nasi ganduk pak subur disajikan di atas daun pisang. Nasinya akan tenggelam di kuahnya. Terkait dengan jam bukanya, nasi gandul ini buka dari menjelangh magtib hingga jam 11 malam.

Untuk satu porsi nasi gandul, lengkap dengan es teh atau es jeruk dibanderol dengan harga Rp.15.000 saja. Tentu harga yang sangat murah. Untuk itu, maka jangan sampai kamu melewatkan tempat makan enak dan murah satu ini.

Baca juga: Kuliner Khas Indonesia yang Wajib Anda Coba

Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie Kopyok Pak Dhuwur
Mie Kopyok Pak Dhuwur (c) Google

Tempat makan ini berada di Jalan Tanjung, tepatnya di seberang kantor PLN Pemuda. Mie kopyor ini sangat legendaris, dimana sudah ada sejak tahun 1996, kemudian mengenai kualitas rasanya, hingag sekarnag tidak berubah. Mie kopyor ini buka dari jam 8 pagi sampai 4 sore. Untuk harganya sangat murah, hanya Rp.10.000 saja setiap porsinya.

Toko Oen Semarang

Toko Oen Semarang
Toko Oen Semarang (c) Google

Tempat makan ini menghadirken beraneka ragam makanan, mulai dari makanan pembuka, utama, hingga penutup. Es krim di Toko Oen ini dibuat dengan cara jadul. Kemudian mengenai pilihan rasanyam ada rasa vanilla, moka, kopyor, dan cokelat, untuk satu mangkuknya bisa kamu dapatkan dengan mengeluakan uang sebesar Rp.15.000.

Kamu juga bisa mencoba Oen’s symphony, berupa lima scoop es krim dengan rasa yang berbeda-beda.

Baca juga: Wisata Hits Ayanaz Gedong Songo Bandungan Semarang

Cukup banyak bukan tempat makan murah yang ada di Semarang? Untuk itu langsung saja, cobain salah satu dari 10 tempat makan murah dan enak di Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *